ISFP

The Artisctic – ISFP

Ciri-Ciri Umum

  • Pendiam, serius, sensitif dan baik hati.
  • Tidak menyukai konflik
  • Loyal, jujur dan realistis
  • Menyukai kecantikan dan keindahan
  • Tidak tertarik untuk memegang peranan sebagai pimpinan/atasan
  • Fleksibel dan ‘open minded’.
  • Apa adanya dan kreatif
  • Menikmati ‘saat ini’

Kekuatan

  • Memperhatikan kebutuhan orang-orang lain dalam organisasi
  • Bertindak untuk kesejahteraan orang lain
  • Memberikan kegembiraan pada situasi kerja
  • Mengkombinasikan tugas dan pekerjaan
  • Memperhatikan aspek manusia dalam organisasi.

Kelemahan

  • Mungkin terlalu percaya dan mudah ditipu.
  • Tidak bisa mengkritik orang lain, tapi bisa saja sangat kritis terhadap diri sendiri.
  • Tidak mampu melihat apa yang ada di balik kenyataan (realistis).
  • Mudah merasa sakit hati dan tersingkir.

Profile Kepribadian

Orang ISFP terkesan sebagai orang yang santai dan periang. Hidupnya serasa tidak mempunyai beban. Hidupnya dipengaruhi oleh nilai-nilai pribadinya. Suatu hal yang serius dan penting bagi mereka adalah proses identifikasi dan. memperjelas apa yang terjadi.

ISFP mengumpulkan banyak informasi khusus tentang orang. Mereka selalu mencari apa arti dari informasi itu. Akibatnya, sejak kecil mereka seringkali sudah dapat berempati. Penilaiannya terhadap orang lain biasanya tepat. Kelebihan ini membuat ISFP mempunyai kekuatan sebagai konselor atau terapist. Mereka lebih mudah belajar melalui tindakan, variasi dan pengalaman nyata. Sementara untuk hal-hal yang abstrak teoritis, akan dirasakan sebagai sesuatu yang sulit dan membosankan.

ISFP adalah orang yang berorientasi pada tindakan dan hal-hal yang terjadi saat ini. Mereka sangat menyukai petualangan dan tidak punya rasa takut dalam menghadapi tugas-tugas rumit yang harus diselesaikan dengan segera. Mereka cepat menangkap hal-hal detil, melihat kemungkinan-kemungkinan dan cepat bergerak untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

Sehari-hari ISFP tampil hangat, simpatik dan. berorientasi pada manusia. Biasanya mereka amat handal dalam menangani krisis dan dapat menghadapi hambatan birokratis. Mereka dapat melakukannya dengan baik, walaupun hanya sendirian.

Tipe ini menyukai tindakan, mereka selalu ingin melakukan sesuatu. Namun terhadap hal-hal yang bersifat tradisional, membutuhkan analisa kritis jangka panjang, mereka akan mengalami kesulitan. Sebelum melakukan sesuatu, mereka ingin lebih dulu mengetahui apakah hal tersebut dapat diterapkan atau tidak.

Dalam kehidupannya ISFP membutuhkan kebebasan untuk melakukan apa yang diinginkan. Demi membahagiakan orang lain, ISFP cenderung berkorban, mengabaikan harga dirinya, sampai-sampai tidak ada orang yang tahu bahwa is sedang terperangkap dalam memperjuangkan haknya untuk mendapatkan kesan yang positif tentang dirinya.

ISFP tidak menyukai ketidak-pastian. Mereka bisa saja menikmati pemahaman intuitif asalkan memang bisa diimplikasikan. Lebih sulit bagi mereka untuk menerima dunia yang impersonal, logis, yang memang kurang berkembang pada dirinya. Dalam situasi tertekan, mereka akan bersikap kaku dan. impersonal terhadap dirinya maupun orang lain, bertentangan dengan keseharian mereka yang biasanya tidak seperti itu.

ISFP juga bisa sangat kritis terhadap orang lain, berbeda dengan sitat aslinya yang ‘tidak pedulian’ Mereka cepat sekali melihat perilaku yang spesifik, padahal biasanya mereka tidak peduli akan apa yang orang lain pikirkan/lakukan Dengan segera mereka akan melihat hal-lial yang spesifik berdasarkan penilaian yang sangat subyektif dan biasanya menjadi sangat ‘kejam’. Dalam keadaan tidak senang, mereka menggunakan logikanya dalam mengambil keputusan.

ISFP yang sedang stres cenderung menampilkan perilaku amarahnya. Mereka akan mengarahkan amarahnya pada dirinya sendiri atau orang lain. Ada yang muram dan menarik diri dari pergaulan. Ada juga yang mengekspresikan rasa marahnya keluar, kepada orang-orang yang dianggapnya telah menyakiti hatinya. Sebagian lainnya cenderung meng’hukurn’ dirinya sendiri. Sementara itu ada yang menahan amarahnya, memikirkan terus menerus, baik di dalam dirinya sendiri maupun dengan orang yang mereka percaya.

Sesuai dengan preferensi yang mereka miliki, ISFP selalu berjuang untuk percaya pada dirinya sendiri. Mereka agak sulit untuk mengembangkan dan mempertahankan harga dirinya (‘sense of self worth’). Seringkali mereka tidak menghargai keberhasilannya sendiri. Mereka melihat ‘pesan-pesan’ negatif dari orang lain, yang sebenamya tidak ada. Biasanya mereka sulit untuk bersikap asertif, mereka mengambil resiko terperangkap dalam perilaku dan perasaan-perasaan yang tidak produktif.

Back to Top

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

To use social login you have to agree with the storage and handling of your data by this website. %privacy_policy%

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.