in

Saat Kamu Jatuh Cinta, Hati-hatilah dengan 6 Dampak Negatif Ini

Dampak Negatif Jatuh Cinta
Dampak Negatif Jatuh Cinta

Pernah mendengar ada yang mengatakan bahwa jatuh cinta itu sejuta rasanya? Atau pernah mendengar ungkapan tentang cinta itu gila? Seringkali banyak orang tidak menyadari bahwa ada perubahan yang cukup besar dalam dirinya saat sedang jatuh cinta.

Perubahan yang ada dalam diri seseorang yang dilanda cinta tentu berbeda antara satu dengan yang lainnya. Mungkin beberapa akan mengalami perubahan ke arah yang positif, tapi tidak sedikit juga yang justru berubah ke arah yang negatif.

Harus diakui bahwa cinta bukan hal yang bisa dipersalahkan. Karena pada dasarnya bukan cinta yang melakukan kesalahan, melainkan insan yang sedang jatuh cinta. Sayangnya, tidak banyak orang yang menyadari fakta ini.

Nah, meski banyak yang mengatakan bahwa cinta adalah sebuah anugerah yang membawa dampak positif dalam hidup seseorang, nyatanya tetap ada loh dampak negatif yang mungkin muncul saat kamu sedang jatuh cinta.

Apa saja sih dampak negatifnya, berikut penjelasannya.

1. Pengeluaranmu Makin Bertambah dan Gaya Hidupmu Semakin Boros

Pengeluaran Akan Bertambah Saat Jatuh Cinta
Pengeluaran Akan Bertambah Saat Jatuh Cinta

Kamu memiliki peluang untuk semakin boros saat kamu sedang jatuh cinta. Jika biasanya kamu menghabiskan malam minggu dengan menonton tv atau film di rumah, hal itu akan berubah saat kamu sedang jatuh cinta.

Kamu akan memilih untuk pergi ke luar bersama kekasihmu.

Saat kamu bepergian dengan kekasihmu, sudah tentu pengeluaranmu akan bertambah secara otomotis. Mungkin kamu akan pergi menonton film di bioskop yang harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan kamu menonton film sendiri di laptopmu.

Atau kamu pergi ke cafe untuk sekadar nongkrong ditemani segelas miniman dan camilan ringan yang harganya juga akan berbeda jika kamu membuat minuman sendiri di rumah dan membeli camilan sendiri di toko dekat rumahmu.

Baca Juga : Tak Hanya Cantik, Inilah 7 Sifat Perempuan yang Bisa Bikin Laki-laki Jatuh Cinta

2. Kamu Kesulitan untuk Bisa Konsentrasi pada Studi Maupun Karirmu

Kamu Kesulitan Fokus Terhadap Karirmu
Kamu Kesulitan Fokus Terhadap Karirmu

Tidak bisa dipungkiri, rasa cinta bisa mengacaukan isi hati dan pikiranmu secara bersamaan. Kamu pun akan lebih sulit untuk bisa fokus pada studi maupun karirmu.

Terlebih saat kamu sedang bertengkar dengan kekasihmu. Emosimu akan membuatmu semakin sulit untuk konsentrasu pada studi maupun karirmu.

Saat kamu jatuh cinta, kamu akan lebih sulit lagi konsentrasi jika kamu dan kekasihmu belajar atau bekerja di satu tempat yang sama.

Hal ini menuntut kamu untuk bisa lebih profesional. Jangan sampai urusan cinta merusak studi dan karirmu di masa mendatang.

3. Banyak Hal yang Kamu Korbankan Demi Orang yang Kamu Cinta

Banyak Waktu Yang Terbuang
Banyak Waktu Yang Terbuang

Karena kamu sudah terlalu cinta dengan seseorang, kamu pun akan selalu berusaha membuatnya bahagia. Kamu bisa meletakkan kepentingan dia yang kamu cinta di atas kepentinganmu sendiri.

Kamu melakukan banyak pengorbanan padanya karena kamu takut akan kehilangannya.

Jatuh cinta adalah hal yang wajar bagi seorang insan manusia. Tapi jika rasa cintamu pada seseorang terlalu berlebihan, itu akan membuat dirimu sendiri menderita.

