in

10 Psikolog di Indonesia yang Terkenal dan Paling Sukses

Psikolog Indonesia Yang Terkenal

Psikolog di Indonesia adalah profesi yang sedang hangat dibicarakan. Nampaknya keluhan psikologis pada masa sekarang ini perlahan sudah tidak dikaitkan hanya pada gangguan kejiwaan saja. Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian masyarakat masih menganggap bahwa jika anda pergi ke psikolog sudah pasti anda gila. Padahal psikolog tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan berupa terapi dan konseling bagi gangguan jiwa klinis parah saja, tetapi juga pada kasus normal bermasalah.

Namun tahukah anda dari sekian banyak psikolog di Indonesia, ternyata jumlah tersebut masih kurang? Menurut HIMPSI jumlah anggotanya saat ini sekitar 451 pada psikolog klinis sedangkan prevalensi gangguan jiwa dari data Riskesdas 2013 mencapai 1,7 per mil yang artinya 1 hingga 2 orang setiap seribu penduduk mengalami gangguan jiwa berat.

Data Riskesdan pada tahun 2018 menunjukkan prevalensi penduduk Indonesia berusia 15 tahun ke atas yang mengalami depresi sebesar 6% atau 14 juta orang. Namun hanya 9% kasus depresi ini yang mendapatkan penanganan medis.

Psikolog merupakan orang yang mempelajari tentang perilaku manusia beserta fungsi mentalnya secara ilmiah. Psikolog mempelajari fungsi mental seseorang yang memengaruhi perilaku individu maupun kelompok. Psikolog dapat membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan mengenai permasalahan tingkah laku seseorang.

Meski data psikolog klinis di Indonesia masih kekurangan dan penyebarannya belum merata, Indonesia memiliki banyak psikolog handal dari yang sudah senior hingga psikolog yang sekarang banyak kita kenal  di mana mereka tidak kalah handal di bidangnya. Berikut ini adalah psikolog terkenal di Indonesia di mulai dari psikolog senior.

1. Prof. Dr. Slamet Iman Santoso

Prof. Dr. Slamet Iman Santoso
Prof. Dr. Slamet Iman Santoso

Psikolog di Indonesia yang pertama dibahas adalah Prof. Dr. Slamet Iman Santoso merupaka psikolog di Indonesia yang cukup berpengaruh dengan gelar bapak psikologi Indonesia karena beliau adalah perintis studi psikologi di Indonesia.

Beliau Lahir di Wonosobo, Jawa Tengah pada 7 September 1907 dan wafat di Jakarta pada 9 November 2004.

Beliau adalah Profesor di Fakultas Psikologi UI sekaligus pendirinya. Beliau juga berjasa dalam mendirikan beberapa universitas di Indonesia.

2. Prof. Dr. Hj. Zakiah Darajat

Prof. Dr. Hj. Zakiah Darajat
Prof. Dr. Hj. Zakiah Darajat

Beliau lahir di Marapak, Sumatera Barat pada 6 November 1929 dan wafat di Jakarta pada 15 Januari 2013.

Prof. Dr. Hj. Zakiah Darajat merupakan psikolog di Indonesia yang juga pakar psikologi islam.

Beliau menjabat sebagai Dewan Riset Nasional pada bidang keluarga dan anak di  MUI. Beliau juga adalah guru besar ilmu psikologi di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

3. Prof. Dr. Fuad Hassan

Prof. Dr. Fuad Hassan
Prof. Dr. Fuad Hassan

Beliau merupakan tokoh psikologi, pendidikan dan kebudayaan Indonesia.

Lahir di Semarang, Jawa Tengah pada 26 Juni 1929 dan wafat di Jakarta, 7 Desember 2007.

Prestasi yang di raih beliau membuat beliau diangkat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia oleh Presiden Soeharto.

Beliau juga sempat menjadi anggota MPR dan duta besar Indonesia untuk mesir sebelum akhirnya diangkat menjadi anggota DPA.

4. Dra. Niniek L Karim

Dra. Niniek L Karim
Dra. Niniek L Karim

Apakah anda familiar dengan wajah cantik beliau? Beliau adalah salah satu psikolog di Indonesia yang menjadi dosen di Fakultas Psikologi UI.

Beliau juga merupakan artis senior Indonesia maka tak heran jika anda pernah melihat beliau di layar kaca.

Dra. Niniek L Karim lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat pada 14 januari 1949 dan masih aktif hingga sekarang pada dunia perfilman dan sebagai psikolog.

5. Prof. Dr. Singgih Dirga Gunarsa

Prof. Dr. Singgih Dirga Gunarsa
Prof. Dr. Singgih Dirga Gunarsa

Prof. Dr. Singgih Dirga Gunarsa lahir di Banyumas, Jawa Tengah pada 21 Agustua 1934 dan wafat pada 6 Januari 2015.

Beliau merupakan psikolog di Indonesia yang mengenyam pendidikan di Universitas Tavistock Institute London, Inggris, Universitas of Hawaii, AS dan menyelesaikan pendidikan doctoral di Vrije Universiteit Amsterdam, Belanda. Beliau merupakan guru besar psikologi UI yang dinobatkan pada 1 April 1980.

Selain itu beliau juga pernah menjadi guru besar di Universitas Tarumanagara yang mengabdikan dirinya sejak tahun 1979 dan berjasa dalam mendirikan Fakultas Psikologi UNTAR, Rumah Sakit Royal Taruma, Tarumanagara Knowledge Center dan Tarumanagara Fitness Center.

