Tes Hubungan Sebab Akibat

Pada tes hubungan sebab akibat ( kausalitas ) soal yang terdiri dari tiga bagian. Yaitu pernyataan, sebab, dan akibat. Anda dapat memilih jawaban yang paling tepat dari pernyataan yang diberikan. Terdapat 10 soal dan waktu untuk mengerjakan adalah 5 menit.

0%

1 / 10

Pertanian Indonesia adalah pendukung industri Negara. Oleh karena itu, jika pertanian di Indonesia sangat tangguh, maka akan menunjang kekuatan industri dalam negeri. 

SEBAB Jika penghasilan para petani meningkat, maka barang-barang industri akan memiliki pasaran yang kuat. 

2 / 10

"Toko-toko swalayan saat ini telah menjamur di kota-kota besar". Pembentukan kata swalayan pada kalimat tersebut berdasarkan adaptasi. SEBAB Kata swalayan telah mengalami proses penyesuaian berdasarkan struktur bahasa Indonesia

3 / 10

Makna gramatikal adalah makna kata yang diperoleh akibat penempatan atau perubahan dalam kalimat. 

SEBAB

Makna gramatikal sama dengan makna struktural.

4 / 10

"Perusahaan ini maju berkat jasa mereka-mereka ini." Bentuk pengulangan "mereka-mereka" pada kalimat di atas adalah kurang tepat. 

SEBAB

Kata mereka adalah kata ganti orang ketiga jamak, tidak boleh lagi dilakukan pengulangan. 

 

5 / 10

"Beberapa barang-barang telah diturunkan dari kapal dasegera dimuat ke gudang." Pengulangan kata barang pada kalimat di atas adalah salah. 

SEBAB

Sebelum kata barang terdapat kata beberapa yang menunjukkan jamak, sehingga tidak perlu lagi pengulangan.

6 / 10

(1) “Anak itu memiliki pandangan yang pendek. Oleh karena itu, ia menggunakan kaca mata minus."

(2) "Seorang pemimpin itu harus memiliki pandangan yang luas serta bijaksana di dalam menjalankan roda pemerinta hannya." 

SEBAB 

Kata pandangan pada kalimat pertama berarti penglihatan. Sedangkan kata pandangan pada kalimat kedua berarti pemikiran dan wawasan yang luas.

7 / 10

Keadaan yang paling penting dalam modernisasi pertanian adalah sikap hidup petani itu sendiri.

SEBAB

Seorang petani menjadi manajer dari usaha taninya

8 / 10

Dalam setiap forum diskusi, kedudukan para peserta dianggap seimbang, tidak ada yang lebih unggul. SEBAB Dalam diskusi perdebatan selalu bersifat obyektif dan menjadi arahan untuk memecahkan permasalahan

9 / 10

Selain pentingnya penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, ternyata bahasa ibu pun harus pula dikuasai sebagai bahasa ibu dan warisan budaya. 

SEBAB

Bahasa Ibu adalah bahasa yang tidak resmi digunakan di dalam tatanan pemerintahan juga bahasa pengantar di dalam dunia akademik sehingga sering terabaikan dan kurang populer.

10 / 10

Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan Republik IndonesiaHal tersebut terkesan memiliki hubungan yang erat dengan unsur politisi

SEBAB

Indonesia terdiri dari beraneka ragam suku bangsa dan ras yang berbeda begitupun dengan kebudayaannya. Oleh karena itu, untuk membangkitkan rasa persatuan dan kesatuan di antara bangsa Indonesia diperlukan sebuah bahasa persatuan supaya dapat digunakan oleh setiap orang dari berbagai suku dan ras bangsa Indonesia. 

Apa Itu Tes Sebab Akibat ?

Tes sebab akibat adalah suatu tes untuk menilai kemampuan konsep berpikir kandidat dalam menganalisa suatu hubungan sebab akibat.

Dalam dunia kerja, perusahaan membutuhkan karyawan atau calon kandidat yang memiliki tingkat kemampuan penalaran dalam menganalisa secara cepat suatu peristiwa secara lebih mendalam baik sebab maupun akibatnya.

Konsep berpikir kausalitas akan lebih memudahkan perusahaan dalam mengambil suatu keputusan terkait permasalahaan yang ditemukan. Konsep berpikir kausalitas sering juga disebut sebagai konsep berpikir secara kronologis. Hal ini akan membantu perusahaan secara cepat menganalisa mengapa suatu peristiwa atau masalah itu terjadi.

Karyawan yang dituntut bekerja dibawah tekanan umumnya semakin mudah menjalani pekerjaannya apabila berhasil lulus melewati tes ini.

Back to Top

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

To use social login you have to agree with the storage and handling of your data by this website. %privacy_policy%

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.