in

Cara Menghadapi Pria Yang Suka Mencari Kesalahan Cewek

Kebanyakan wanita seringkali bertemu dengan pria yang suka melecehkan, pria yang suka selingkuh hingga pria yang suka mencari-cari kesalahan.

Mungkin kamu sadar bahwa dirimu juga tidak sempurna, kamu tahu bahwa dirimu pernah melakukan kesalahan, tetapi adalah hal yang sangat menjengkelkan jika pasangan selalu mengungkit-ungkit kesalahan itu setiap saat.

Ironisnya, ketika kita tidak bersalah sama sekali, terkadang pasangan malah curiga, menuduh yang bukan-bukan dan berusaha mencari-cari kesalahan kita tanpa ada bukti yang nyata.

Jadi pertanyaannya bagaimana menghadapi pasangan yang suka curiga dan mencari-cari kesalahan kita?

Simak jawabannya disini!

1. Buat Batasan Antara Dirimu Dengan Pasangan

Membuat Batasan Dengan Pasangan
Membuat Batasan Dengan Pasangan

Kebanyakan dari kita mendambakan cinta tanpa syarat, hubungan yang murni apa adanya tanpa aturan dan batasan.

Kita berharap dicintai apa adanya oleh pasangan sehingga kita menjadi sangat terbuka kepadanya dalam hal apapun termasuk memberitahunya tentang kesalahan dan kekurangan yang kita miliki.

Wow sekali! Kisah cintamu terdengar seperti novel romantis.

Namun kenyataannya, setiap hal selalu memiliki konsekuensinya masing-masing. Jika kamu memilih menjalin hubungan dengan cara itu, maka seiring waktu kepercayaan pasangan kepadamu akan memudar.

Hubungan yang dekat sekalipun membutuhkan batasan!

Sebab ketika pasangan mengetahui seluk belukmu dari A sampai Z maka ia akan mencap dirimu seperti itu selamanya sehingga sangat rentan bagi pasangan untuk merasa curiga kepadamu.

Dan tentunya juga akan sulit bagimu untuk mengubah sudut pandang pasangan tentang bagaimana ia menilai dirimu.

Lucu. Kita berpikir bahwa bersikap tertutup pada pasangan akan menimbulkan kecurigaan, namun ketika kita bersikap terbuka justeru ia malah lebih curiga lagi.

Hanya sebagai contoh saja, jika pasangan sudah mencap bahwa dirimu si tukang berkeliaran setiap malam, maka ketika kamu dirumah saja pun dia akan tetap curiga dan menuduhmu sedang berkeliaran diluar.

Beranikan dirimu untuk mulai membuat batasan-batasan antara dirimu dengan pasangan. Simpan beberapa rahasia hanya untuk dirimu sendiri demi kebaikan hubunganmu.

2. Hilangkan Mindset Tentang Menerima Pasangan Apa Adanya

Menerima Pasangan Apa Adanya
Menerima Pasangan Apa Adanya

Pasangan akan terus mencurigai dirimu, menuduhmu yang bukan-bukan dan mencari-cari kesalahanmu karena kamu menerima dia apanya. Artinya kamu membiarkan dirinya terus menuduhmu seperti itu.

Sangat ironis bahwa banyak kisah cinta yang sering kita saksikan ternyata membentuk mindset bahwa kita harus menerima pasangan apa adanya. Hal ini menutup logika untuk bisa berpikir tentang hubungan yang sehat.

Jangan dibutakan oleh cinta, jangan menerima pasangan apa adanya jika hal itu mengarahkan hubunganmu ketingkat yang tidak sehat.

Jika pasangan selalu mencari-cari kesalahanmu tanpa bukti yang nyata, maka bersikap tegaslah karena hal yang ia lakukan itu tidak bisa dibiarkan terus menerus.

Jangan pandang dirimu sebagai korban yang tersakiti, beranikan untuk mengatakan hal yang benar meskipun itu mungkin menyingung perasaan pasangan.

Terkadang berkata jujur itu menyakitkan, tetapi sakit untuk hal yang lebih baik itu baik.

