Tipe Kepribadian INFJ

The Most Perfectionist – INFJ

Ciri-Ciri Umum

  • Pemikir, banyak ide dan dinamis.
  • Cenderung terpaku pada satu hal sampai benar-benar selesai.
  • Sangat peka terhadap orang lain dan peduli pada perasaan mereka.
  • Sangat memegang teguh pada ‘sistem nilai’ yang diyakininya.
  • Selalu ingin melakukan sesuatu dengan benar.
  • Cenderung bekerja sendiri daripada mengambil peran sebagai pimpinan atau pengikut.

Kekuatan

  • Memberi gagasan yang berorientasi ke depan mengenai bagaimana memenuhi kebutuhan orang banyak.
  • Menindaklanjuti apa yang sudah menjadi komitmen.
  • Memiliki integritas dan konsistensi dalam bekerja.
  • Menyukai pekerjaan yang membutuhkan kesendirian dan konsentrasi.
  • Mengorganisir hubungan yang kompleks antara orang dan tugas.

Kelemahan

  • Merasa idenya tidak diperhatikan dan diremehkan.
  • Tidak siap menghadapi kritik.
  • Menolak adanya gangguan dari orang lain sehingga terkesan terlalu memperhatikan diri sendiri.
  • Bisa terfokus pada satu hal sehingga mengabaikan tugas-tugas lain yang harus dikerjakan.

Profile Kepribadian

Seringkali INFJ tampil sebagai pribadi yang tenang dan menarik. Mereka sangat berhatihati dan selalu penuh pertimbangan dan sangat memperhatikan kebahagiaan dan kepentingan orang lain. Mereka memiliki kelembutan serta keanggunan dan cara berbicara yang halus namun meyakinkan yang kesemuanya membuat INFJ menjadi orang-orang yang spesial. Mereka memiliki cita rasa seni, kreatif, penuh dengan ide-ide dan berbakat dalam mengartikan simbol yang sering kali timbul di dalam kehidupan ini. Mereka juga orang-orang yang kompleks dan ‘dalam’ (pendiam, misterius) seringkali memiliki sifat-sifat yang membingungkan/sulit dimengerti oleh orang lain maupun oleh mereka sendiri.

INFJ sering memiliki kombinasi yang tidak lazim antara kehangatan dan sulit akrab. Mereka memutuskan/memilih kapan, dimana serta bagaimana cara mereka bergaul dengan sesamanya. Contohnya : sebagian INFJ, mendemonstrasikan keramahan dan kehangatan mereka melalui note/catatan, syair, pandangan atau bagaimana cara mereka memberikan hadiah lebih daripada apa isi hadiahnya. Mereka bukan orang-orang yang bisa menggambarkan emosi lewat sentuhan fisik atau kata-kata. Dalam kesempatankesempatan tertentu, INFJ mampu dan bersedia untuk tampil lain dari kebiasaan mereka. Mereka dapat menjadi lincah bahkan kadang-kadang konyol. Walau begitu jarang mereka menjadi banyak omong (bawel). Seringkali, adalah orang ENFJ yang bisa membuat INFJ menjadi lebih ramah dan menyenangkan.

Walaupun tidak terlihat secara jelas/nyata, kekuatan INFJ ada pada perhatian mereka terhadap. kesempatan-kesempatan dan kemungkinan, hubungan mereka dengan sesamanya, juga arti dari nilai-nilai kehidupan yang dianutnya. Pada saat mereka tengah sendiri, mereka menjadi sangat peka terhadap firasat-firasat, tanda-tanda dan bayanganbayangan. Walaupun hal itu semua sulit dimengerti dan abstrak bagi orang lain, namun menjadi sangat jelas dan nyata bagi mereka. Hal-hal tersebut menjadi pedoman bagi mereka untuk bertindak saat ini dan masa depan terlepas dari apapun pendapat orang lain. Mereka lebih mempercayai firasat mereka sendiri daripada melihat siapapun.

