in

Tak Ingin Sering Bertengkar dengan Pacar? ini 9 Tipsnya

Agar Tidak Sering Bertengkar Dengan Pacar

Pertengkaran dalam sebuah hubungan percintaan adalah hal yang wajar terjadi. Kok bisa? Untuk menyatukan hati dan pikiran satu orang saja sulit, apalagi menyatukan dua hati dan dua pikiran yang dimiliki oleh dua orang dengan karakter yang berbeda. Tentu saja perlu kesabaran dan sikap mengerti pasangan satu sama lain.

Setiap hubungan, baik itu saat masih pacaran atau sudah menikah sekali pun, akan selalu menemui masalah yang menjadi penyebab sebuah pertengkaran. Namun bagaimana masalah itu bisa terselesaikan dan pertengkaran bisa dihindari, semua tergantung dari sikapmu dan juga sikap pacarmu dalam mengatasinya.

Eits, tapi jangan selalu memandang pertengkaran sebagai hal yang negatif ya. Sebenarnya pertengkaran juga memiliki manfaat dalam hubungan. Pertengkaran menjadi salah satu proses yang harus kamu dan pacarmu lalui untuk bisa lebih saling memahami satu sama lain.

Bertengkar dengan pacar bukan hal yang selalu mendatangkan keburukan kok. Tapi sebisa mungkin kamu dan pacarmu harus tetap berusaha menghindarinya. Jangan sampai intensitas pertengkaran justru lebih sering dibandingkan intensitas perdamaian dalam hubunganmu.

Agar hubunganmu bisa terhindar dari pertengkaran, kamu harus tahu tips apa saja yang bisa membantumu. Berikut 9 tips ampuh yang bisa kamu gunakan agar tidak sering bertengkar dengan pacar.

1. Bersikap Terbuka

Bersikap Terbuka Dengan Pacar
Bersikap Terbuka Dengan Pacar

Sebisa mungkin bersikaplah terbuka kepada pacarmu. Jangan menyembunyikan banyak hal darinya yang akhirnya hanya akan membuat rahasia itu menjadi penyebab pertengkaran di antara kalian.

Sebuah hubungan tidak akan bisa berdiri kokoh tanpa adanya kejujuran dan sikap terbuka dari orang yang menjalaninya. Jadi, kamu mulai saat ini berusahalah untuk bersikap terbuka dengan pacarmu. Jangan menyembunyikan terlalu banyak hal darinya jika kamu tak ingin sering bertengkar dengannya.

2. Menjalin Komunikasi yang Baik

Ciptakan Komunikasi Yang Baik Dengan Pasangan
Ciptakan Komunikasi Yang Baik Dengan Pasangan

Komunikasi juga menjadi kunci dari kesuksesan sebuah hubungan. Komunikasi yang baik akan meminimalisasi adanya pertengkaran dalam hubungan. Sebaliknya, komunikasi yang buruk akan menciptakan banyak kesalahpahaman yang akan memicu konflik dalam hubungan tersebut.

Mulai dari memperhatikan ucapan yang keluar dari mulutmu. Pastikan bahwa tidak ada kata-kata buat pacar yang dapat menyakiti hatinya.

Usahakan untuk selalu berdiskusi dengan pacarmu jika ada sesuatu yang menyangkut keberlangsungan hubungan kalian. Jika ada masalah, sampaikan secara langsung kepada pacarmu dan cari solusi terbaik untuk masalah tersebut bersama.

3. Tidak Menunda Penyelesaian Masalah

Tidak Menunda Penyelesaian Masalah
Tidak Menunda Penyelesaian Masalah

Tidak semua orang memiliki kebiasan untuk menyelesaikan masalah sesegera mungkin. Sebagian dari mereka justru lebih memilih lari dari masalah yang dia hadapi dengan pasangannya.

Nah, jika kamu tidak ingin sering bertengkar dengan pacarmu, kamu harus bisa bersikap bijaksana. Sebisa mungkin selesaikan masalahmu dengan pacarmu di hari yang sama. Jangan menunda-nundanya sampai akhirnya masalah itu justru semakin besar dan sulit diatasi lagi.

Beberapa pasangan kerap bertengkar karena masalah kecil yang berlarut-larut karena tidak diselesaikan sesegera mungkin. Ujung-ujungnya tidak hanya pertengkaran saja yang terjadi, tetapi juga perpisahan di antara keduanya.

4. Adil dalam Membagi Waktu untuk Pasangan dan Hal Lainnya

Membagi Waktu Dengan Pasangan
Membagi Waktu Dengan Pasangan

Kamu pasti membutuhkan waktu untuk dihabiskan bersama keluarga, teman, sampai passion yang kamu miliki. Namun kamu juga tidak boleh terlalu mengabaikan pacarmu.

