in , , ,

20 Quotes Bijak Tentang Kehidupan yang Akan Mengubah Pola Pikirmu

Quotes Kehidupan | Kata-Kata Bijak Tentang Kehidupan

Kutipan kehidupan inspirasional memiliki kekuatan yang sangat besar dalam mendorong dan memotivasi kita untuk mengubah cara dalam merasakan arti hidup. Inilah sebabnya Golife mengumpulkan quotes kehidupan terbaik yang akan menemani dirimu berjalan menuju kesuksesan!

Kemungkinannya adalah ketika kamu mengubah kualitas cara berpikir, maka kamu juga mengubah kualitas kehidupanmu. Sebab orang-orang sejak masa lampau juga percaya bahwa semua yang menjadi kenyataan dalam hidup berawal dari pikiran.

Ingatlah bahwa di alam semesta yang begitu luas ini kamu hanya memiliki satu hal yang bisa dikendalikan, yaitu pikiranmu sendiri dan disitu pula tempat tinggalnya quotes kehidupan.

Maka camkanlah kata-kata bijak kehidupan inspirasional ini baik-baik di dalam pikiranmu jika ingin mengubah hidup menjadi lebih baik!

Daftar Isi show

1. Kita semua tinggal di dalam selokan, tetapi beberapa dari kita melihat bintang-bintang – Oscar Wilde

Quotes Oscar Wilde Tentang Melihat Bintang-Bintang
Oscar Wilde

Makna dari kutipan ini adalah semua orang memiliki masalah dan ujian hidup yang sama beratnya. Tapi hanya beberapa orang yang mampu melihat setitik cahaya terang atau harapan untuk mengubah hidupnya.

Dengan kata lain, jika kamu sudah memiliki harapan dalam hatimu dan melihat ada peluang dalam hidupmu, maka hal itu sudah menjadi modal yang cukup untuk membuat kamu bergerak mengubah hidup menjadi seperti apa yang kamu impikan.

2. Penyesalan tidak pernah mengubah masa lalu. Kecemasan tidak pernah mengubah masa depan – Umar bin Khattab

Quotes Umar Bin Khatab Tentang Penyesalan
Umar Bin Khatab

Jangan ceroboh dalam bertindak dan mengambil keputusan, karena menyesali apa yang telah kamu lakukan tidak akan ada artinya. Lalu jangan pula kamu terlalu cemas dan takut untuk bertindak, karena hal itu tidak akan mengubah apa-apa.

Umar bin Khattab ingin kita agar berhati-hati sebelum bertindak agar tidak menyesal kemudian dan setelah kita mengambil tindakan, ia ingin agar kita berserah diri saja tanpa perlu cemas.

Karena jika kamu sudah yakin sebelum mengambil keputusan itu, mengapa kamu harus mengkhawatirkannya lagi? Keputusanmu yang kamu ambil hari ini akan menentukan takdirmu di masa depan, maka jalani saja.

3. Anda hanya hidup sekali, tetapi jika anda memanfaatkannya dengan benar maka itu sudah cukup. – Mae West

Quotes Mae West Tentang Hidup Hanya Sekali
Mae West

Orang-orang berharap untuk bisa memutar waktu kembali ke masa lalu agar bisa memperbaiki kesalahannya. Artinya banyak sekali orang-orang yang mengharapkan hal-hal yang tidak mungkin dalam hidupnya.

Kita hanya perlu menggunakan waktu yang ada sekarang dengan sebaik-baiknya. Sebab, meskipun diberi kehidupan ribuan kali, kalau kita tidak bisa memanfaatkannya dengan baik maka hal itu tidak akan pernah cukup.

4. Tantangan adalah sesuatu yang membuat hidup lebih menarik dan mengatasinya adalah sesuatu yang membuat hidup ini bermakna – Joshua J. Marine

Quotes Joshua J. Marine Tentang Tantangan Hidup
Joshua J. Marine

Bersyukurlah akan ujian hidup yang kamu dapat, sebab dari sanalah asalnya semangat. Jika hidup tidak memiliki tantangan, maka semuanya akan terlihat datar dan tidak asyik untuk dijalani.

Sebab setelah kita berhasil menyelesaikan satu permasalahan hidup, secara otomatis kita akan mendapatkan makna dan pengalaman yang lebih mendalam tentang apa arti hidup ini yang sebenarnya.

