in , ,

Sedang Flu? Makanan dan Minuman Ini Bisa Membantu Pemulihan

Makanan dan Minuman Yang Membantu Proses Pemulihan Flu
Makanan dan Minuman Yang Membantu Proses Pemulihan Flu

Kesehatan tentu mahal harganya jika tidak dijaga. Selain mahal untuk berobat, juga kesehatan tubuh tidak dapat digantikan dengan mudah. Ibaratnya tidak ada spare part pengganti untuk anggota tubuh yang sakit. Untuk itu lebih baik kita menjaga kesehatan tubuh dan merawatnya dengan baik.

Melakukan olahraga, menjaga pola hidup dengan makan teratur dan menjaga asupan makanan yang sehat merupakan salah satu upaya untuk dapat sehat. Tetapi ketika seseorang sudah dalam tahap sakit, maka diperlukan istirahat yang cukup untuk membantu proses penyembuhannya. Tentu dibarengi dengan obat-obatan yang dapat menghilangkan gejala penyakit tersebut.

Biasanya penderita flu tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman dingin. Tentu hal ini dirasakan oleh orang yang bersangkutan.

Maka tidak heran jika seseorang yang sedang sakit flu biasanya menginginkan untuk memakan makanan yang hangat-hangat. Ternyata makanan tersebut ada beberapa yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan flu selain dengan tidur dan istirahat yang cukup.

Selain harus minum air putih yang banyak, terdapat juga pilihan makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi oleh orang yang sedang menderita flu juga beragam.

Referensi ini dapat anda pilih sewaktu-waktu jika anda sedang sakit flu dan ingin makan makanan yang memberikan efek nyaman tersebut.

1. Sup Ayam atau Sup Sayur

Sup Ayam
Sup Ayam

Sup ayam atau sup sayuran merupakan comfort food bagi penderita flu. Memiliki kuah yang hangat dan rasa yang gurih sehingga mampu melegakan tenggorokan dan uap dari sup mampu melegakan hidung yang sedang tersumbat.

Ayam mengandung vitamin B6, B12 dan seng yang penting untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Ayam pada sup juga dapat mencegah dehidrasi. Kuahnya yang hangat dapat memberikan keuntungan bagi tubuh yang hampr sama dengan air putih atau teh panas.

Ayam pada sup membuat kuahnya berkaldu yang mengandung anti oksidan dan fitokimia yang dapat mempercepat proses pemulihan.

2. Teh Panas

Teh Panas
Teh Panas

Teh yang diseduh dengan air panas mampu untuk membantu mempercepat proses penyembuhan flu. Uap yang dihasilkan dari teh yang masih panas-panasnya dapat memberikan efek melegakan pada hidung yang tersumbat.

Teh mengandung anti oksidan alami yang dapat melindungi dan membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh guna melawan infeksi.

Adanya bakteri dalam usus yang dapat bekerja sama untuk memecahkan senyawa flavanoid dapat meningkatkan funsi interferon tubuh sehingga dapat membantu kerja respon kekebalan tubuh. Teh juga memiliki jenisnya masing-masing.

Teh hitam yang dicampur madu dipercaya dapat membantu mengencerkan lender di dalam hidung dan madu sebagai anti bakteri. Teh hitam yang dicampur dengan perasan atau potongan buah lemon dapat membantu meredakan gejala flu dan membebaskan tubuh dari virus.

Baca Juga : 5 Jenis Jamu Tradisional Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

3. Air Kelapa

Air Kelapa
Air Kelapa

Air kelapa dan daging kelapa memiliki manfaat bagi kesehatan.

Selain airnya yang segar untuk diminum ketika merasakan dahaga, air kelapa bermanfaat bagi proses penyembuhan di kala sakit. Air kelapa mengandung kalori, gula, protein, sodium, karbohidrat dan serat yang sangat dibutuhkan tubuh ketika sedang flu.

Kandungan elektrolit pada kelapa dapat membantu menambah cairan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu air kelapa juga dapat meningkatkan peredaran darah.

4. Sayur-Sayuran

Sayur Sayuran
Sayur Sayuran

Ketika sedang sakit flu jangan lupakan konsumsi sayur-sayuran ya. Serat dalam sayur dibutuhkan tubuh untuk tetap dapat menjaga agar tidak kekurangan seratnya.

Anda dapat mengonsumsi sayuran yang direbus kemudian dinikmati bersama bumbu pecel untuk memenuhi asupan sayuran pada tubuh. Konsumsi sayuran dapat membantu mempercepat pemulihan dari sakit.

Sayuran seperti brokoli dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan vitamin C nya konsumsi brokoli dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi flu dan virus. Kandungan betakaroten dalam brokoli membantu untuk mencegah masuknya penyakit. Sayur hijau baik dikonsumsi karena mengandung zat besi sebagai anti bodi.

