Pilih Jalani Backstreet Relationship, Kamu Wajib Pahami Risiko Ini

Ada dua jenis hubungan yang bisa kamu pilih, yaitu hubungan secara sembunyi-sembunyi

Dina Novia Dina Novia · 3 min read >
Backstreet Relationship

Ada dua jenis hubungan yang bisa kamu pilih, yaitu hubungan secara sembunyi-sembunyi dan hubungan yang go public alias diketahui banyak orang. Sebagian orang menganggap hubungan yang baik adalah hubungan yang diketahui banyak orang.

Mereka mungkin menganggap bahwa setiap orang butuh untuk diakui statusnya, terutama sebagai pasangan. Namun kenyataannya, kita tidak bisa mengadili mana yang lebih baik dan mana yang buruk.

Setiap orang punya alasan tersendiri dalam menentukan sebuah keputusan. Salah satunya termasuk dalam hal memilih untuk menjalani hubungan backstreet atau biasa dengan hubungan yang dijalani secara sembunyi-sembunyi.

Tidak bermaksud menghakimi atau menakut-nakuti, untuk kamu yang sedang menjalani backstreet relationship, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu. Berikut adalah beberapa risiko yang mungkin harus kamu hadapi karena pilihanmu itu.

1. Tidak Memiliki Kebebasan dalam Menjalani Hubungan

Tidak Memiliki Kebebasan Dalam Hubungan
Tidak Memiliki Kebebasan Dalam Hubungan

Harus diakui, keputusanmu untuk menjalani hubungan sembunyi-sembunyi membuat hubunganmu sangat dibatasi. Kamu tak  bisa dengan bebas menjalani hubungan asmaramu dengan pasanganmu.

Saat yang lain bisa jalan-jalan kemana pun mereka ingin pergi berduaan, kamu dan pasanganmu harus pandai dalam memilih tempat bermesraan agar tidak ketahuan.

Tak hanya itu, kamu harus mengeluarkan jurus ekstra untuk menanggapi segala pertanyaan dari orang terdekatmu maupun orang terdekat pasanganmu tentang hubungan kalian.

Tak jarang kamu pun harus lihai mengarang cerita untuk menutupi kenyataan yang ada. Tidak hanya kebebasan yang tidak bisa kamu dapatkan, tetapi juga kamu akan sulit merasakan yang namanya ketenangan dalam menjalani hubungan.

2. Saat Ada Masalah dengan Pasangan, Kamu Tak Bisa Meminta Pendapat atau Nasehat dari Orang Terdekatmu

Tidak Bisa Meminta Pendapat Teman
Tidak Bisa Meminta Pendapat Teman

Karena kamu sudah memilih untuk menutupi segala hal tentang hubunganmu dengan pasanganmu, kamu pun akan kesulitan mencari seseorang yang bisa kamu jadikan teman berbagi cerita. Kamu hanya bisa menyimpan segala masalahmu seorang diri.

Padahal dukungan dari orang terdekat seperti sahabat dan keluarga sangatlah penting untuk keberlangsungan sebuah hubungan. Mereka bisa membantumu untuk menilai seberapa baik dan buruk pasanganmu di mata mereka.

Semakin banyak orang yang mengenal pasanganmu, semakin banyak pula masukan yang bisa kamu terima tentangnya. Penilaian dari sudut pandangmu saja belum tentu cukup untuk menggambarkan seperti apa pasanganmu. Ada kalanya kamu membutuhkan pendapat dari orang lain.

Baca Juga : Coba Tes Kadar Cintamu, Begini Cara Pasangan Membuatmu Cemburu

3. Keseriusan Si Dia yang Tidak Dapat Dipertanggung Jawabkan

Tidak Bisa Dipertanggungjawabkan
Tidak Bisa Dipertanggungjawabkan

Seharusnya kamu bisa menilai sendiri apakah pasanganmu memang memiliki niat yang serius dalam menjalani hubungan ini. Tidak menutup kemungkinan dia mengajakmu menjalani backstreet relationship karena dia juga memiliki hubungan asmara dengan orang lain.

Kamu juga tak bisa menyalahkan jika dia nyatanya menyimpan rahasia darimu. Kamu memiliki peran untuk segala sesuatu yang sudah terjadi.

