in

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Balikan dengan Mantan

Balikan Dengan Mantan
Balikan Dengan Mantan

Baikan dengan mantan ? Keberhasilan sebuah hubungan tidak pernah bisa kita prediksi begitu saja. Sudah pasti kamu menginginkan hubunganmu berjalan dengan baik-baik saja.

Tapi kenyataannya ada saja masalah demi masalah yang datang dan akhirnya perpisahan pun menjadi jalan yang terbaik bagi kamu dan pasanganmu yang dulu.

Tak jarang ada saja pasangan yang memutuskan untuk kembali berjalan bersama karena masih adanya rasa cinta di hati keduanya. Tapi apakah keputusan itu sudah benar adanya?

Kesalahan dalam hubungan yang lalu sudah pasti harus dijadikan pertimbangan dalam menjalin hubungan lagi dengan orang yang sama. Jangan sampai kamu akhirnya justru menyesal dan kembali berpisah untuk kesekian kalinya.

Jadi ada baiknya kamu tak memanggil keputusan terlalu cepat. Harus ada banyak pertimbangan yang kamu lakukan terlebih dahulu. Pastikan bahwa keputusan yang kamu ambil memang keputusan terbaik untukmu dan untuk dia.

Agar kamu tak salah dalam mengambil keputusan, cobalah untuk melakukan beberapa hal ini sebelum kamu mengajak mantanmu balikan.

1. Ingat Kembali tentang Hubunganmu yang Lalu, Apakah Selama Pacaran Kamu Lebih Banyak Merasakan Suka atau Justru Duka

Ingat Kembali Hubunganmu di Masa Lalu
Ingat Kembali Hubunganmu di Masa Lalu

Coba ingat kembali masa lalumu dengannya saat masih menjalin hubungan percintaan. Apakah selama itu kamu lebih banyak merasakan hal yang membahagiakan atau justru lebih banyak merasakan hal yang menyedihkan.

Apakah dia selalu memperlakukanmu dengan baik atau justru selalu menyakitimu.

Pikirkanlah lagi apakah kamu cukup bahagia saat bersamanya atau justru sangat menderita. Jika kamu memang memiliki banyak luka selama bersama dengannya, maka jangan ulangi hal yang sama.

Jangan biarkan hidupmu menjadi taruhannya. Ingatlah bahwa kamu berhak bahagia dengan orang yang jauh lebih baik darinya.

Jika dengannya kamu tak mendapatkan kebahagiaan yang seharusnya kamu miliki, maka janganlah mengambil langkah untuk kembali. Kamu bisa mendapatkan seseorang yang lebih baik darinya.

Kamu bisa mendapatkan seseorang yang akan selalu membuatmu bahagia. Kamu akan mendapatkan sosok yang tak akan membuatmu kecewa.

Baca Juga : 5 Tanda Yang Jelas Bahwa Mantan Masih Ada Rasa Kepadamu

2. Coba Renungkan Lagi dan Lagi dengan Sebaik Mungkin tentang Siapa yang Salah dalam Hubungan Kalian Dulu dan Apa Kesalahan yang Sudah Terjadi di Masa Itu

Renungkan Kesalahan Hubungan Tersebut
Renungkan Kesalahan Hubungan Tersebut

Hubunganmu tidak akan kandas tanpa alasan yang jelas bukan? Pasti ada penyebabnya kenapa akhirnya kamu dan dia memutuskan untuk tidak lagi menjalin hubungan asmara.

Kamu harus mencoba memikirkan sebenarnya dalam hubunganmu dengannya dulu siapa pihak yang bersalah, kamu atau dia.

Jika memang kamulah pihak yang bersalah maka kamu harus introspeksi dirimu sendiri. Cari tahu apa saja yang salah denganmu. Apa kesalahan yang kamu perbuat sehingga kamu dan dia akhirnya memilih jalan untuk berpisah.

Jika memang kamu sudah menyadari semua itu, barulah temui dia dan katakan maaf untuk kesalahan yang pernah kamu lakukan.

Sebalinya, jika ternyata dialah pihak yang salah dan akhirnya menyebabkan kalian berpisah, jangan mengambil keputusan yang tergesa-gesa untuk kembali ke pelukannya.

