in , , ,

30 Quotes Dari Para Filsuf Yunani Yang Sangat Terkenal

21. “Keindahan adalah gerbang cinta, tinggal bagaimana kita merawat dan meningkatkannya” – Plato

Saat kita melihat yang indah-indah, seperti melihat matahari terbit dan terbenam, melihat bunga atau melihat seseorang yang menarik. Pastinya akan jadi lebih mudah bagi kita untuk jatuh cinta, bukan?

Jelas saja karena keindahan adalah gerbang cinta. Kita hanya perlu mendekati lalu merawat dan meningkatkan keindahannya sehingga cinta yang sebenarnya pun bertumbuh.

22. “Mendidik pikiran tanpa mendidik hati adalah bukan pendidikan sama sekali” – Aristoteles

Jika kita hanya mengisi ilmu ke dalam pikiran saja tanpa mengisi hati dengan ilmu yang bermanfaat juga, maka itu bukanlah pendidikan sama sekali. Sebab tujuan pendidikan yang sebenarnya adalah menjadikan kita manusia yang bermanfaat bagi orang banyak. Bukan membodoh-bodohi yang lain apalagi merusak bumi

23. “Teman terbaikku adalah orang-orang yang berdoa untuk diriku”

Kita sering mengartikan bahwa teman terbaik adalah mereka yang selalu ada saat kita butuh, mereka yang membuat kita tertawa disaat sedih atau mereka yang selalu memberi motivasi positif untuk kita.

Namun yang lebih tepat lagi, teman terbaik adalah mereka yang menyebut nama kita di dalam doa-doanya. Sebab meskipun kita tidak bisa melihat kehadirannya, tetapi kita bisa merasakan kasih sayangnya lewat doa-doa yang ia panjatkan.

24. “Hanya kepada orang yang halus perasaannya, keindahan dan rahasia alam ini dibukakan Tuhan” – Socrates

Kita susah-susah mencari keindahan dan rahasia alam semesta ini, tetapi Tuhan seolah menghalangi kita untuk menemukannya. Hal itu disebabkan oleh keegoisan dan hati kita yang terlalu keras.

Sebab hanya kepada orang-orang yang lembut hatinya, halus perasaannya dan juga bersih jiwanya saja yang diizinkan Tuhan mengetahui keindahan dan rahasia alam semesta.

25. “Hidup yang tidak diuji adalah hidup yang tidak bernilai” – Socrates

Jika suatu produk yang akan dijual ke pasar belum di uji, maka produk itu hanya bisa dijual dengan harga murah. Lebih parah lagi, sudah dijual murah, tidak laku pula.

Sebaliknya jika suatu produk sudah teruji, maka harga jualnya akan semakin tinggi. Begitu pula hidup ini, jika kita tidak pernah di uji maka kita tidak akan memiliki pengalaman, pengetahuan dan ilmu yang pastinya meningkatkan harga diri kita.

26. “Berbaik hatilah pada sesama karena setiap orang yang kita temui sedang menghadapi perjuangan yang berat” –

Kita perlu berbaik hati, ramah dan santun kepada siapa pun, sebab hanya dengan cara itu orang-orang akan merasa hidupnya lebih ringan. Sebagaimana kita menjenguk orang sakit, pastinya kita akan bersikap baik, membawakan makanan dan mendoakannya, bukan?

Setiap orang yang kita temui pun sedang sakit, hanya saja tidak kelihatan, sebab rasa sakit yang kita hadapi ada di dalam hati dan pikiran masing-masing. Maka dari itu, berbaik hatilah kepada sesama.

27. “Penilaian kita ketika sedang senang dan ramah tidak sama dengan penilaian kita ketika sedang terluka dan rapuh” – Aristoteles

Penilaian berasal dari logika, sementara logika tidak akan bekerja dengan baik jika emosi kita tidak stabil. Saat kita merasa baik-baik saja, maka kita akan memandang semuanya baik dan semua indah.

Sementara saat kita sedang tidak baik-baik saja, maka semuanya akan terlihat buruk. Maka berikan jarak terhadap penilaian apapun dalam pikiran kita, pikirkan ulang dan tanya hati, agar kita tidak keliru dalam menilai sesuatu.

28. “Orang bodoh adalah yang tidak puas dengan semua yang telah dicapainya dan iri melihat keberhasilan orang lain” – Epicurus

Saat duduk di bangku SMA, kita ingin cepat-cepat tamat dan masuk perguruan tinggi. Setelah masuk perguruan tinggi, rasanya berat sekali dan ingin cepat-cepat wisuda lalu bekerja. Setelah bekerja, rasanya berat sekali sebab orang lain terlihat lebih sukses.

Seolah penderitaan selalu tertuju kepada kita saja. Padahal sebenarnya tidak, kita hanya kurang bersyukur atas apa yang kita miliki dibungkus lagi dengan rasa iri melihat keberhasilan orang lain.

Begitulah orang bodoh, selalu merasa hidupnya paling menderita. Padahal ia sendiri yang tidak bersyukur dan selalu membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain.

29. “Jangan bicarakan hal-hal dengan banyak kata-kata, tetapi katakanlah hal-hal besar dengan sedikit kata” – Pythagoras

Terlalu banyak berbicara dalam menjelaskan sesuatu itu tidak baik, sebab hal itu akan membuat apa yang dikatakan menjadi berbelit-belit dan semakin sulit dimengerti. Sebab hal-hal besar pun bisa dijelaskan dengan sedikit kata, apalagi hal-hal kecil.

30. “Jangan sekali-kali percaya pada kasih sayang yang datang tiba-tiba, karena itu juga akan hilang tiba-tiba” – Pythagoras

Tidak ada kasih sayang yang datang tiba-tiba, sebab itu hanyalah tipuan nafsu kita saja. Jika kamu tiba-tiba merasa begitu mencintai seseorang, maka hati-hatilah, jangan buru-buru mengikrarkan janji sebab cintamu itu bisa saja hilang tiba-tiba.

Quotes Lainnya:

Berbagai disiplin ilmu seperti filsafat politik, etika, metafisika, ontologi, logika, biologi, retorika dan estetika menjadi pembahasan di masa yunani kuno. Inilah alasan mengapa orang-orang banyak mengatakan bahwa filsafat adalah cabang dari segala bidang ilmu.

Banyak yang meyakini bahwa budaya barat juga berasal dari filosofi yunani. Sebab jika dilihat dari paradigma yang ada di masyarakat barat terlihat jelas bahwa pemikiran mereka mirip seperti filsuf-filsuf yunani.

Demikianlah buah pikiran yang paling sehat dari para filsuf yunani telah di tuliskan dengan jelas sehingga bisa kita ketahui sampai hari ini. Sekianlah artikel tentang kumpulan quotes filsuf yunani paling terkenal. Semoga bermanfaat!