Beliau juga menjadi tokoh penting dalam struktur Persatuan Bulu Tangkis Indonesia pada 1967 hingga 1998 dan dipercaya sebagai psikolog olahraga dari tim bulu tangkis Indonesia.

Berkat kerja kerasnya, beliau mendapatkan penghargaan yakni Meritorius Service dari Christian Children;s Fund Richmond, Amerika dan sebagai Pelopor Psikologi Olahraga di Indonesia oleh HIMPSI.

6. Prof. Dr. Sawitri Supardi Sadarjoen

Prof. Dr. Sawitri Supardi Sadarjoen
Prof. Dr. Sawitri Supardi Sadarjoen

Beliau lahir di Jakarta pada 24 Maret 1943. Beliau merupakan guru besar psikologi klinis dari fakultas psikologi Unpad dan mengajar sejak tahun 1974.

Beliau lulus dari psikologi Unpad pada tahun 1961.

Beliau juga merupakan praktisi psikologi dalam bidang marriage counseling, aktif menulis bidang psikologi dan masih aktif memberikan seminar, workshop dan mengajar di beberapa universitas di Indonesia.

7. Dr. Monty Prawiratirta Satiadarma SPsi,MS/AT,MFCC,DCH., Psikolog

Monty Prawiratirta
Monty Prawiratirta

Beliau merupakan psikolog klinis yang mengajar pada Universitas Tarumanagara sejak tahun 1994. Beliau merupakan salah satu pendiri Fakultas Psikologi Untar dan pernah menjabat sebagai dekan fakultas psikologi, wakil rektor dan rektor Universitas Tarumanagara.

Dr. Monty lulu dari fakultas psikologi UI dan meraih gelar Master of Science dalam bidang Art Therapy dari Emporia State University, Kansas, Amerika.

Beliau merupakan psikolog di Indonesia yang memiliki sertifikasi dalam Art Therapy. Selain itu beliau juga memperoleh gelar Marriage Family and Child Counselor dan gelar lainnya dari Amerika. Beliau aktif menulis berbagai buku psikologi, psikoterapi dan juga olahraga.

Beliau merupakan ketua Ikatan Psikoterapis Indonesia dan saat ini masih aktif menjadi dosen tetap Untar.

8. Dra. A. Kasandra Putranto, Clinical Forensic Psychologist

Dra. A. Kasandra Putranto
Dra. A. Kasandra Putranto

Psikolog di Indonesia yang satu ini adalah Dra Kasandra Putranto lahir pada 17 Januari 1968. Beliau merupakan psikolog Indonesia yang cukup terkenal.

Beliau lulus dari fakultas psikologi UI pada tahun 1991 dan aktif pada bidang psikologi hingga sekarang merambah pada ranah psikologi forensic.

Beliau pernah menjadi finalis Abang None Jakarta. Beliau memulai karir pada bagian Marketing Officer kemudian menajabat sebagai Public officer Hilton Hotel Jakarta.

Posisinya semakin berkembang pesat sebagai General manager, Executive Assistant dan Human Relation Director.

Beliau kemudian membuka praktek psikologi pada tahun 1997 dengan nama “Kasandra & Associates” dengan sejumlah partner sehingga praktek tersebut memiliki enak mitra fulltime pada 3 divisi yakni anak, dewasa dan korporasi.

Beliau juga masih aktif mengajar di beberapa universitas di Indonesia, khususnya Jakarta.

9. Dra. Roslina Verauli M.Psi

Dra. Roslina Verauli M.Psi
Dra. Roslina Verauli M.Psi

Beliau lahir di Pekanbaru, Riau pada 21 Februari 1977. Beliau lulus dari fakultas psikologi UI dengan gelar M.Psi, Psikolog pada tahun 2002.

Beliau merupakan psikolog anak, remaja dan keluarga yang aktif pula mengajar di fakultas psikologi Untar.

Jika anda pernah menonton film Indonesia berjudul “Susah Sinyal” anda akan menemukan Roslina Verauli pada film tersebut.

Beliau juga pernag memiliki program televisi yakni Cerita Perempuan dan telah menulis buku yang menarik bagi anda baca.

10. Tara Adhisti de Thouars, B.A, M.Psi

Tara Adhisti de Thouars, B.A, M.Psi
Tara Adhisti de Thouars, B.A, M.Psi

Tara Adhisti de Thouars merupakan psikolog terkenal di Indonesia yang menyelesaikan program double degree dengan gelar BA in Psychology dari University of Queensland, Australia. Ia lulus dari UI pada bidang Magister Psikologi Profesi Klinis Dewasa.

Ia praktek di Rumah Sakit Sanatorium Dharmawangsa, Jakarta dan klinik kesehatan Lighthouse. Ia berpengalaman dalam bidang klinis dan berbagai pelatihan psikoterapi.

Tara de Thouars juga aktif dalam beberapa kegiatan seperti seminar, training psikologi, konseling dan psikoterapi dalam bidang psikologi klinis, assessmen psikologi hingga menjadi narasumber media cetak, radio dan televisi di Indonesia.

Bukan berarti psikolog lain yang tidak ada dalam list ini tidak kredibel ya. Selain 10 list di atas masih banyak psikolog di Indonesia yang memiliki kredibilitas yang sama handalnya yang bisa anda pilih.

Baca Juga : Apa Itu Psikolog? Inilah 5 Macam Jurusan Psikologi dan Tugasnya

Demikian artikel tentang daftar nama-nama psikolog di indonesia yang paling terkenal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Written by Rima Mustika

Clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.