in ,

Rekan Kerja Berusaha Menjatuhkan, Ini 8 Tips Menghadapinya

Rekan Kerja Yang Menjatuhkan
Rekan Kerja Yang Menjatuhkan

Kita memang tidak bisa berharap semua orang akan suka pada kita. Meski sudah berbuat baik pun, akan ada saja segelintir orang yang membenci. Salah satunya sama seperti di lingkungan pekerjaan.

Apalagi saat berada di dunia kerja, persaingan ketat bukanlah suatu hal yang baru. Tidak jarang persaingan tersebut berujung dengan saling menjatuhkan satu sama lain.

Persoalan mulai dari perbedaan pendapat sampai sikap iri dapat berujung konflik yang akhirnya salah satunya berusaha menjatuhkan. Terutama kalau ada hubungannya dengan jenjang karir dan jabatan, semua bisa saja dilakukan termasuk cara yang tidak sehat.

Kamu sudah mulai merasa rekan kerja kamu berusaha menjatuhkan kamu? Jangan khawatir!

Berikut ini adalah langkah yang bisa kamu coba lakukan saat ada rekan kerja yang ingin menjatuhkan kamu.

1. Bisa Membedakan Mana Kawan Mana Lawan

Pertama – tama kamu perlu menjadi seseorang yang peka. Kamu haruslah bisa membedakan mana orang yang bisa kamu anggap teman dan mana yang bukan.

Apakah dia tulus bersikap baik terhadap kamu atau cuma baik ketika ada yang dia inginkan. Memang sulit untuk membedakan orang semacam ini.

Akan tetapi, ini akan sangat membantu kamu untuk memilah kepada siapa kamu bisa percaya di tempat kerja.

Rekan kerja yang berusaha menjatuhkan akan berusaha mencari celah untuk membuatmu selalu terlihat salah. Maka dari itu kamu harus lebih peka jangan sampai salah dalam bertindak atau kamu akan menjadi incaran untuk mereka.

2. Berusaha Menghindari Semua Konflik Yang Ada

Mungkin kamu berada di posisi yang tidak mudah. Meski sudah berusaha tidak peduli, di satu sisi emosi kamu sudah meninggi ketika mengetahui ada yang ingin menjatuhkan kamu.

Sabar adalah kuncinya. Usahakan untuk menghindari ketegangan di antara kamu dan rekan kerja tersebut dan jangan sampai memicu konflik baru.

Biar bagaimanapun, kamu butuh suasana yang kondusif di kantor untuk menyelesaikan semua pekerjaan. Ikut terjun ke konflik yang ada malah akan membuat produktivitas kamu menurun.

Selama rekan kerja yang ingin menjatuhkan kamu itu masih bertindak dalam batas yang bisa kamu toleransi, ada baiknya kamu diam. Tunjukkan kalau kamu seorang yang profesional dengan menghindari semua konflik yang ada sebisa mungkin.

Jika ini adalah hari pertamamu dalam bekerja, kamu bisa mempelajari Hari Pertama Kerja, Inilah 8 Sikap Yang Wajib Kamu Tunjukkan.

3. Latihan Agar Punya Mental Yang Kuat

Di dunia kerja banyak hal yang tidak kamu bayangkan bisa terjadi. Termasuk punya teman yang baik di depanmu tetapi berniat menjatuhkan kamu di belakang.

Segala hal bisa saja mereka lakukan. Ini tentunya dapat membuat suasana bekerja jadi tidak nyaman. Tekanan tersebut merupakan tujuan mereka agar kamu tidak mampu bertahan.

Untuk itulah kamu harus punya mental yang kuat. Anggap saja menghadapi situasi ini adalah bentuk latihan agar kamu punya mental yang lebih kuat lagi.

Jadikan tekanan tersebut santapan kamu setiap hari sampai kamu tidak peduli. Dengan begitu, kamu bisa fokus untuk menyelesaikan pekerjaan kamu dengan baik.

4. Dekati Secara Baik – Baik

Rekan kerja yang iri kepada kamu sampai ingin menjatuhkan pasti punya alasan tersendiri. Meski persaingan ketat di kantor bukan berarti membatasi pertemanan kamu dengan karyawan lain.

Lakukanlah pendekatan yang baik dengan rekan tersebut. Hindari membalas sesuatu yang buruk dengan hal yang buruk juga.

Kamu bisa menawarkan bantuan kepadanya atau sekadar mengajak makan siang. Bisa jadi hubungan yang kurang akrab adalah alasan ia iri terhadap kamu.

Tak ada salahnya mencoba, siapa tahu dengan cara ini hubungan yang tadinya dingin menjadi lebih baik dan kerja sama antar tim pun justru makin kuat.

