in

Sebelum Mencari Pasangan Hidup, Ingat 5 Pesan Penting Ini

Cara Menemukan Pasangan Hidup
Cara Menemukan Pasangan Hidup

Mencari pasangan untuk pergi kencan di akhir pekan mungkin terasa mudah, tetapi mencari pasangan hidup untuk menjalin hubungan yang lebih bermakna kelihatannya sangatlah susah.

Dan sekarang kamu, aku dan kita semua mulai lelah dengan semua hal yang begini-begini saja.

Kita menginginkan pasangan hidup yang bisa diajak berjuang bersama, bertukar pikiran dan saling memahami, tetapi setelah menemukannya lantas apa yang terjadi selanjutnya?

Sepertinya ada banyak persiapan yang perlu kita penuhi. Layaknya mendaki sebuah gunung, kita tentunya membutuhkan tenda dan peralatan lainnya jika ingin menikmati sunset atau sunrise dari atas puncak.

Begitu pula perihal mencari pasangan hidup, tentu ini bukan hanya tentang menemukan seseorang yang tepat namun juga tentang bagaimana nantinya agar bisa menjalani hubungan itu sampai kakek nenek.

1. Persiapkan Mental dan Kepercayaan Diri

Tingkatkan Mental & Kepercayaan Diri
Tingkatkan Mental & Kepercayaan Diri

Kita tidak akan bergerak mencari pasangan hidup jika tidak memiliki mental yang cukup kuat serta kepercayaan diri.

Mungkin selama ini kamu sudah merangkai sejuta rencana tentang kehidupan hubungan yang harmonis, namun semua itu tidak pernah menjadi kenyataan karena kamu tidak pernah berusaha untuk mendapatkannya.

Ini masalahnya. Kepercayaan diri itu bagaikan mesin pendorong yang membuat kamu bergerak. Nah, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana caranya meningkatkan kepercayaan diri?

Kamu perlu tahu bahwa kepercayaan diri akan meningkat seiring meningkatnya harga diri, yaitu bagaimana kamu menilai dirimu sendiri.

Jika kamu sudah memandang dirimu sebagai seseorang yang layak memiliki hubungan maka tanpa diduga kamu akan bertemu dengan pasangan hidupmu. Namun jika kamu memandang dirimu belum cukup layak, maka bersiaplah merasakan pedihnya kesepian.

Baca Juga : 5 Alasan Pentingnya Perjanjian Pranikah Sebelum Menikah

2. Memperbanyak Teman Memperbesar Kemungkinan

Perbanyak Teman & Perbesar Kemungkinan
Perbanyak Teman & Perbesar Kemungkinan

Tolong jangan menjadi orang yang selalu mengatakan “Mengapa hidupku begini begini saja? Tidak pernah berubah”

Cobalah untuk mengoreksi lagi kebiasaan yang kamu lakukan dan dengan siapa kamu bergaul. Jika kamu masih melakukan kebiasaan yang sama dan masih bergaul dengan orang yang sama, maka wajar jika hidup begitu-begitu saja.

Cara satu-satunya yang bisa mengubah hidupmu menjadi lebih baik serta membantu kamu menemukan pasangan hidup adalah memperbanyak teman dan mengubah kebiasaan.

Jika kamu bergaul dengan orang-orang yang jomblo, sering galau maka wajar jika kamu menjadi seperti mereka.

Dan pastinya akan sulit untuk menemukan pasangan hidup jika tidak ada lawan jenis di lingkaran pertemananmu. Cobalah perluas circle kamu untuk membuka lebih banyak kemungkinan.

3. Perbaiki Kualitas Diri

Tingkatkan Kualitas Diri
Tingkatkan Kualitas Diri

Ada dua tipe orang dalam menjalin hubungan, yaitu senang mencintai dan senang dicintai. Jika kamu tipe orang yang senang mencintai, itu artinya kamu siap untuk berjuang dan mengejar seseorang.

Sementara jika kamu tipe orang yang lebih senang dicintai, itu artinya kamu lebih suka memperbaiki diri dan menunggu seseorang tertarik untuk mendekat.

Dan sekarang yang harus kamu lakukan tentunya tidak lain adalah memperbaiki kualitas diri baik di dunia nyata maupun di sosial media.

Hal ini membantu meningkatkan daya tarikmu sehingga orang-orang mendekat dengan sendirinya tanpa harus berusaha mencari.

