in , ,

Seimbangkan Kehidupan Pribadimu dengan Pekerjaan, Ini Caranya

Tak banyak orang mampu menyeimbangkan kehidupan pribadi dengan pekerjaannya. Terlebih bagi orang yang memiliki kedudukan tinggi atau memiliki ambisi yang tinggi pada karirnya. Mereka bahkan rela mengambil waktu liburnya untuk bekerja.

Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi ketidakmampuan seseorang dalam menyeimbangkan kehidupan pribadinya dengan pekerjaan yang mereka miliki. Entah itu karena mereka dituntut untuk memenuhi kebutuhan keluarga atau memang hanya sebatas ambisi belaka.

Dalam buku The Power of Resilience: Achieving Balance, Confidence, and Personal Strength in Your Life, seorang psikolog bernama Robert Brooks menyatakan bahwa banyak orang mengalami kesulitan dalam membagi waktu untuk pekerjaan dan kehidupan pribadi. Mereka takut dipecat sehingga mereka bekerja keras dan melupakan waktu untuk sekadar menikmati hidup.

Nah, untuk kamu yang saat ini juga mengalami kesulitan untuk menyeimbangkan antara kehidupan pribadimu dengan pekerjaan, mungkin artikel ini bisa cukup membantumu. Berikut 7 cara yang bisa kamu coba praktikkan.

1. Memanfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Memanfaatkan Waktu
Memanfaatkan Waktu

Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk mengobrol atau menggosip di jam kerja. Nah, kebiasaan yang tak penting seperti itu harus kamu tinggalkan, ya. Jangan menghabiskan waktumu untuk hal yang tidak bermanfaat.

Saat jam kerja, maka kamu harus menggunakan waktu tersebut untuk menyelesaikan semua pekerjaanmu. Jangan malah menggunakan waktu itu untuk hal lainnya. Cobalah untuk melakukan beberapa hal ini:

  • Datang tepat waktu, jangan sampai terlambat.
  • Fokuslah melakukan semua pekerjaanmu saat jam kerja, jangan membuang waktumu untuk hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaanmu.
  • Hindari bermain media sosial atau mengobrol dengan rekan kerja pada jam kerja, kamu bisa melakukannya saat jam istirahat tiba.

2. Utamakan Waktu untuk Beribadah

Beribadah
Beribadah

Setiap agama pasti memiliki waktu yang berbeda untuk beribadah. Tapi tidak peduli apapun agama yang kamu miliki, tetaplah utamakan waktu untuk beribadah. Jangan sampai kamu melupakan ibadahmu karena segala kesibukan yang kamu miliki.

Seringkali orang-orang lebih memilih mengorbankan waktu ibadahnya dibandingkan meninggalkan pekerjaannya untuk beribadah. Padahal beribadah menjadi salah satu cara untuk mendapatkan sebuah ketenangan setelah menyibukkan diri dengan keperluan duniawi, termasuk urusan pekerjaanmu.

Meskipun kamu tengah disibukkan dengan banyak pekerjaan, usahakan untuk tetap beribadah, ya. Ingatlah bahwa apa yang kamu miliki saat ini asalnya dari Tuhanmu. Jangan menjadi orang yang tak tahu terima kasih pada Tuhanmu dengan mengabaikan kewajibanmu untuk beribadah pada-Nya.

3. Buatlah Jadwal Kegiatan dan Lakukan Kegiatanmu Sesuai Jadwal yang Kamu Susun

Membuat Jadwal
Membuat Jadwal

Untuk memudahkanmu dalam mengatur waktu, kamu bisa menggunakan cara yang satu ini. Buatlah jadwal kegiatan yang harus kamu lakukan dalam sehari penuh. Beraktivitaslah sesuai dengan jadwal yang sudah kamu susun sebelumnya.

Ingat, ya. Sekali saja kamu melakukan hal yang tidak sesuai dengan jadwal yang kamu susun, maka keseluruhan jadwalmu pasti akan berantakan. Untuk itu, kamu harus bisa berkomitmen dengan jadwal yang kamu buat.

Saat kamu menyusun jadwal, buatlah jadwal yang seimbang untuk kehidupan pribadimu dan pekerjaanmu. Jangan hanya mengutamakan jadwal bekerja saja. Kamu juga perlu memiliki waktu untuk dirimu sendiri, keluargamu, dan teman-temanmu.

