The Conceptor – INTP

Ciri-Ciri Umum

  • Logis, ‘orisinil’ dan pemikir yang kreatif
  • Bisa sangat bermanfaat akan teori maupun ide-ide
  • Ahli dalam menjelaskan sebuah teori sehingga mudah dipahami
  • Sangat menghargai ilmu, kompetensi dan logika
  • Cenderung diam, lebih suka sendiri, agak sulit akrab
  • Kurang tertarik untuk menjadi pemimpin atau pengikut.

Kekuatan

  • Mendesain sistem yang kompleks dan logis.
  • Mudah menyelesaikan masalah-masalah kompleks.
  • Memiliki wawasan intelektual jangka pendek maupun jangka panjang.
  • Menerapkan logika, analisis dan berpikir kritis terhadap masalah atau gejala yang ada.
  • Langsung masuk pada inti masalah.

Kelemahan

  • Kemungkinan terlalu abstrak sehingga mengabaikan tindak lanjut yang segera harus dilakukan.
  • Kemungkinan terlalu intelek dan teoretis dalam penjelasan-penjelasannya.
  • Terlalu terfokus pada ketidak-konsistenan yang sederhana dan mengorbankan
  • kerjasama dan keharmonisan tim kerja.
  • Kemungkinan bertindak kasar terhadap orang lain semata-mata berdasarkan pikiran-pikiran yang analitis.

Profile Kepribadian

Karakteristik terpenting dari INTP adalah kecenderungan mereka untuk membuat konsep-konsep abstrak menjadi jelas. Pada saat mereka sendirian, mereka otomatis akan menarik kesimpulan dan penilaian-penilaian tentang pola-pola berpikir mereka (orang lain). Dengan kemampuan analisis mereka yang luar biasa, INTP selalu tertarik dan dekat dengan pemahaman-pemahaman konseptual.

Sayangnya, setelah mereka selesai memecahkan misteri dari sebuah konsep, mereka akan segera menemukan dan tertarik pada konsep lain yang sifatnya masih mentah sehingga tidak tersedia cukup waktu bagi mereka untuk mengembangkan konsep tersebut demi kepentingan orang banyak.

INTP senang berpikir dalam pengklasifikasian. Mereka selalu mencoba mencari pola-pola umum dari apapun yang menarik perhatiannya. Dan pada saat mereka berhasil merumuskannya, mereka akan berusaha untuk membuat penerangan/informasi yang logis tentang hal tersebut. Karena itu, pola dan keterangan yang logis seringkali menjadi obsesi sehari-hari bagi type ini.

INTP seringkali merasa perlu untuk mengembangkan konsep-konsep yang berguna. Pada saat itulah mereka merasa bahwa mereka telah menyumbangkan sesuatu yang berguna bagi bidang/keahlian mereka. Tetapi INTP dapat menjadi berlebih-lebihan dalam hal konsep ini. Sebagian dari INTP mencoba untuk memandang hidup sebagai sebuah teka teki konsep yang besar. Mereka ingin untuk mempersingkat segalanya kedalam pengklasifikasikan golongangolongan dan menghubungkan satu sama lainnya melalui penerangan intelektual teman-teman dan kerabat INTP seringkali menjumpai hal ini sebagai sesuatu yang sangat menjengkelkan dan membuat mereka frustasi.

Di dalam diri INTP, mereka selalu menginginkan keteraturan. Mereka berharap semua hal di dunia ini dapat terpecahkan/dimengerti. Seringkali kebutuhan akan keteraturan di dalam diri INTP dapat terpantul/terlihat di dunia luar mereka. Contohnya : mereka ingin agar lingkungan sekitarnya, kantor dan rumah senantiasa rapih dan teratur. Sepertinya mereka merasa dengan membersihkan dan merapihkan dunia luarnya, maka mereka dapat menemukan jawaban dari konsep di dalam dirinya.

Namun begitu seringkali kegiatan membersihkan lingkungan luar hanya sebagai pelarian dari/menghindari proses berpikir yang berkesinambungan dan merumuskan semua pengklasifikasian yang seharusnya dilakukan untuk menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan internal mereka.

Selain itu INTP tidak konsisten dalam menjaga keteraturan dan kebersihan di lingkungannya, betapapun mereka menginginkan hal tersebut. Mereka melalui lingkaran-lingkaran/peralihan sikap yang sudah dapat diduga orang lain.

Bila lingkungan tidak bisa ditata/diatur, mereka akan menghabiskan waktu berjam jam untuk membersihkannya, tetapi tak lama kemudian ruangan tersebut akan kembali menjadi berantakan.

