The Most Harmonious – ESFJ

Ciri-Ciri Umum

  • Hangat, populer dan berhati-hati
  • Lebih mengutamakan kebutuhan orang lain
  • Punya rasa tanggung jawab yang besar Menghargai tradisi
  • Suka melayani orang lain
  • Membutuhkan dukungan yang positif dari orang lain
  • Sadar akan peran dan fungsinya.

Kekuatan

  • Mudah bekerjasama dalam kelompok.
  • Memperhatikan kebutuhan orang lain.
  • Menyelesaikan masalah dengan tepat dan cermat.
  • Menghormati aturan dan otoritas.
  • Efisien dalam menangani tugas sehari-hari.

Kelemahan

  • Cenderung menghindari dan menyembunyikan masalah.
  • Cenderung mengalah demi kepentingan orang lain.
  • Cenderung mengira bahwa ia tahu apa yang terbaik untuk orang lain dan organisasi.
  • Agak sulit untuk mundur dalam rangka untuk melihat masalah secara global.

Profile Kepribadian

ESFJ adalah orang-orang yang berorientasi pada sesamanya. Mereka menyukai dan menikmati hubungannya dengan orang lain. Mereka mudah bergaul dan menyenangi situasi dimana memungkinkan baginya untuk melakukan hal tersebut. Tanpa kesulitan, mereka akan mampu mengingat informasi spesifik dan detail tentang orang-orang sekitarnya.

Mereka selalu ingin mengetahui apa yang dilakukan teman-temannya dan apa yang terjadi pada mereka. Mereka akan mengolah informasi tersebut dan akan memberikan dukungan dengan cara yang bersahabat. Sebagai hasilnya, orang ESFJ adalah orang-orang yang sangat supportif. Dengan mudah mereka membuat orang lain merasa dihargai dan penting.

ESFJ memiliki rasa tanggung jawab yang besar. Mereka sangat memperhatikan detail-detail dalam hidup ini. Mereka menginginkan segalanya terorganisir dan teratur. Karenanya mereka sangat pintar dalam mengantisipasi problem-problem yang akan timbul dan pekerjaan-pekerjaan kongkrit yang harus diselesaikan. Mereka dapat diandalkan untuk mengatur bawahannya/rekan-rekannya agar tugas dapat diselesaikan tepat waktu setiap harinya. Dan mereka menikmati pekerjaan dan peran tersebut.

ESFJ sangat menghargai wewenang dan kekuasaan, apakah itu wewenang dari hukum, lembaga atau personal, dan mereka mengharapkan agar orang selalu bersikap yang sama. Jika tidak, ESFJ sulit untuk dapat mentolerirnya. Dengan cepat mereka memutuskan apa yang seharusnya dan tidak seharusnya dilakukan, yang kemudian mereka terapkan pada diri mereka dan orang lain. Bagi orang lain yang tidak sependapat, ESFJ dapat terlihat sebagai orang yang sangat terikat dengan penilaian-penilaian pribadi dan juga sebagai tukang kritik yang pedas/tajam.

ESFJ biasanya tidak menyukai hal-hal yang abstrak dan teoritis. Mereka lebih suka hal-hal yang praktis, kongkrit dan sederhana. Namun dipihak lain, karena ESFJ ini sangat menghargai tugas dan kekuasaan manusia, maka mereka akan berusaha untuk mengerti hal-hal yang abstrak dan teori-teori yang harus mereka ketahui, diskusi dan tugas yang berhubungan dengan itu. Hal ini terutama terlihat pada pelajar-pelajar ESFJ.

Seperti halnya kebanyakan dari kita, ESFJ sangat mementingkan persetujuan/restu orang lain atas apa yang dilakukannya/diputuskan. Seringkali, ESFJ bertanya berkalikali tentang pendapat orang lain dan harus terus menerus diingatkan bahwa mereka melakukan hal yang benar. Ketika mereka tidak mendapatkan persetujuan tersebut, mereka akan memperlihatkan rasa kecewa. Mereka juga akan cepat merasakan perbedaan antara persetujuan yang nyata/benar dengan yang dibuat-buat.

Ketika ESFJ dihadapkan pada pilihan-pilihan, mereka akan menjadi sangat khawatir. Karena kecenderungannya untuk terlalu cepat membuat keputusan. mereka khawatir akan hal-hal buruk yang rnungkin terjadi. Mereka akan sangat mudah cemas dan takut Ketakutan ini mereka ekspresikan kepada orang-orang lain yang kadang-kadang menjadi membosankan.

Pada saat ESFJ merasa depresi atau kehilangan kepercayaan diri, mereka jadi menilai diri mereka secara obyektif dan dengan perhitungan logika. Mereka selalu dipenuhi pertanyaan-pertanyaan : ‘Apakah aku melakukan hal yang benar ?’, dan kebanyakan dari jawabannya adalah ‘Tidak’ !. Jika mereka terjebak dalam situasi seperti ini, ESFJ akan menolak pendapat-pendapat positif (dari orang lain) yang mendukung.

Mereka akan merasakan kebalikannya yaitu : penolakan dan penolakan negatif dari orang lain. Pada saat tertekan, ESFJ juga memusatkan pikiran-pikiran negatif mereka pada orang-orang terdekatnya, teman dan keluarga, mereka menjadi kasar dan pemarah. Dan jika orang lain mengingatkan mereka, ESFJ akan menjadi mudah sakit hati tanpa menyadari bahwa merekalah yang memulai segalanya.

Sangat jarang seorang ESFJ tertarik pada hal-hal/pemikiran-pemikiran yang abstrak. Mereka tidak peduli/mempertanyakan hal-hal yang menyangkut prinsip-prinsip philosopis atau pertanyaan dasar tentang hakekat hidup. Karena hal itu hanya akan membuat mereka depresi dan melankolis.

Jika ESFJ tengah sendirian, mereka menjadi mudah terperangkap dalam pemikiran-pemikiran yang sedih dan negatif. Untuk menghindari hal tersebut, ESFJ akan membaca buku, menyalakan/menonton TV atau radio, memikirkan dan merencanakan kegiatan-kegiatan lain yang membutuhkan orang lain. Karena itu banyak dari mereka yang aktif di organisasi-organisasi, kegiatan sosial dan agama atau bahkan politik yang menurut mereka organisasi tersebut membantu mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka tentang kehidupan ini.

Kehangatan ESFJ dan kepeduliannya pada orang lain, perhatiannya terhadap detil, rasa bertanggung jawabnya membuat mereka banyak terlihat dipekerjaan-pekerjaan yang memungkinkan mereka melayani orang banyak. Karena kerendahhatiannya, tipe ini bukan tipe seorang pemimpin. Itu memang tidak mereka inginkan.

Namun pada saat ESFJ menjadi seorang pemimpin, mereka akan bekerja keras untuk mewujudkan keharmonisan di lingkungan kerjanya. Mereka pastikan semua tugas terselesaikan secara benar dan tepat waktu. Dalam perannya sebagai pemimpin, mereka akan cenderung menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan/problem-problem sehari-hari daripada tugas-tugas untuk masa mendatang yang menuntut perubahan-perubahan.

Dalam banyak hal, ESFJ merupakan kombinasi dari sifat-sifat baik yang biasanya ada di wanita. Didunia yang sedang dalam transisi ini, hal ini dapat menyebabkan wanita dan pria ESFJ menjadi ragu akan kekuatan yang sebetulnya mereka miliki. Karena mereka mengartikan sifat-sifat baik ESFJ sebagai suatu kelemahan.

Back to Top

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

To use social login you have to agree with the storage and handling of your data by this website. %privacy_policy%

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.