INFJ mengolah dan mendapatkan intuisi mereka dari semua sudut/bidang kehidupan seolah-olah tidak ada habis-habisnya. Hasilnya, seringkali mereka mampu melihat arti yang tersembunyi dari semua situasi dan apa yang dilakukan manusia sekitarnya. Cara berbahasa/berbicara orang-orang INFJ akan begitu kaya dengan perumpamaanperumpamaan. Kebanyakan dari mereka mengekspresikan bakatnya lewat seni yang kreatif dan yang lainnya menjadi. penerjemah dari arti sebuah kreasi seni. Tidak sedikit pula yang menyalurkan kelebihan mereka, dalam hal ini pengertian terhadap manusia dengan menjadi aktifis yang berjuang untuk kepentingan orang lain.

Sebagian (kecil) dari INFJ mengembangkan intuisinva lebih jauh, yaitu kemasa depan. Mereka menjadi peramal-peramal ulung atau paranormal. Mereka biasanya memiliki firasat tentang apa vane; akan terjadi dirnasa depan atau apa yang tengah terjadi pada teman-teman dekatnya/ keluarganya walaupun mereka tinggal berjauhan. Seorang INFJ biasanya akan merasa lega jika mengetahui bahwa bakat ini adalah hal yang tidak aneh untuk tipe mereka.

INFJ biasanya tidak mampu untuk berbagi perasaan/menjelaskan apa yang terjadi didalam pikiran/hatinya kepada orang lain. Seringkali mereka tidak mampu karena memang perasaan dan pikiran mereka begitu abstrak. Sehingga sulit untuk dijabarkan secara nyata untuk dapat dimengerti orang lain. Berbagi rasa dan terbuka membuat mereka merasa terancam dan tidak aman. Mereka akan merasa menjadi korban dari kesinisan dunia luar yang tidak siap untuk mereka hadapi. Yang mereka tahu hanyalah firasat mereka penting bagi mereka dan mereka amat mempercayainya.

Mungkin karena mereka terlalu banyak memiliki intuisi-intuisi dan tidak mampu untuk dijelaskan kepada orang lain membuat INFJ menjadi sangat sulit untuk dimengerti. Mereka sering terlihat (dan biasanya memang begitu) keras kepala, tidak mau mendengar pendapat atau keterangan orang lain.

INFJ seringkali terjebak dalam kepercayaan yang berlebihan (absolut) pada intuisi mereka. Seperti contohnya : seringkali mereka merasa tahu, lebih tahu apa yang akan orang lain katakan. Tanpa membiarkan orang tersebut menyelesaikan perkataannya, mereka akan menginterupsi terlebih- dahulu. Kadang-kadang asumsi mereka benar tapi kadang-kadang tidak. Karenanya mereka sering menanggapi/mengomentari hal-hal yang sebetulnya tidak ingin dibahas oleh lawan biasaanya. Namun, pada kenyataannya, karena kesensitifannya terhadap perasaan orang lain, INFJ akan lebih sering membiarkan orang lain menyelesaikan pembicaraannya, walaupun terlalu panjang.

INFJ adalah orang-orang yang lemah lembut yang tidak menyukai konflik. Pada saat mereka harus bersifat tegas merekapun akan melakukan itu dengan cara yang penuh pertimbangan dan baik-baik. Jika memang tidak ada cara lain, INFJ masih bisa menegur langsung kesalahan orang lain. Mereka lebih suka memikirkan segala situasi dengan berhati-hati. Sendirian, mereka akan berlatih tentang apa yang harus dikatakan dan bagaimana cara mengatasi kegugupan mereka, baru kemudian mempraktekkannya. Pada saat itu, biasanya INFJ selalu mencoba menahan diri, jarang terlihat mereka berteriak/membentak dengan amarah yang meluap walaupun itu yang tengah dirasakan. Konfrontasi bukanlah sifat mereka.