5. Jika anda mengerjakan sesuatu yang benar-benar anda cintai, maka tak perlu motivasi apapun. Visi itu sudah menarikmu! – Steve Jobs

Quotes Steve Jobs Tentang Pekerjaan Yang Dicintai
Steve Jobs

Steve jobs ingin agar kita lebih fokus pada minat, bakat dan gairah. Artinya, hidup ini bukan tentang apa yang kamu kerjakan tetapi tentang apa yang kamu rasakan saat bekerja dan bagaimana kamu mengerjakannya.

Orang-orang seringkali mencari motivasi agar lebih semangat bekerja, padahal jika kamu memilih pekerjaan yang sesuai bakat, minat dan gairahmu maka motivasi yang datang dari luar sudah tak penting lagi, sebab cinta sudah cukup menarik dirimu untuk terus bekerja.

6. Membaca untuk pikiran sebagaimana olahraga untuk tubuh – Brian Tracy

Quotes Brian Tracy Tentang Membaca
Brian Tracy

Jika kamu rajin berolahraga, maka kamu akan memiliki bentuk tubuh yang enak dilihat juga sehat. Begitu pula jika kamu rajin membaca, kamu akan memiliki pikiran yang indah dan positif.

7. Ia yang mengerjakan lebih dari bayarannya, suatu hari akan dibayar lebih dari apa yang ia kerjakan – Napoleon Hill

Quotes Napoleon Hill Tentang Mengerjakan Sesuatu
Napoleon Hill

Napoleon Hill adalah salah satu penulis buku paling terkenal yang kata-katanya berhasil memengaruhi pemikiran orang-orang terkaya di dunia saat ini.

Dalam kutipan ini, beliau ingin agar kita bekerja dengan sepenuh hati dan jangan pedulikan seberapa besar bayaran yang didapat.

Jangan pula cemas, sebab jika saat ini kamu sudah memberikan versi terbaikmu dalam bekerja dan bersabar menghadapi segala situasinya, maka suatu saat kamu akan mendapatkan hasil yang jumlahnya tak pernah kamu duga.

8. Jangan tanyakan pada diri anda apa yang dibutuhkan dunia. Bertanyalah apa yang membuat anda merasa lebih hidup. Sebab yang dibutuhkan dunia adalah orang-orang yang antusias – Harold Whitman

Quotes Harold Whitman Tentang Orang Yang Dibutuhkan Dunia
Harold Whitman

Jangan terlalu fokus untuk melihat keluar dan jangan menghabiskan waktu untuk mencari apa yang terlihat hebat di mata orang lain. Tetapi lihatlah ke dalam dirimu sendiri dan tanyakan “Apa minatmu? apa bakatmu? dan apa yang kamu cintai?”

Setelahnya fokuskan energimu pada kekuatan yang kami miliki. Sebab yang dibutuhkan dunia adalah orang-orang yang original, memiliki pemikiran sendiri dan membawa warna baru.

9. Awalnya kita membentuk kebiasaan, setelahnya kebiasaanlah yang membentuk kita. Kalahkan kebiasaan buruk anda atau mereka akan mengalahkan anda! – Dr. Rob Gilbert

Quote Dr. Rob Gilbert Tentang Kebiasaan
Dr. Rob Gilbert

Kita melakukan sesuatu yang berulang-ulang dan terus-menerus dalam waktu yang cukup panjang sehingga hal itu menjadi kebiasaan. Lalu setelah hal itu menjadi kebiasaan, kita akan terbentuk untuk menjadi seperti itu seterusnya.

Jika kebiasaan yang kita miliki itu buruk, maka segeralah mengubahnya. Sebab jika kamu membiarkan hal itu terus terjadi, maka kamu akan kalah dalam kehidupan dan perihal kebiasaan, tidak ada yang bisa menolongmu kecuali dirimu sendiri.

10. Cara paling mendasar dan kuat dalam hidup untuk terhubung dengan orang lain adalah dengan mendengarkan. Cukup mendengar! Sebab hal terbaik yang bisa kita berikan kepada orang lain adalah perhatian – Rachel Naomi Remen

Quote Rachel Naomi Remen Tentang Memberi Perhatian
Rachel Naomi Remen

Dengan mendengar kita jadi paham. Dengan mendengar kita jadi ikut merasakan apa yang orang lain rasakan. Dengan mendengar kita jadi saling mengenal satu sama lain dan saling terhubung.

