in

Rumah Tangga Tak Bisa Lagi Dipertahankan, Ini 8 Masalah yang Kerap Jadi Penyebabnya

Rumah Tangga Yang Tidak Bisa DIpertahankan
Rumah Tangga Yang Tidak Bisa DIpertahankan

Tidak selamanya rumah tangga akan berjalan dengan mulus. Sudah pasti akan selalu ada ujian di dalamnya. Untuk itulah sebelum kamu memutuskan untuk menikah, diperlukan pemikiran yang matang dan kesiapan baik fisik maupun mental.

Ujian yang datang dalam rumah tangga setiap orang sudah pasti tak sama. Tuhan sudah menyesuaikan ujian-ujian itu dengan kemampuan umat-Nya. Namun kenyataannya, tetap saja ada yang tidak memiliki kemampuan untuk tetap mempertahankan rumah tangga yang sudah dibangunnya dengan susah payah.

Kamu pun tidak akan pernah bisa memprediksi akan seperti apa jalan yang akan kamu lalui selama berumah tangga. Kamu pasti akan menemui banyak hal yang membuatmu kembali lagi belajar bahwa tidak semua yang kamu harapkan dan kamu rencanakan bisa menjadi kenyataan.

Saat kamu memutuskan untuk membangun rumah tangga dengan orang yang kamu yakini akan menemanimu sampai akhir hayatmu, pasti kamu sudah menyiapkan beragam rencana untuk masa depan kalian. Namun kembali lagi, tidak ada yang tahu akan seperti apa proses perjalanan rumah tanggamu ke depannya.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan rumah tangga sulit dipertahankan. Berikut 8 masalah yang kerap menjadi penyebab keretakan dalam rumah tangga. Semoga kamu tidak mengalaminya.

1. Adanya Kebiasaan Buruk yang Tak Bisa Dihilangkan

Kebiasaan Buruk Yang Tidak Bisa Dihilangkan
Kebiasaan Buruk Yang Tidak Bisa Dihilangkan

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan baik dan buruknya masing-masing. Tak perlu ditanya, kebiasaan baik akan mudah diterima oleh pasangan. Namun tidak semua orang bisa menerima kebiasaan buruk yang kamu atau pasanganmu miliki.

Adanya kebiasaan buruk seperti minum minuman keras, berjudi, atau mengonsumsi narkoba termasuk kebiasaan yang sulit diubah. Hal inilah yang menjadi salah satu masalah yang menyebabkan rumah tangga tak bisa lagi dipertahankan.

Baca Juga : Cara Sederhana Bikin Pasangan Bahagia Saat Sedang Berdua

2. Pasangan Tak Lagi Menjadi Prioritas

Pasangan Tidak Menjadi Prioritas
Pasangan Tidak Menjadi Prioritas

Bagaimana pun, setelah kamu menikah, sudah seharusnya kamu menjadikan pasanganmu sebagai seseorang yang kamu prioritaskan. Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukan hal ini.

Masih ada banyak orang yang lebih mementingkan orang lain dibandingkan pasangan dan anaknya. Inilah yang akhirnya menyebabkan masalah besar dalam rumah tangga dan pada akhirnya perpisahan menjadi jalan keluar terbaiknya.

3. Orang Ketiga dalam Kehidupan Rumah Tangga

Orang Ketiga Dalam Hubungan
Orang Ketiga Dalam Hubungan

Mungkin masih ada orang yang mampu memberi kesempatan bagi pasangannya yang mendua. Namun tak sedikit juga orang yang lebih memilih berpisah ketika mengetahui adanya orang ketiga dalam kehidupan rumah tangganya.

Tidak semua orang memiliki hati yang lapang untuk memaafkan dan memberi kesempatan bagi pasangan yang sudah berkhianat. Inilah yang menjadi alasan kenapa hadirnya orang ketiga menjadi salah satu penyebab rumah tangga tak bisa dipertahankan lagi.

Baca Juga : Jarang Disadari, Inilah 5 Penyebab Terjadinya Perselingkuhan

4. Pola Pikir dan Cara Pandang Hidup yang Sudah Bertolak Belakang

Pola Pikir Yang Bersebrangan
Pola Pikir Yang Bersebrangan

Adanya pola pikir dan cara pandang yang berbeda dengan pasangan juga bisa menjadi masalah yang serius loh. Pada akhirnya kamu pun tidak bisa memahami pasanganmu dengan baik. Hasilnya, pertengkaran kerap hadir dalam hubungan rumah tanggamu.