INTP juga tidak mampu untuk mengatur janji janji mereka. Kemampuan INTP dalam mengatur pola-pola berpikir mereka tidak berlaku sama dalam dunia luarnya. INTP bisa membuat 3 perjanjian pada waktu yang bersamaan dan tidak menyadarinya sampai kekacauan terjadi. Kalaupun mereka menyempatkan waktu untuk menuliskan acaraacara mereka dan tugas mereka pada secarik kertas, biasanya yang kemudian terjadi adalah kertas tersebut akan hilang atau mereka lupa untuk melihat/membaca kertas tersebut. Banyak cerita-cerita tentang profesor yang pikun yang dapat menggambarkan kondisi-kondisi type INTP.

Biasanya INTP adalah orang-orang yang mudah bergaul. Mereka berpindah dari satu intuisi ke intuisi lain dengan mudah dan antusiasme yang tinggi. Namun begitu kebanyakan INTP suka menjaga jarak dan bersikap formal terhadap orang lain terkecuali teman-teman akrabnya.

Jika INTP terlalu banyak menghabiskan waktu dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat ekstravert, dapat mengakibatkan mereka menjadi sangat tidak terorganisir dan menelantarkan pekejaan mereka. Dilain pihak, jika INTP terlalu banyak sendiri, mereka akan jadi cenderung gegabah dan membuat kebutuhan teoritis yang tidak berdasar pada data-data yang kuat.

Walau bagaimanapun, INTP memerlukan waktu untuk sendiri guna menyelesaikan tugasnya. Sebagian INTP kesulitan untuk menjaga/memenuhi kebutuhan menyendirinya karena mereka ingin selalu responsif terhadap orang lain/lingkungan luar. Pendeknya sulit buat mereka untuk bilang ‘tidak’ terutama jika terlihat adanya kemungkinan-kemungkinan yang menyenangkan mereka.

Pada saat rapat/pertemu an-pertemuan INTP cenderung untuk diam. Mereka sebetulnya sedang berpikir, ingin memperjelas semuanya sebelum mereka berbicara. Dan jika mereka pada akhirnya berbicara, seringkali mereka mengemukakan inti-intinya dan konsep yang komplit dan detil tentang masalah yang ada/sedang dibicarakan.

INTP mampu untuk mendengarkan presentasi formal, pada saat mendengarkan mereka akan mengolah semua argumen yang disodorkan lalu mereka akan mempersiapkan kesimpulannya baik secara tertulis ataupun verbal yang mencakup inti dari thesis yang ada bersamaan dengan analisis tentang kelemahan dan kekurangannya. Jika anda tanyakan pada mereka tentang analisis mereka secara lebih dini, dimana mereka merasa belum siap maka INTP akan mereka sangat terganggu, kaku dan mereka akan berusaha untuk membuang-buang waktu dengan mengalihkan pembicaraan.

INTP biasanya mendapat kesulitan dalam mengkomunikasikan ide-ide dan pemikiran mereka secara efektif Karena mereka amat baik dalam mengartikan kekompleks’an konsep-konsep, maka mereka merasa ingin/perlu untuk membagi hasil analisa mereka tentang konsep-konsep kompleks tersebut yang bagi mereka amat penting. Akhirnya mereka dapat menjadi berlebihan bagi orang lain. Singkatnya, mereka membuat lawan bicaranya bingung dan bosan. Penting bagi INTP yang ingin membuat perubahan terhadap hal diatas untuk memperbaiki tehnik berkomunikasinya. Mereka harus berusaha untuk mempersingkat apa yang hendak mereka sampaikan, verbal maupun tertulis. Lebih penting lagi, INTP harus belajar untuk menjadi lebih sensitif terhadap tingkat toleransi dari pendengarnya/lawan bicaranya.

INTP menjadi sangat bosan dan frustrasi jika harus berhubungan dengan fakta-fakta dan realitas. Mereka perlu punya waktu untuk sendiri dalam menyelesaikan detail-detail di kehidupan sehari-harinya. Mereka perlu untuk mengiiindar dan menghukum diri mereka sendiri karena berbuat suatu kesalahan. Dengan kesabaran dan waktu untuk sendiri, mereka akan dapat melihat bahwa mereka sebetulnya membuat suatu kemajuan. Pada akhirnya mereka akan merasakan kepuasan karena mampu menangani hal-hal yang mereka anggap membosankan.

