The Most Idealist – INFP

Ciri-Ciri Umum

  • Pendiam, pemikir, dan idealis.
  • Tertarik untuk masalah kemanusiaan, selalu ingin membantu
  • Memiliki ‘sistem nilai’ yang kuat
  • Sangat loyal
  • Mudah menyesuaikan diri, kecuali bertentangan dengan ‘sistem nilai’ yang dianut
  • Biasanya mempunyai bakat sebagai penulis
  • Cepat melihat banyak kemungkinan

Kekuatan

  • Berusaha untuk mencari tempat yang tepat bagi setiap orang dalam suatu organisasi.
  • Sangat persuasif untuk mencapai hasil akhir yang ideal.
  • Menghimpun rekan-rekan kerja (bawahan) untuk memiliki tujuan yang sama.
  • Menggali gagasan-gagasan dan kemungkinan baru bagi organisasi.
  • Secara tenang mendorong berbagai pihak untuk mengikuti nilai-nilai yang berlaku dalam organisasi.

Kelemahan

  • Cenderung menunda penyelesaian tugas kerena keinginan untuk sempurna (perfectionism).
  • Berusaha untuk memuaskan semua orang pada saat yang besamaan.
  • Mungkin sulit untuk menyesuaikan visinya terhadsap fakta-fakta dan situasi yang ada.
  • Mungkin terlalu banyak menggunakan waktu dalam berefleksi daripada melakukan tindakan nyata.

Profile Kepribadian

INFP akan merasa dirinya benar-benar berarti bila ia dapat menyumbangkan sesuatu demi kebaikan semua orang didunia. Dan satu hal yang sangat diinginkan oleh INFP adalah mencari ‘arti’ yang mendalam bagi hidupnya. Jalan hidup yang bagaimana yang akan diambil. Kemana akan mereka sumbangkan kemampuan, ketrampilan dan energinya. Hanya sedikit INFP yang butuh mengatur oganisasi. Mereka jarang mau menjadi pusat perhatian. Mereka ingin bekerja dengan tenang, seringkali tidak mengganggu orang lain. Itulah yang mereka cari dalam hidup.

INFP berorientasi pada manusia. Fokusnya pada potensi manusia dan mereka mendasarkan keputusannya dengan hati-hati dan cermat pada ‘nilai’ yang dianutnya. Mereka ingin melakukan yang paling baik, paling tulus, ash dan pertimbanganpertimbangan itulah yang mereka lakukan selagi mereka-sedang sendiri. Nilai-nilai internal ini pula yang membimbing hidupnya.

Bagi teman dekatnya, INFP tampak fleksibel dan adaptif. INFP tahu bahwa kunci kepribadiannya adalah mencari nilai yang dapat mengarahkan hidupnya. Mereka ingin tahu bagaimana mereka dapat memberi yang terbaik bagi orang lain. Mereka mempunyai visi yang lebih manusiawi tentang dunia dan mereka ingin berperan dalam hal itu. Mereka merasa sangat berarti dan bahagia bila terlibat dalam kegiatan sosial.

Pada umumnya INFP cenderung pemalu dan senang menyendiri. Ada pula yang rnenarik diri dari sikap yang sopan. Khususnya pada awal perkenalan dengan orang lain. Sementara itu INFP yang lain tampak santai~ mudah bergaul, biasanya mereka telah melatih perilaku ekstravertnya.

Tipe ini mampu membuat orang lain merasa santai. Biasanya mereka suka berpikir, hangat, manis dan penuh pertimbangan. Mereka berminat pada orang lain dan sangat tahu darimana asal usul mereka.

Biasanya mereka adalah pengarang yang berbakat, pandai membuat puisi, prosa atau lagu. Selagi menulis, kecanggungannya menghadapi dunia luar menjadi hilang. Mereka menjadi sangat sensitif terhadap reaksi orang lain.

Berbagi rasa dengan orang lain sangatlah sulit bagi mereka. Mereka merasa diekspose dan menjadi sangat ringkih. Walaupun demikian mereka dapat menjadi pembicara yang handal. Pendengarnya dapat mendengar dan mengetahui kedalaman dari komitmen mereka melalui isi pembicaraannya.

