Tes Kepribadian MBTI

Myers-Birggs Type Indicator (MBTI) adalah psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. Tes Kepribadian MBTI dikembangkan oleh Katherine Cook Briggs dan puterinya Isabel Briggs Myers pada masa Perang Dunia II (1939-1945). Mereka percaya bahwa pengetahuan akan kepribadian dapat membantu perempuan memasuki dunia kerja di bidang industri.

Setelah mengalami pengembangan, akhirnya Tes MBTI pertama kali dipublikasikan pada tahun 1962. Tes MBTI didasarkan dari teori tipologi yang diusulkan oleh Carl Gustav Jung dalam bukunya berjudul “Psychological Type” yang diterbitkan pada tahun 1921. Dalam bukunya, Jung berteori bahwa ada empat fungsi preferensi utama yang digunakan manusia dalam menjalani kehidupan, yaitu: sensasi (sensation), intuisi (intuition), perasaan (feeling), dan pemikiran (thinking).

Dalam mengembangkan MBTI, Katharine dan Isabel Briggs Myers membahas dua tujuan terkait dalam perkembangan dan penerapan instrumen MBTI, yaitu identifikasi dari dasar prefensi yang tersirat dalam Teori Carl Jung, serta deskripsi dari 16 tipe kepribadian yang merupakan hasil penggabungan dari interaksi dan preferensi.

Tes Preferensi Kepribadian Dominan

Untuk membuat tes anda mendekati keakuratan sempurna, anda diwajibkan melewati serangkaian 4 tes preferensi dominan dari 8 jenis preferensi kepribadian.

0%

1. Tes Preferensi Energi

Apakah anda lebih suka fokus pada dunia luar atau dunia perasaan anda ?

1 / 7

Manakah yang mencerminkan dirimu ?

2 / 7

Dalam mencari sebuah jawaban dari permasalahan hidup, saya lebih suka

3 / 7

Dalam bekerja, manakah yang lebih kamu suka ?

4 / 7

Dalam berkomunikasi, saya lebih suka..

5 / 7

Dalam kehidupan sehari-hari, saya lebih memperhatikan..

6 / 7

Dalam hidup, seberapa banyak minat kamu terhadap sesuatu ?

7 / 7

Biasanya kamu bertindak atau berpikir dulu ?

Introvert Vs Ektrovert : Introvert umumnya memiliki karakteristik yang suka fokus pada satu tujuan sedangkan ektrovert memiliki inisiatif yang tinggi dalam bekerja dan berhubungan dengan orang lain. Bagi ektrovert, para introvert terkesan suka menahan informasi. Sedangkan bagi introvert, para ektrovert terkesan suka berubah pikiran.

Kekuatan Introvert : Sangat tenang dan memperhatikan. Memberi tanggapan dengan hati-hati dan penuh refleksi. Ingin mengenal sesedikit mungkin orang tapi lebih mendalam. Memiliki perhatian yang mendalam pada sesuatu topik yang diminati. Mendengarkan siapa saja tanpa banyak menginterupsi.

Kekuatan Ektrovert : Aktif, energetik dan antusias. Mau mengemukakan pendapat pribadinya. Menjalin kontak pada lawan bicara. Mempunyai banyak sekali minat.Memberi informasi dan feedback.

0%

2. Tes Preferensi Informasi

Apakah anda lebih suka fokus pada informasi nyata atau anda lebih suka menafsirkan dan menambahkan makna dari informasi tersebut?

1 / 7

Tujuan dirimu dalam mengerjakan sesuatu..

2 / 7

Dalam memperhatikan informasi, kamu lebih suka ?

3 / 7

Jika disuruh untuk fokus pada satu hal, kamu lebih suka ?

4 / 7

Jika sendiri, kamu cenderung ?

5 / 7

Jika disuruh memilih pekerjaan, kamu lebih suka ?

6 / 7

Dalam memperhatikan sesuatu, kamu cenderung ?

7 / 7

Yang mewakili banget tentang dirimu..

Sensing vs Intuition : Bagi orang Intuition para Sensing terkesan matrealistis dan sangat berorientasi pada kenyataan. Sedangkan bagi orang Sensing, para Intuition terkesan plin-plan dan pemimpi.

