The Most Hard Working – ESTJ

Ciri-Ciri Umum

  • Praktis, terorganisir, dan menghargai tradisi
  • Tidak tertarik pada teori atau hal-hal yang abstrak kecuali jika bisa diterapkan
  • Punya gambaran yang jelas tentang bagaimana cara mengerjakan sesuatu
  • Loyal dan pekerja keras
  • Bertanggung jawab
  • Ahli dalam mengatur dan menjalankan sesuatu
  • ‘Warga negara’ yang baik, menghargai kehidupan yang aman dan tenang.

Kekuatan

  • Cepat melihat kekurangan.
  • Mengkritik sesuatu dengan cara yang logis.
  • Mengorganisir proses, produk dan orang.
  • Memonitor apakah pekerjaan sudah diselesaikan.
  • Diikuti karena caranya yang bertahap.

Kelemahan

  • Terlalu cepat memutuskan.
  • Tidak melihat adanya kebutuhan untuk berubah.
  • Mengabaikan ketepatan demi terselesaikannya pekerjaan.
  • Kurang peka.

Profile Kepribadian

ESTJ memusatkan perhatian mereka pada dunia sekelilingnya. Mereka membuat keputusan yang singkat, cepat dan obyektif tentang apapun yang dihadapinya. Mereka adalah orangorang yang mampu memegang kekuasaan dan kontrol. Mereka menyukai perannya sebagai ‘boss’ dan terutama menikmati wewenang mereka sebagai pemimpin.

Mereka memandang kepemimpinan secara serius dan berusaha keras untuk selalu bertanggung jawab. Menurut Myers, ESTJ akan mengatur dunia seakan dunia itu milik mereka yang perlu dibenahi. Von Franz menambahkan Tipe ini banyak ditemui didalam kepemimpinan organisasiorganisasi besar, kantor-kantor besar dan kantor pemerintah, didalam bisnis, dibidang hukum dan jugs didalam diri ilmuwan-ilmuwan.

ESTJ menyukai segala sesuatunya singkat, praktis dan tidak bersifat pribadi. Mereka akan membentuk dunia mereka secara teratur, rapih dan sangat dapat diandalkan untuk menjaga kondisi tersebut. Mereka adalah pekerja-pekerja keras yang giat dan serius terhadap karir mereka.

Untuk sebagian ESTJ, pendapat adalah sesuatu yang harus diekspresikan, dikemukakan. Mereka tidak akan terlalu peduli dengan dampak pendapat mereka terhadap orang lain. Mereka biasanya menyakiti perasaan orang lain tanpa menyadarinya. Bahkan ketika orang lain mengingatkan hal tersebut pada mereka, mereka tidak akan peduli.

Bagi ESTJ, permasalahan terjadi karena adanya sesuatu yang tidak beres/benar pada orang yang bersangkutan, bukan pada bagaimana mereka mengutarakan dan mengekspresikannya. Beberapa ESTJ bisa sangat bermulut tajam dan terus menerus mengkritik orang lain. Hal tersebut membuat mereka tidak disukai oleh orang lain.

Namun sebagian ESTJ yang telah belajar untuk memperhalus cara untuk mengutarakan pendapatnya, dapat menjadi teman yang menyenangkan. Mereka memiliki suatu kharisma, mudah bergaul, dan ketika pekerjaan mereka selesai, mereka amat menikmati hal-hal yang bersifat ‘fun’. Seringkali mereka menjadi sumber dari cerita-cerita yang lucu dan menarik.

Mereka dapat menyeimbangkan keseriusan kerja mereka dan kepintaran mereka dalam bergaul. Didalam diri ESTJ ini terdapat keseriusan dan kesantaian yang saling mengimbangi. Mereka menganggap tanggung jawab sebagai hal yang serius tetapi bukan diri mereka.

Perhatian ESTJ terhadap detil dan keteraturan membuat mereka handal dalam pekerjaan-pekerjaan yang bersifat ‘merawat’ (maintain). Mereka memastikan bahwa semua tugas berjalan lancar dan semestinya. Mereka percaya bahwa pekerjaan harus selesai tepat waktu dan mereka akan bekerja keras untuk memastikan hal itu. Mereka tahu bagaimana cara mengorganisir diri mereka dan orang lain. ESTJ lebih senang menggunakan pendekatan yang praktis, jelas dan konservatif terhadap hidup dan pekerjaannya.

ESTJ menyukai materi, karena itu mereka akan merawat barang-barang mereka dengan baik agar tetap kelihatan baru dan dalam kondisi yang prima. Biasanya cara berpakaian mereka rapih cdn serasi. Rumah, mobil, baju, perhiasan pelengkap, semua itu menjadi lambang kebanggaan diri bagi ESTJ. Mereka akan merawatnya seakan-akan barangbarang tersebut adalah perwakilan diri mereka.

