The Most Independent – INTJ

Ciri-Ciri Umum

  • Mandiri, ‘orisinal’, analitis dan tegas.
  • Ahli dalam menerjemahkan sebuah konsep/teori kedalam tindakan nyata
  • Sangat menghargai ilmu, kompetensi dan struktur
  • Berpikir jangka panjang
  • Menetapkan standar yang tinggi, baik bagi diri sendiri maupun orang lain
  • Secara spontan tampil sebagai pemimpin , tetapi akan patuh pada pimpinan yang ia hormati.

Kekuatan

  • Memberikan gagasan dengan konsep dan desain yang kuat.
  • Mengorganisir ide ke dalam rencana tindakan.
  • Bekerja untuk mengatasi hambatan agar dapat mencapai sasaran.
  • Mempunyai visi yang kuat tentang apa yang bisa terjadi pada organisasi.
  • Mendorong organisasi untuk memahami bahwa suatu sistem itu adalah suatu
  • kesatuan yang kompleks dan ada keterkaitan yang kuat antara unsur-unsurnya.

Kelemahan

  • Terkesan sebagai orang yang tidak mudah mengalah, sehingga membuat orang lain enggan untuk mendekati atau beragrumentasi.
  • Untuk mencapai yang terbaik, cenderung mengkritik secara tajam.
  • Bila ada gagasannya yang dianggap tidak praktis oleh orang lain, sulit baginya untuk berubah.
  • Cenderung mengabaikan akibat dari ide tau tindakannya pada orang lain.

Profile Kepribadian

INTJ mengarahkan hidupnya dengan cara mewujudkan visinya kedalam dunia nyata. Sedangkan visi dari tiap-tiap INTJ adalah berbeda. Bisa saja visinya berupa bagaimana bentuk suatu organisasi dimasa yang akan datang, keyakinan akan adanya bentuk arsitektur yang baru, atau berupa peringatan bahwa kita harus mendengar keinginan orang banyak dll.

Suatu kesamaan diantara INTJ adalah adanya dorongan dari dalam (inner driving force) yang menghasilkan kemungkinan-kemungkinan. Mereka memiliki suatu kekuatan intuitif yang istimewa didalam dirinya, dan hal ini is simpan untuk dirinya sendiri. Bila sedang sendirian, mereka akan melihat berbagai macam pemahaman (insight) yang impersonal, dengan jangkauan jauh ke depan. Kemudian mereka merubah pemahaman ini terus menerus dari sudut pandang yang – berbeda, dan membuat kemungkinankemungkinan. Pemahaman ini mengenai ide-ide, prinsip-prinsip, bukan manusia atau nilai-nilai.

INTJ sangat terbiasa dengan hal-hal abstrak, teori dan pola-pola pemikiran. Mereka dapat mengetahui desain-desain baru, cara lain untuk mengarahkan sesuatu, bentukbentuk baru, dll. Dari dalam dirinya, INTJ dapat melihat kemungkinan-kemungkinan yang tidak biasa. Mereka sangat yakin akan pemahaman-pemahamannya dan hal inilah yang mengarahkan hidupnya.

Kadang-kadang mereka juga tidak terlalu jelas tentang apa yang dilihatnya Jelas atau tidak, mereka tahu bahwa hal itu tetap harus dilakukan. Kalau sudah menjalankan sesuatu, mereka seolah tidak menghiraukan penilaian orang lain. INTJ dapat menjadi sangat keras kepala.

INTJ sangat yakin akan pemahaman dan ide-idenya. Mereka percaya akan rencana dan penilaian yang mereka buat untuk orang lain. Sikapnya tegas, percaya diri, kadangkadang terkesan arogan. Sementara mereka tidak sadar sering dinilai demikian. Mereka terlalu sibuk mewujudkan impiannya ke dalam dunia nyata sehingga lupa akan dampak perilakunya terhadap orang lain.

Seringkali INTJ tidak menghiraukan apa yang dibicarakan orang lain tentang diri mereka. Perhatiannya terpusat pada respons-respons intuitifnya. Mereka dapat mengantisipasi apa yang akan dikatakan orang lain dan dapat menginterupsi dengan caranya sendiri. Atau bisa saja mereka memutus pembicaraan dengan teman/bawahannya karena ada sistem pemandu bagian dalamnya (inner guidance system) yang memberikan infomasi/pemahaman penting yang mereka butuhkan.

