ENFJ

The Diplomat – ENFJ

Ciri-Ciri Umum

  • Popular dan sensitif, mudah bergaul dan bersosialisasi
  • Fokus pada dunia eksternal, sangat peduli pada apa yang dirasakan dan dipikirkan orang lain
  • Melihat segala sesuatunya dari sudut pandang yang manusiawi, tidak menyukai analisa yang impersonal
  • Efektif dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan manusia
  • Suka melayani orang lain, dan lebih mengutamakan kebutuhan orang lain.

Kekuatan

  • Suka memimpin dan memfasilitasi kelompok.
  • Mendukung kerjasama
  • Mengkomunikasikan nilai-nilai organisasi.
  • Memberi contoh bagaimana organisasi seharusnya memperlakukan orang.
  • Suka memberikan konklusi yang bermanfaat.

Kelemahan

  • Bila mengidolakan seseorang, seringkali membuatnya menjadi sangat loyal dan tidak obyektif lagi.
  • Seringkali menyembunyikan atau menyimpan masalah demi menghindari konflik.
  • Mengabaikan pekerjaan lebih karena mementingkah hubungan interpersonal.
  • Cepat tersinggung.

Profile Kepribadian

ENFJ membuat keputusan tentang berkaitan dengan manusia. Mereka mempunyai suatu kelebihan dalam melihat potensi manusia dan mereka ingin berbuat sesuatu untuk orang lain untuk menjadi yang terbaik. ENFJ cenderung altruistik. Seringkali mereka menggunakan kelebihannya untuk memanipulir orang lain demi keinginannya sendiri. Ramah, mudah bergaul, menawan dan ekspresif dalam berbicara.

Disisi lain, ENFJ seringkali sulit untuk diikuti. Dibandingkan dengan tipe-tipe lain, mereka karismatik. Mereka tahu bagaimana harus menarik/mempesona, menenangkan, memberi inspirasi atau membangkitkan semangat. Tetapi mereka juga dapat menyalahgunakan kemampuan people powernya sehingga menjadi suatu yang menakutkan.

ENFJ seringkali mencari kesempatan untuk menerapkan ‘people skill’nya dihadapan orang banyak. Mereka bisa bertugas sebagai petugas gereja, memberi khotbah dan mempunyai kekuatan yang tidak biasa. Mereka bisa menjadi guru yang mempesona muridnya, yang selalu mengajar dengan cara yang berbeda, tidak seperti guru-guru yang lain. Atau mereka bisa menjadi pemandu atau instruktur yang dapat membuat para pesertanya mempunyai pengalaman pribadi yang mengesankan. Sebagai pembicara, mereka bisa mempengaruhi emosi pendengarnya, ikut tertawa dan menangis, menyimak dan menghayati setiap kata yang diucapkan.

Pada umumnya ENFJ punya rasa humor yang tinggi. Mereka suka menceritakan hal-hal yang lucu, baik mengenai dirinya maupun orang lain. Seringkali mereka membuka pembicaraan dengan suatu lelucon dan biasanya ENFJ mendapat respon yang hangat dari orang lain. Tetapi bisa juga terjadi ENFJ mempunyai kesan yang salah tentang orang-orang disekitarnya sehingga ketika menceritakan suatu lelucon, tanggapannya dingin saja.

Walaupun sehari-hari ENFJ cenderung ingin membantu/menolong orang lain, tetapi mereka juga dapat bersikap obyektif dan tidak hangat. Mereka bisa bersikap tegas dan melawan bila situasinya memang membutuhkan. Jadi karena orang terbiasa dengan sikap ENFJ yang hangat dan suportif, maka bila mereka mengkritik, kesannya lebih tajam dari yang sebenarnya.

ENFJ punya kelebihan tentang bagaimana membuat orang lain menjadi tertarik atau bagaimana membuat orang lain merasa terkesan. Mereka tahu bagaimana menyajikan suatu informasi secara menarik, bagaimana memasarkan dirinya maupun orang lain. Mereka dapat membuat judul (suatu tulisan) yang menarik, menuliskan dan mengekspresikan ide-idenya dengan baik. Tipe-tipe lain dapat belajar dari ENFJ tentang bagaimana komunikasi yang efektif.

