Inilah Alasan Kenapa Sekolah Itu Penting Tapi Tidak Cukup

Banyak sekali orang yang mengatakan bahwa masa sekolah adalah masa terbaik dalam

Mirza M. Haekal Mirza M. Haekal · 4 min read >
Sekolah Itu Penting Tapi Tidak Cukup

Banyak sekali orang yang mengatakan bahwa masa sekolah adalah masa terbaik dalam kehidupan mereka—terutama saat SMA. Mereka teringat dengan pertemanan dan kesenangan yang mereka lakukan di masa sekolah, jauh dari stres akan bagaimana cara agar bisa tetap bertahan hidup di zaman ini.

Namun, selain pertemanan dan berbagai kenangan indah yang mereka ingat di masa sekolah, berapa banyak dari mereka yang masih ingat tentang hal-hal atau pelajaran yang diajarkan di sekolah dulu? Saya yakin jumlahnya tak banyak.

Pada intinya, sebenarnya sekolah itu dimaksudkan untuk mengajarkan berbagai macam pengetahuan dan menyiapkan anak-anak muda untuk bisa berpartisipasi dalam dunia nyata kelak. Namun, walaupun sekolah punya niat yang baik, tapi saya tak yakin kalau janji dan tujuan sekolah itu benar-benar terwujud.

Sejak kita kecil, kita diberi tahu bahwa pergi ke sekolah itu sangat penting dan tak boleh dilewatkan, kan? Kamu pasti sering mendengarkan kata-kata ini dulu, “jangan bolos sekolah”, “jangan sampai telat masuk kelas”,”kerjakan PR-mu” , “dengarkan kalau guru berbicara,” dan lain sebagainya.

Dengan berbagai tekanan yang tiada habisnya dari orang tua dan guru, bukan hal yang mengejutkan kalau dikeluarkan dari sekolah atau drop out merupakan hal yang buruk. Gagal untuk lulus itu dianggap sebagai musibah dan sering membuat mereka susah untuk mencari pekerjaan.

Namun, nanti akan saya berikan beberapa contoh dari orang-orang paling kreatif dan paling sukses di dunia ini adalah orang-orang yang ironisnya, drop out dari sekolah.

Pendidikan Itu Tak Hanya Tentang Sekolah

Pendidikan Tak Hanya Tentang Sekolah
Pendidikan Tak Hanya Tentang Sekolah

Jika kamu pikirkan dan lihat baik-baik, pendidikan itu sebenarnya adalah proses untuk mempelajari sesuatu atau untuk mendapatkan pengetahuan, skill, nilai-nilai, kepercayaan dan kebiasaan.

Pendidikan memang seringnya terjadi dengan bimbingan dari para pendidik, namun—orang-orang yang ingin belajar, juga bisa kok mendidik diri mereka sendiri.

Sekolah itu adalah salah satu tempat untuk mendapatkan pendidikan, tapi sebenarnya, pendidikan itu bisa kamu lakukan di manapun, kapanpun dan dengan siapapun—termasuk dengan dirimu sendiri.

Pendidikan juga bisa terjadi di berbagai latar kehidupan. Dan setiap pengalaman yang membuatmu berpikir, membuatmu merasakan dan membuatmu melakukan sesuatu juga bisa disebut sebagai suatu pendidikan.

Jadi, singkatnya, pendidikan adalah cara belajar yang tak ada batasnya.

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, beberapa orang-orang paling sukses di dunia ini adalah siswa drop out dari sekolah. Namun, mereka tentu saja bukanlah orang yang bodoh atau tak berpendidikan.

Daripada sekolah, mereka belajar sendiri secara otodidak dan dari pengalaman hidup mereka.

Baca Juga : 10 Kebiasaan Positif yang Akan Membuat Hidupmu Lebih Produktif

Richard Branson
Richard Branson

Seperti contohnya, Richard Branson, pendiri dari Virgin yang gagal menamatkan SMA karena ia drop out saat berusia 16 tahun. Tak hanya itu saja, Branson juga menderita dyslexia dan nilai akademisnya juga buruk, lho.

Tak heran kalau para gurunya saat itu menganggap bahwa ia adalah siswa yang gagal. Namun sekarang, Branson mempunyai kekayaan hingga US$ 4 milyar.

Nah, bisa dilihat kan kalau pendidikan itu bisa dilakukan di mana saja dan tak hanya terbatas di sekolah?

Untuk menjadi sukses di sekolah, kamu haruslah menjadi murid yang patuh dan tak peduli apakah kamu memang murid yang baik atau tidak, itu tergantung dari ekspektasi dari para guru-gurumu.

Sehingga pada akhirnya, sekolahmu itu punya tujuan untuk memenuhi ekspektasi dari orang lain, daripada benar-benar mempelajari apa yang penting agar bisa mempunyai kehidupan yang Bahagia, sehat dan produktif.

Sekolah dan realitas itu seringnya bertentangan satu sama lain. Agar bisa sukses dalam kehidupan, kamu harus berpikir out of the box atau punya pola pikir yang berbeda daripada melakukan hal yang sama dengan yang orang lain lakukan.

Ada banyak hal yang harus dipelajari dalam kehidupan ini selain pelajaran sekolah, seperti bagaimana cara mendapatkan dan mempertahankan hubungan yang positif dengan orang lain, bagaimana caranya untuk bekerja secara pintar, bagaimana caranya agar hidup ini bisa lebih berarti dan lain sebagainya.

Hal-hal di atas adalah hal-hal yang kemungkinan tak bisa kamu pelajari dari sekolah.

Tapi, jika kamu tak berhenti mendidik dirimu sendiri dengan cara yang berbeda-beda—dari pengalaman hidup dan dari buku-buku di luar mata pelajaran, maka kamu tak akan berhenti belajar dan bisa menerapkan pengetahuan barumu tersebut ke kehidupan.