Kamu rela meluangkan waktu istirahatmu untuk menemaninya jalan-jalan. Kamu rela bekerja lebih keras untuk bisa mentratirnya makan atau liburan.

Bahkan kamu sudah sangat sering mengorbankan kebahagiaanmu sendiri untuk kebahagiaan dia yang kamu cintai.

Baca Juga : Baru Kenal Si Dia Sudah Jatuh Cinta? Hati-hati Terkena Love Bombing

4. Kamu Semakin Jauh dari Keluarga

Jauh Dari Keluarga
Jauh Dari Keluarga

Kesibukan yang kamu jalani sudah cukup banyak. Belum lagi kamu harus membagi waktumu untuk keluarga, teman dan kekasih hati.

Mau tidak mau pasti akan ada saat-saat di mana kamu kehilangan momen bersama keluargamu karena memilih pergi bersama pujaan hatimu.

Saat kamu jatuh cinta, hal ini menjadi salah satu dampak negatif yang mungkin akan kamu lalui. Waktumu akan lebih banyak habis untuk kekasihmu. Sedangkan hubunganmu dengan keluarga juga lama kelamaan akan semakin jauh.

5. Kamu Mulai Melupakan Teman-temanmu

Kamu Mulai Melupakan Teman-Temanmu
Kamu Mulai Melupakan Teman-Temanmu

Jika disuruh memilih teman atau dia yang kamu cinta, pasti kamu akan memilih dia yang kamu cinta. Padahal sebelum bertemu dengannya, kamu memiliki kedekatan layaknya saudara sendiri dengan teman-temanmu.

Tapi kehadirannya membuat perubahan besar dalam hidupmu.

Karenanya, kamu mulai jarang bisa berkumpul dengan teman-temanmu untuk sekadar ngopi bersama di café. Kamu juga jarang memiliki waktu untuk bisa mengobrol bebas baik secara langsung maupun melalui media sosial dengan teman-temanmu.

Beberapa kali kamu pun mulai rela membatalkan janjimu dengan temanmu hanya karena pujaan hatimu memintamu untuk menemuinya secara tiba-tiba.

Momenmu bersama teman-temanmu menjadi sangat minim. Hal ini merupakan salah satu dampak negatif saat kamu jatuh cinta.

Kamu terlalu sibuk dengan kekasihmu sehingga kamu lupa untuk menghabiskan waktu bersama teman-temanmu. Jika hal ini berlanjut, bukan tidak mungkin satu per satu temanmu akan hilang darimu.

Baca Juga : Ternyata Ini Hal yang Menyebabkan Kamu Mudah Jatuh Hati

6. Kemampuanmu dalam Mengendalikan Diri Secara Perlahan Mengalami Penurunan

Kemampuan Mengendalikan Diri Akan Menurun
Kemampuan Mengendalikan Diri Akan Menurun

Namanya juga sedang di mabuk asmara, jadi tak heran jika kamu pun mengalami kesulitan dalam mengendalikan dirimu sendiri. Karena pada saat kamu jatuh cinta, kamu akan memiliki kecenderungan untuk lebih mengikuti kata hatimu daripada pikiran warasmu.

Apa yang menjadi keinginan hatimu lebih kamu utamakan dibandingkan hal yang lain. Menurunnnya kemampuan dalam mengendalikan diri akan membawa dampak buruk dalam kehidupanmu.

Kamu akan lebih mudah kecewa maupun merasa sedih karena kemampuan mengendalikan diri sendiri yang lemah.

Sebaliknya, jika kamu bisa mengendalikan diri sendiri dengan baik, maka cinta yang datang dalam kehidupanmu akan membawa kebahagiaan, bukan kekecewaan maupun kesedihan.

Baca Juga : Ini Alasan yang Kerap Membuat Seseorang Takut untuk Jatuh Cinta

Itu dia 6 dampak negatif dari jatuh cinta. Apakah kamu pernah mengalami salah satu atau beberapa dampak negatif di atas saat sedang dilanda asmara? Jika iya, lebih baik kamu mulai menekan adanya dampak negatif tersebut. Jangan biarkan rasa cintamu itu membuatmu merugikan dirimu sendiri.

Dina Novia

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.