Kekuatan Sensing : Berpusat pada kenyataan sekarang dan fakta-fakta aktual. Praktis dan realistic Suka mengobservasi dan memperhatikan detail. Belajar lebih baik melalui pengalaman.. Mengaplikasikan langsung apa yang dikomunikasikan.

Kekuatan Intuition : Sangat terbuka terhadap berbagai kemungkinan. Sangat antisipatif dan siap untuk berubah, bahkan ingin melakukan perubahan. Berorientasi pada masa yang akan datang, suka melihat arah perubahan. Menyukai hubungan dan informasi yang terintegrasi. Bisa menciptakan ide-ide (generate ideas).

0%

3. Tes Preferensi Keputusan

Bagiamana cara anda dalam menyikapi dan mengambil sebuah keputusan?

1 / 7

Dalam melihat sesuatu, anda lebih suka ?

2 / 7

Mana yang lebih kamu suka ?

3 / 7

Saat mengambil keputusan, harapan anda ?

4 / 7

Dalam mengambil keputusan dari suatu masalah, Anda lebih suka ?

5 / 7

Biasanya anda cenderung seperti apa ?

6 / 7

Jika terjadi perdebatan tidak sengaja, anda biasanya ?

7 / 7

Dalam memandang hubungan, anda cenderung ?

Bagi orang Feeling, para thinkin terkesan dingin dan suka merendahkan orang lain. Dan bagi orang Thinking, para feeling sering berpikir tidak jelas dan emosional.

Kekuatan Thinking : Tenang, menalar dengan baik dan di bawah control. Memberikan feedback yang tulus dan terus-terang. Menganalisa, mengevaluasi, dan mengkritik. Obyektif dan bekerja menurut prinsip. Memiliki proses berpikir yang jelas dan mendefenisikan kriteria.

Kekuatan Feeling :

Mampu berempati dan menjalin hubungan pribadi. Dapat menghargai perpektif orang lain (sekalipun perspektifnya berbeda). Supportif, dan menaruh perhatian pada orang lain. Menikmati kerjasama dan hubungan pribadi dengan orang lain. Ingin memelihara harmoni, hubungan pribadi yang hangat.

0%

4. Tes Preferensi Lingkungan

Bagiamana cara anda dalam menyikapi dunia luar ?

1 / 7

Dalam menjalani kehidupan, anda lebih suka ?

2 / 7

Dalam mengerjakan tugas, anda tipe yang mana?

3 / 7

Gaya hidup impian anda ?

4 / 7

Dalam bekerja, apakah Anda suka adanya deadline ?

5 / 7

Sebelum bekerja, biasanya anda ?

6 / 7

Dalam bekerja biasanya anda lebih suka ?

7 / 7

Dalam mengerjakan suatu pekerjaan, anda lebih suka ?

Bagi orang Perceiving, para judging terkesan menuntut, kakus, tegang dan gelisah. Bagi orang judging, para Perceiving terkesan tidak terorganisir dan tidak bertanggungjawab.

Kekuatan Judging : Sangat tegas, pasti dan menentukan. Mengambil keputusan, kemudian maju menuju tujuan. Sangat teratur, dan efektif. Fokus pada tugas dan tujuan utama. Menetapkan harapan dan timelines (frame waktu).

Kekuatan Perceiving : Sangat fleksibel dan adaptable (mudah melakukan penyesuaian). Memberikan tanggapan sesuai dengan situasi yang berubah. Sangat terbuka terhadap informasi baru dan perubahan. Menciptakan banyak kemungkinan-kemungkinan baru, dan pilihan-pilihan baru. Mengganggap perubahan itu sebagai sesuatu yang sangat mudah dan gampang. dilakukan

Info: Setelah melewati keempat tes diatas, silahkan jumlahkan hasil tes anda secara berurutan dan lihat tipe kepribadian anda dibawah berdasarkan hasil tes tersebut.

16 Profile Kepribadian MBTI

ISTJ – The Most Responsible

ISTJ adalah orang-orang yang lebih suka sendiri yang sangat memperhatikan informasi-informasi/data yang spesifik dan bersifat formal. Mereka biasanya ingat tentang apa yang dilakukan dan dikatakan orang lain. Namun mereka tidak suka menyadari/mengenali perasaan mereka sendiri dan juga perasaan orang lain.