Lain halnya jika mereka harus berhadapan dengan hal-hal yang bersifat konseptual. INTP dapat menjadi sangat sabar dan teliti dalam melihat semua fakta-fakta. Jika proyek tersebut dianggap penting, mereka akan menjadi perfeksionis. Sulit bagi mereka untuk mengetahui kapan sebuah pekerjaan tersebut sudah’cukup bagus’.

Dalam kehidupan sosial, seringkali INTP dikenal sebagai orang-orang yang sangat pemalu. Mereka mendapat kesulitan untuk bergaul terutama dalam suasana-suasana/ acara-acara santai. Mereka tidak tahu harus berbicara apa dan menjadi sangat kaku. Kondisi ini menjadi sangat berbeda jika mereka sedang bersama orang-orang yang akrab dengan mereka atau jika membicarakan masalah-masalah yang mereka kuasai. INTP menjadi sangat percaya diri dan ramah sehingga sulit bagi orang lain untuk percaya bahwa mereka orang-orang yang introvert. Jika INTP tertarik pada seseorang, mereka akan mampu mengatasi kekakuannya.

INTP bisa menjadi teman akrab yang setia dan kokoh. Namun, jika mereka merasa dikhianati mereka bisa berubah drastis dalam satu malam menjadi dingin, berjarak dan kaku. Hal ini juga berlaku jika mereka merasa teman tersebut melanggar prinsip-prinsip utamanya (yang paling dihormatinya). Perubahan ini dapat menjadi sangat menyakitkan dan membingungkan bagi teman-temannya terutama jika mereka tidak menyadari kesalahan mereka. Bagi INTP biasanya tidak mungkin untuk memperbaiki hubungan mereka jika sudah terputuskan, walau bagaimanapun arti hubungan tersebut.

INTP tidak terbiasa untuk memperhatikan perasaan orang lain atau pengaruh dari tingkah laku mereka terhadap perasaan orang lain. Mereka hampir selalu terkonsentrasi penuh pada isi percakapan saja bukan pada pentingnya pertimbangan lawan bicaranya. Sebagai seorang guru, INTP akan langsung menuju pada waktu istirahat. Mereka mungkin tidak menyadari bahwa mereka telah mengulur-ulur perhatian murid-muridnya secara sepihak.

INTP juga tidak handal dalam membuat keputusan-keputusan yang bersifat personal. Bagi mereka, keputusan yang didasarkan pada nilai-nilai pribadi adalah satu step saja bedanya dengan prejudism. Dan hal itu melanggar keobyektivitasan, logika yang dengan susah payah mereka capai.

Pada situasi stress, dibawah pengaruh obat bius dan alkohol, INTP jadi sering membuat keputusan-keputusan yang subyektif Dipengaruhi oleh tekanan-tekanan, mereka akan mengekspresikan kemarahan mereka terhadap apapun yang menghalangi gerak mereka. Pada saat ragu, tidak percaya diri, mereka akan membuat penilaian-penilaian negatif tentang diri mereka sendiri. Mereka menilai diri mereka sebagai orang-orang yang lemah, tidak mampu. Sekali mereka terjebak disini, sulit baginya untuk melepaskan diri.

Hidup INTP kebanyakan berkisar pada dunia konseptual yang membuat mereka kekurangan hubungan pribadi yang berarti. Terlalu lama tanpa hubungan antar manusia yang sebetulnya mereka perlukan, dapat membuat kebutuhan mereka akan hal tersebut muncul secara tiba-tiba dan berlebihan. Mereka dapat dibutakan oleh emosi mereka sendiri. INTP dapat menjadi jatuh cinta terhadap cinta itu sendiri dan melebihlebihkan/ mengidealkan obyek dari rasa kasih sayang mereka.

INTP adalah peinbuat-pembuat konsep yang istimewa. Mereka adalah pemikir-pemikir yang unggul. Mereka dapat diandalkan dalam kekompleksian dunia/hal-hal yang abstrak. Karena itu mereka adalah pemikir-pemikir yang kuat.

Namun mereka biasanya tidak terlalu sukses dalam hubungan antar pribadi/manusia. Seringkali sulit bagi mereka untuk memulai percakapan. INTP membutuhkan pertolongan dan petunjuk-petunjuk tentang hal ini dari type-type lain untuk mematahkan rasa malu dan sungkan mereka. Banyak dari INTP-INTP ini yang berhasil melakukannya, seiring dengan bakat intelektualnya, energi, semangat dan keramahan mereka. INTP sesungguhnya adalah orang-orang yang menyenangkan.

Back to Top

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

To use social login you have to agree with the storage and handling of your data by this website. %privacy_policy%

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.