in

8 Cara Mewujudkan Relationship Goals Dalam Hubungan Asmara

Mewujudkan Relationship Goals
Mewujudkan Relationship Goals

Kita berkomitmen dalam hubungan karena ingin bahagia. Ya, tentu saja, siapa yang ingin mengalami kesedihan?

Tetapi pada dasarnya kebahagiaan dalam hubungan memiliki arti yang berbeda-beda bagi setiap pasangan.

Ada yang memandang dari segi fisik dan materi, ada juga yang menilai kebahagiaan dari sesuatu yang berwujud perhatian dan kasih sayang.

Dari semua sudut pandang yang berbeda-beda dalam mencapai relationship goals, ada beberapa kesamaan yang seringkali terlihat dari pasangan-pasangan yang langgeng dan bahagia.

Berikut ini adalalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan dengan pasangan agar tercapainya relationship goals yang diinginkan.

1. Saling Menghargai

Saling Menghargai
Saling Menghargai

Banyak pasangan inginkan hubungan yang bahagia tapi sikapnya tidak menunjukkan bahwa mereka saling menghargai satu sama lain. Bagaimana mungkin?

Saling menghargai satu sama lain artinya kita memikirkan perasaan pasangan sebelum berbicara atau bertindak, selain itu kita juga memperhatikan apa yang pasangan butuhkan dan harapkan.

Namun saling menghargai di dalam hubungan bukanlah drama yang dibuat-buat melainkan semacam perasaan yang datang secara alami.

Contoh sederhana, jika kamu sedang menikmati makanan lezat, kamu langsung teringat pada pasangan dan membelikan satu untuknya tanpa harus diminta.

Hal-hal sederhana semacam itu sebenarnya lebih bermakna untuk membuat hubungan lebih awet dan bahagia.

2. Menjadi Diri Sendiri

Menjadi Diri Sendiri Dalam Hubungan
Menjadi Diri Sendiri Dalam Hubungan

Kamu dan dia menyatu karena memiliki keinginan yang sama, harapan yang sama dan mungkin tujuan yang sama. Jadi hal yang perlu dipertahankan tentu adalah kesamaan antara kamu dengan pasangan.

Hal yang seringkali membuat hubungan tidak bahagia adalah ketika salah satu pihak fokus pada perbedaan dan kekurangan, lalu berusaha untuk mengubah pasangan menjadi seperti apa yang ia inginkan.

Nah, terkadang seseorang tidak menjadi diri sendiri hanya karena ingin membahagiakan pasangan, padahal dirinya sendiri tidak bahagia. Jika kita ingin yang terbaik untuk pasangan, dukunglah ia menjadi dirinya sendiri.

3. Menghargai Impian Pasangan

Menghargai Impian Pasangan
Menghargai Impian Pasangan

Bicara soal impian atau tujuan hidup tentu semua orang berbeda-beda dalam mengartikannya. Namun pasangan yang bahagia tentu memiliki impian dan tujuan bersama atau setidaknya mendukung impian satu sama lain.

Dan sebaliknya hubungan yang tidak sehat dapat diketahui ketika salah satu pihak mengatur apa yang akan menjadi impian dan tujuan pasangannya.

Nyatanya ada beberapa hal yang memang ingin kita capai demi gairah dan keinginan kita sendiri, bukan?

Jelas saja memang ada sebagian impian atau tujuan yang harus dicapai bersama pasangan, itulah yang disebut relationship goals, jadi fokus pada tujuan itu tentu lebih baik untuk kebahagiaan hubungan.

4. Menjadikan Pasangan Sebagai Prioritas

Menjadikan Pasangan Sebagai Prioritas
Menjadikan Pasangan Sebagai Prioritas

Menjadikan pasangan sebagai prioritas tentu akan membuat hubungan bertahan lebih lama.

Ketika kita seutuhnya memberikan waktu yang berharga, pikiran dan perhatian kepada pasangan lalu mendapatkan balasan yang sama, pastinya tidak akan ada pikiran untuk mencari pengganti atau mengakhiri hubungan.

Jadi meskipun kita memiliki kesibukan masing-masing, tentukan waktu yang tepat untuk menjadikan hubungan lebih berkualitas.

