in , ,

10 Quotes Ini Membantumu Mengatasi Sifat Baperan

Apakah hatimu diliputi oleh rasa syukur dan kebahagiaan yang sangat mendalam saat menerima pemberian atau kebaikan dari orang lain? Apakah dirimu seolah menyatu dalam keindahan ketika melihat pemandangan yang menakjubkan?

Kadang-kadang ketika janjian dengan teman untuk bertemu dibatalkan, apakah semua tetap baik-baik saja? Tentu, sebab kamu bisa selimutan di kamar atau pergi minum kopi sendiri.

Ketika orang sedang dalam suasana hati yang sedih atau senang, kamu ikut merasakan apa yang mereka rasakan? Jika kamu adalah orang yang baperan, tentu hal-hal yang disebutkan itu sangat familiar bagimu.

Lalu, mengapa harus merasa minder? Sifat baperan yang kamu miliki tidak perlu dihilangkan, sebab menghilangkannya berarti sama saja kamu mendustai nikmat Tuhan. Sekarang yang harus dilakukan adalah mengendalikannya ke arah yang positif.

Nah, berikut ini adalah 10 quotes bijak yang akan membantumu menemukan cara mengatasi sifat baperan agar menjadi pribadi yang lebih baik!

Daftar Isi show

1. “Percayalah Pada Dirimu Sendiri. Kamu Akan Tahu Lebih Banyak Dari yang Kau Duga” – Benjamin Spock

Quotes Benjamin Spock Tentang Percaya Pada Diri
Benjamin Spock

Sebagai orang yang sensitif, biasanya kita lebih mudah tersinggung dengan kritikan orang lain. Namun, jangan dengarkan mereka, dengarkan suara hatimu sendiri. Sebab hanya dengan cara itu kamu bisa lebih percaya diri.

Setelah kamu sudah percaya pada dirimu sendiri, maka otomatis kamu memiliki keberanian untuk melangkah. Setelah melangkah lebih jauh, tentunya kamu akan mengetahui bahwa kata hatimu lebih baik dari apa yang kamu duga.

2. “Orang lain ada diluar kendali. Kita tidak bisa menghilangkan rasa sakit mereka, bahkan jika saja bisa, maka kita akan merampas kesempatan mereka untuk bertumbuh!”

Quotes Tentang Orang Lain Diluar Kendali Kita

Menjadi pribadi yang sensitif membuat kita sangat empati kepada orang lain yang sedang bersedih. Sampai-sampai terkadang muncul keinginan agar rasa sakit orang lain dipindahkan pada diri kita.

Hanya saja, kita perlu melihat realita dengan berpikir menggunakan akal sehat. Seandainya saja orang lain tidak mengalami rasa sakit seperti kegagalan, kerugian, penolakan dan lainnya, maka mereka tidak akan pernah bertumbuh, bukan?

3. “Bukanlah suatu keegoisan jika kita mencintai diri sendiri. Sebab, Untuk menuangkan minuman kita butuh wadah yang berisi air”

Quotes Tentang Mencintai Diri Sendiri
Quotes Tentang Mencintai Diri Sendiri

Kadang kita sedang mengerjakan sesuatu yang memang benar-benar penting sehingga menolak ajakan teman atau pasangan untuk pergi bersenang-senang. Tapi setelahnya kita merasa bersalah pada mereka dan mulai menyalahkan diri sendiri.

Sifat baperan ini tentu saja mengganggu fokus kita dalam bekerja. Namun jangan membenci dirimu sendiri akan hal itu, mencintai diri sendiri dan melakukan hal-hal penting itu bukanlah kesalahan.

Toh, semua yang kamu lakukan sekarang pada akhirnya adalah untuk menebarkan cinta dan kebahagiaan juga buat orang-orang. Maka, cintai dirimu dahulu dan lakukan apa yang benar-benar kamu cintai.

4. “Dengarkanlah intuisi alami dalam dirimu, jangan biarkan kecemasan berteriak lebih keras tentang hal-hal yang belum pasti”

Quotes Tentang Intuisi

Kadang kita merasa begitu bimbang untuk mengambil keputusan sebab terlalu memikirkan perasaan orang-orang. Tetapi jika dibiarkan maka hal itu akan membuat kita cemas.

Maka sebelum kecemasan datang, sebenarnya intuisi kita sudah berbisik lebih dulu dengan sangat lembut. Hanya saja kita sering mengabaikan suara hati kita sendiri, sehingga kecemasan bersuara lebih keras.

Maka saat suara hatimu berbisik, ikutilah ia, sebelum cemas menyerang pikiranmu.

5. “Tak ada artinya memaksakan diri untuk melakukan sesuatu sebab kau tahu hatimu tak bisa menikmati itu. Dalam hal apapun, kuncinya adalah hati”

Quotes Tentang Hati

Kita seringkali memaksakan diri melakukan sesuatu untuk orang lain dan untuk menyenangkan orang lain, sementara hati kita sendiri yang tersiksa. Meskipun kita melakukan kebaikan, jika hati kita tersiksa karenanya maka itu bukanlah kebaikan.