Pada waktu mereka sendirian, mereka akan. mampu mengingat hal-hal yang spesifik tentang orang-orang, tempat atau benda-benda dengan sangat jelas. Sepertinya mereka selalu merekam apa yang terjadi disekitarnya lalu menyimpan hasil rekaman itu dengan baik sehingga jika sewaktu-waktu diperlukan dapat mereka keluarkan. Akibatnya, mereka selalu tepat dan persis dalam menceritakannya pada orang lain. Baca Selengkapnya

ISFJ – The Most Loyal

ISFJ mempunyai ‘dunia dalam’ yang kaya, yang tidak mereka ceritakan kepada orang lain. Bila sedang sendirian, mereka akan mengingat kembali kejadian sehari-hari dengan sangat cermat, dengan menggunakan sudut pandang yang sangat pribadi. ISFJ mempunyai ‘dunia dalam’ yang kaya, yang tidak mereka ceritakan kepada orang lain.

Bila sedang sendirian, mereka akan mengingat kembali kejadian sehari-hari dengan sangat cermat, dengan menggunakan sudut pandang yang sangat pribadi. Mereka mempunyai kemampuan yang mengagumkan dalam mengingat hal-hal detil. Daya ingatannya seperti alat perekam, sehingga ia dapat memutar’ (mengingat) kembali suatu kejadian dari sudut pandang yang berbeda. Baca Selengkapnya

INFJ – The Most Perfectionist

Seringkali INFJ tampil sebagai pribadi yang tenang dan menarik. Mereka sangat berhatihati dan selalu penuh pertimbangan dan sangat memperhatikan kebahagiaan dan kepentingan orang lain. Mereka memiliki kelembutan serta keanggunan dan cara berbicara yang halus namun meyakinkan yang kesemuanya membuat INFJ menjadi orang-orang yang spesial.

Mereka memiliki cita rasa seni, kreatif, penuh dengan ide-ide dan berbakat dalam mengartikan simbol yang sering kali timbul di dalam kehidupan ini. Mereka juga orang-orang yang kompleks dan ‘dalam’ (pendiam, misterius) seringkali memiliki sifat-sifat yang membingungkan/sulit dimengerti oleh orang lain maupun oleh mereka sendiri.

INTJ – The Most Independent

INTJ mengarahkan hidupnya dengan cara mewujudkan visinya kedalam dunia nyata. Sedangkan visi dari tiap-tiap INTJ adalah berbeda. Bisa saja visinya berupa bagaimana bentuk suatu organisasi dimasa yang akan datang, keyakinan akan adanya bentuk arsitektur yang baru, atau berupa peringatan bahwa kita harus mendengar keinginan orang banyak.

Suatu kesamaan diantara INTJ adalah adanya dorongan dari dalam (inner driving force) yang menghasilkan kemungkinan-kemungkinan. Mereka memiliki suatu kekuatan intuitif yang istimewa didalam dirinya, dan hal ini is simpan untuk dirinya sendiri. Bila sedang sendirian, mereka akan melihat berbagai macam pemahaman (insight) yang impersonal, dengan jangkauan jauh ke depan.

ISTP – The Mechanic

ISTP selalu ingin menganalisa hal-hal internal yang menarik dirinya. Mereka ingin tahu apa yang membuat sesuatu bergerak/bekerja. Analisa logisnya dipusatkan pada hal-hal yang praktis dan kongkrit, bukan pada masalah yang tidak dapat diterapkan. Sebuah mesin diuraikan menjadi bagian-bagian untuk mengetahui apa yang menyebabkan mereka bekerja.

Mereka yang memiliki tipe ISTP akan lebih mudah berpikir disaat sendirian, sehingga dapat diperoleh penilaian yang jelas dan logis tentang apa saja yang menarik perhatiannya.

ISFP – The Artisctic

Orang ISFP terkesan sebagai orang yang santai dan periang. Hidupnya serasa tidak mempunyai beban. Hidupnya dipengaruhi oleh nilai-nilai pribadinya. Suatu hal yang serius dan penting bagi mereka adalah proses identifikasi dan. memperjelas apa yang terjadi.

