in , ,

10 Sifat Dasar Manusia Yang Sangat Menyenangkan

Sifat Dasar Manusia Yang Positif

Sifat dasar manusia merupakan akar dari sikap yang akan menetap pada seseorang. Sifat ini sendiri sebenarnya cukup banyak untuk dibahas dalam satu artikel. Namun akan dibahas mengenai sifat dasar manusia dari yang paling umum terlebih dahulu.

Sifat seseorang tentunya akan sulit jika ingin dirubah.

Faktor yang memengaruhi sifat seseorang berasal dari lingkungan dan cara individu dibesarkan. Setiap manusia sudah pasti memiliki karakter yang berbeda. Berbeda karakter berbeda pula sifat yang dimiliki. Sifat ini akan memengaruhi respon Anda kepada orang di sekeliling.

Pastinya tidak semua orang dapat menyenangkan kita dengan respon yang diberikan. Akan ada saja respon yang kurang menyenangkan.

Namun sifat dasar manusia ini tidak semuanya buruk.

Ada juga sifat manusia yang baik dan dapat menyenangkan orang lain. Kita sendiri pun dapat bersikap demikian kepada orang lain. Tahukah Anda sifat dasar manusia yang baik apa saja itu?

Berikut ulasan sifat tersebut.

Sabar

Kesabaran perlu ditanamkan dan dipelajari sejak dini. Sifat sabar ini diperlukan pada saat misalnya sedang mengantri atau menghadapi persoalan tertentu.

Bisa juga untuk menguatkan diri seseorang yang sedang ditimpa musibah.

Bayangkan jika seseorang tidak memiliki sifat sabar, pastinya individu tersebut akan mudah stres karena emosi negatif terus menerus dikeluarkan.

Alih-alih memikirkan dengan matang, masalah justru semakin rumit dengan dibarengi kemarahan yang menguras energi.

Dengan adanya sifat sabar, Anda pasti akan lebih kuat dalam menghadapi persoalan yang ada.

Jujur

Menjadi seseorang yang jujur pastinya dapat menyenangkan orang lain. Sifat dasar manusia yang satu ini cukup berharga dan mahal harganya.

Dengan memiliki sifat jujur, Anda bisa mendapatkan kepercayaan dari orang lain dalam kehidupan bersosialisasi sebagai manusia.

Sudah bisa dibayangkan bukan jika Anda berbohong sekali saja untuk menutupi kesalahan, orang akan tidak mudah memercayai Anda setelahnya.

Setia

Setia berarti memiliki loyalitas yang tinggi.

Sifat dasar manusia ini mencakup pada pengabdian terhadap orang yang Anda cintai dan juga orang yang berada di sekitar Anda. Menjadi seseorang yang loyal juga merupakan hal yang berharga.

Dengan adanya kesetiaan, Anda akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dan kemudahan untuk menjalin relasi dengan orang lain.

Hal ini akan membantu Anda untuk mencapai goals dalam hidup.

Pemaaf

Jika Anda berbuat kesalahan rasanya akan senang sekali untuk dimaafkan oleh orang tersebut. Pasalnya semua orang pasti pernah membuat kesalahan. Jika terus diungkit maka tidak akan ada habisnya.

Karena kesalahan yang sudah terjadi sudah tidak bisa dirubah. Yang ada hanya diperbaiki.

Caranya?

Dengan menanamkan sifat dasar manusia yakni meminta maaf dan saling memaafkan.

Memaafkan orang lain juga menjadi faktor utama dalam melepaskan emosi negatif dari diri Anda.

Anda akan merasakan kepuasan dan lega tersendiri karena tidak ada dendam yang tersembunyi. Dendam akan menjadi beban dalam pikiran Anda sampai kapanpun.

Jadi cobalah untuk lebih mudah memaafkan agar hidup Anda lebih tenang dan nyaman.

Bermurah Hati

Konsep murah hati di sini adalah untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Ketika ada orang di sekitar Anda yang membutuhkan pertolongan, Anda bersedia dan mampu untuk membantunya.

Sifat dasar manusia ini juga dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi Anda yang melakukannya.

Apalagi jika Anda melakukan secara ikhlas dari hati, maka Anda akan merasakan suatu kepuasan yang tidak bisa dibayangkan sebelumnya.