Kamu harus bisa mengatur waktumu dengan baik. Bagilah waktumu secara adil sehingga pacarmu tidak akan merasa bahwa dirinya tidak menjadi prioritas dalam hidupmu.

Biasanya nih, ada banyak orang yang bertengkar dengan pacarnya karena lebih banyak menghabiskan waktunya bersama teman-temannya. Belum lagi bagi orang yang hobi main game. Bisa-bisa seharian pacarnya diabaikan karena lebih asyik dengan game yang sedang dimainkan.

Baca Juga : Tak Harus Materi, Ini 8 Cara Manjalin Hubungan Dengan Pacar

5. Menghindari Perilaku yang Mengarahkanmu pada Perselingkuhan

Menghindari Perselingkuhan
Menghindari Perselingkuhan

Untuk para cowok, sebisa mungkin jangan menjalin hubungan yang terlalu dekat dengan teman cewek, ya. Hal ini juga berlaku bagi para cewek. Saat kamu sudah berani berkomitmen untuk pacaran, artinya kamu harus bisa membatasi hubunganmu dengan lawan jenismu yang lain.

Jangan sampai kedekatanmu dengan teman lawan jenis justru menjadi boomerang bagi hubungan yang kamu jalin dengan pacarmu. Jangan sampai kamu menciptakan kesalahpahaman dari kedekatan yang kamu miliki dengan teman lawan jenismu itu.

6. Mendukung Pendidikan dan Karirnya

Mendukung Karir dan Pendidikan Pacar
Mendukung Karir dan Pendidikan Pacar

Dukunganmu sebagai pasangan sangat dibutuhkan oleh pacarmu dalam mengejar pendidikan dan karirnya. Itulah kenapa saat dia tidak mendapatkan dukungan itu darimu, akan ada rasa kecewa yang dia rasakan dan ujung-ujungnya akan menimbulkan pertengkaran di antara kalian.

Selama hal yang dilakukan oleh pacarmu adalah sesuatu yang positif, berikan dukunganmu kepadanya. Tunjukkan bahwa kamu selalu ada untuk menjadi supporter-nya.

7. Memberi Kejutan Kecil

Memberi Hadiah
Memberi Hadiah

Tips yang satu ini seringkali diabaikan oleh beberapa pasangan. Padahal memberi kejutan kecil adalah salah satu cara untuk menjadikan hubungan tetap hangat dan jauh dari pertengkaran.

Sebagai contoh, kamu bisa memberinya barang yang dia inginkan atau memberinya tiket liburan ke tempat yang dia ingin kunjungi. Jangan menunggu momen spesial seperti hari jadian atau ulang tahun untuk memberinya sebuah kejutan, ya.

Kamu perlu lebih tanggap dalam mengerti apa yang sedang dia butuhkan dan inginkan. Dengan begitu akan lebih mudah untukmu menentukan kejutan apa yang harus kamu berikan kepadanya.

8. Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi Pendengar Yang Baik Untuk Pacar
Menjadi Pendengar Yang Baik Untuk Pacar

Untuk menghindari pertengkaran, tips ini wajib kamu gunakan. Kamu harus menjadi pendengar yang baik untuk pacarmu. Jangan hanya ingin didengar tanpa mau mendengar, ya.

Dengan mendengarkan semua hal yang ingin dia sampaikan, kamu pun akan lebih mudah untuk memahami apa yang dia inginkan. Inilah yang akan membuat pertengkaran dalam hubungan kalian bisa lebih ditekan.

9. Merencanakan Liburan untuk Menikmati Quality time Bersama

Pergi Ketempat Indah Bersama Pasangan
Pergi Ketempat Indah Bersama Pasangan

Di tengah kesibukanmu, cobalah untuk meluangkan waktu. Ajak pacarmu pergi liburan untuk menikmati quality time kalian. Jangan terlalu menyibukkan diri dengan duniamu sendiri.

Tidak harus pergi liburan ke tempat yang jauh dan membutuhkan budget tinggi. Kamu juga bisa mengajaknya pergi liburan ke tempat yang bisa kamu jangkau dengan mudah bersama pacarmu. Mengingat kalian pun mungkin memiliki kesibukan yang cukup padat.

Kamu tidak bisa memaksa pacarmu menjadi sosok pacar terbaik menurut versimu sendiri. Akan tetapi, kamu bisa berusaha menjadi pacar terbaik untuknya berdasarkan standar yang kamu miliki. Jika kamu benar-benar tak ingin sering bertengkar dengan pacarmu, maka jadilah versi terbaik dari dirimu untuk menjadi pendampingnya.

Baca Juga :

Written by Dina Novia

Language Instructor and Web Content Writer (Freelance)