in

Sikap Pacar Tiba-tiba Berubah, Ini 5 Cara Menghadapinya

Sikap Pacar TIba-TIba Berubah

Pacar kamu yang dulunya senang menghabiskan waktu bersama, sekarang berubah dan malah sering menghindar? Pacar kamu yang dulunya selalu memberi kabar sekarang sudah jarang?

Ya, pastinya kesal melihat orang yang dulunya begitu perhatian tiba-tiba berubah menjadi cuek, namun perubahan sikap itu memang terjadi dalam setiap hubungan. Kita kesal karena merasa sesuatu yang sudah baik itu tidak perlu diubah lagi.

Tentu wajar saja jika kamu kesal, namun apakah dengan begitu bisa memperbaiki keadaan? Nah, berikut adalah 5 cara menghadapi sikap pacar yang berubah.

1. Mengubah Pandangan Tentang Perubahan

Mengubah Pandangan Tentang Perubahan
Mengubah Pandangan Tentang Perubahan

Mungkin kamu semakin kesal mengetahui bahwa yang harus diubah adalah cara kamu dalam memandang perubahan. Sebab mungkin kamu merasa dialah yang bersalah karena seharusnya dia tidak perlu berubah.

Sekarang pertanyaannya adalah mengapa kamu harus kesal dan menderita saat melihatnya berubah? Seharusnya yang kamu pikirkan adalah apa hal positif yang terjadi setelah perubahan?

Kita seringkali berasumsi bahwa perubahan itu buruk. Sekarang mari pikirkan lagi, apakah itu benar-benar buruk? Atau malah justru sebaliknya?

Satu hal yang harus kita camkan sekarang adalah bahwa perubahan itu pasti terjadi dan perubahan itu tidak berarti buruk. Kita hanya terlalu nyaman dengan sikapnya yang dulu sehingga butuh beradaptasi lagi dengan sikapnya yang sekarang.

Perubahan-perubahan akan terus terjadi dan tidak pernah selesai. Jadi mulai sekarang kita hanya perlu memegang satu senjata yaitu perubahan itu tidak buruk.

2. Amati Apakah Pasangan Benar-benar Berubah Atau Memang Begitu Sifat Aslinya?

Amati Perubahan Pada Pasangan
Amati Perubahan Pada Pasangan

Ini sangat menarik, beberapa hal yang kita anggap berubah ternyata bukanlah perubahan sama sekali. Faktanya terkadang kita sudah mengetahui bahwa ia memiliki sikap-sikap yang mungkin cuek sejak awal, hanya di awal hubungan sikap cuek itu tidak begitu jelas terlihat.

Contoh lainnya, sekarang pasanganmu lebih banyak menghabiskan waktu dengan hobinya seperti bermain futsal. Nah, mungkin menurutmu dia berubah karena sudah jarang mengajakmu jalan berdua atau kencan.

Faktanya sejak awal kamu memang sudah tahu bahwa dia hobi bermain futsal, hanya saja di awal hubungan hal itu tidak begitu terlihat, mungkin karena di awal hubunganmu komunikasi belum begitu intens dan kamu tidak tahu apa saja yang ia lakukan seharian.

Intinya, sekarang kamu lebih tahu bagaimana dia menghabiskan waktu. Berbeda dengan di awal hubungan yang kamu tidak tahu apa saja yang dia lakukan sehari-hari. Ini artinya, dia tidak berubah, kamu hanya baru tahu saja bahwa dia memang begitu.

Jadi coba singkirkan sejenak kekesalanmu padanya, amati lagi apakah ia benar-benar berubah? Setelah kamu menemukan kebenarannya, tentu akan lebih mudah untuk menemukan solusi.

3. Bicarakan Tentang Perubahannya

Bicarakan Tentang Perubahannya
Bicarakan Tentang Perubahannya

Setelah kamu yakin bahwa sang pacar benar-benar berubah, sekarang saatnya untuk mengajaknya berdiskusi tentang perubahan yang kamu rasa terjadi padanya. Perlu di ingat, komunikasi sangat penting, inilah kunci keberhasilan suatu hubungan.