Sebab segala hal baik berasal dari hati. Jika hati kita memang ingin memberi, maka silahkan memberi, jangan karena suatu keterpaksaan atau takut dengan penilaian orang.

6. “Kita begitu peka dengan apa yang diharapkan orang lain, tetapi kita begitu tuli untuk mendengar suara hati sendiri. Sesekali perhatikanlah betapa kejam kita pada diri sendiri!”

Quotes Tidak Mampu Mendengar Diri Sendiri

Menjadi orang yang sensitif kadang membuat kita lebih mengedepankan orang lain ketimbang diri sendiri. Kita siap menyisihkan waktu untuk mendengarkan orang lain, memperhatikan mereka tetapi kita lupa memperhatikan diri sendiri.

Maka sangat penting untuk lebih cerdas mengatur waktu kapan kita harus mendengarkan orang lain dan kapan kita harus menyendiri, mendengarkan suara hati kita sendiri.

7. “Jika kita tidak malu dengan warna kulit dan rambut yang berbeda dengan orang lain, mengapa kita harus malu memiliki sikap yang berbeda dengan orang lain? Jadilah diri sendiri!”

Quote Tentang Menjadi Diri Sendiri

Tampak luar kita selalu merasa unik dan siap dengan segala perbedaan yang ada, namun di dalam diri kita merasa malu untuk menjadi berbeda dengan orang-orang. Padahal, perbedaan itu adalah sifat yang kita bawa sejak lahir.

Menjadi orang yang sensitif bukanlah suatu keburukan. Kita hanya berbeda, maka terimalah perbedaan itu sebagaimana kita menerima perbedaan warna kulit dan rambut. Itulah gen!

8. “Menghilangkan sensitivitas anda sama saja dengan menghilangkan sumber kasih sayang, kreativitas, pemahaman dan keindahan. Tanpa sensitivitas kita bukanlah manusia.”

Quote Tentang Sensitivitas

Sisi sensitif yang begitu kuat dalam diri kita bukanlah sebuah kekurangan, justru itulah kepingan terakhir yang menyempurnakan kita sehingga menjadi manusia seutuhnya.

Tanpa sensitivitas kita tidak akan bisa empati, merasakan apa yang orang lain rasakan. Tanpa sensitivitas, kita juga tidak akan bisa memahami apa arti keindahan dan sisi baik dibalik semuanya.

9. “Ketika seseorang mengkritik anda, apa yang mereka katakan tidak pernah mencerminkan siapa anda, tetapi mencerminkan bagaimana pemikiran mereka dalam proses perkembangan dirinya”

Quote Tentang Komentar Orang Lain
Quote Tentang Komentar Orang Lain

Ingatlah bahwa semakin berilmu seseorang, maka semakin ia diam dan tidak suka mengkritik orang lain. Sebab orang yang benar-benar berilmu paham benar dengan segala situasi yang dialami orang lain sehingga ia merasa tidak perlu memberi kritikan apapun.

Sementara jika seseorang sibuk mengkritik dirimu, itu adalah tanda bahwa dia sedang dalam proses bertumbuh. Maka balaslah dengan senyum dan maafkanlah, dia tidak mengerti apa yang ia katakan.

10. “Hanya karena seseorang berkomentar tentang karaktermu, itu bukan berarti kamu harus berubah dan menjadi sama seperti mereka”

Quote Tentang Orang Yang Berkomentar

Menjadi orang yang sensitif tidaklah mudah, tetapi semua orang juga berjuang dengan setiap karakternya masing-masing. Ketika seseorang berkomentar tentang dirimu,seperti berkata “Kamu baperan” “Kamu terlalu sensitif”, itu bukan berarti kamu harus berubah.

Kamu hanya perlu menerima dirimu sebagaimana adanya dan mulai belajar mengarahkan sensitivitas yang kamu miliki ke arah yang positif. Toh, jika kamu berubah menjadi sama seperti mereka, kamu juga akan mengalami perjuangan yang berat. Percayalah, semua orang sedang berjuang!

Baca Juga : 20 Quotes Bijak Tentang Kehidupan yang Akan Mengubah Pola Pikirmu

Akhir Kata

Bersyukurlah menjadi orang yang sensitif sebab hal itu adalah karunia yang sangat luar biasa. Lihatlah orang-orang hebat dunia, mereka adalah orang-orang yang sensitif, memahami apa yang diinginkan orang lain sehingga bisa menawarkan jasa dan barangnya kepada banyak orang.

Jika kita terus mengasah sensitivitas maka kita juga akan menjadi salah orang hebat yang mengubah dunia menjadi lebih baik. Sekianlah 10 nasehat agar kamu bersyukur menjadi orang sensitif. Semoga bermanfaat!

Written by Ilham Damanik

Penikmat dan pemerhati