Jika memang terbukti benar adanya dia punya hubungan lain selain denganmu, kamu tak akan bisa meminta pertanggung jawabannya. Nyatanya dengan segala situasi yang ada, kamu sudah bersedia untuk menjalani hubungan rahasia dengannya.

4. Tak Bisa Membanggakan Hubungan yang Dijalin di Hadapan Publik

Tidak Bisa Membanggakan Hubungan-compressed
Tidak Bisa Membanggakan Hubungan-compressed

Kamu hanya bisa diam seribu bahasa saat teman-temanmu dengan bangganya menceritakan bagaimana pasangan mereka. Hal ini sudah pasti akan membuatmu tertekan sepanjang waktu.

Keputusanmu untuk menjalani sebuah hubungan rahasia membuatmu tak bisa menunjukkan kepada publik sisi indah yang kamu miliki dalam hal asmara. Kamu tak bisa membanggakan sisi indah dalam hubunganmu bersama pasangan yang sebenarnya patut untuk kamu banggakan.

Akhirnya, mau atau tidak mau kamu harus menahan dirimu. Kamu harus mampu menyembunyikan adanya hubungan asmara yang sebenarnya kamu miliki dalam kehidupanmu.

5. Hidup dengan Ketakutan akan Sebuah Pengkhianatan

Menghadapi Kecemasan Berlebihan
Menghadapi Kecemasan Berlebihan

Tak bisa dipungkiri, ketakutan akan sebuah pengkhianatan adalah salah satu risiko menjalani hubungan backstreet yang harus diwaspadai. Hubungan yang penuh dengan kerahasiaan mau tidak mau akan membuatmu menaruh curiga pada pasanganmu.

Efeknya, kamu akan selalu hidup dengan ketidaknyamanan dan ketidaktenangan. Kehidupan dipenuhi kenyamanan yang kamu idamkan bisa saja menjadi kehidupan yang penuh dengan rasa tenang karena kamu hidup dalam kekhawatiran dan ketakutan akan kehilangan.

6. Belum Menemui Kepastian di Masa Depan

Belum Menemukan Kepastian
Belum Menemukan Kepastian

Tidak ada yang menjamin tentang kapan kamu dan pasanganmu akan menjalani hubungan yang normal. Sudah pasti hubungan yang serius tidak bisa disembunyikan dari publik. Kamu tak akan bisa bertahan dengan sebuah hubungan asmara untuk selamanya.

Kamu butuh yang namanya kepastian dalam sebuah hubungan. Kamu butuh yang namanya restu dari kedua orangtua, dukungan dari sobat dan kerabat. Untuk mendapatkan itu semua, kamu perlu membiarkan orang terdekatmu mengetahui tentang hubungan yang tengah kamu jalin dengan pasanganmu.

Sebuah hubungan yang dijalani dengan sembunyi-sembunyi hanya akan membuatmu sulit untuk mengekspresikan apa yang kamu rasakan. Keseriusan dari pasangan akan komitmen yang kalian bangun pun masih menimbulkan tanda tanya besar. Pada akhirnya kamu tak akan bisa bertahan lebih lama lagi dalam suatu kebimbangan.

Bagaimana cara menjalani suatu hubungan memang hak dari masing-masing orang. Tidak ada yang berhak mengatur bagaimana seseorang harus menjalani hubungannya. Yang perlu diingat hanyalah, baik dan buruk akan selalu ada.

Setiap keputusan punya sisi negatif dan positifnya masing-masing. Saat kamu memilih untuk menjalani sebuah hubungan yang penuh dengan rahasia, kamu harus siap dengan segala risiko yang ada. Tidak semua orang punya kemampuan yang cukup besar untuk menjalani sebuah hubungan backstreet.

Baca Juga : Tak Perlu Khawatir, 6 Keraguan Ini Wajar Kamu Rasakan Ketika Jalani Hubungan

Nah, setelah tahu apa saja risiko yang paling rawan kamu alami saat menjalani hubungan secara sembunyi-sembunyi alias backstreet, kamu bisa mulai tentukan, sampai kapan kamu akan menjalani hubungan seperti ini?

Dina Novia
Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang. Read Full Profile