The Commandant – ENTJ

Ciri-Ciri Umum

  • Asertif dan jujur, terdorong untuk memimpin
  • Ahli dalam memahami masalah organisasi yang sulit, dan memberikan solusi yang solid
  • ‘Cerdas’ dan punya banyak pengetahuan, biasanya pandai berbicara di depan umum
  • Sangat menghargai ilmu dan kompetensi, bisanya tidak sabar terhadap sesuatu yang tidak efisien atau tidak terorganisir dengan baik.

Kekuatan

  • Mengembangkan perencanaan yang matang
  • Memberikan struktur pada organisasi
  • Mendesain strategi yang dapat diterapkan untuk mencapai tujuan.
  • Cepat tanggap
  • Langsung dapat mengatasi masalah yang disebabkan karena adanya kebingungan dan cara kerja yang tidak efisien.

Kelemahan

  • Cenderung mengabaikan kebutuhan orang lain karena terlalu berorientasi pada tugas.
  • Cenderung mengabaikan pertimbangan-pertimbangan praktis dan hambatan yang ada.
  • Terlalu cepat memutuskan, tampak tidak sabar dan dominan.
  • Mengabaikan dan menekan perasaannya sendiri.

Profile Kepribadian

ENTJ melihat dunia luar dengan penilaian-penilaian yang impersonal dan analitis. Mereka melihat manusia dan benda sebagai sesuatu yang harus diorganisir. Mereka melihat tantangan yang inovatif disekelilingnya. Dan merekalah yang harus mewujudkannya, merekalah yang memimpin.

Seperti ESTJ, ENTJ juga punya keinginan untuk mempengaruhi dan mengawasi orang lain. Tetapi dalam pola kepemimpinan yang dipilih dan apa yang menyebabkan mereka mencari posisi itu, terdapat perbedaan antara ESTJ dan ENTJ. ENTJ biasanya mencari posisi yang memungkinkan mereka untuk merubah arah, mendapatkan ide-ide baru, untuk memuaskan instink, kreatif dan kewirausahaannya.

ENTJ bergerak dengan yakin dan percaya diri ke dunia luar. Mereka melihat manusia dan benda-benda yang harus diorganisir. Untuk melakukan sesuatu, mereka tidak memikirkannya lebih dulu, tetapi langsung dapat mengetahui adanya kebutuhan tersebut. Mereka adalah tipe pemimpin, walaupun masih muda sekalipun.

ENTJ selalu tertarik pada sesuatu yang baru atau kewirausahaan, karena mereka selalu berorientasi pada kemungkinan-kemungkinan. Mereka cepat menangkap sesuatu yang kompleks dan menikmati adanya keterkaitan dan hubungan-hubungan. Sebagai pimpinan, mereka berpusat pada gambaran menyeluruh. Mereka melihat sesuatu dalam pola jangka panjang. Mereka akan mengarahkan secara garis besar saja, sedangkan detildetil pekerjaan akan didelegasikan kepada bawahannya. ENTJ adalah pimpinan yang berorientasi pada perubahan. Mereka akan membentuk kembali tujuan organisasi dan mencari cara yang lebih efisien dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Sebagai orang tua, mereka juga merefleksikan gayanya yang ‘bossy’. Seorang ayah yang ENTJ, sewaktu pulang ke rumah langsung menuju ke TV/Stereoset dan mematikannya, untuk menunjukkan ‘kekuasaannya’.

Kecepatannya dalam menilai dan rasa percaya dirinya membuat kepribadiannya terkesan ‘sangat berkuasa’. Mereka bisa saja memanipulir orang lain. Kebanyakan ENTJ menunjukkan kekuatan yang sama dan sangat kritis terhadap mereka yang tidak demikian. Akibatnya ENTJ sangat sulit untuk berkomunikasi dengan mereka yang tidak menggunakan ‘bahasa’ yang sama. Dalam posisi sebagai atasan, mereka akan ‘menyimpan’ informasi yang penting dari bawahan yang tidak berani bicara. Tidak seperti tipe-tipe lain, ENTJ suka untuk dikelilingi oleh ENTJ-ENTJ lainnya, agar dapat memperkokoh kekuatannya dan sekaligus juga mengumpulkan kelemahannya.

