Tes Penalaran Analitis

Pada tes kali ini akan diuji penalaran analitis Anda terhadap permasalahan yang diberikan. Setiap soal terdiri dari dua atau lebih pernyataan, atau permasalahan yang harus Anda simpulkan. Bacalah dengan teliti, kemudian tariklah kesimpulan yang paling tepat menurut Anda dari pernyataan dan jawaban yang ada. Anda hanya diberi waktu 10 menit untuk menyelesaikan 20 soal.​

0%

1 / 20

Dalam satu kelas terdapat sejumlah olahraga. Lisa menyukai olahraga voli dan tidak menyukai atletik, Dino menyukai olahraga bola basket dan voli. Perdi menyukai semua olah raga kecuali voli. Susi menyukai olahraga tanpa bola. Sedangkan Gina menyukai olahraga dengan bola. Mereka yang menyukai olah raga voli adalah ...

2 / 20

Lima orang mahasiswa telah berhasil menempuh ujian kahir semester. Nilai yang diperoleh Mita lebih tinggi dari Pipit, Reni dapat nilai tertinggi. Nilai Yani lebih tinggi daripada Mita. Shinta mendapat nilai lebih rendah dibandingkan Mita, tetapi lebih tinggi dibandingkan Pipit. Bagaimanakah urutan kelima mahasiswa tersebut bila diurutkan mulai dari nilai yang paling rendah?

3 / 20

Di sebuah pasar, harga daging lokal lebih mahal dari harga beras, harga beras lebih mahal dari harga sayuran, dan daging impor adalah yang paling mahal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ...

4 / 20

Lima orang anak, yaitu Dedi, Nanang, Vidi, Shasa, dan Shifa sedang berada di sebuah warnet. Warnet tersebut memiliki 6 bilik atau kamar yang berderet dari kiri ke kanan. Adapun situasi di dalam warnet adalah sebagai berikut.

Salah satu bilik ada yang kosong. Shasa tidak berada di bilik 1, 3 dan 5. Shifa berada di urutan ketiga dari kelima anak tersebut. Dedi berada di antara Nanang dan Vidi. Vidi bersebelahan dengan Shasa di bilik 6. Di bilik manakah Dedi online?

5 / 20

Indra mempunyai 5 buah balon warna-warni. Ada yang merah, kuning, hijau, biru, dan putih. Balon kuning terbang lebih tinggi dari balon putih, tetapi lebih rendah dari balon biru. Balon merah terbang lebih tinggi dari balon hijau. Balon biru terbang lebih tinggi dari balon hijau, namun lebih rendah dari balon merah dan lebih tinggi dari balon kuning. Indra bermaksud memberikan balonnya yang dapat terbang paling tinggi kepada Tomi. Balon manakah itu?

 

6 / 20

Ibu Dewi adalah seorang pengajar TK, akan mengatur tempat duduk siswa-siswanya yang berjumlah 5 orang saja. Tata tidak mungkin duduk bersebelahan dengan Otong karena keduanya akan berkelahi. Lina dan Leni juga tidak mungkin duduk bersebelahan seperti Tata dan Otong, namun mereka akan sibuk ngobrol ke sana ke mari. Ria yang cengeng akan menangis jika duduk berdekatan dengan Otong yang suka memukul dan membentak. Leni yang suka bercerita akan menjadi anak manis jika duduk di antara dua anak laki-laki.

7 / 20

Semua ikan yang ibu beli di pasar kemarin adalah ikan laut. Semua ikan yang dijual di toko Bulan kemarin adalah ikan laut. Sebagian ikan yang Ibu beli di pasar kemarin berasal dari toko Bulan. Jadi ....

8 / 20

Ikan kakap merah bergizi dan memiliki tampilan yang indah. 

Sama halnya dengan udang yang memiliki gizi tinggi, bahkan lebih tinggi dari ikan kakap merah, walaupun berbentuk kecil. Ikan tuna sebenarnya enak, namun membosankan. Bandeng memiliki gizi yang lebih baik daripada ikan tuna, namun biasanya ikan ini sudah tidak segar lagi. Hidangan yang menarik dan bergizi adalah ....

9 / 20

Hasil survey menunjukkan bahwa lagu keroncong lebih disukai daripada musik klasik. Lagu rock dan dangdut sama-sama disukai, namun lagu keroncong lebih disukai daripada lagu rock dan dangdut. Lagu pop lebih disukai daripada lagu keroncong, lagu rock lebih disenangi daripada lagu klasik. Urutan jenis lagu lagu yang paling digemari sampai yang paling tidak digemari adalah ....

10 / 20

Berikut adalah lima orang karyawan yang sangat berprestasidi dalam pekerjaan mereka, yaitu karyawan A, B, C, D, dan E. Prestasi kerja A lebih tinggi dari B dan lebih rendah dari C. Prestasi kerja D lebih rendah dari A, namun lebih tinggi dari B. Sedangkan, prestasi E lebih tinggi dari B dan D.

Dari lima karyawan tersebut, pilihlah tiga orang karyawan yang memiliki prestasi kerja yang paling baik!

