in ,

7 Prinsip Orang Sukses Yang Wajib Kamu Miliki Dalam Hidup

Prinsip Hidup Orang Sukses

Semua orang menginginkan kehidupan yang baik, namun tidak semua orang mampu memegang prinsip hidup yang baik. Sangat disayangkan bahwa kenyataannya prinsip hiduplah yang membuat kita tetap berada di jalur yang tepat.

Artinya, tak peduli seberapa banyak harta warisan yang kita dapatkan dari keluarga, jika kita tidak memiliki prinsip hidup yang benar maka semua yang kita miliki itu akan hilang seketika.

Begitu pun jika kita berasal dari keluarga yang kurang berada, itu bukanlah masalah, sebab selama kita masih memiliki prinsip hidup yang benar, maka keadaan akan berubah dan kesuksesan segera menjadi nyata.

Orang-orang terkenal dan tersukses di dunia juga memiliki prinsip hidup yang kuat. Nah, belajar dari pengalaman orang-orang tersukses di dunia kita akhirnya memahami pola pikir mereka. Berikut ini 7 prinsip orang tersukses di dunia yang harus kita miliki!

1. Jangan mengatakan keinginanmu jika kau tak mau membuktikannya dalam tindakan. Pegang ucapanmu dan kerjakan!

Membuktikan Keinginan Dalam Tindakan
Membuktikan Keinginan Dalam Tindakan

Saat ini seluruh keindahan dunia terpampang jelas di depan mata kita, hal itu jelas memicu timbulnya keinginan. Lucunya, saat kita menginginkan sesuatu, kita hanya menyatakannya dalam kata-kata bukan tindakan yang nyata.

Semisal, kamu melihat seorang figur yang cerdas, berkarakter dan memiliki fisik yang enak dilihat, kadang muncul di benakmu keinginan menjadi sosok yang hebat seperti dia dan kamu berkata “Aku ingin seperti dia!”

Namun pada kenyataannya kamu tidak melakukan apa-apa. Artinya, kamu tidak mau berusaha untuk belajar dan mencari tahu bagaimana caranya agar menjadi orang yang cerdas, berkarakter dan memiliki fisik yang menarik.

Ini masalahnya. Salah satu penghalang kesuksesan kita adalah karena kita tidak memegang ucapan yang keluar dari mulut kita sendiri. Itulah yang membedakan kita dengan orang-orang sukses di seluruh dunia, mereka sangat berkomitmen dengan ucapan sementara kita tidak.

2. Waktu Terus Bergerak! Penuhi Hidupmu Dengan Cinta dan Suka Cita. Kesuksesan Akan Segera Tiba.

Penuhi Kehidupan Dengan Cinta
Penuhi Kehidupan Dengan Cinta

Tidak ada satu detik pun yang tidak penting dalam kehidupan ini. Sejak kita berumur satu tahun hingga bertumbuh dewasa seperti sekarang, setiap waktu yang kita lewati sangatlah berharga sebab ia membawa dampak yang nyata dalam diri kita.

Maka sangat disayangkan jika kita menyia-nyiakan waktu untuk melakukan sesuatu yang tidak membawa manfaat bagi diri sendiri juga orang lain. Artinya, jika kita memiliki hal-hal yang kita senangi, mengapa kita masih melakukan hal-hal yang membuat diri sendiri merasa rugi?

Sekarang coba pikirkan tentang apa saja hal-hal yang membuat kamu merasa telah merugi karena menghabiskan banyak waktu disana. Lalu bayangkan bagaimana jika waktu tersebut kamu pergunakan untuk melakukan hobi yang kamu senangi.

Orang-orang sukses dunia sangat pintar dalam mengatur waktunya. Mereka fokus pada hal-hal yang mereka cinta dan juga membawa suka cita. Maka sekarang apakah kamu masih ingin melakukan hal-hal yang membuat dirimu merasa rugi?

Baca Juga : Prinsip Hidup Yang Harus Kamu Miliki Sebelum Usia 20-an

3. Lakukan Sesuatu yang Meningkatkan Cinta Kepada Diri Sendiri, Orang-orang Akan Ikut Merasakan Kekuatan Cinta Dalam Dirimu.

Menyisihkan Waktu Mencintai Diri Sendiri
Menyisihkan Waktu Mencintai Diri Sendiri

Bukanlah egois jika kamu melakukan sesuatu yang kamu cintai. Justru merekalah yang egois jika memaksa kamu untuk melakukan apa yang mereka inginkan. Mencintai diri sendiri berarti kamu memiliki keinginan untuk menolong dirimu.

Kadang-kadang, tak ada yang bisa kita harapkan, tak ada yang bisa kita andalkan dan itulah mengapa orang pertama yang menolong kita adalah diri sendiri. Maka cintailah dirimu dan lakukan sesuatu yang bisa meningkatkan cinta itu.

Jika kita tidak memiliki hasrat dan rasa cinta terhadap hal-hal yang kita kerjakan, maka kita akan mudah bosan, jenuh dan akhirnya hanyut terbawa arus yang deras. Cinta adalah pondasi yang menguatkan.