5. Tidak Perlu Mengadu Pada Atasan

Dengan perlakuan rekan kerja yang membuat kamu tertekan tentu berpengaruh pada suasana kamu bekerja jadi kurang nyaman. Terbesit keinginan untuk memberitahukan hal ini pada bos kamu.

Mungkin kamu berpikir ini adalah cara terbaik untuk keluar dari situasi tersebut. Eits, tunggu dulu, kamu tidak perlu melakukan hal ini.

Justru kalau kamu mengadu, malah akan memperburuk posisi kamu. Bisa saja rekan kerja kamu malah semakin parah dalam berusaha menjatuhkan kamu.

Bersikaplah profesional dan tidak perlu jadi pengadu. Hadapi masalah ini sendiri. Buktikan saja dengan prestasi sehingga mereka tidak punya alasan untuk membuat kamu jatuh.

Terkadang, justru atasan akan marah dan menilaimu sebagai sosok yang tidak dapat menyelesaikan masalah secara mandiri. Coba baca 9 Tips Agar Kamu Tetap Tenang Setelah Dimarahi Bos.

6. Bersikap Baik Pada Semua Orang

Mau sebaik apapun kamu terhadap orang di sekitar, akan selalu ada orang yang tidak suka. Wajar jika memang ada satu dua rekan kerja di kantor yang berusaha menjatuhkanmu.

Biasanya mereka akan semakin membenci kamu apabila kamu semakin bersinar. Segala cara pun pasti ditempuh.

Meskipun begitu, tidak perlu memperdulikan apalagi sampai punya niat untuk membalas perilaku tidak menyenangkan mereka terhadap kamu. Tetaplah berbuat baik pada semua orang.

Selain diam, kamu juga bisa “membalas” orang – orang yang iri terhadap kamu dengan cara menunjukkan kualitas diri dan potensi yang kamu punya. Selalu bersikap profesional dan berikan yang terbaik sebagai kontribusi kamu untuk perusahaan.

7. Tetap Tenang Dan Anggap Semua Baik – Baik Saja

Ketika kamu tahu ada rekan kerja yang begitu ingin kamu gagal di dalam setiap hal, pasti rasanya kesal. Namun demikian, jangan biarkan emosi mengendalikan kamu.

Meskipun keadaan jadi canggung, tetaplah tenang menghadapi semuanya. Misalnya ketika sedang meeting, bersikaplah profesional dengan tetap mendengarkan pendapat yang dia berikan. Usahakan perang dingin antara kamu dan rekan kerja kamu itu tidak menghambat pekerjaan yang lain.

Bekerjalah seperti biasa seakan semuanya baik – baik saja. Anggap setiap masalah yang kamu alami ini angin lalu. Wajar rasanya apabila semakin tinggi karir kamu, makin banyak pula rekan kerja yang iri.

Kalau mereka masih ingin menjatuhkan, biarkan mereka mencoba!

8. Tunjukkan Kemampuan Terbaik Dalam Bekerja

Cara selanjutnya yang paling ampuh ketika menghadapi rekan kerja yang punya niat jahat untuk menjatuhkan kamu adalah dengan menunjukkan kemampuan terbaik kamu.

Dengan segala potensi yang kamu punya, kamu memang berhak berada di posisi kamu sekarang. Kamu sudah memenangkan pertarungan di momen rekan kerja kamu iri kepada kamu.

Mau dengan cara apapun seseorang berusaha menjatuhkanmu, kualitas pekerjaanlah yang membuktikan. Atasan kamu pasti bisa melihat siapa yang punya kredibilitas untuk dihargai misalnya dengan promosi jabatan.

Terus dan teruslah berikan yang terbaik. Tidak perlu menghiraukan hal – hal di luar keprofesionalitasan pekerjaan.

Masalah seperti ini tentu saja kerap membuat kita menjadi depresi. Kamu bisa mempelajari 7 Cara Menikmati Pekerjaan Agar Hidup Tidak Mudah Stres.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan ketika menghadapi rekan kerja yang ingin menjatuhkan kamu.

Dunia kerja memang tidak bisa kamu duga. Persaingan ketat muncul tak kenal kawan maupun lawan.

Meskipun tekanan dari persaingan tersebut kadang membuat kamu tidak nyaman, kamu harus tetap profesional dengan selalu memberikan yang terbaik dalam setiap pekerjaan.

Semua tantangan yang berhasil kamu lewati nantinya akan terbayar saat karir kamu mencapai puncak. Semangat agar tetap bersinar!

Written by Ana Rostiana

The girl still on her journey to unveil her biggest mystery--her life.