ISFP mengumpulkan banyak informasi khusus tentang orang. Mereka selalu mencari apa arti dari informasi itu. Akibatnya, sejak kecil mereka seringkali sudah dapat berempati. Penilaiannya terhadap orang lain biasanya tepat. Kelebihan ini membuat ISFP mempunyai kekuatan sebagai konselor atau terapist.

INFP – The Most Idealist

INFP akan merasa dirinya benar-benar berarti bila ia dapat menyumbangkan sesuatu demi kebaikan semua orang didunia. Dan satu hal yang sangat diinginkan oleh INFP adalah mencari ‘arti’ yang mendalam bagi hidupnya. Jalan hidup yang bagaimana yang akan diambil. Kemana akan mereka sumbangkan kemampuan, ketrampilan dan energinya.

Hanya sedikit INFP yang butuh mengatur oganisasi. Mereka jarang mau menjadi pusat perhatian. Mereka ingin bekerja dengan tenang, seringkali tidak mengganggu orang lain. Itulah yang mereka cari dalam hidup.

INTP – The Conceptor

Karakteristik terpenting dari INTP adalah kecenderungan mereka untuk membuat konsep-konsep abstrak menjadi jelas. Pada saat mereka sendirian, mereka otomatis akan menarik kesimpulan dan penilaian-penilaian tentang pola-pola berpikir mereka (orang lain). Dengan kemampuan analisis mereka yang luar biasa, INTP selalu tertarik dan dekat dengan pemahaman-pemahaman konseptual.

Sayangnya, setelah mereka selesai memecahkan misteri dari sebuah konsep, mereka akan segera menemukan dan tertarik pada konsep lain yang sifatnya masih mentah sehingga tidak tersedia cukup waktu bagi mereka untuk mengembangkan konsep tersebut demi kepentingan orang banyak.

ESTP – The Markerter

ESTP mudah bergaul, berbicara blak-blakan, tembak langsung dan memiliki bakat untuk mendramatisir suasana. Terus menerus mereka mengamati lingkungannya dan mengobservasinya secara detil, baik itu tentang manusia maupun akvitas-aktivitas yang ada. Mereka dapat menangkap hal-hal tersembunyi dari suatu kondisi yang seringkali terlewati oleh orang lain.

Mereka memusatkan energi mereka pada hal-hal yang praktis, fakta-fakta yang obyektif dan kenyataan. Mereka selalu haus akan informasi yang konkrit dan berguna.

ESFP – The Most Generous

ESFP memusatkan energi dan perhatian mereka untuk mengumpulkan informasi tentang situasi dan kejadian, juga tentang orang-orang disekitarnya. Mereka mudah bergaul, ramah dan senang keramaian (pesta). Mereka peka dan selalu tertarik terhadap apa yang tengah terjadi pada teman-temannya, rekan sekerjanya atau pasangan hidupnya. ESFP memang senang bersosialisasi.

ESFP adalah orang-orang praktis dan sederhana. Mereka tidak suka berspekulasi tentang apa yang akan terjadi atau apa yang seharusnya terjadi. Mereka terlalu sibuk dengan apa yang tengah terjadi sambil menikmati diri mereka sendiri.

ENFP – The Most Optimistic

Tipe ENFP biasanya bersikap hangat, penuh semangat dan banyak akal. Pendorong hidupnya adalah intuisi. Mereka selalu mencari-cari dan melihat kemungkinan yang berhubungan dengan / melibatkan manusia. Kemungkinan selalu membuat mereka bersemangat.

Mereka selalu ingin melakukan sesuatu dan ingin agar orang lain terlibat dalam pekerjaannya. Orang ENFP biasanya menarik (‘charming’) dalam segala hal.

ENTP – The Entrepreneus

ENTP memusatkan perhatiannya pada dunia disekelilingnya dan melihat kemungkinankemungkinan yang menyenangkan dan tidak ada henti-hentinya. Mereka sangat enerjik dan antusias, dan efektif dalam mempengaruhi orang lain untuk ikut dalam petualangannya. Kehidupannya tidak selalu menggunakan pola yang sama karena mereka mengikuti kemana pemahaman intuitifnya membawa. Mereka dapat berpindah dari satu bidang ke bidang lain, berganti-ganti karir, pindah dari satu minat ke minat lain.