Tanpa adanya cinta, kita tidak akan rela untuk berkorban waktu apalagi tenaga. Maka temukanlah cinta dalam setiap hal yang kamu lakukan, sebab ia memberimu kekuatan untuk bertahan hingga akhirnya sukses.

4. Berlatihlah Untuk Menerima Pencapaian Kecil Agar Kamu Bisa Menerima Kesuksesan yang Lebih Besar

Pencapaian Kecil
Pencapaian Kecil

Pencapaian-pencapaian kecil seperti rambu-rambu jalan yang memberi tahu kita akan sesuatu yang ada di depan. Disinilah pentingnya agar kita memperhatikan dan menikmati setiap detail proses menuju sukses.

Lantas bagaimana caranya agar kita bisa terus memantau pertumbuhan diri? Bagaimana caranya kita bisa terus mengetahui pencapaian-pencapaian kecil setiap waktunya?

Cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah membuat suatu tujuan besar dalam hidup, lalu menuliskan daftar tugas sebagai langkah-langkah kecil setiap harinya yang akan membawamu ke tujuan.

Hal ini akan menjadikan impianmu lebih mudah dinalarkan dengan logika sehingga kamu pun merasa ringan untuk mengerjakannya. Secara mental, kamu pun juga akan menjadi lebih yakin dengan tujuan hidupmu.

5. Tak Ada yang Lebih Penting Selain Belajar dan Fokus Pada Pengembangan Diri.

Fokus Pada Pengembangan Diri
Fokus Pada Pengembangan Diri

Orang-orang yang terkenal dan sukses di dunia tidak pernah berhenti belajar dan terus mengembangkan serta bertumbuh ke arah yang positif. Sementara kita yang belum jadi apa-apa sudah merasa pintar dan berhenti untuk mengembangkan kemampuan.

Sangat jelas perbedaannya jika kita melihat aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang sukses di dunia. Jadi, cobalah berkaca dan bertanya pada diri masing-masing untuk apa kau habiskan waktu mu?

Jika kita benar-benar ingin sukses, maka tanamkanlah prinsip dalam diri bahwa tak ada yang lebih penting selain belajar dan mengembangkan kemampuan diri. Bahkan jika kita gagal nantinya, setidaknya kita sudah hidup dengan cara yang bermartabat.

Bahwa manusia yang bermartabat itu menyadari kekurangannya sehingga ia terus belajar, bukan bermalas-malasan dan hanyut oleh kesenangan yang sementara.

Baca Juga : 6 Manfaat Pengembangan Diri Untuk Kamu Usia 20-an

6. Jaga Keharmonisan Pikiran, Ucapan dan Tindakan Sebab Jika Tidak Kau Akan Hidup Dalam Penderitaan

Keharmonisan Pikiran dan Tindakan
Keharmonisan Pikiran dan Tindakan

Kesusahan dan penderitaan seringkali berasal dari pikiran dan ucapan yang tidak sejalan dengan tindakan. Kita kerap membohongi diri sendiri sehingga terus hidup dalam kesengsaraan.

Di usia kita yang sudah dewasa ini, tampaknya kebahagiaan bukan lagi soal kesenangan dan kesenangan semata. Makna kebahagiaan itu telah bergeser menjadi sesuatu yang kita sebut seimbang.

Artinya, kita bahagia ketika semuanya sudah seimbang dan berjalan sebagaimana mestinya. Dan hidup tak akan pernah menjadi seimbang jika kita tidak bisa menyelaraskan apa yang ada di dalam diri, yaitu perasaan, pikiran dan tindakan.

Sukses adalah suatu perasaan puas yang berasal dari dalam diri. Lantas bagaimana kita sukses jika kita tidak melakukan semuanya dari dalam diri melainkan pengaruh dari luar.

7. Fokus Pada Kekuatan Bukan Kekurangan. Fokus Pada Peluang Bukan Penghalang

Fokus Pada Kekuatan
Fokus Pada Kekuatan

Menurut hukum tarik menarik, kemana kita mengarahkan fokus kesanalah energi mengalir. Saat kita fokus pada kekurangan yang ada dalam diri, maka secara otomatis kita akan merasa lemah, tidak berdaya dan malas.

Sebaliknya saat kita fokus pada kekuatan yang ada dalam diri, maka kita akan merasa mampu, kuat dan layak. Jadi pada akhirnya bisa disimpulkan bahwa menjadi sukses bukanlah perkara yang sulit, ini hanya tentang kemana kita mengarahkan fokus.

Masalahnya kebanyakan kita lebih fokus pada penghalang daripada peluang. Tentu pola pikir seperti ini jauh berbeda dengan pola pikir yang dimiliki orang-orang sukses dunia dimana mereka sangat memanfaatkan peluang sekecil apapun.

Baca Juga : 20 Quotes Bijak Tentang Kehidupan yang Akan Mengubah Pola Pikirmu

Demikianlah beberapa prinsip hidup orang-orang sukes yang bisa kamu ikuti. Tidak hanya sukses secara finansial, prinsip ini mampu membuat dirimu menjadi pribadi yang lebih bahagia.