8 Menu Sarapan Lezat dan Sehat Bagi Kamu Yang Sedang Diet

Apakah kamu masih berpikir bahwa sarapan merusak rencana diet? Tentu saja tidak

Ilham Damanik Ilham Damanik · 3 min read >
Sarapan Lezat dan Sehat Untuk Yang Diet

Apakah kamu masih berpikir bahwa sarapan merusak rencana diet?

Tentu saja tidak jika kamu mengkonsumsi makanan yang tepat. Beberapa orang mengkonsumsi makanan yang salah selama proses diet, dimana itu sangat berpengaruh terhadap berat badan.

Kesalahan ini membuat kita takut untuk sarapan di pagi hari. Kita melewatkan beberapa momen yang seharusnya menyenangkan dipagi hari seperti sarapan bersama keluarga.

Sungguh menyedihkan.

Namun faktanya sarapan yang lezat dan sehat dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Bagaimana mungkin? Sederhananya ketika kamu mengkonsumsi makanan yang tepat dapat membuat kamu merasa kenyang hingga siang hari serta mengurangi keinginan untuk ngemil. Jadi, perkara sarapan itu penting atau tidak, tergantung dari apa yang kamu konsumsi.

Inilah 10 Sarapan Lezat dan Sehat Untuk Kamu Yang Sedang Menurunkan Berat Badan!

1. Telur

Sarapan Telur
Sarapan Telur

Walau dikhawatirkan memiliki kolestrol yang tinggi, telur masih tetap menjadi pilihan utama. Selain mudah didapatkan dan mudah dalam proses olahannya, telur juga menjadi salah satu makanan penurun berat badan yang lezat dan sehat.

Selain tinggi protein dan lemak, telur juga mampu membuat kamu merasa kenyang tanpa harus mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang banyak.

Sebuah fakta mengejutkan dari studi yang dilakukan kepada 30 wanita dengan masalah berat badan, mengkonsumsi telur membuat partisipan merasa kenyang selama lebih dari 24 jam.

Satu hal lagi yang menarik selain fakta itu, kuning telur memiliki jumlah nutrisi yang cukup padat. Sehingga mampu menggantikan kebutuhan nutrisi kamu selama proses diet.

Baca Juga : 9 Makanan Dengan Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan Otak

2. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau
Sayuran Hijau

Siapa bilang sarapan sayur membuat perut cepat lapar?

Faktanya, serat yang terdapat pada sayur mampu membuat perut kamu terasa kenyang hingga jam makan siang.

Sayur-sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi, dan lain-lain memiliki sifat yang dapat membantu menyempurnakan diet kamu. Selain itu, menu sayur-sayuran bermanfaat untuk mengecilkan lingkar perut dan pinggang kamu.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan ketika diet dengan kepadatan energi rendah membuat orang makan kalori lebih sedikit secara keseluruhan.

Dengan kata lain, mengkonsumsi sayuran adalah cara yang tepat untuk meningkatkan volume makanan, tanpa menambah kalori.

3. Alpukat Toast

Sarapan Alpukat Toast
Sarapan Alpukat Toast

Alpukat Toast bisa menjadi pilihan yang baik untuk menu sarapan harianmu. Bukan hanya sekedar menjadi menu baru, alpukat toast adalah makanan yang lezat dan sehat untuk dikonsumsi serta mampu menurunkan berat badan.

Dengan roti bakar dan alpukat beserta buah-buahan sehat sebagai toppingnya, makanan ini mampu membuat kamu merasa lebih kenyang sampai siang hari.

Meskipun dilabeli sebagai buah yang mengandung lemak, tetapi alpukat juga memiliki 3 gr karbohidrat disetiap porsinya. Selain itu, lemak yang terkandung pada alpukat bukanlah lemak jenuh, melainkan lemak aktif yang justru bermanfaat bagi kamu yang sedang menjalankan proses diet.

4. Yogurt

Sarapan Yogurt
Sarapan Yogurt

Selain lezat dan memuaskan dilidah, yogurt juga menjadi salah satu makanan favorit untuk diet menurunkan berat badan.

Suatu hasil yang fantastis, menurut sebuah studi yang dilakukan kepada 20 wanita, mengkonsumsi yogurt menurunkan tingkat lapar dan mengurangi asupan makanan hingga 100 kalori dihari berikutnya.

Yogurt kaya akan protein. Pola makan dengan protein yang tinggi mampu meningkatkan metabolisme pada sistem pencernaan. Tubuh akan menggunakan banyak energi dan melepaskan banyak kalori.