Baca Juga : 9 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Sedang Bekerja

4. Cintai Dirimu Sendiri dan Juga Pekerjaan yang Kamu Miliki

Mencintai Pekerjaan
Mencintai Pekerjaan

Cara selanjutnya adalah dengan mencintai diri sendiri dan pekerjaan yang kamu miliki. Mencintai diri sendiri akan membuatmu lebih memperhatikan kehidupan pribadimu. Dengan begitu kehidupan pribadimu tidak akan terabaikan dengan mudah.

Selanjutnya adalah dengan mencintai pekerjaan yang kamu miliki. Dengan begitu kamu akan melakukan semua pekerjaanmu dengan sepenuh hati dan kamu pun akan lebih enjoy dalam menjalaninya. Hal itu akan membuat bebanmu dalam melakukan pekerjaan menjadi berkurang.

Jadi, mulai sekarang cobalah untuk mencintai dirimu sendiri sekaligus pekerjaan yang kamu miliki. Jangan menganggap dirimu dan pekerjaanmu adalah satu hal yang membebani pikiranmu. Jangan terlalu banyak mengeluh dengan segala yang kamu miliki saat ini.

5. Jangan Menunda Pekerjaan Apapun Alasannya

Jangan Menunda Pekerjaan Apapun
Jangan Menunda Pekerjaan Apapun

Pekerjaan yang menumpuk akan membuatmu semakin sulit meluangkan waktu untuk kehidupan pribadimu. Jadi, sebisa mungkin kerjakan semua pekerjaan tanpa menundanya. Jangan biasakan menunda pekerjaan dengan alasan deadline pengumpulannya masih lama.

Kebiasaan menunda pekerjaan akan membuat jadwal yang kamu susun menjadi berantakan sehingga keseimbangan work and life-mu akan terganggu. Jangan suka membuat alasan untuk dapat menunda pekerjaanmu.

Pekerjaan yang belum selesai saat deadline pengumpulan sudah dekat juga akan membuatmu stres. Hasilnya, waktu istirahatmu pun akan terpengaruh. Jika istirahatmu sudah terganggu, tidak hanya kesehatan mentalmu yang akan terganggu, tetapi juga kesehatan fisikmu.

6. Jaga Asupan Makananmu

Menjaga Asupan Makanan
Menjaga Asupan Makanan

Kebanyakan orang hanya peduli dengan “yang penting makan” atau “yang penting makanannya enak”. Namun tidak banyak orang yang berpikir tentang “apakah makanan itu sehat?”

Sebagian besar orang-orang yang disibukkan dengan pekerjaan tidak terlalu memperhatikan keseimbangan gizi dalam makanan yang mereka konsumsi. Padahal makanan dengan gizi yang seimbang harusnya diperhatikan untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh kita.

Makanan yang kamu konsumsi memiliki peran untuk membuat tubuhmu tetap sehat dan produktif. Asupan gizi yang tidak seimbang akan membuatmu lebih mudah sakit dan tidak bisa optimal dalam melakukan pekerjaanmu.

7. Sesibuk Apapun Dirimu, Tetap Luangkan Waktu untuk Berolahraga

Berolahraga
Berolahraga

Bagi kamu yang sangat sibuk bekerja pasti merasa sulit untuk meluangkan waktu. Jangankan untuk berolahraga, untuk beristirahat saja seringkali kamu tidak memiliki waktu yang cukup.

Sangat disayangkan jika kamu tidak mengumpulkan niat untuk berolahraga secara rutin di sela-sela kesibukanmu. Kenapa? Karena olahraga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuhmu. Tidak hanya itu, ketika kesehatanmu optimal dan staminamu meningkat, tentu saja kamu juga akan lebih mudah fokus dalam bekerja.

Olahraga termasuk salah satu aktivitas fisik yang mampu menyeimbangkan hidupmu, loh. Jadi, akan sangat baik jika kamu meluangkan waktu 30 menit sampa satu jam untuk berolahraga setiap harinya. Jika dirasa sangat sulit, kamu bisa membiasakan olahraga sekali dalam seminggu sebagai permulaan.

Baca Juga : Ubah Kebiasaan Menunda Pekerjaan Dengan 9 Cara Ini

Itu dia 7 cara yang bisa kamu gunakan untuk menyeimbangkan kehidupan pribadimu dengan pekerjaanmu. Mungkin memang sulit untuk melakukannya, tapi bukan berarti kamu tidak akan mampu mewujudkannya dengan segala usaha yang kamu lakukan.

Asal kamu memiliki niat yang besar dan benar-benar mau mempraktikkannya secara konsisten, secara perlahan pasti kamu akan mampu menyeimbangkan antara kehidupan pribadimu dengan pekerjaanmu.

Written by Dina Novia

Punya hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.