11 / 20

Sebuah keluarga memiliki empat orang anak yang telah lulus SMA. Si A lulus setelah si C, si B lulus sebelum si D lulus dan bersamaan dengan si A. Bagaimanakah urutan yang benar dari kelulusan keempat anak tersebut?

12 / 20

 Ratna selalu tampak sibuk setiap hari. Ada beberapa kegiatan yang ia lakukan setiap harinya, yaitu seperti belajar komputer, les bahasa Inggris pada hari Senin dan Rabu Les vokal dan tari setiap Jumat dan Sabtu. Sedangkan setiap Selasa dan Kamis, ia les piano.

Dari paparan di atas, hari apakah Ratna memiliki kegiatan paling banyak?

13 / 20

Jarak antara kota A dan B adalah dua kali jarak kota C dan D. Sedangkan kota E terletak di tengah-tengah kota C dan D. Selanjutnya diketahui bahwa jarak kota C ke kota A sama dengan jarak kota D ke kota B, yaitu setengah jarak kota A ke kota E.

Berikut, yang manakah dua kota yang jaraknya paling jauh?

14 / 20

Motor X, Y, dan Z memiliki kapasitas tanki bensin yang sama dan terisi penuh. Ketiga motor tersebut menempuh perjalanan luar kota dengan tujuan yang berbeda.

Jarak tempuh motor X lebih jauh dari motor Z, tetapi kurang dari jarak tempuh motor Y. Setelah ketiga motor tersebut sampai di tujuan masing-masing, sisa bensin di tangki motor Z lebih banyak daripada motor X, tetapi tidak melebihi motor Y.

Berikut ini manakah yang pernyataan yang benar?

15 / 20

Ada lima orang Anak, yaitu anak A, B, C, D dan E. Anak D lebih 

tinggi dari anak A, tetapi lebih pendek dari anak E. Anak E lebih pendek dari anak B, tetapi lebih tinggi dari anak C. Urutkanlah anak-anak tersebut mulai dari yang tertinggi.

16 / 20

Lima orang karyawan berkumpul di sebuah ruangan, yaitu V, W, X, Y, dan Z. Mereka berlima adalah tukang gosip. Hanya antara Y dan Z tidak pernah membicarakan gosip.

Gosip dapat berkembang saat pembicaraan V, kepada W, kemudian dilanjutkan dari W ke X, X dengan Y, hingga dari | berkembang hingga ke K.

Apabila terdapat gosip antara W, dan X. Jika itu terjadi, maka siapakah yang paling tidak tahu gosip tersebut?

17 / 20

Anak A belajar les 2 kali dalam seminggu, yaitu hari Senin dan Selasa. Anak B belajar les 3 kali dalam seminggu, Rabu, Kamis, dan Jumat. Anak C belajar sebanyak 2 kali, yaitu Sabtu dan Minggu. Anak D belajar dalam seminggu sebanyak 3 kali, yaitu Selasa, Rabu dan Kamis. Anak E belajar les setiap Kamis, Jumat, dan Sabtu di setiap minggunya. Siapa saja dari tiga anak yang belajar les pada hari yang sama?

18 / 20

Umur Dina dua belas tahun dan setengah dari umur kakaknya Deni. Rani empat tahun lebih muda dari Deni dan tiga tahun lebih tua dari Tina. Berapakah umur Tina?

19 / 20

A lebih tua umurnya dari B, C lebih muda dari D, E lebih muda dari B, A lebih muda dari C, B lebih tua dari E. Maka kesimpulan yang termuda umurnya adalah

20 / 20

Bumi berputar pada porosnya mengelilingi Matahari. Bulan berputar pada porosnya mengelilingi bumi.

Apa Itu Tes Penalaran Analitis ?

Tes penalaran analitis adalah suatu tes untuk menilai kemampuan calon/kandidat untuk mempelajari informasi dan menerapkan logika untuk menemukan pola atau membuat kesimpulan dari suatu data atau informasi. Selain itu, tes ini juga mengukur pemikiran kritis dan keterampilan memecahkan masalah.

Di tempat kerja, orang menggunakan analisis untuk meneliti pidato, dokumen, diagram, bagan dan grafik, dan mengumpulkan informasi yang paling relevan.

Mereka yang memiliki keterampilan analitis yang kuat akan mempertimbangkan bagaimana elemen dalam informasi tersebut berhubungan satu sama lain, memperhatikan pola, dan detail penting.

Digunakan Untuk Apa Tes Ini ?

Perekrut menggunakan tes penalaran analitis untuk mengevaluasi keterampilan induktif dan deduktif pada calon pekerja.

  • Penalaran deduktif adalah proses mencapai kesimpulan logis berdasarkan satu atau lebih pernyataan, atau premis yang diberikan.
  • Penalaran induktif melibatkan pengambilan informasi spesifik dan membuat prediksi berdasarkan itu.

Kandidat tidak memerlukan pengetahuan khusus untuk memulai tes penalaran analitis, tetapi mereka harus dapat berpikir secara logis dan memperhatikan secara detail. Mereka yang lolos tes penalaran analitis cenderung cerdas, cepat belajar dan kemampuannya meningkat seiring menjalankan tugas yang diberikan perusahaan.

Back to Top

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

To use social login you have to agree with the storage and handling of your data by this website. %privacy_policy%

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.