Tunggulah beberapa waktu sampai dia datang padamu dan mengungkapkan maaf. Tapi jika tidak, kamu tidak seharusnya mendatanginya dan memohon padanya untuk kembali bersama.

3. Pasca Berpisah Dengannya, Apa yang Kamu Rasakan? Kamu Merasa Ada Penyesalan atau Justru Merasa Lega Memiliki Banyak Kebahagiaan

Apakah Kamu Sedih Jika Berpisah Dengannya
Apakah Kamu Sedih Jika Berpisah Dengannya

Hal lain yang harus kamu coba pikirkan adalah tentang perasaanmu sendiri setelah lepas darinya. Pikirkanlah dengan baik, apakah kamu merasa lega atau justru menderita.

Jika kamu merasa lega, maka tidak ada alasan untukmu mengambil langkah kembali kepadanya. Tapi jika kamu justru merasa menderita, mungkin kamu bisa mempertimbangkan lagi hubunganmu dengannya.

Bukankah dalam menjalin hubungan tujuan pasangan adalah untuk mendapatkan kebahagiaan? Nah, jika kamu lebih bahagia saat jauh darinya, artinya kamu tak seharusnya mengulang kembali hubungan yang sudah hancur berantakan.

Tidak perlu meyakinkan dirimu untuk kembali jika kamu lebih bahagia saat tidak berada di sisinya lagi.

Biarlah yang lalu menjadi masa lalu. Kamu hanya perlu menengok untuk belajar dari masa lalu itu, bukan untuk kembali dan mengulang kesalahan-kesalahan yang dulu.

Biarkan apa yang terjadi dalam hubunganmu dengannya menjadi satu pembelajaran dalam kehidupanmu agar kamu bisa menjadi sosok  yang lebih baik di masa yang akan datang.

Baca Juga : 7 Cara Halus untuk Dapatkan Kembali Hati Sang Mantan

4. Lihatlah Juga ke Arahnya, Setelah Perpisahan Kalian Apakah Dia Terlihat Lebih Bahagia atau Justru Menderita

Apakah Mantanmu Bahagia Saat Berpisah Denganmu
Apakah Mantanmu Bahagia Saat Berpisah Denganmu

Tak hanya melihat pada dirimu sendiri, kamu juga harus melihat ke arahnya. Perhatikan kehidupannya setelah putus darimu. Apakah dia memang terlihat lebih bahagia atau justru menderita tanpamu di sisinya.

Kamu tak perlu kembali lagi padanya saat dia sudah bahagia dengan kehidupannya. Kamu dan dia mungkin memang tidak ditakdirkan bersama sebagai pasangan. Jadi lebih baik kamu juga menjalani hidupmu dengan bahagia, sama halnya dengannya.

5. Ingat Kembali, Perpisahan Itu Terjadi Karena Keputusan Salah Satu Pihak atau Kedua Belah Pihak

Lihat Kembali Apakah Perpisahaan Itu Karena Keputusan Bersama
Lihat Kembali Apakah Perpisahaan Itu Karena Keputusan Bersama

Apakah keputusan untuk berpisah adalah keputusan salah satu pihak saja atau justru kamu dan mantanmu sudah sama-sama sepakat untuk melakukannya.

Jika memang keputusan  berpisah adalah keputusan yang diambil bersama, maka hal itu mungkin sudah menjadi keputusan terbaik yang pernah ada. Kalau sudah begini untuk apa kamu ingin kembali?

Kamu dan dia pasti sudah melalui proses yang panjang untuk akhirnya menyepakati keputusan tersebut. Pasti ada banyak hal yang sudah jadi pertimbangan kalian.

Cukup terima saja, mungkin apa yang sudah terjadi di antara kalian adalah hal terbaik untuk diri kalian. Jika kalian kembali bersmaa, mungkin bukan kebahagiaan yang kalian dapatkan, tapi justru penderitaan.

Baca Juga : Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Tak Seharusnya Berteman Dengan Mantan

Sudah tahu kan sekarang tentang apa saja yang harus kamu pertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan kembali pada sang mantan. Sebenarnya tidak ada salahnya jika kamu ingin kembali kepadanya. Tapi kamu juga harus mempertimbangkan beberapa hal penting agar kamu tak kembali terluka.

What do you think?

Dina Novia

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.