Seperti halnya introvert-introvert lainnya, INFJ mengalami pertentangan/friksi antara keinginan-keinginan dunia luar dan keinginan dari dalam dirinya sendiri. Pada saat berurusan dengan dunia luar, INFJ menginginkan segalanya terorganisir dan teratur. Mereka akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membuat prioritas-prioritas dalam rencana-rencananya. Dipihak lain, didalam kehidupan pribadi mereka menginginkan spontanitas dan fleksibilitas. Mereka akan menghindari segala sesuatu yang mengikat mereka pada komitmen. Bisa dipastikan INFJ adalah orang-orang yang rapih dan teratur, dapat terlihat pada sisi-sisi kehidupannya. Contohnya meja belajar/kerjanya.

INFJ sebetulnya mampu membuat keputusan-keputusan yang berdasarkan logika dantidak bersifat pribadi. Sebagian dari mereka mendalami ilmu alam dan matematika. Walaupun begitu Wnci kesuksesan mereka sebetulnya bukan pada kekuaatan Iogika, namun pada kekuatan intuisinva dalam melihat kemungkinan-kemungkinan yang kemudian mereka gunakan sebagai talk tolak observasinya.

INFJ biasanya sangat senang mengintrospeksi diri. Dimanapun mereka berada, mereka selalu ragu apakah mereka berada ditempat yang benar. Haruskah mereka melakukan hal lain ? Apakah mereka tengah belajar sesuatu dan berkembang ? INFJ juga merasa bahwa bakat yang mereka miliki sebaiknya digunakan untuk kebaikan orang banyak. Mereka bisa terjebak antara rasa percaya diri yang berlebihan dan keraguan-raguan. Banyak para INFJ yang tidak bisa menemukan jalan tengahnya. Karena INFJ adalah orang-orang yang sangat tertutup, sulit bagi orang lain untuk menghargai perjuangan dan sepak terjang INFJ dalam hidup mereka. Yang orang lihat hanyalah bagaimana INFJ itu bekerja dengan penuh keanggunan dan kelembutan.

Kelemahan INFJ ada pada hal-hal yang praktis, nyata, realistis. Mereka dapat menjadi berlebihan jika harus bekerja pada hal-hat yang membutuhkan detail keteraturan, kenyataan. Dipihak lain, INFJ akan menghindari kenyataan selama mungkin. Lalu, jika hal itu tidak dapat dihindari lagi, mereka akan menghadapinya dengan emosi yang meledak-ledak. Pada bentuk ekstrim yang lain, INFJ justru dapat menjadi terobsesi dengan detail. Mereka menjadi orangorang yang sangat teliti dan teratur.

Yang biasanya dilakukan pada situasi ini, adalah mereka akan sangat peduli pada; fakta dalam bentuk apapun. Mereka tidak dapat membedakan mana fakta yang penting, mana yang tidak. Mereka akan sangat menuntut orang lain untuk menjadi detail dan menjadi sangat kritis bagi orang-orang yang tidak dapat memuaskan pertanyaan-pertanyaan mereka.

Pada saat mereka merasa kurang beruntung, tidak didukung, INFJ akan menjadi sangat kecil hati dan membesar-besarkan fakta buruk diri mereka. Pada waktu itu mereka mungkin akan bercerita pada orang terdekatnya (berbagi perasaan), tetapi adalah gaya bicara mereka ini menunjukkan mereka memperlakukan diri mereka dengan tidak adil saat itu.

Dari semua tipe, INFJ adalah golongan terkecil dalam populasi manusia. Karena kepribadiannya yang kompleks, terutama bakatnya yang tidak lazim dalam hal-hal yang abstrak dan intuitif membuat INFJ sering merasa sepi/sendiri dalam menjalani hidup mereka. Mereka mungkin terlalu khawatir akan siapa diri mereka dan bagaimana kehidupan mereka sesungguhnya. Mereka harus lebih sering keluar dari cara-cara yang biasanya mereka lakukan (lebih pada dunia nyata) untuk bisa merasakan kekuatan yang mereka miliki.

Back to Top

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

To use social login you have to agree with the storage and handling of your data by this website. %privacy_policy%

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.