The Entrepreneus – ENTP

Ciri-Ciri Umum

  • Kreatif, dapat berpikir dengan cepat, imajinatif
  • Serba bisa
  • Suka berdebat
  • Sangat bersemangat dengan ide-ide dan proyek baru, namun cenderung mengabaikan hal-hal yang rutin
  • Jujur, terbuka dan asertif
  • Ahli dalam memahami konsep dan menerapkan logika dalam mencari solusi.

Kekuatan

  • Melihat keterbatasan-keterbatasan sebagai tantangan yang harus diatasi.
  • Memberikan cara-cara baru dalam memecahkan masalah.
  • Menawarkan kerangka berpikir untuk menyelesaikan suatu masalah.
  • Mengambil inisiatif dan memacu orang lain untuk turut serta menyukai tantangan yang rumit.

Kelemahan

  • Kehilangan arah dan mengabaikan kenyataan yang ada saat ini.
  • Bersaing demi persaingan dan tidak menghargai masaukan dari orang lain.
  • Besar kepala.
  • Tidak bisa menyesuaikan diri dengan Standar Operational Prosedure (SOP).

Profile Kepribadian

ENTP memusatkan perhatiannya pada dunia disekelilingnya dan melihat kemungkinan-kemungkinan yang menyenangkan dan tidak ada henti-hentinya. Mereka sangat enerjik dan antusias, dan efektif dalam mempengaruhi orang lain untuk ikut dalam petualangannya. Kehidupannya tidak selalu menggunakan pola yang sama karena mereka mengikuti kemana pemahaman intuitifnya membawa. Mereka dapat berpindah dari satu bidang ke bidang lain, berganti-ganti karir, pindah dari satu minat ke minat lain.

Seorang siswa ENTP sangat menikmati kuliahnya selama 2 tahun di jurusan seni (liberal art). la bebas memilih jurusan yang disukai. Ia memanfaatkan kesempatan yang diberikan dengan mengikuti beberapa kursus yang diminati. Setelah ia yakin bidang mana yang benar-benar sesuai dengan minatnya, maka ia akan berhenti dari kursus-kursus yang (ternyata) kurang diminati.

ENTP cenderung menghindar untuk menentukan minatnya. Mereka tidak mau membatasi pilihannya. Sebelum mencapai usia 40 tahun, seorang programmer yang sangat berbakat memulai beberapa usaha dan kemudian meninggalkannya. la selalu berhasil dalam hal ini. Setelah itu ia membangun usaha kecil, tetapi merasa tidak puas. Tidak lama kemudian, ia memulainya dari awal lagi, mengeksplorasi bidang-bidang lain yang mungkin lebih menarik bagi mereka.

Pada umumnya orang lain melihat ENTP sebagai orang yang mudah berubah. Karir atau profesinya tidak menetap. Padahal ENTP tidak sepenuhnya seperti yang dilihat orang. Mereka sangat dipengaruhi oleh inspirasinya, selalu mengikuti kemana enerjinya membawa. Tetapi ada pula ENTP yang dapat menekuni satu karir terus menerus, karena mereka merasa cukup kaya atau cukup bervariasi, yang memberinya kesempatan mereka untuk menggunakan intuisinya.

ENTP yang efektif akan menggunakan inspirasinya dan intuisinya dengan logis dan analitis. Dunianya dipenuhi oleh kemungkinan-kemungkinan yang menarik. Mereka menyadari adanya kebutuhan untuk memutuskan mana yang terbaik. ENTP yang memiliki kemampuan refleksi yang berkembang dengan baik seringkali merupakan pribadi yang kuat dan keras.

ENTP yang tidak melatih kemampuan logika dan impersonalnya akan mendapatkan kesulitan. Mereka akan terus menerus mencari kemungkinan tanpa akhir yang jelas dan kehilangan kesempatan dan peluang usahanya.

