The Markerter – ESTP

Ciri-Ciri Umum

  • Bersahabat, mudah menyesuaikan diri dan cepat bertindak ‘Pelaksana’, fokus pada hasil yang nyata.
  • Hidup untuk saat ini dan sekarang, berani mengambil resiko dalam waktu singkat
  • Tidak sabar menghadapi penjelasan yang panjang lebar dan teoritis
  • Sangat loyal pada kelompoknya, namun tidak begitu peduli pada aturan jika sedang ingin melakukan sesuatu
  • Pandai bergaul dan bersosialisasi.

Kekuatan

  • Mampu bernegosiasi dan mencari kompromi agar aktivitas bisa berjalan.
  • Mewujudkan sesuatu dan membuat suasana kerja menjadi hidup.
  • Menggunakan pendekatan yang realistis.
  • Memperhatikan dan mengingat informasi yang factual.
  • Berani mengambil resiko.

Kelemahan

  • Saat bertindak dengan cepat bisa terkesan kasar dan tidak peka pada orang lain.
  • Terlalu mengandalkan improvisasi sesaat sehingga melupakan konsekuensi jangka panjang.
  • Bisa mengabaikan tindak lanjut demi penanganan masalah baru yang dihadapi.
  • Bisa terpaku pada hal-hal yang bersifat materialistik.

Profile Kepribadian

ESTP mudah bergaul, berbicara blak-blakan, tembak langsung dan memiliki bakat untuk mendramatisir suasana. Terus menerus mereka mengamati lingkungannya dan mengobservasinya secara detil, baik itu tentang manusia maupun akvitas-aktivitas yang ada. Mereka dapat menangkap hal-hal tersembunyi dari suatu kondisi yang seringkali terlewati oleh orang lain. Mereka memusatkan energi mereka pada hal-hal yang praktis, fakta-fakta yang obyektif dan kenyataan. Mereka selalu haus akan informasi yang konkrit dan berguna.

Mereka hidup untuk hari ini. Mereka memusatkan perhatian pada hal-hal yangmenyangkut ‘disini dan sekarang. Masa depan dan masa lalu tidak akan menarik perhatian mereka. ESTP adalah orang-orang yang penuh antusias dan petualang. Mereka akan langsung menuju pada inti permasalahannya, juga mereka selalu siap untuk melihat kemungkinan-kemungkinan baru/lain dan cara-cara baru. Mereka cepat melihat situasi dan akan langsung bereaksi terhadap hal tersebut. ESTP bukan pengamat tetapi mereka adalah pelaku.

ESTP membuat keputusan yang logis, tepat dan obyektif tentang fakta-fakta yang ada. Mereka mampu melihat hal-hal yang sekiranya akan berhasil dan yang tidak. Mereka memutuskan dengan cepat apa yang harus dilaksanakan, lalu melaksanakannya dan kemudian pindah ke hal-hal lain yang menarik bagi mereka. Mereka tidak suka menunda-nunda keputusan, juga mereka tidak suka memikirkannya setelah itu.

Karakteristik mereka adalah : `Lakukan segera dan segera lupakan’. ESTP tidak suka bermain dengan kata-kata. Mereka orang-orang yang berterus terang dan langsung pada permasalahannya. Mereka sangat bisa diandalkan pada situasi-situasi krisis. Kesediaannya untuk ikut campur, mengambil resiko, mencoba hal-hal baru dan beragam, kemampuannya dalam mengambil keputusan dengan cepat serta kebijaksanaan mereka yang dapat menyelesaikan permasalahan, membuat mereka sangat efektif dalam menangani krisis.

Pada saat menyelesaikan suatu permasalahan, ESTP tidak terlalu terpaku pada aturanaturan, prosedur dan regulasi yang ada. Yang penting bagi mereka adalah bagaimana masalah ini terselesaikan. Jika jalan keluarnya sesuai dengan aturan maka tidak ada masalah. Tapi jika tidak, mereka akan tetap melakukannya, kuatir soal peraturan itu belakangan. ‘Janganlah pernah menggunakan jasa pengacara’, demikian seorang administrator ESTP berujar ‘sebelum anda benar-benar tahu jawaban apa yang anda inginkan, lalu pastikan untuk mengatur bentuk pertanyaan anda hingga anda dapat mendapat jawaban yang anda mau’.