Karena itulah, yogurt menurunkan berat badan. Kamu dapat melakukan eksperimen baru seperti menggabungkan yogurt dengan buah-buahan yang lezat untuk menu sarapan yang sehat!

Baca Juga : 6 Jenis Teh yang Paling Baik Dikonsumsi Beserta Manfaatnya

5. Berbagai Jenis Berry

Berbagai Jenis Buah Berry
Berbagai Jenis Buah Berry

Buah-buahan lezat berbagai jenis berry seperti strawberry, blueberry, blackberry dan raspberry, semuanya mengandung nutrisi yang tinggi. Kaya akan vitamin dan mineral yang sangat penting, ditambah lagi dengan serat, membuat dietmu semakin sempurna.

Selain mampu menurunkan berat badan, buah-buahan jenis berry ini juga menyehatkan sistem pencernaan, karena memiliki antibiotik alami yang melawan bakteri usus.

Untuk menjadikannya sebagai menu sarapan, mungkin kamu bisa menggabungkan buah-buahan ini dengan roti ataupun yogurt.

6. Daging Sapi dan Dada Ayam

Daging Sapi
Daging Sapi

Suatu berita buruk yang tercemar ditelinga kita adalah bagaimana daging mempengaruhi berat badan. Daging telah diibliskan secara tidak adil!

Namun dibalik berita-berita buruk yang terdengar, ada fakta mengejutkan bahwa ternyata daging sangat berguna untuk menurunkan berat badan karena memiliki protein yang tinggi. Dan sebenarnya yang berbahaya adalah daging olahan, bukan daging merah yang masih segar.

Pelatih kebugaran asal london, Greg Cornwaite mengatakan “Sarapan harus memberikan tubuh protein esensial dan lemak untuk bisa memulai metabolisme dengan baik serta menyeimbangkan kadar gula dalam darah” Dengan kata lain, protein yang diserap oleh tubuh kita mampu meningkatkan rasa kenyang dan memberi tenaga sehingga kuat sampai siang hari.

7. Kentang Rebus

Kentang Rebus
Kentang Rebus

Mungkin kentang adalah salah satu makanan yang hampir kehilangan peminat di planet ini. Oleh sebab dan alasan tertentu, tampaknya orang-orang sangat menjauhi makanan yang satu ini.

Namun dibalik semua itu ternyata kentang sangat bermanfaat untuk kamu yang sedang melakukan diet menurunkan diet badan. Dan satu fakta yang mengejutkan, ada sebagian orang yang dapat bertahan hidup hanya dengan mengkonsumsi kentang.

Kentang sangat tinggi akan kalium, nutrisi yang sangat memainkan peran penting dalam tekanan darah. Selain itu kentang rebus termasuk jenis makanan yang sangat mengisi, membuat kita merasa kenyang sepanjang hari. Artinya hanya dengan mengkonsumsi kentang, kamu dapat menjalankan berbagai aktivitas dengan lapang.

8. Ngopi!

Kopi
Kopi

Selain mengkonsumsi makanan yang lezat dan sehat diatas, kamu dapat menyempurnakan sarapan pagimu dengan kopi. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa secangkir kopi dipagi hari dapat membantu menurunkan berat badan.

Cafein yang terkandung dalam kopi memiliki beragam manfaat, salah satunya meningkatkan fungsi otak sehingga kamu dapat lebih rileks dalam melakukan aktivitas.

Bukti valid lainnya bahwa kopi mampu mencegah kenaikan berat badan adalah, sebuah penelitan pada delapan pria yang mengkonsumsi kopi dipagi hari, membuktikan bahwa kandungan cafein meningkatkan metabolisme hingga 13% dan meningkatkan pemecahan lemak.

Tetapi saat kamu hendak mengkonsumsi kopi, pastikan untuk tidak menggunakan telalu banyak krim atau gula, karena itu dapat menurunkan beberapa potensi serta manfaat pada kopi.

Baca Juga : Inilah 7 Alasan Kenapa Berat Badanmu Tidak Turun-turun

Demikian beberapa pilihan menu sarapan yang bisa kamu nikmati disaat kamu tengah sedang fokus terhadap dietmu. Diet tidak harus menyiksa, semoga tips ini memudahkanmu mendapatkan berat badan yang ideal.

Ilham Damanik
Menulis-Membaca-Bermimpi Read Full Profile