Nah, bagaimana cara berkomunikasi yang efektif agar pasangan bisa memahami maksud hatimu? Pertama, usahakan untuk tidak menyinggung perasaannya. Kedua, tunjukkan bahwa tujuanmu berbicara dengannya adalah untuk menjaga keharmonisan hubungan. Ketiga, jangan menuduhnya berubah.

Sebagai contoh, katakan padanya begini “Aku tidak tahu apa yang sedang kamu perjuangkan akhir-akhir ini. Mungkin kamu sedang berusaha melawan dirimu sendiri dan itu pasti berat. Tapi aku disini mendukung yang terbaik untukmu dan yang terbaik buat hubungan kita.”

Atau boleh juga jika kamu ingin berbicara tentang perasaanmu seperti. “Sebenarnya aku sangat mendukung apapun yang kamu lakukan selama itu positif bagimu. Namun aku selalu merasa cemas karena kita sudah jarang menghabiskan waktu bersama. Mungkin kamu sibuk diluar sana, ya aku mengerti dan aku bangga memiliki pacar sepertimu.”

4. Dengarkan Apa yang Sebenarnya Terjadi Dengan Pacarmu

Mendengarkan Penjelasan Pasangan
Mendengarkan Penjelasan Pasangan

Meski pun mungkin kamu masih kesal dengan sikapnya yang berubah, kamu harus membiarkan pasangan menjelaskan apa yang sebenarnya sedang terjadi. Hal ini lebih baik daripada kamu berasumsi tanpa dasar yang jelas.

Tanyakan padanya apa yang sebenarnya terjadi dan dengarkan penjelasannya. Singkirkan dulu pikiran-pikiran liar sebab hal itu bisa menghalangi dirimu sendiri dalam memahami pasangan.

Perubahan tidak mungkin terjadi tiba-tiba, jika benar ia berubah maka artinya ada sesuatu yang menyebabkannya. Tugasmu sekarang adalah belajar menenangkan diri sendiri dan bersabar menghadapi kebingungan di pikiranmu.

Segera setelah ia selesai menjelaskan alasannya berubah, maka segalanya akan kembali baik-baik saja. Kuncinya agar dia mau menjelaskan adalah jangan berhenti bertanya dan terus bertanya sampai kamu benar-benar mendapatkan jawaban.

5. Jika Perubahan Itu Positif Maka Lakukan Hal Baru Dengan Pasanganmu

Beradaptasi Dengan Perubahan Pasangan
Beradaptasi Dengan Perubahan Pasangan

Persiapkan dirimu sebaik mungkin untuk menghadapi segala sesuatu dan mulailah belajar bersikap fleksibel agar kamu mudah beradaptasi dengan hal-hal baru. Sebab hanya dengan cara itu keharmonisan hubungan terjaga.

Nah, setelah pacar menjelaskan alasan dari sikapnya yang berubah. Tugasmu adalah mempertimbangkan apakah perubahan itu mengarah pada positif atau negatif.

Jika perubahan itu membawa dampak positif dalam hubungan, maka kamu harus meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama dan mulai belajar melakukan hal-hal baru bersama pasangan demi hubungan yang lebih sehat.

Sebaliknya, jika perubahan itu berpotensi menjadi toxic dalam hubungan, maka artinya kamu dan dia sudah tidak sejalan lagi. Tidak mungkin dua orang berjalan bersama disaat keduanya memiliki tujuan yang berbeda.

Baca Juga :

Coba pikirkan lagi seberapa penting masalah ini jika dibandingkan dengan hubungan yang sudah kamu jalani bersama pacar? Intinya, jangan membesar-besarkan masalah yang sebenarnya sepele.

Jika yang terjadi hanya perubahan-perubahan kecil, itu wajar dan artinya kita perlu sedikit beradaptasi saja. Namun jika sikap pacar berubah secara drastis dan benar-benar menjadi masalah besar, maka kamu tahu apa yang harus dilakukan. Ya, berpisah.

Sekianlah artikel tentang 5 cara menghadapi sikap pacar yang berubah. Semoga bermanfaat!