3. Cari Tahu Penyebabnya!

Mencari Tahu Penyebabnya
Mencari Tahu Penyebabnya

Semua ada sebabnya. Jika pasangan selalu mencari-cari kesalahanmu, itu tidak mutlak kesalahannya sendiri karena semua ada sebab-akibatnya.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, salah satu penyebab pasangan curiga adalah karena kita terlalu bersikap terbuka kepadanya tanpa ada batasan.

Nah, jika kenyataannya kamu tidak begitu terbuka dengan pasangan, maka penyebabnya karena memang begitulah sifat pasanganmu.

Kita tahu bahwa memang ada sebagian orang yang memiliki sifat pencemburu. Cemburu dalam hal ini bukan hanya soal kamu dekat dengan pria lain atau selingkuh, tetapi lebih luas lagi.

Bahkan mungkin ia akan cemburu ketika kamu pergi makan malam bersama teman-temanmu yang notabene sesama wanita.

Jika hal ini yang kamu hadapi dari pasangan, maka tak perlu panjang lebar untuk menjelaskan semua kepadanya. Kirim saja semisal foto bareng bersama teman-teman wanitamu dan bilang “Silahkan berasumsi!”

Seseorang yang pencemburu akan sulit untuk berpikir dengan akal, maka biarkan dia berasumsi sesuka hati tanpa kamu perlu ambil pusing.

4. Ambil Jarak Untuk Berpikir

Mengambil Jarak Untuk Berpikir
Mengambil Jarak Untuk Berpikir

Seseorang yang mempercayaimu tidak akan pernah menuduhmu tanpa bukti. Seseorang yang mencintaimu apa adanya tidak akan mengungkit-ungkit kesalahanmu di masa lalu.

Penerimaan dan kepercayaan. Sesederhana itu kan kisah cinta yang kamu dambakan?

Jika kamu sudah membuka topengmu didepan pasangan dan membiarkan dia tahu semua seluk belukmu, lalu sikapnya menunjukkan bahwa dia tidak menerimamu apa adanya, maka kamu perlu sadari bahwa dia tidak benar-benar serius denganmu.

Jadi mulailah mengambil jarak dan memikirkan jalan terbaik untuk hidupmu. Jika pasangan masih menekanmu untuk menjelaskan sesuatu yang menurutnya salah, minta padanya waktu untuk berpikir.

Temui seseorang yang kamu anggap positif dan bisa membantumu berpikir. Memberi jarak antara dirimu dengan pasangan untuk beberapa waktu akan berdampak baik bagi dirimu karena cara itu akan mengurangi tekanan yang diberi pasangan.

5. Ucapkan Terimakasih dan Sampai Nanti

Ucapkan Sampai Nanti
Ucapkan Sampai Nanti

Jika matahari terbenam maka bulan dan bintang-bintang akan menghiasi gelapnya malam. Selalu ada ganti yang baik untuk suatu hal baik yang telah hilang.

Jika kamu dan pasangan sudah benar-benar tidak bisa sejalan lagi, jika hubungan itu memang harus berakhir maka biarkan berakhir. Tenang saja, kamu akan mendapatkan ganti yang sepadan.

Segala hal yang dipaksakan itu hasilnya akan buruk.

Jika kamu tersakiti oleh sikap pasangan yang selalu menuduh dan suka mencari-cari kesalahanmu, sementara dibalik semua itu kamu memaksakan diri untuk tetap mencintainya, maka tetap saja hasilnya adalah sad ending.

Berterimakasihlah dengan tekanan yang diberikan pasanganmu yang membuat pikiranmu sakit, karena hal itu mengarahkanmu untuk lebih dekat pada hubungan yang lebih baik nantinya.

Baca Juga : 10 Kesalahan Cewek Terhadap Pasangan Yang Harus Dihilangkan

Akhir Kata, Dalam beberapa hal, kita perlu menerima kekurangan dan sifat-sifat buruk pasangan namun dalam beberapa hal lainnya kita perlu mengubah itu semua atau jika tidak berubah maka tinggalkan.

Di usia dewasa ini, carilah pasangan yang pemikirannya sesuai dengan jalan hidupmu. Setelahnya cinta akan tumbuh dengan sendirinya.