Tes Penalaran Logis

Tes penalaran logis adalah bagian fundamental dari penilaian apa pun dalam sebuah tes psikologi. Penalaran logis umumnya tidak memerlukan penalaran verbal atau numerik meskipun ada variasi yang membutuhkan untuk kebutuhan yang lebih spesifik.

Pada tes kali ini akan diuji penalaran logis Anda terhadap permasalahan yang diberikan. Setiap soal terdiri dari dua atau lebih pernyataan, atau permasalahan yang harus Anda simpulkan. Bacalah dengan teliti, kemudian tariklah kesimpulan yang paling tepat menurut Anda dari pernyataan dan jawaban yang ada. Anda hanya diberi waktu 5 menit untuk menyelesaikan 10 soal.

0%

1 / 10

Semua PNS harus mengikuti upacara bendera. Beberapa guru adalah PNS.

2 / 10

Semua ketua kelas seharusnya bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya. Sebagian siswa berprestasi pernah menjadi ketua kelas.

3 / 10

 Semua sapi tidak terbang. Semua ikan dapat berenang.

4 / 10

Beberapa siswa SD Al-Islam memiliki prestasi bagus. Semua siswa SD Al-Islam memiliki buku matematika.

5 / 10

Jika pernyataan: "Semua guru adalah lulusan S1" adalah salahmaka ...

 

6 / 10

Semua kendaraan mempunyai roda. Mobil adalah kendaraan.

7 / 10

Anisa, Dila, Intan, dan Refli akan hadir dalam acara reuni SMA 1 Cimahi. Dila datang sebelum Refli tetapi sesudah Intan. Anisa datang sebelum Refli.

8 / 10

Ayam tidak bisa terbang. Ayam adalah unggas. 

9 / 10

Semua nelayan bisa berenang. Sebagian nelayan berekonomi rendah.

10 / 10

Semua sarjana berbahasa santun. Andi bukanlah sarjana. 

Apa Itu Tes Penalaran Logis ?

Tes penalaran logis adalah suatu pengukuran untuk menentukan kemampuan Anda dalam menafsirkan informasi, dan kemudian menerapkan langkah-langkah dan proses sistematis pada interpretasi itu untuk menarik kesimpulan yang relevan.

Penilaian menggunakan jangka waktu tertentu dengan format pilihan ganda dan tidak memerlukan pengetahuan sebelumnya. Sebaliknya, tes penalaran logis ini mengandalkan kecerdasan umum dan dengan demikian hampir sama dengan tes IQ standar.

Digunakan Untuk Apa Tes Ini ?

Seperti halnya bentuk penilaian psikometri apa pun, pemberi kerja menggunakan tes penalaran logis sebagai cara untuk menyaring pelamar, paling sering pada tahap seleksi pra-wawancara. Logika merupakan bagian fundamental dari pengambilan keputusan sehari-hari.

Kemampuan penalaran menentukan seberapa efektif kita menafsirkan dunia di sekitar kita, dan bagaimana kita menggunakan apa yang kita ketahui sebagai fakta untuk menginformasikan pilihan kita. Dengan demikian, penalaran logis merupakan bagian penting dari banyak fungsi pekerjaan.

Dalam menjalankan tes penalaran logis, pemberi kerja mengevaluasi seberapa baik kemungkinan Anda melakukan tugas-tugas seperti pengembangan strategi, penilaian dan perkiraan risiko, serta pemecahan masalah secara umum.

Tes penalaran logis merupakan salah satu tes kelompok Differential AptitudeTest (DAT). Penyajian tes ini dapat dilakukan secara individual maupun klasikal.  Tes ini digunakan di lingkungan sekolah, perusahaan, dan kegiatan sosial lainnya. Tes ini relevan untuk pelajaran atau pekerjaan/profesi yang memerlukan persepsi hubungan antara benda-benda.

Latihan tes penalaran logis gratis ini akan membantu Anda lebih memahami tingkat kemampuan penalaran anda.

Back to Top

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

To use social login you have to agree with the storage and handling of your data by this website. %privacy_policy%

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.