Beberapa ENTJ sangat berorientasi pada keputusan, sangat cepat dalam memutuskan berani mengambil resiko untuk mengambil keputusan berdasarkan informasi yang tidak lengkap ENTJ vang lain menghargai adanya kebutuhan yang didasarkan pada data yang benar.

Mereka ini memiliki kemampuan retlektif yang kuat yang membuat kepribadiannya menjadi seimbang. Mereka bisa menikmati kesendirian, khususnya bila ingin melakukan refleksi. Mereka mulai ‘memutar’ benda-benda dalam benaknya, melihat benda-benda dari perspektif yang berbeda. Mereka menemukan pemahaman baru dan mendapatkan kemungkinan-kemungkinan baru.

Walaupun ENTJ reflektif, namun mereka juga ingin segala sesuatu yang mapan. Mereka juga cepat memutuskan dan meyakini hal itu. Walaupun begitu mereka tetap terbuka terhadap ide-ide atau informasi baru. Mereka mengatur hidup dan jadwalnya sehingga mereka punya waktu untuk berefleksi.

Walaupun sama-sama ENTJ, tetapi mereka menunjukkan ciri yang berbeda. Ada yang ‘keras hati’, tampil ‘dingin’ dan impersonal, banyak perintah dan tidak membiarkan adanya perbedaan pendapat. Yang lain tampak hangat dan lembut. Mereka lebih memperhatikan orang lain dan lebih kolaboratif dalam proses pengambilan keputusannya. Hal ini bukan disebabkan karena perbedaan jenis kelamin, tetapi karena mereka punya waktu untuk melakukan refleksi. ENTJ yang ‘murni’ mempunyai sisi pribadi, suatu kebutuhan secara periodik untuk ‘memutar’ dan mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan yang intuitif.

Dalam beberapa hal tipe ini dapat memfokuskan diri pada detil, khususnya dalam rangka pemahaman intuitifnya untuk mendukung penilaian Thinkingnya (Thinking Judgment). Fakta saja tidaklah menarik bagi mereka dan mereka bisa menjadi sangat tidak sabar menghadapi detil untuk jangka yang lama. Detil adalah untuk orang lain, bukan untuk mereka.

Penilaian berdasarkan ‘nilai-nilai’ (‘values’) adalah sisi yang kurang berkembang dari ENTJ. Mereka cenderung tidak sadar akan pengaruh keputusannya terhadap orang lain dan mereka tidak peduli akan perasaan orang lain. Mereka tidak nyaman bila harus mengambil keputusan yang melibatkan perasaan dan kepekaan.

Dalam situasi stress, ENTJ biasanya akan membuat keputusan yang subyektif terhadap dirinya maupun orang lain. Mereka akan sangat marah, eksplosif dan temperamental. Mereka menggunakan penilaian yang subyektif terhadap keberhasilan, kompetensi dan harga dirinya.

Disisi lain ENTJ juga mempunyai sifat yang sentimental. Mereka bisa mempunyai keterlibatan emosi dengan orang-orang tertentu atau kelompok yang mempunyai penjelasan yang logis. Bagi ENTJ tertentu melihat sisi sentimentalnya sebagai tanpatanda kelemahan. Mereka menutupinya dengan kekerasan, sehingga tidak ada orang yang tahu.

ENTJ berkepribadian kuat. Tidak seperti tipe-tipe lainnya, mereka tidak perlu meyakinkan dirinya atau ‘keluar dari jalur’nya untuk dapat menyesuaikan diri dengan potensinya. Kelemahan-kelemahan ENTJ adalah kecenderungan untuk membuat keputusan yang kasar, bertindak sebelum mencari tahu, gagal dalam membuat orang untuk berani bicara, mengabaikan suatu hal yang bertentangan tanpa mempertimbangkan, mengabaikan kepekaan orang lain. ENTJ yang bersungguh-sungguh menghindari kelemahan-kelemahan tersebut adalah orang yang betul-betul kuat dan hebat.

Back to Top

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

To use social login you have to agree with the storage and handling of your data by this website. %privacy_policy%

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.