Seringkali INFP menganggap dirinya tidak mampu. Mereka menetapkan standar yang terlalu tinggi bagi dirinya. terlepas dari pandangan orang lain tentang hasil kerjanya.

INFP akan sangat kecewa biar ia dapat menepati janjinya atau tidak sesuai dengan keinginannya. Beberapa dari INFP tidak menyelesaikan konflik vang terjadi antara pengharapan yang tinggi dan kenyataan yang ada. Mereka yang tidak dapat menyelesaikan konfliknya akan menjadi lemah, tidak efektif dan punya kepribadian yang ‘lumpuh’ (paralyzed).

Standar INFP yang tinggi seringkali menyakitkan hatinya sendiri. Mereka selalu ingin perfek. Keinginannya untuk bekerja sebaik mungkin seringkali membuat mereka sulit untuk mendelegasikan tanggung jawabnya.

INFP akan sangat tersinggung bila harus diawasi. Mereka lebih suka disebut punya pemikiran terbuka, fleksibel, adaptif. Kecuali bila satu saat ia merasa bahwa hal yang dianggapnya paling penting sedang berada dalam bahaya, maka mereka akan berhenti menyesuaikan diri.

Pada umumnya INFP tidak menyukai konflik dan cendrung menghindarinya. Pertama-tama mereka akan menarik diri untuk menghindari konfrontasi. Bila dengan menyendiri ternyata tidak berhasil, maka mereka akan menyiapkan diri, mendiskusikan apa yang perlu didiskusikan. Walau bagaimanapun, mereka lebih suka untuk menghindar.

Dalam menghadapi masalah, reaksinya akan sangat emosional, khususnya terhadap perkataan dan perbuatan orang lain. Yang terpenting adalah bagaimana perasaannya, bukan masalah benar atau salah. Satu hal yang menarik, INFP punya suatu kelebihan unik yaitu mereka bisa menolong orang lain untuk memecahkan masalahnya. Mereka dapat menyatukan kepekaannya dengan perasaan orang lain.

Dalam menjunjung tinggi ‘nilai-nilai’nya, INFP dapat menjadi sangat teliti dan sangat memperhatikan detil. Mereka sangat tekun dalam mengumpulkan data. Mereka akan terus menerus mengerjakan hal-hal yang detil demi memenuhi standar yang tinggi, yang dibuatnya sendiri.

Sisi yang kurang berkembang pada INFP adalah logika dan analisa impersonalnya. Mereka tidak suka mengambil keputusan yang mengakibatkan konsekuensi impersonal. Tetapi dalam situasi stress, mereka akan bereaksi dengan keras, kaku, dogmatis, impersonal dan dengan penilaian yang analitis. Mereka jadi sangat memikirkan hal-hal yang sepele dan kemudian salah mengartikannya. Dengan terburu-buru ia akan menguji suatu masalah, lalu mengekspresikan keputusannya dengan emosi kebencian.

Kadang-kadang INFP menggunakan logikanya sebagai senjata untuk melawan dirinya sendiri. Bila ia kurang menghargai dirinya sendiri, seringkali ia menggunakan kalimat “jika …, maka…..” yang menandakan bahwa ia tidak mencapai sesuatu yang seharusnya. INFP merasa bahwa hidupnya kurang berarti atau berharga. Mereka menggunakan standar yang tinggi yang dibuatnya sendiri untuk mengkritik dirinya sendiri.

Untungnya, INFP biasanya mengembangkan sisi-sisi positif yang ia miliki. Mereka menggunakan kemampuannya dengan efektif untuk melihat potensi manusia dan untuk mengetahui (baik untuk dirinya maupun orang lain) nilai-nilai yang positif dan abadi.

Mungkin INFP adalah tipe yang paling idealis. Untuk mencapai idealismenya, mereka sangat memacu diri dan lebih kritis terhadap dirinya sendiri. Melalui hidup dan pekerjaannya, mereka mencoba membantu kehidupan yang lebih baik untuk semua orang. Keputusan dan dorongannva diekspresikan melalui sikapnya yang tenang, lembut, yang memungkinkan mereka untuk mencapai lehih dari apa yang diinginkan.

Back to Top

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

To use social login you have to agree with the storage and handling of your data by this website. %privacy_policy%

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.