Minat ENFJ terhadap manusia sangat besar sampai mereka rela mengorbankan diri. Mereka sering merasa bersalah bila usahanya untuk menolong orang lain ternyata tidak berhasil. Padahal mereka juga perlu memperhatikan dan merawat dirinya sendiri. Terlepas dari kelemahan-kelemahannya, ENFJ selalu mencari kesempatan untuk berbuat yang terbaik, yaitu bekerja dengan orang lain. Bagi ENFJ yang tidak memiliki kesempatan untuk bekerja dan membantu orang lain akan merasa frustrasi, dingin dan menarik diri.

Minatnya yang sangat besar terhadap manusia membuat ENFJ berani mengambil resiko tidak pernah punya waktu untuk dirinya sendiri. ENFJ pada dasarnya butuh waktu untuk diri sendiri. Bila sedang sendiri, mereka berubah dari membuat dan mengekspresikan penilaiannya tentang manusia, menjadi lebih reflektif. Mereka melihat banyak kemungkinan atau menemukan arti/makna baru dari suatu hal. Kalau mereka terlalu banyak berada bersama orang lain, berarti banyak membuat penilaian dengan data yang terbatas.

Walaupun demikian, ENFJ berusaha untuk tidak sendiri, karena dalam kesendiriannya ENFJ seringkali berpikir tentang sisi-sisi negatif dari sesuatu, tentang dirinya sendiri dan merasa depresi. Berada bersama orang lain merupakan satu cara untuk melepaskan diri dan pemikiran-pemikiran yang buruk.

Tipe ini tidak suka membuat keputusan yang impersonal. Logika dan analisa bukanlah keahlian mereka. Pada dasarnya mereka tidak membuat keputusan/penilaian berdasarkan prinsip-prinsip abstrak yang impersonal.

Dibawah tekanan, ENFJ dapat terjebak oleh logikanya. Mereka bisa menjadi sangat kritis terhadap dirinya maupun orang lain. Mereka akan mengekspresikan penilaian yang buruk dan tidak mau ditentang. Sikapnya cenderung dingin dan impersonal.

Karir dibidang agama biasanya menarik bagi tipe ini. Pekerjaan ini membutuhkan keahlian yang dimiliki ENFJ. Ilmu Teologi memberikan jalan kepada mereka untuk menghindari penalaran yang logis dan analitis. ENFJ yakin akan komitmennya terhadap Teologi. Dengan keyakinan ini mereka tidak lagi berurusan dengan pertanyaan filosofis tentang makna hidup.

Untuk menghadapi masalah rutin/detil sehari-hari, ENFJ harus berusaha keras dan lebih sabar. Hal ini tidak membuat mereka menyerah, mereka tetap mencari kepuasan dan kesenangan dalam mengerjakannya walaupun pada dasarnya mereka tidak suka. Walau demikian, banyak ENFJ yang sangat cermat dalam menata rumah, mobil, buku telpon, buku alamat dan dalam mencatat pengeluaran pribadinya.

Dalam kehidupan sehari-hari, ENFJ tampil mempesona, kita mudah terpengaruh oleh sikapnya yang hangat, jenaka, kepercayaannya pada orang lain dan antusiasmenya. Mereka tahu bagaimana membuat orang merasa berarti dan merasa nyaman, walau untuk orang yang sangat introvert sekalipun.

Keahliannya membuat orang lain mudah tahu bahwa ENFJ juga punya kebutuhan sama seperti apa yang telah mereka berikan kepada orang lain, tetapi mereka berusaha agar orang lain tidak mengetahuinya. Kadang-kadang mereka tidak mau mengakui bahwa pada dasarnya mereka juga butuh penghargaan dan dukungan.

Back to Top

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

To use social login you have to agree with the storage and handling of your data by this website. %privacy_policy%

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.