Maka jangan terlalu kikir untuk memberikan telingamu kepada orang lain, mereka hanya sekadar ingin didengarkan saja. Tidak lebih. Karena tak ada hal lain yang lebih berharga untuk bisa kita berikan kepada orang lain kecuali mendengarkan dengan sepenuh perhatian.

11. Jika anda menginginkan sesuatu yang belum pernah anda miliki dalam hidup. Maka anda perlu melakukan sesuatu yang belum pernah anda lakukan sebelumnya – JD. HOUSTON

Quote JD. HOUSTON Tentang Mengerjakan Sesuatu Yang Belum Pernah Dilakukan
JD. HOUSTON

Jika kita melakukan sesuatu dengan cara yang sama, maka hasilnya akan sama. Maka saat kita ingin suatu perubahan dalam hidup, lebih dulu kita harus mengubah cara berpikir serta mengubah tindakan yang harus diambil.

Membuat suatu terobosan baru sehingga pintu kemungkinan terbuka lebar. Jangan mengharapkan hasil yang lebih jika kamu masih melakukan cara-cara lama, jika kamu masih memiliki kebiasaan-kebiasaan lama dan pola pikir yang lama. Ubah dulu semua itu!

12. Permata tidak dapat dipoles tanpa gesekan, manusia tak akan pernah sempurna tanpa cobaan – Seneca

Quote Seneca Tentang Cobaan Manusia
Seneca

Untuk menjadikan sebuah permata yang indah dan mahal harganya, kita harus menggesek permata itu dan menghilangkan kotoran-kotorannya. Begitu pula dengan diri kita, hidup memberikan begitu banyak benturan dan gesekan yang membuat kita merasakan sakit juga derita.

Namun pada akhirnya, segala ujian, cobaan dan benturan itu pula yang membentuk kita menjadi manusia yang sempurna. Yaitu manusia yang memiliki kebijaksanaan.

13. Manusia menaklukan dunia dengan mengalahkan dirinya sendiri – Zeno

Quote Zeno Tentang Mengalahkan Diri Sendiri
Zeno

Sejak masa lampau orang-orang percaya bahwa musuh terbesar kita adalah diri sendiri. Maka saat kita berhasil mengalahkan diri sendiri, kita telah memiliki seluruh isi dunia ini.

Contohnya, tak ada kata gagal kecuali kita berhenti untuk mencoba. Nah, saat kita memilih untuk berhenti mencoba, artinya kita telah dikalahkan oleh diri sendiri yaitu sifat mudah menyerah.

Kita akan menjadi manusia yang sangat hebat jika berhasil menghilangkan kotoran-kotoran dalam diri, yaitu sifat-sifat buruk seperti malas, mudah menyerah, mengeluh dan lainnya.

14. Sudah saatnya kamu menyadari bahwa ada sesuatu dalam dirimu yang sangat kuat dan ajaib. Melebihi hal-hal eksternal yang memengaruhimu menari seperti boneka – Marcus Aurelius

Quote Marcus Aurelius Tentang Potensi Diri
Marcus Aurelius

Dalam kutipan ini Marcus Aurelius ingin kita menutup mata dari hal-hal memengaruhi langkah dan mimpi kita. Selama ini kita bertingkah seperti boneka yang bergerak sesuai keinginan orang lain, bukan keinginan sendiri.

Sangat penting untuk mengenal diri sendiri sampai kita menemukan suatu kekuatan dari dalam diri kita yang begitu ajaib.

15. Bangun dan wujudkan mimpi anda atau orang lain akan menggunakan anda untuk mewujudkan mimpi mereka – Farrah Gray

Quote Farrah Gray Tentang Mewujudkan Mimpi Sendiri
Farrah Gray

Jangan takut untuk mewujudkan mimpimu. Meskipun mungkin bagimu impian itu tidak seindah apa yang orang-orang impikan. Sekecil apapun harapanmu, kamu harus mewujudkannya karena hal itu akan memberikan makna tersendiri bagi dirimu.

