in

Saat Cintamu Tak Direstui, 5 Hal Ini Perlu Kamu Pahami

Cinta Tak Direstui

Ada kalanya apa yang kita harapkan tidak bisa kita wujudkan dengan mudah. Salah satunya adalah saat kamu mencintai seseorang namun cintamu tidak mendapat restu dari orang tua. Sedih? Sudah pasti. Tetapi kamu tentu tidak harus meratapinya secara terus-menerus bukan?

Pada dasarnya memang harus dipahami bahwa untuk menjalin hubungan yang serius dalam percintaan, bukan hanya kamu dan pasanganmu saja yang terlibat, tetapi juga ada keluarga dari kedua belah pihak. Sehingga wajar jika restu orang tua dan keluarga besar juga sangat penting dalam perjalanan sebuah hubungan.

Menjalin hubungan tanpa restu orang tua bukanlah hal yang mudah dan baik untuk dijalani. Meskipun saat ini kamu merasa masih baik-baik saja, tidak ada yang bisa menjamin ke depannya akan seperti apa.

Lantas, apa yang harus kamu lakukan saat hubunganmu dengan pasangan tidak mendapatkan restu? Kamu bisa mencoba menyikapi hal tersebut dengan memahami 5 hal berikut.

1. Tidak Ada Orang Tua yang Tidak Ingin Anaknya Mendapatkan Kebahagiaannya

Orang Tua Menginginkan Yang Terbaik
Orang Tua Menginginkan Yang Terbaik

Mungkin kamu tidak tahu apa yang dirasakan oleh kedua orang tuamu karena pada kenyataannya kamu masih belum ada di posisi mereka.

Kamu tidak memahami seberapa besar rasa cinta orang tua kepada anaknya. Kamu belum memahami bahwa setiap orang tua akan selalu mengusahakan yang terbaik untuk anaknya.

Pahamilah, bahwa orang tuamu adalah orang yang paling mencintaimu tanpa batas. Mereka selalu mendoakan dan mengusahakan segala yang terbaik untukmu sebagai anak mereka. Jika orang tuamu menolak hubunganmu dengan orang yang kamu cintai, tentu mereka memiliki alasan di baliknya.

Pada kenyataannya, feeling orang tua sangatlah sensitif jika menyangkut anak yang dikasihinya selama ini. Mereka bisa merasakan mana yang baik untuk anaknya dan mana yang tidak baik. Yakinlah bahwa apa yang dilakukan oleh orang tuamu bukan lain untuk kebahagiaanmu.

2. Yakinlah Bahwa Pasti akan Selalu Ada Hikmah dari Apapun yang Terjadi dalam Kehidupanmu

Ambil Hikmahnya
Ambil Hikmahnya

Saat seperti ini mungkin akan menjadi saat yang berat untuk bisa kamu lewati. Namun meratapinya bukanlah pilihan yang bagus untuk jalan hidupmu ke depan. Tidak semestinya kamu tenggelam dalam keterpurukan.

Jika ada satu kejadian dalam hidupmu, yakinilah bahwa akan selalu ada hikmah di baliknya. Mungkin saat ini kamu merasa berada di titik kehidupan yang cukup rendah, tapi ke depannya kamu tidak pernah tahu titik mana yang akan kamu tempati.

Cobaan yang saat ini kamu hadapi adalah salah satu cara Tuhan untuk menempatkanmu di level yang lebih tinggi. Kamu akan belajar banyak hal dari segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupanmu, entah itu berupa hal baik maupun hal buruk.

3. Cobalah untuk Melepaskan Apa yang Tidak Bisa Kamu Dapatkan Meski Itu Bukanlah Hal Mudah Bagimu

Mengikhlaskan
Mengikhlaskan

Mencintai memang hak setiap orang, tetapi menjalani hubungan tanpa adanya restu orang tua tentu memerlukan pemikiran yang cukup lama.

Di sisi lain, melepaskan orang yang dicinta tentu juga akan terasa berat untukmu. Terlebih jika kamu dan pasanganmu sudah saling mencintai dan berniat untuk menjalin hubungan yang lebih serius ke depannya.

Ketahuilah bahwa akan ada saatnya kamu harus rela melepaskan sesuatu yang kamu cinta demi sesuatu yang lebih kamu cintai. Salah satunya adalah melepaskan orang yang kamu cintai demi orang tua yang harusnya lebih kamu cintai.

Percayalah bahwa secara perlahan kamu bisa melepaskan orang yang kamu cintai itu. Waktu terus berjalan dan segala yang ada di sekitarmu akan terus mengalami perubahan, termasuk perasaanmu.

4. Ingatlah Bahwa Restu Orang Tua Jauh Lebih Berharga

Restu Orang Tua Jauh Lebih Berharga
Restu Orang Tua Jauh Lebih Berharga

Renungkan kembali dan ingatlah bahwa di dunia ini restu orang tua memegang peranan penting. Orang tuamulah yang selama ini selalu ada untukmu, mengasihimu dan memberimu cinta yang tiada batasnya.

Sebagai anak, sudah sepatutnya kamu berusaha menjadi anak yang bisa berbakti.

Meski baktimu tidak akan pernah bisa sebanding dengan apa yang sudah orang tuamu lakukan kepadamu selama ini. Setidaknya tetaplah berusaha untuk menjadi anak yang bisa membanggakan dan membahagiakan orang tua.

Relakan orang yang kamu cintai jika restu tidak kalian dapati. Cobalah untuk berbicara pada pasanganmu secara baik-baik.

Setidaknya meski kalian tidak bisa berjalan beriringan sebagai pasangan, kalian tetap bisa menjadi teman.

5. Bukalah Kembali Hatimu untuk Dia yang Sesuai dengan Kriteriamu Juga Kriteria Orang Tuamu

Pahami Kriteria Orangtuamu
Pahami Kriteria Orangtuamu

Yang terakhir, jangan tutup hatimu terlalu lama. Bukalah hatimu kembali dan temukan sosok yang bisa memenuhi kriteriamu maupun kriteria orang tuamu.

Dengan begitu kamu tidak perlu merasa sakit untuk yang kedua kali karena cinta yang tidak direstui.

Percayalah bahwa pilihan orang tua adalah pilihan terbaik untukmu.

Mungkin terpisahnya kamu dengan orang yang kamu cintai sebelumnya karena terhalang restu orang tua akan digantikan oleh Tuhan dengan sosok yang lebih baik nantinya. Jadi, jangan pernah menyerah pada keadaan, ya!

Kerjasama dirimu dan pasangan tentu dibutuhkan dalam hal ini. Coba pelajari Hubunganmu Masih Belum Direstui, Cobalah Pegang Teguh Nasihat Ini.

Itulah 5 hal yang harus kamu pahami dengan baik saat kamu menghadapi situasi di mana hubunganmu dengan orang yang kamu cintai tak mendapatkan restu dari orang tua maupun keluarga besarmu. Meski sulit, kamu harus bisa melewati segala ujian dalam kehidupanmu, bukan?

Hiduplah bahagia dengan orang yang kamu cintai sekaligus orang yang dicintai dan bisa diterima dengan baik oleh keluargamu. Menjalin hubungan dengan orang yang kamu cinta mungkin bisa membuatmu merasa senang. Namun pahamilah bahwa menjalin hubungan dengan restu orang tua akan jauh lebih membuatmu tenang.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.