ENTP cenderung menghindar untuk menentukan minatnya. Mereka tidak mau membatasi pilihannya. Sebelum mencapai usia 40 tahun, seorang programmer yang sangat berbakat memulai beberapa usaha dan kemudian meninggalkannya. la selalu berhasil dalam hal ini. Setelah itu ia membangun usaha kecil, tetapi merasa tidak puas. Tidak lama kemudian, ia memulainya dari awal lagi, mengeksplorasi bidang-bidang lain yang mungkin lebih menarik bagi mereka.

ESTJ – The Most Hard Working

ESTJ memusatkan perhatian mereka pada dunia sekelilingnya Mereka membuat keputusan yang singkat, cepat dan obyektif tentang apapun yang dihadapinya. Mereka adalah orangorang yang mampu memegang kekuasaan dan kontrol. Mereka menyukai perannya sebagai ‘boss’ dan terutama menikmati wewenang mereka sebagai pemimpin. Mereka memandang kepemimpinan secara serius dan berusaha keras untuk selalu bertanggung jawab.

Menurut Myers, ESTJ akan mengatur dunia seakan dunia itu milik mereka yang perlu dibenahi. Von Franz menambahkan Tipe ini banyak ditemui didalam kepemimpinan organisasi-organisasi besar, kantor-kantor besar dan kantor pemerintah,didalam bisnis, dibidang hukum dan juga didalam diri ilmuwan-ilmuwan.

ESFJ – The Most Harmonious

ESFJ adalah orang-orang yang berorientasi pada sesamanya. Mereka menyukai dan menikmati hubungannya dengan orang lain. Mereka mudah bergaul dan menyenangi situasi dimana memungkinkan baginya untuk melakukan hal tersebut. Tanpa kesulitan, mereka akan mampu mengingat informasi spesifik dan detail tentang orang-orang sekitarnya.

Mereka selalu ingin mengetahui apa yang dilakukan teman-temannya dan apa yang terjadi pada mereka. Mereka akan mengolah informasi tersebut dan akan memberikan dukungan dengan cara yang bersahabat. Sebagai hasilnya, orang ESFJadalah orang-orang yang sangat supportif. Dengan mudah mereka membuat orang lain merasa dihargai dan penting.

ENFJ – The Diplomat

ENFJ membuat keputusan tentang berkaitan dengan manusia. Mereka mempunyai suatu kelebihan dalam melihat potensi manusia dan mereka ingin berbuat sesuatu untuk orang lain untuk menjadi yang terbaik. ENFJ cenderung altruistik. Seringkali mereka menggunakan kelebihannya untuk memanipulir orang lain demi keinginannya sendiri. Ramah, mudah bergaul, menawan dan ekspresif dalam berbicara. Disisi lain, ENFJ seringkali sulit untuk diikuti.

Dibandingkan dengan tipe-tipe lain, mereka karismatik. Mereka tahu bagaimana harus menarik/mempesona, menenangkan, memberi inspirasi atau membangkitkan semangat. Tetapi mereka juga dapat menyalahgunakan kemampuan people powernya sehingga menjadi suatu yangmenakutkan.

ENTJ – The Commandant

ENTJ melihat dunia luar dengan penilaian-penilaian yang impersonal dan analitis. Mereka melihat manusia dan benda sebagai sesuatu yang harus diorganisir. Mereka melihat tantangan yang inovatif disekelilingnya. Dan merekalah yang harus mewujudkannya, merekalah yang memimpin.

ENTJ juga punya keinginan untuk mempengaruhi dan mengawasi orang lain. Tetapi dalam pola kepemimpinan yang dipilih dan apa yang menyebabkan mereka mencari posisi itu, terdapat perbedaan antara ESTJ dan ENTJ. ENTJ biasanya mencari posisi yang memungkinkan mereka untuk merubah arah, mendapatkan ide-ide baru, untuk memuaskan instink, kreatif dan kewirausahaannya.

Back to Top

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

To use social login you have to agree with the storage and handling of your data by this website. %privacy_policy%

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.