Sayuran lain yakni kubis dan wortel juga baik dikonsumsi saat flu. Kubis hijau atau merah memiliki anti oksidan yang tinggi, betakaroten, vitamin C, vitamin E yang baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sedangkan wortel yang mengandung betakaroten baik dikonsumsi yang kemudian zat ini akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh sebagai anti oksidan.

5. Pisang

Pisang
Pisang

Buah berwarna kuning satu ini selain mudah dikonsumsi juga dapat membantu proses pemulihan dari flu.

Tidak hanya flu, jika disertai juga dengan demam maka memilih pisang merupakan pilihan yang tepat. Pisang diperkaya dengan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan tenaga.

Kandungan vitamin B6 pada pisang dapat membantu mengurangi kelelahan, depresi, stres dan insomnia. Pisang juga dapat membantu menjaga tulang kuat dengan kandungan magnesium dan membantu mencegah tekanan darah tinggi dari kandungan potasium.

6. Telur

Telur
Telur

Ketika sedang flu, tubuh membutuhkan protein yang cukup. Telur adalah salah satu pilihan mudah untuk mendapatkan protein. Telur mengandung vitamin D yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Olahan telur juga dapat anda pilih. Mau telur tersebut direbus, diorak-arik, telur dadar dicampur sayuran atau telur goreng mata sapi dapat anda pilih untuk dikonsumsi.

Selain telur, protein juga bisa didapatkan dari berbagai macam kacang-kacangan, daging tanpa lemak, tahu, tempe, ayam dan ikan. Pengolahannya pun diharapkan dibuat dengan tektur yang mudah dikunyah.

Misalnya kacang-kacangan direbus hinga benar-benar lunak. Membuat olahan daging tanpa lemak yang dimasak dengan benar sehingga daging mudah dikonsumsi.

7. Buah Dengan Vitamin C Alami

Jeruk
Jeruk

Tidak hanya pisang yang baik dikonsumsi ketika sedang mengalami flu. Tetapi juga berbagai macam buah-buahan yang mengandung vitamin C alami.

Buah-buahan yang mengandung vitamin C alami seperti buah kiwi, buah strawberry, buah anggur, blueberry, jeruk, pepaya, lemon yang dicampur dengan minuman panas, apel, hingga tomat.

Kandungan vitamin C pada buah-buahan tersebut cukup tinggi. Maka buah-buahan tersebut baik dikonsumsi untuk membantu mempercepat proses penyembuhan flu.

Anda juga dapat memilih cara penyajian buah tersebut. Apakah dengan dimakan langsung setelah dipotong-potong atau dibuat jus. Tentu ketika membuat jus, sebaiknya tidak disaring ya agar serat buah ikut dikonsumsi dan dicerna oleh tubuh.

Sehingga tubuh dapat mendapatkan manfaat yang alami dari buah-buahan tersebut. Vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh yang sedang sakit untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menutrisinya dengan baik.

Lagi-lagi bahan-bahan yang dapat kita temukan dengan mudah di sekitar kita dapat membantu proses penyembuhan dari sakit terutama flu.

Pentingnya menjaga pola hidup salah satunya menjaga asupan makanan adalah sebagai obat alami pada tubuh. Memang sudah banyak vitamin C yang dikemas dalam obat tetapi alangkah baiknya jika mengimbangi dengan yang alami.

Untuk dapat mempercepat proses penyembuhan tidak hanya dilakukan dengan memilih makanan dan minuman tertentu saja. Tetapi diimbangi juga dengan tidur yang cukup dan berkualitas. Selain itu perbanyak istirahat agar tidak mudah stres. Stres ini terkadang menjadi salah satu faktor penyebab seseorang menjadi sakit.

Jadi, seimbangkan pola hidup sehat dengan baik. Atur jadwal olahraga yang cukup, tubuh juga perlu pelatihan agar tidak kaget jika sewaktu-waktu anda berkegiatan ekstra selama beraktivitas.

Jaga pola makan dengan makan makanan yang sehat. Atur jam tidur anda tidak hanya lama namun juga harus memiliki kualitas tidur yang baik. Tidur lama belum dapat menjamin bahwa tidur anda berkualitas.

Baca Juga : 8 Menu Sederhana Ini Dapat Dibuat Dengan Rice Cooker

Sesekali rehat dari pengaturan pola hidup juga tidak apaapa. Misalnya seminggu sekali anda makan fast food dan mengurangi beban olahraga. Namun jangan lupa untuk menggantinya di lain hari dengan makan makanan sehat, minum air putih yang banyak, olahraga tetap dijaga serta tidur dan istirahat yang cukup. Yuk sayangi diri anda.

Written by Rima Mustika

Clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.