Kebanyakan INTJ terlalu yakin akan pemahamannya, sehingga terlihat sangat kaku. Berdasarkan informasi yang mereka peroleh, mereka langsung mengeluarkan reaksi intuitifnya yang sangat mereka yakini sebagai sesuatu yang benar. Mereka akan membiarkan orang lain tahu. Dengan yakin is akan menolak atau mempertanyakan informasi tersebut. Agak sulit untuk membina komunikasi yang berarti dengan INTJ.

Diskusi yang bersifat teoritis untuk mencapai suatu kejelasan sangat disukai oleh INTJ. Dalarn menghadapi suatu persoalan sikaprnya cenderung skeptic. Sikapnya akan semakin skeptis bila harus belajar melalui pengalaman dan mengambil keputusan berdasarkan pengalaman. Mereka akan sangat resister terhadap gaya belajar yang berbeda dari yang ia miliki.

Kontrol adalah sesuatu yang paling penting bagi kehidupan INTJ. Bagi mereka, tujuannya adalah untuk mengontrol setiap perilakunya dengan sadar. Menurut mereka, berperilaku spontan akan menyebabkan kesulitan atau merupakan suatu kelemahan. Mereka tidak bisa mengerti akan perilaku yang dikendalikan oleh emosi atau kebutuhan-kebutuhan psikologis.

Pendek kata, INTJ adalah orang yang impersonal, analitis dan disiplin. Mereka cepat mengemukakan keputusannya. Biasanya mereka berwibawa, ingin berperan sebagai atasan dan sukses dalam meraih keinginannya tersebut. Mereka bisa menjadi pimpinan yang hebat dan berhasil, khususnya di organisasi-organisasi yang membutuhkan pemeriksaan kembali dalam hal misi, yang mempunyai tujuan yang baru.

Sebagai atasan biasanya mereka sangat sulit karena mereka cenderung menyimpan pemahaman intuitifnya sendiri. Hal ini akan semakin sulit karena kadang-kadang pemahaman itu juga tidak jelas bagi mereka sendiri. INTJ sangat yakin akan hal itu, tetapi bagaimana orang lain akan bertindak bila mereka tidak pernah tahu dan tidak punya pengalaman dalam hal tersebut (tentang pemahaman intuitif).

INTJ pada umumnya tidak peka terhadap orang ataupun ‘nilai-nilai’. Mereka sendiri menolak untuk membuat keputusan berdasarkan pertimbangan atau nilai-nilai yang subyektif. Akibatnya mereka tidak peka terhadap keputusan-keputusan yang harus didasarkan pada pertimbangan manusiawi. Jika mereka menyadari adanya kebutuhan untuk lebih memperhatikan aspek manusianya, maka mereka dapat mencapai keseimbangan yang dapat membantu keberhasilan tugas yang dibebankan kepadanya.

Sisi yang kurang berkembang pada INTJ dalah perhatiannya pada fakta, realitas dan detil-detil kehidupan. Mereka akan cepat merasa frustrasi bila harus berurusan dengan detil, khususnya bila detil-detil tersebut tidak berkaitan dengan pemahaman intuitifnya. Fakta saja hampir tidak berarti bagi INTJ.

INTJ punya kecenderungan menjadi sangat ekstrim terhadap detil. Mereka bisa menjadi terobsesi pada detil. Mereka mengumpulkan detil terus menerus tanpa tujuan yang jelas. Mereka membuat pembedaan yang tidak bermanfaat antara detil yang penting dan yang tidak penting. Menurut mereka, pengertiannya terhadap detil sudah betul. Atau disisi lain, mereka tidak peduli sama sekali. Mereka seakan tidak menyadari akan adanya informasi yang sangat jelas, segera dan penting sekalipun.

Bila caranya dalam menangani detil dipertanyakan, mereka bisa sangat marah. Mereka merasa telah mempunyai pengertian yang tepat dan jelas tentang apa yang dibutuhkan dan apa yang penting.

Dibawah tekanan, mereka bisa sangat terobsesi pada detil dengan cara yang merugikan diri sendiri. Biasanya mereka menggunakan fakta untuk menunjukkan bahwa mereka tidak kompeten. Dunia detil/fakta bisa menjadi senjata yang menyerang dirinya.

INTJ adalah pribadi yang sangat ‘berkuasa’ (powerful). Biasanya mereka adalah intelektual yang sangat kreatif dan berbakat akademis. Mereka punya kelebihan untuk membuat target yang menantang untuk dirnya sendiri dan berhasil meraihnya, dibidang apapun mereka berada.

Back to Top

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

To use social login you have to agree with the storage and handling of your data by this website. %privacy_policy%

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.