Adil

Berperilaku adil juga dibutuhkan dalam hidup. Anda sendiri mungkin tidak akan menyukai jika diperlakukan secara tidak adil oleh siapapun.

Sifat dasar manusia ini mencakup integritas dan kejujuran dalam memilih keputusan dari penilaian secara objektif. Maksudnya adalah Anda bisa memilah sesutau hal tanpa ada pihak yang terbebani.

Hal ini cocok untuk diterapkan dalam konteks keluarga, pekerjaan, teman dan juga pasangan. Jadi tidak ada pihak yang merasa dirugikan satu sisi saja. Semua merasakan pembagian yang sama rata.

Sopan Santun

Norma di negara kita cukup baik untuk mengatur tata krama seeorang kepada orang lain. Sifat dasar manusia yang satu ini akan membuat Anda menjadi nyaman.

Siapa yang tidak nyaman diperlakukan dengan sopan dan santun.

Begitu juga diri Anda sendiri, Anda bisa menerapkan sifat sopan dan santun dalam diri untuk menghadapi orang lain terutama yang lebih tua.

Sopan santun ini juga mencakup etiket dari pribadi baik seseorang. Sikap sopan ini akan menunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang menyenangkan.

Memiliki Kasih Sayang

Semua sifat sebelumnya memang baik untuk diterapkan pada kehidupan. Namun rasanya akan kurang lengkap jika seseorang tidak memiliki rasa kasih dan sayang.

Dengan adanya sifat dasar manusia yang satu ini Anda dapat memiliki empati terhadap orang lain.

Sifat ini dapat membuat orang lain nyaman dan senang dengan diri Anda.

Hal ini tidak hanya berlaku pada manusia ke manusia lain saja, tetapi juga kepada makhluk hidup lainnya.

Tanggung Jawab

Segala sesuatunya memiliki risiko. Untuk dapat menerima risiko tersebut, Anda diharapkan untuk menanamkan sifat dasar manusia yakni tanggung jawab.

Individu yang bertanggung jawab pada semua keputusan hidupnya akan lebih melegakan karena Anda tidak akan merepotkan orang lain.

Mau hasilnya baik atau buruk, Anda akan dapat belajar untuk menerima kelebihan dan kekurangan dengan tepat.

Karena semua dalam hidup ini harus bisa dipertanggung jawabkan oleh diri kita sendiri.

Kepercayaan Diri

Jika kita melihat orang yang tidak percaya diri dengan orang yang percaya diri, manakah yang ingin Anda jadikan teman? Tentunya adalah orang yang percaya diri.

Namun keduanya sebaiknya tetap Anda jadikan teman. Mengapa? Karena orang dengan sifat dasar manusia yang percaya diri akan meningkatkan semangat dalam diri Anda secara langsung.

Bahkan terkadang rasa takut yang Anda miliki bisa diminimalisir dengan memiliki orang yang percaya diri di samping Anda.

Namun apabila Anda menemukan ada orang yang kurang percaya diri diantaranya, Anda juga dapat membantunya untuk meningkatkan percaya diri dengan bergaul bersama keduanya.

Dengan begitu ia juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri untuk melakukan tugas penting kehidupan.

Menjadi orang baik tidak harus selalu memberikan materi bukan, membantu teman untuk menjadi lebih percaya diri juga merupakan sesuatu hal yang baik.

Coba pelajari juga :

Semua sifat di atas ini adalah sebagian dari sifat dasar manusia yang ada.

Sifat ini akan dapat menyenangkan orang lain. Namun sebaiknya tetap menjadi pribadi yang menyenangkan tanpa ada alasan tertentu ya. Lakukan dengan alasan murni untuk menyenangkan diri Anda terlebih dahulu. Karena tidak semua orang dapat menerima dengan baik sifat menyenangkan dari diri Anda.

Maka Anda boleh berusaha untuk menjadi pribadi yang menyenangkan dengan sifat dasar manusia tersebut. Namun jangan pula berusaha memaksakan diri untuk menjadi seseorang yang menyenangkan hanya karena orang lain. Lakukan demi kebaikan Anda sendiri.

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.