Sebab jika kamu tidak berdiri diatas kakimu sendiri, sebab jika kamu tidak mengikuti mimpimu sendiri, maka secara otomatis kamu akan berdiri diatas kaki orang lain dan mengerjakan apa yang orang lain impikan.

16. Ketika seseorang memiliki dasar yang benar dalam hidup, mereka tak perlu mencari persetujuan dari orang lain. – Epictetus

Quote Epictetus Tentang Prinsip Hidup
Epictetus

Jika kamu sudah menemukan prinsip hidup yang tepat, jika kamu sudah memegang pedoman yang kuat, jika kamu sudah memiliki keyakinan yang hebat di dalam hati, mengapa kamu harus meminta persetujuan dari orang lain lagi?

Hal seperti itu akan membuat pikiranmu semakin rumit. Kamu hanya perlu berbicara dengan diri sendiri soal prinsip hidupmu dan yakini saja. Sebab akan selalu ada orang yang setuju dan tidak setuju terhadap suatu pemikiran, maka jangan dengarkan mereka!

17. Belajarlah untuk tidak peduli terhadap hal-hal yang tidak membawa perbedaan – Marcus Aurelius

Quote Marcus Aurelius Tentang Bersikap Bodo Amat
Marcus Aurelius

Berita, informasi dan omongan orang lain jangan terlalu membuat kamu pusing. Jika hal itu tidak membuat perbedaan dalam hidupmu, maka abaikan saja.

Kamu hanya perlu mempedulikan hal-hal yang bisa mengarahkan kamu bertumbuh ke arah yang lebih baik. Intinya, jangan buang-buang waktu untuk hal yang sia-sia.

18. Ingat. Ini hanya satu hari yang buruk, bukan kehidupan yang buruk. – Anonym

Quotes Tentang Hari Yang Buruk
Anonim

Hidup ini indah secara keseluruhannya. Satu hari yang buruk dan penuh dengan cobaan hanyalah seperti awan mendung yang akan segera berlalu. Maka jangan terlalu fokus pada itu!

Bukalah mata lebar-lebar dan lihat kehidupan ini dari berbagai macam sisi maka kamu akan menemukan sisi indahnya.

19. Kita lebih sering takut daripada terluka, kita lebih menderita dalam imajinasi daripada kenyataan – Seneca

Quote Seneca Tentang Ketakutan
Seneca

Disini seneca ingin menyadarkan orang-orang bahwa hal-hal yang melukai kita masih bisa dihitung jumlahnya, sementara ketakutan yang kita miliki lebih besar daripada rasa sakit yang kita dapat.

Kita seringkali membayangkan hal-hal yang belum tentu terjadi, kita menduga-duga bahwa sesuatu hal buruk akan menimpa sehingga akhirnya membuat pikiran dan hati menderita. Kita sakit sebelum saatnya sakit, kita mati sebelum saatnya mati. Itulah bahayanya pikiran jika tidak diarahkan dengan benar!

20. Kendalikan nafsumu. Jangan menaruh hatimu pada begitu banyak hal dan kamu akan segera mendapatkan apa yang dibutuhkan – Epictetus

Quote Epictetus Tentang Mengendalikan Nafsu
Epictetus

Terlalu banyak keinginan-keinginan semua yang berasal dari ego untuk terlihat lebih baik daripada orang lain. Kita terlalu bernafsu akan pujian dan cinta yang berasal dari luar sehingga lupa memperhatikan apa yang benar-benar kita butuhkan.

Jika saja kita fokus pada hal yang penting-penting saja, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan apapun yang kita butuhkan dalam hidup. Artinya, saat kamu sudah menetapkan suatu tujuan, jangan pernah goyah dengan godaan-godaan yang datang dari luar.

Baca Juga : 7 Motivasi Positif Yang Membuatmu Bersemangat Memulai Aktifitas di Pagi Hari

Motivator terbaik adalah dirimu sendiri. Maka sebanyak apapun pengetahuanmu, sebanyak apapun kutipan kehidupan yang kamu baca, semua itu tidak ada gunanya jika kamu tidak bisa memotivasi diri sendiri untuk bergerak maju.

Sekianlah kumpulan quotes kehidupan inspirasional yang memberi kamu pola pikir baru. Semoga bermanfaat!