Didalam pekerjaan dimana kesuksesan tergantung pada kejelian dan ketelitian terhadap detil, beberapa ESTJ adalah pengusaha-pengusaha yang berhasil. Mereka juga terkenal berari mengambil resiko, karena mereka menguasai semua fakta yang ada. Mereka berpikir dengan seksama bagaimana kesuksesan itu dapat diraih. Tipe ini meletakkan fondasi yang kuat dan. tepat lalu bertindak dengan kesadaran penuh bahwa keberhasilan tergantung dari ketekunan dan. ketelitian mereka.

Biasanya ESTJ tidak memiliki kesabaran untuk teori-teori. Mereka menganggap teori itu sama dengan spekulasi tidak berdasar, tidak realistis. Sesungguhnya orang ESTJ tidak dapat mengerti mengapa orang-orang tidak melihat dunia sama seperti cara mereka. Bagi mereka, hanya ada dua kemungkinan didunia ini, yaitu hitam dan putih. Abu-abu adalah kemungkinan/wama yang tidak berarti apa-apa bagi mereka.

Seorang ENFP menulis surat pada temannya sambil berpikir tentang ESTJ ‘pasti sangatlah sulit bagi orang yang hidupnya hanya mengenal pola benar atau salah untuk hidup di dunia pilihan berganda seperti ini’. ESTJ akan menjadi tidak sabar dan. pemarah jika harus berhadapan dengan hal-hal atau orang-orang yang menurut mereka berlaku tidak sesuai dengan aturan mereka.

Membuat keputusan yang logis tentang manusia dan kondisi sekelilingnya adalah salah satu kekuatan utama bagi ESTJ. Sedangkan untuk menseleksi mana yang penting baginya, dan peka terhadap perasaan orang lain adalah kelemahan utama tipe ini. Bahkan untuk mengenal emosi mereka sendiri, kadang-kadang sulit dilakukannya. Mereka tidak memiliki keahlian untuk itu.

Penilaian yang didasari oleh nilai-nilai subyektif membuat mereka kikuk. Sulit bagi mereka untuk mengerti mengapa orang melakukan hal tersebut. Mengekspresikan emosi dan. perasaan adalah hal yang membuat mereka malu dan. jugs jika ada orang lain yang mengekspresikan emosinya kepada mereka, ESTJ akan bingung untuk harus bagaimana menanggapinya.

Disisi lain, ESTJ memiliki perasaan sentimental yang mereka tutupi rapat-rapat. Emosi mereka sangat tergugah untuk hal-hal yang bersifat patriotisme, tradisi keluarga atau bahkan film-film yang bersifat emosional. Sebetulnya dibalik penampilan luar yang keras, terdapat jiwa yang lembut.

Pada saat stress atau di bawah pengaruh obat dan alkohol, ESTJ dapat menjadi sangat menarik diri (tertutup). Sendirian, mereka akan mencoba menilai diri mereka dari sudut kemampuan mereka, apa yang telah mereka capai selama ini dan seberapa berharganya diri mereka sendiri. Pada saat stress ESTJ juga bisa menjadi pemarah dan menilai orang lain secara tidak adil bahkan cenderung menyakitkan. Disamping itu mereka dapat terikat secara emosional terhadap ide-ide atau orang-orang yang dianggapnya benar, dan itu terlihat di dalam sikap sehari-harinya. Karena itu, orang lain sering melihat mereka sebagai orang-orang yang fanatik.

Kebanyakan dari kelebihan-kelebihan sifat ESTJ dapat diasosiasikan dengan sifat-sifat maskulin. Bahkan kata-kata ‘macho’ (jantan) adalah perumpamaan yang tepat bagi laki-laki ESTJ. Riset dari Myers memang membuktikan bahwa sebagian besar ESTJ adalah kaum pria. Hal ini membuat wanita-wanita ESTJ sering merasa terjebak antara ‘dunia kelaki-lakian’ ESTJ dan naluri mereka sebagai wanita Tingkah laku alamiah dari tipe ini dapat dilihat sebagai sesuatu yang tidak pantas bagi seorang wanita.

Wanita ESTJ sering mendapat kritikan-kritikan tentang bagaimana seharusnya mereka bersikap sesuai kodratnya. Namun sisi positif dari hal ini adalah : bagi pria ESTJ mereka dapat lebih memperoleh kesempatan untuk menyadari bahwa sikap halus bukan berarti lemah. Sedangkan bagi wanitanya mereka bisa lebih bebas untuk mengekspresikan kekuaaan dan kekuatannya.

Back to Top

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

To use social login you have to agree with the storage and handling of your data by this website. %privacy_policy%

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.