Tanpa hal-hal menarik untuk dijadikan pusat perhatiannya, tanpa media untuk melepaskan energi dan kemampuannya, ESTP menjadi mudah bosan. Mereka perlu untuk selalu melakukan sesuatu. Mereka lebih menyukai hal-hal beragam dan bertempo cepat. Biasanya mereka selalu melakukan apa saja dengan dinamis dan bersemangat. Tipe ini menyukai hal-hal vang menyenangkan impulsif’ dan kepribadian vang meledak-ledak

ESTP memiliki kecenderungan untuk mendramatisir situasi dan terutama amat berbakat dalam mengimprovisasi. Mereka memastikan semua urusan menjadi penting dibawah naungannya Mereka berani mengambil resiko bahkan seringkali rnempertaruhkan apa saja untuk kepentingannya. ESTP bisa menyesuaikan diri dalam situasi apapun dan dengan orang macam apapun. Mereka senang menjadi pusat perhatian dan biasanya memang keadaannya begitu. Mereka mengamati hidup dan tahu bagaimana caranya mencari kesenangan.

Meskipun ESTP memiliki kecenderungan untuk membesar-besarkan situasi dan kesenangannya terhadap orang lain, ESTP tidak selalu dapat menyadari pengaruh emosional dari tingkah laku mereka terhadap sesamanya. Jikapun mereka menyadari hal itu mereka tidak akan terlalu perduli kecuali bila mempengaruhi keinginan mereka untuk mencapai tujuannya. Bukan kebiasaan ESTP untuk membuat keputusan yang berhubungan dengan pribadi dan nilai-nilai orang lain.

Seringkali ESTP tidak sabar jika berbicara tentang teori, kecuali jika mereka dapat menerapkannya secara langsung dan bersifat praktis. Jarang orang-orang ESTP bisa bertahan cukup lama pada satu teori untuk melihat apakah sesungguhnya teori itu berguna atau tidak. Mereka juga menjadi sangat tidak sabar jika berbicara dengan orang-orang yang senang merundingkan kemungkinan-kemungkinan. Sebab ESTP biasanya tidak percaya pada firasat dan terutama karena mereka memiliki firasat buruk lebih daripada firasat yang positif. Walaupun jarang, kadang ESTP dapat memperlihatkan intuisi mereka, apakah itu yang bersifat positif ataupun tentang sesuatu yang sangat berbahaya/tidak lazim. ESTP dapat menyalurkan dan melatih intuisi mereka dengan membaca buku-buku science, fiksi atau novel-novel misteri dan mistik.

Anak-anak ESTP sering mendapat masalah di sekolah. Seringkali keinginan dan kebutuhan mereka untuk selalu aktif dapat disalah artikan. Itu karena mereka akan memperlihatkan secara langsung ketidak-senangan mereka terhadap hal-hal yang mereka anggap tidak berguna dan tidak praktis. Sernakin bosan mereka, semakin nakal tingkah lakunya, guru-gurupun akan mengartikan hat tersebut sebagai masalah disiplin.

Guru seperti ini tidak dapat mengerti bagaimana mengatasi/menghadapi anak-anak ESTP yang sebetulnya berotak cerdas tetapi tingkah laku dan prestasi sekolahnya tidak mendukung. Bahkan ada seorang penasehat pendidikan yang menyatakan bahwa kecerdasan anak ESTP sebagai suatu bentuk kerusakan fungsi otak dan mendesak orang tuanya untuk menyekolahkan anak tersebut di sekolah khusus.

Pada saat ESTP sedang kecewa, ada kecenderungan untuk menarik diri dan memfokuskan perhatian mereka pada kekurangan mereka. Mereka menjadi sangat tidak stabil dan selalu berpikiran tentang kemungkinan-kemungkinan buruk yang mungkin terjadi. Mereka juga menjadi cepat merendahkan diri. Pada saat-saat seperti ini, mereka menjadi lumpuh, tidak mau berbuat apa-apa atau melibatkan diri dalam hat apapun, yang sesungguhnya merupakan kunci dari kemampuan mereka. Mereka akan lebih sering menyendiri dan tertutup. Bahkan akan menjadi sangat marah jika ada orang yang berusaha mengingatkan hat tersebut.

Menyukai kebisasasan, energetik, tidak terduga, berbakat dalam menangani masalah kritis/situasi yang mendesak. ESTP perlu untuk menghindari suasana-suasana yang mengikat mereka. Atau pekerjaan yang tidak memberikan kesempatan pada mereka untuk bergerak dan berkembang Singkatnya, jangan berikan tugas-tugas / pekerjan yang bersifat rutin pada ESTP.

Back to Top

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

To use social login you have to agree with the storage and handling of your data by this website. %privacy_policy%

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.