Saling berkomunikasi dari hati ke hati dan memberikan hadiah sederhana kepada pasangan.

5. Lebih Banyak Bertindak Daripada Berbicara

Lebih Banyak Bertindak
Lebih Banyak Bertindak

Pasangan yang benar-benar klop pasti sudah saling memahami satu sama lain ketika berkomunikasi. Namun lebih dari itu, mereka juga lebih banyak bertindak daripada berbicara.

Saling peka satu sama lain dan tidak perlu berpikir panjang dalam mengambil keputusan. Semisal ketika kamu tahu pasangan sedang mengalami suatu masalah, maka kamu akan langsung bergerak dan membantunya.

Jika kamu dan pasangan masih saling mencari alasan untuk menghindari masalah, maka bisa jadi hubunganmu tidak akan lama. Relationship goal dicapai dengan tindakan, bukan kata-kata.

6. Sama-sama Berkorban

Sama-Sama Berkorban
Sama-Sama Berkorban

Apakah pasangan menghitung-hitung berapa banyak biaya yang ia keluarkan untuk kamu?

Atau mungkinkah pasangan mencari-cari alasan untuk menghindar saat kamu membutuhkannya?

Dua orang yang memilih untuk berkomitmen, tentu akan sama-sama mau berkorban. Tentu saja pengorbanan yang dimaksud adalah hal-hal yang realistis dan masuk akal.

Relationship goal tidak akan tercapai jika kamu dan pasangan tidak mau berkorban dalam hubungan. Seperti yang sering kita dengar, cinta itu butuh pengorbanan.

Artinya kamu tidak hanya memikirkan diri sendiri. Kamu tidak hanya memikirkan duniamu dan kebahagiaanmu saja. Tetapi kamu juga berani mengorbankan sesuatu yang penting untuk keharmonisan hubungan.

7. Berbeda Pendapat Tapi Berdebat Dengan Damai

Berdebat Dalam Damai
Berdebat Dalam Damai

Apakah kamu pernah menangis karena pasangan tercinta? Hubungan tentunya tidak selalu baik-baik saja, tapi semuanya akan baik-baik saja meskipun harus meneteskan air mata.

Meskipun seringkali terjadi perbedaan pendapat yang menyebabkan cek-cok dalam hubungan, namun pada akhirnya kamu dan pasangan mampu untuk berdamai lagi.

Setelahnya hubungan semakin baik karena satu masalah telah berhasil di atasi.

Ingat, Relationship goal dicapai ketika kamu berdua tidak sensitif dengan perkataan pasangan dan sudah mampu mentolerir hal-hal yang jarang bisa dilakukan pada orang lain.

Sehingga kamu bebas berpendapat dan membagikan sudut pandang kepada pasangan tanpa takut hal itu akan merusak keharmonisan hubungan.

8. Tidak Butuh Pengakuan Orang Lain

Tidak Butuh Pengakuan Orang Lain
Tidak Butuh Pengakuan Orang Lain

Apa kamu merasa tidak perlu untuk menampilkan foto mesra bersama pasangan di media sosial, karena bagimu pasangan bahagia tidak butuh pengakuan orang lain?

Jika iya, itu adalah tindakan yang benar. Relationship goal dapat dicapai ketika kamu dan pasangan sudah saling percaya satu sama lain.

Tidak lagi mementingkan apa kata orang sebab yang menjalaninya adalah kamu dan pasangan.

Hal ini kamu lakukan bukan karena ingin menyembunyikan hubungan, tetapi karena bagimu relationship goal itu dicapai berdua dengan pasangan bukan beramai-ramai.

Akhir kata

Kebahagiaan dalam hubungan tidak berarti selalu damai dan baik-baik saja, tentu akan ada masalah yang menyebabkan perdebatan antara kamu dengannya. Tetapi pasangan yang kuat tahu masalah apa yang harus dibicarakan dan masalah apa yang bisa disingkirkan saja.

Dan pasangan yang dewasa tentu tahu kapan dan dimana untuk membicarakan permasalahannya, sebab mereka lebih fokus pada hal-hal yang positif daripada negatif.

Sekianlah artikel tentang bagaimana kamu dan pasangan berjuang bersama untuk hubungan yang bahagia.

Written by Ilham Damanik

Menyendiri-Merenung-Hening