Minat dan ketertarikan. Itulah titik awal dari semua hubungan. Dan pertanyaannya bagaimana mungkin orang akan tertarik jika kita tidak memiliki kualitas diri?

Ini sangat penting sebab biasanya ketertarikan itu terjadi dengan sangat spontan. Semisal kamu sedang berada di luar, bertemu orang baru dan tiba-tiba saja ia tertarik untuk mengenalmu lebih dekat.

4. Bermainlah Di Dunia Nyata

Berani Unjuk Gigi Di Dunia Nyata
Berani Unjuk Gigi Di Dunia Nyata

Di era teknologi ini memang benar bahwa semuanya menjadi mudah. Beberapa orang mencari cara yang instan untuk mendapatkan pasangan dengan aplikasi jodoh. Sungguh sangat menyedihkan.

Namun tampaknya hanya sekitar 25% yang berhasil menemukan pasangan hidupnya dan sisanya masih mencari-cari diantara ketidakpastian.

Nah, jika kamu adalah tipe orang yang lebih senang bermain lambat asalkan tepat, maka alangkah baiknya untuk memulai dari sekarang juga.

Lakukan banyak hal diluar sana, seperti pergi menonton film, menonton konser, mengikuti kelas yang sesuai hobimu, atau menampilkan bakatmu yang selama ini terpendam didepan umum.

Cara-cara ini pastinya akan mempertemukan kamu dengan banyak orang dan artinya kesempatan untuk menemukan pasangan hidup akan terbuka lebar.

Mulailah beranikan diri untuk berkenalan dengan orang-orang baru tanpa berpikir itu jodohmu atau bukan. Kamu hanya perlu membuka pintu kemungkinan itu lebar-lebar terlebih dahulu.

Jika kamu terus berkabung di dalam kamar dan meratapi nasibmu, maka hidupmu tidak akan pernah berubah! Dan ingat, hanya dirimu sendiri yang bisa mengubah nasibmu!

Baca Juga : 5 Hal Ini Bisa menjadi Penyebab Kamu Gagal Menikah

5. Mulailah Berkencan!

Kencan
Mulai Berkencan

Sudah menjadi budaya bagi masyarakat kita untuk memulai sebuah hubungan dengan berkencan. Dan memang benar bahwa cara ini sangat efektif sebab kita bisa mengobrol secara empat mata dan jelas.

Maka jika kamu merasa sudah cukup percaya diri, sudah memiliki cukup relasi dan sudah merasa berkualitas, sekarang saatnya kamu mengajak seseorang untuk pergi keluar.

Dalam berkencan tentu kamu juga perlu tahu aturan mainnya. Cukup sederhana, kamu hanya perlu meletakkan handphone lalu mulai bertanya tentang kegiatannya, keluarga, hobi dan lainnya.

Nah, setelah mengetahui seluk beluk tentang dirinya sekarang saatnya untuk menentukan berhenti atau lanjut.

Jika kamu tidak tertarik, maka katakan dengan lembut kalimat ini “Aku sangat senang mengobrol denganmu, tapi aku harus pergi sekarang. Lain waktu kita lanjut lagi ya ngobrolnya.”

Setelah itu hapus kontaknya dan jangan pernah hubungi lagi.

Namun jika kamu tertarik, jangan terburu-buru mengatakan “Aku mencintaimu”. Hal itu sangat tidak etis diucapkan pada kencan pertama, biarkan semua mengalir hingga saatnya tiba untuk mengatakan cinta.

Akhir Kata

Sebagian orang memilih untuk mencari pasangan hidup karena merasa kesepian. Ini bukanlah alasan yang tepat sebab meskipun nantinya memiliki pasangan kamu juga akan merasa kesepian.

Carilah pasangan hidup ketika kamu kamu merasa sudah utuh dan layak, maka hubunganmu juga akan menjadi lebih dalam dan bermakna.

Seseorang yang mencari pasangan karena kesepian akan selalu melihat kekurangan dalam hubungannya dan tidak tahu cara memperbaikinya, akhirnya menciptakan toxic relationship dan berantakan.

Tentunya tidak ada cara lain kecuali memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas berpikir, sehingga kita lebih siap menjalani hubungan dengan segala macam hal-hal rumit yang ada didalamnya.