Adanya pola pikir dan cara pandang yang berbeda dapat diatasi dengan adanya salah satu antara kamu dan pasanganmu yang bisa lebih bersikap pengertian kepada pasangan dan menekan ego diri sendiri. Cara ini menjadi jalan keluar terakhir untuk mempertahankan hubungan rumah tanggamu.

Jika cara tersebut masih tidak bisa dilakukan, maka jalan akhirnya adalah berpisah. Akan sulit bagi kamu dan pasanganmu menjalani kehidupan berumah tangga dengan pola pikir dan cara pandang hidup yang sudah bertolak belakang.

5. Komunikasi yang Buruk

Komunikasi Semakin Memburuk
Komunikasi Semakin Memburuk

Dalam menjalin segala jenis hubungan, baik dalam pertemanan maupun pernikahan, komunikasi tetaplah menjadi salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan. Komunikasi yang baik tentunya akan menciptakan hubungan yang baik. Sebaliknya, komunikasi yang buruk juga akan menciptakan hubungan yang buruk.

Lantas bagaimana jika komunikasi dalam rumah tangga tergolong buruk? Coba semaksimal mungkin untuk memperbaiknya. Jika memang sudah tidak bisa diperbaiki, artinya rumah tanggamu pun akan sangat sulit untuk dipertahankan kembali.

Kehidupan rumah tangga tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya komunikasi yang baik antara kamu dan pasanganmu. Komunikasi yang buruk ini akan menjadi pemicu kesalahpahaman yang akan mempengaruhi keharmonisan dalam rumah tangga.

Baca Juga : Tips Menjaga Komunikasi Dalam Hubungan, Jangan Anggap Remeh

6. Kebutuhan Seks yang Tak Bisa Terpuaskan

Kebutuhan Seks Yang Tidak Terpuaskan
Kebutuhan Seks Yang Tidak Terpuaskan

Dalam hubungan suami-istri kehidupan seks tentu menjadi salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi. Jika salah satunya merasa kebutuhan seksnya tidak bisa terpuaskan, tentu saja hal tersebut dapat menjadi pemicu masalah dalam rumah tangga.

Kebutuhan seks yang tidak terpenuhi ini jugalah yang akhirnya memicu adanya perselingkuhan. Katika kamu tidak bisa memuaskan hasrat pasanganmu, akan ada kemungkinan pasanganmu akan mencari kepuasannya di luar rumah.

7. Kesibukan Suami Istri yang Terlalu Padat

Suami Istri Terlalu Sibuk
Suami Istri Terlalu Sibuk

Hal ini kerap menjadi masalah untuk suami istri yang sibuk dengan karir masing-masing. Kesibukan yang dimiliki suami dan istri membuat berkurangnya waktu untuk dihabiskan bersama.

Tidak semua orang bisa bersikap profesional dalam membagi waktu antara karir dan kehidupan pribadi. Jika hal ini juga terjadi padamu dan pasanganmu, maka ada kemungkinan rumah tangga kalian sulit untuk dipertahankan.

Sudah ada banyak kasus perceraian yang disebabkan oleh kesibukan suami maupun istri dalam mengejar karir mereka. Karena waktu yang terbatas untuk dihabiskan bersama dan rasa lelah atau depresi yang didapat dari tempat kerja, akhirnya ada kecenderungan waktu bersama justru menjadi waktu untuk berdebat karena emosi yang kurang stabil.

8. Adanya Pengaruh Buruk dari Teman

Mendapat Pengaruh Buruk Dari Teman
Mendapat Pengaruh Buruk Dari Teman

Tidak bisa dipungkiri bahwa teman juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh dalam kehidupan rumah tangga. Jika kamu dan pasangan memiliki teman yang tepat, maka kemungkinan besar kamu dan pasanganmu akan belajar banyak untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Sebaliknya, jika kamu dan pasanganmu bergaul dengann teman yang kurang tepat, kemungkinan besar akan ada banyak pengaruh buruk yang bersumber darinya. Jadi, ada baiknya kamu dan pasanganmu mulai menyeleksi siapa yang patut untuk dijadikan teman dan mana yang hanya bisa dijadikan sekadar kenalan.

Baca Juga :

Itu dia 8 masalah yang seringkali menjadi penyebab hancurnya rumah tangga, meski di awal dibangun dengan penuh cinta. Menikah bukan hanya perkara cinta semata, namun juga tanggung jawab dan kesiapan dalam menjalaninya.

Jadi, pastikan kamu menikah karena sudah benar-benar siap, ya. Jangan menikah karena omongan orang atau paksaan dari pihak lainnya karena yang akan menjalani rumah tangga itu adalah kamu dan pasanganmu, bukan orang lain.

Written by Dina Novia

Language Instructor and Web Content Writer (Freelance)