Tanpa adanya keseimbangan antara kemampuan logika dan impersonalnya, mereka dapat bereaksi impulsif, tidak dapat diandalkan, dan tidak bertanggung jawab. Mereka jadi benar-benar pribadi yang plin-plan. Mereka akan membuat orang-orang lain menjadi frustrasi dan kecewa.

Adanya kombinasi antara logika dan kemungkinan membuat ENTP menjadi lebih tertarik pada pertimbangan-pertimbangan filosofis daripada aspek manusianya. Mereka kurang memberi perhatian pada nilai-nilai pribadi ketimbang terhadap prinsip-prinsip dan hukum. Masalah intelektual adalah hal yang menarik bagi mereka. Mereka senang berdebat. Mereka juga senang memanfaatkan orang lain, tanpa peduli apakah perilakunya itu akan menyakitkan serta membuat frustrasi orang lain. Hidup adalah permainan intelektual bagi mereka. Sekalipun mereka senang bermain, mereka akan berusaha untuk bermain secara kompetitif.

ENTP tidak mudah terkesan akan otoritas, kecuali jika otoritas tersebut berdasarkan kompetensi. Meski demikian, mereka tidak akan berkonfrontasi secara langsung. Mereka lebih suka melakukan manuver-manuver yang bertujuan untuk mengecoh atau mempermalukan otoritas. Pada dasarnya, hidup adalah semacam permainan yang menarik dan menyenangkan bagi orang ENTP.

Kombinasi preferensi ENTP membuat mereka fleksibel, banyak akal dan pandai memanipulasi orang lain. Mereka juga orang yang penuh ide, enerji dan antusiasme.

Orang ENTP sering mendapatkan inspirasi terbaik pada detik-detik terakhir. Pada saat seperti itu, ide-ide dan enerji mereka seolah-olah mengalir dengan deras. Sebagian ENTP menganggap gaya kerja tersebut sebagai suatu kelemahan. Namun sebaliknya bila menggunakan cara kerja yang terstruktur dan terjadwal, tidak hanya memakan waktu yang lebih lama, tapi juga akan terasa membosankan. Memang merupakan tantangan bagi ENTP untuk tidak menangani banyak tugas sekaligus ataupun menunda penyelesaian tugas. Akan tetapi bila mereka dapat menyelesaikan tugas secara tuntas, hal itu merupakan sukses besar.

Dengan usaha, ENTP dapat melihat sisi manusia serta nilai-nilai yang terkandung pada sesuatu hal. Mereka terkadang membuat keputusan yang menunjukkan adanya unsur emosi. Bila mau, mereka dapat mengikutsertakan nilai-nilai pribadi mereka maupun nilai-nilai pribadi orang lain. Menyadari dan mempertimbangkan nilai-nilai pribadi memang tidak secara alamiah ada pada diri mereka. Mereka sering terlambat menyadari bahwa apa yang mereka lakukan sering mengecewakan dan menyakitkan orang lain.

ENTP tidak terlatih untuk memperhatikan detil. Mereka sering tidak ingin tahu tentang sesuatu hal sampai mendetil. Dalam kehidupan sehari-hari, mereka akan sangat frustrasi dan bosan bila harus berurusan dengan hal-hal detil, kecuali bila hal itu sangat penting. Karenanya mereka berusaha untuk menghindar sebisa mungkin. Pada saat seperti itu, mereka justru merasa tertantang untuk membuat sistem untuk menangani detail.

ENTP memiliki minat dan kemampuan yang beragam. Mereka juga senang mencari berbagai kemungkinan yang ada di sekeliling mereka, terutama pada saat-saat sendiri. Kesendirian memberikan keseimbangan bagi ENTP. Dan orang ENTP yang memiliki keseimbangan adalah mereka yang mempunyai kepribadian yang kuat, mempesona serta penuh bakat.

Back to Top

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

To use social login you have to agree with the storage and handling of your data by this website. %privacy_policy%

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.