Baca Juga : Kuadran Prioritas, Cara Mengatur Waktu Agar Efektif dan Anti Stres

Cara Memanfaatkan Pendidikan Alternatif Selain Sekolah Dengan Lebih Baik

Pendidikan Alternatif Selain Sekolah
Pendidikan Alternatif Selain Sekolah

Saya harap, saya sudah memberikan sedikit penjelasan kenapa pendidikan itu lebih baik daripada sekolah. Sekarang, saatnya saya memberikan beberapa tips untukmu agar bisa memanfaatkan berbagai alternatif dari sekolah dengan lebih baik.

1. Jangan Batasi Belajar Hanya di Sekolah Saja.

Jika kamu ingin bisa maju dalam kehidupan ini, jangan hanya mengandalkan belajar dari sekolah/institut/universitas saja.

Cobalah untuk mencari cara untuk belajar berbagai hal dan menerapkan pengetahuan yang benar-benar penting dalam hidupmu. Pembelajaran di luar sekolah ini bisa kamu lakukan lewat buku, video, les, seminar ataupun pengalaman hidup.

2. Lakukan Sesuatu di Luar Hal yang Kamu Sukai Saja

Jika kamu hanya tertarik terhadap hal-hal yang sudah kamu ketahui dan juga hal-hal yang memang kamu sukai, kamu tak akan bisa mengalami perubahan yang signifikan dalam perkembangan dirimu itu.

Maka dari itu, cobalah untuk mencari cara belajar diluar zona nyamanmu, bisa dari memabca buku atau melakukan  hal yang berbeda. Contonya, jika sekarang kamu bekerja sebagai penulis—cobalah untuk belajar alat musik.

Kamu akan terkejut betapa belajar musik akan membantumu dalam menulis dan disamping itu, kamu juga punya hobi baru untuk dilakukan.

3. Bicara Dengan Orang-Orang Pintar

Apakah kamu sadar kalau orang-orang yang sukses itu kumpulnya juga dengan orang-orang sukses yang lainnya? Ini memang bukanlah suatu kebetulan saja, karena lingkungan pertemananmu itu juga menunjukkan tentang dirimu sendiri.

Orang-orang yang sukses selalu mencoba membangun jaringan dengan orang sukses lain dan belajar dari mereka juga. Kamu juga bisa kok melakukan hal yang sama.

Caranya adalah tingkatkan kepercayaan dirimu dan mulailah menghabiskan waktu dengan orang-orang yang kreatif, positif dan tentu saja sukses.

Sekalinya kamu melakukan hal tersebut, dalam waktu yang singkat kamu akan terinspirasi dari ide mereka, pola pikir mereka dan bagaimana mereka berani mengambil tindakan agar menjadi sukses. Biarkan kesuksesan mereka menular kepadamu.

4. Selalu Bertanya dan Berpikir Diluar Hal-Hal yang Sudah Dijelaskan

Cobalah untuk menanyakan berbagai hal yang sudah diajarkan semasa muda dulu kepada dirimu sendiri. Cobalah juga untuk menanyakan berbagai hal yang ada dalam dunia ini. Dan cobalah untuk selalu berpikir diluar hal-hal yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Jika kamu melakukan itu, maka kamu akan mempunyai perspektif baru dalam kehidupan yang akhirnya bisa memberikanmu berbagai ide-ide dan tujuan baru dalam hidupmu—yang mungkin saja bisa menjadi awal dari kesuksesanmu kelak.

Jika kamu menengok ke belakang, banyak sekali orang-orang sukses di dunia ini yang melakukan hal-hal dengan cara yang berbeda. Mereka punya cara berpikir dan cara bertindak baru yang akhirnya merubah dunia ini.

Beberapa contohnya adalah Henry Ford, Bill Gates, Steve Jobs dan Elon Musk.

5. Pendidikan Itu Tak Hanya Tentang Belajar Untuk Diri Sendiri

Belajar itu tak seharusnya satu arah saja. Bahkan faktanya, berdasarkan berbagai pengalaman orang-orang, bahwa mereka belajar lebih banyak saat mereka mengajar, menjadi tutor ataupun menjadi mentor dari orang lain.

Walaupun kamu tak punya kemampuan yang tinggi, tapi selalu ada orang yang punya kemampuan di bawahmu yang akan senang hati belajar darimu.

Maka dari itu, cobalah untuk mencari berbagai kesempatan untuk membagikan ilmu dan kemampuanmu kepada orang lain.

6. Tetap Belajar

Jika kamu tak pernah berhenti belajar, kamu akan menemukan berbagai hal menarik tentang kehidupan dan tentang dirimu sendiri yang awalnya kamu kira suatu hal yang tak mungkin.

Kamu juga akan dengan mudah mengalahkan sainganmu—walaupun sainganmu tersebut dulunya punya nilai akademis yang jauh lebih tinggi darimu.

Jadi intinya adalah, sekolah itu hanyalah bagian kecil dari pendidikan, karena pendidikan adalah suatu cara untuk tetap belajar, untuk tetap tumbuh dan untuk tetap menikmati kehidupan ini. Lalu, setelah membaca artikel ini, bagaimana keputusanmu?

Baca Juga : 5 Manfaat Membaca Yang Tidak Pernah Kamu Duga Sebelumnya

Apakah kamu akan tetap mengandalkan pencapaian akademismu dulu atau kamu akan mulai belajar dari apapun yang kamu alami dalam hidupmu? Kalau saya pribadi, merekomendasikan hal yang kedua, sih.

Mirza M. Haekal
Mirza is a Digital Nomad that tries to live a healthy and productive lifestyle. Read Full Profile