in

6 Skill Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Entrepeneur Sukses

Skill Yang Harus Dimiliki Entrepreneur
Skill Yang Harus Dimiliki Entrepreneur

Zaman dulu, untuk menjadi sukses dalam bisnis maka seseorang harus ahli dalam satu hal dan bisa memanfaatkannya dengan baik. Namun sekarang, di zaman modern serba cepat ini, ahli dalam satu skill dalam berbisnis saja masih jauh dari kata cukup.

Untuk menjadi entrepeneur sukses dalam berbisnis di zaman ini, para pemilik bisnis harus memiliki beberapa skill penting yang membuat mereka bisa lebih maju dan orang lain dan bisa beradaptasi kepada perubahan cepat yang terjadi. Apa saja itu?

1. Melek Teknologi

Entrepreneur Harus Melek Teknologi
Entrepreneur Harus Melek Teknologi

Di zaman sekarang ini bisa dikatakan kalau kamu tak online, maka sama saja kamu tak eksis. Maka dari itu, para entrepeneur zaman sekarang perlu bekerjasama dengan internet agar meningkatkan keberadaan mereka dan menjadi tetap relevan di dunia bisnis modern.

Perusahaan seperti Amazon, Netflix, Airbnb dan lain sebagainya adalah salah satu contoh terbaik tentang inovasi distruptif yang berhasil menunjukan efek dari teknologi terhadap pasar yang ada. Mereka adalah beberapa perusahaan yang berhasil mengguncang dunia bisnis karena mereka bisa bekerjasama dengan baik dengan internet.

Cepat untuk berdapatasi kepada teknologi baru, seperti aplikasi berbasis cloud ataupun bekerjasama secara jarak jauh dengan internet adalah salah satu hal yang wajib di miliki oleh para entrepeneur.

Bagi bisnis, keberadaan mereka di internet bisa menunjukkan tingkat kesuksesan mereka. Para calon konsumen dan investor cenderung lebih memilih perusahaan atau produk yang muncul dalam halaman pertama pencarian Google.

Mereka akan melakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli atau mengkonsumsi produk yang mereka inginkan.

Untuk permulaan, mulailah membuat website dan melakukan promosi di berbagai media sosial yang ada. Tak perlu merekrut web developer terlebih dahulu karena kamu masih bisa melakukannya sendiri dengan mudah dan murah di Squarespace, Wix ataupun WordPress.

Lalu, kamu bisa melakukan teknik SEO simpel yang bisa meningkatkan pencarian orang-orang terhadap bisnismu dengan perlahan, seperti lewat kata kunci, konten original serta back-link keluar. Memang tak cepat, tapi perlahan, situs kamu akan lebih banyak dikunjungi.

Satu hal yang harus diingat adalah peningkatan dalam pencarian produk bukan berarti peningkatan pendapatan, ya. Namun hal ini berguna untuk mendapatkan pembeli baru ke depannya.

2. Perencanaan Keuangan

Entrepreneur Harus Dalam Merencanakan Keuangan
Entrepreneur Harus Memiliki Perencanaan Keuangan Yang Baik

Jujur saja, banyak pebisnis yang merasa bahwa waktu lebih baik digunakan untuk mengembangkan dan menjalankan bisnis yang ada daripada merencanakan keuangan dari bisnisnya tersebut.

Namun, perencanaan keuangan bisa menjadi petunjuk garis besar bagi bisnis ke depannya–bukan hanya untuk memberikan laporan keuangan bagi pemegang saham saja.

Merencanakan tujuan keuangan akan memberikanmu ide yang lebih jelas tentang sumber daya yang dibutuhkan, serta cara untuk mengukur kesuksesanmu. Hal ini juga bisa memberikan jaminan kepada para investor bahwa kamu sudah melakukan riset dan perencanaan dalam rencana bisnis ke depanmu.

Namun, prediksi yang tepat bisa membuat investor marah dan juga akan mengakibatkan tak tepatnya pengeluaran yang dilakukan, sehingga akan berefek pada masalah keuangan kepada bisnismu. Jadi, saat membuat prediksi keuangan yang detail, hal yang harus kamu ingat adalah selalu mulai dari pengeluaranmu terlebih dahulu.

Umumnya, lebih mudah untuk menghitung dan meprediksi pengeluaran dibandingkan pemasukan, jadi mencatat pengeluaranmu itu adalah titik awal untuk mencari tahu berapa banyak uang yang harus kamu miliki agar bisa menjadi profit.

Kamu harus bisa terus-menerus meng-update dan mengevaluasi seberapa dekat kondisimu sekarang dengan apa yang kamu prediksi.

Membangun prediksi pertumbuhan yang tepat memang membutuhkan waktu tapi ingat, kamu adalah investor dalam bisnismu sendiri. Jadi, kamu harus percaya diri dengan konsep dari bisnis yang kamu bangun.

3. Memahami Anak Millenial

Entrepreneur Wajib Memahami Perkembangan Jaman Anak Millenials
Entrepreneur Wajib Memahami Perkembangan Jaman Seperti Anak Millenials

Timmu memainkan peran penting dalam perkembangan bisnismu. Timmu akan sangat menentukan apakah bisnismu akan bergerak maju secepat kilat atau jatuh ke jurang. Maka dari itu, penting untuk berhati-hati dan selektif dalam memilih anggota timmu. Apalagi di bisnis yang kecil, di mana tambahan setiap anggota baru akan mempengaruhi bagaimana kultur dari organisasimu.

Zaman sekarang, kemampuan untuk mengatur millenial adalah salah satu skill yang paling dibutuhkan karena meningkatnya kehadiran millenial dalam lingkungan kerja. Beberapa orang menganggap mereka bagaikan jeli yang gampang hancur, beberapa lagi tak suka dengan gaya berpakaian mereka di tempat kerja dan beberapa tak suka dengan millenial yang membutuhkan ‘arti’ dalam melakukan sesuatu.

Namun tentu saja, walaupun beberapa anggapan di atas benar adanya mengenai millenial, tapi tak ada yang memungkiri bahwa millenial itu adalah generasi yang punya skill unik dibandingkan generasi-generasi sebelumnya.

4. Produksi Video

Pentingnya Soft Skill Editing Video Bagi Entrepreneur
Pentingnya Soft Skill Editing Video Bagi Entrepreneur

Jika kamu merupakan pengguna berbagai platform yang penuh dengan video seperti Facebook, LinkedIn ataupun YouTube, maka kamu pasti paham bahwa rasanya susah untuk berhenti apabila kamu mulai menonton satu video.

Ternyata, video marketing atau pemasaran melalui video dengan cepat meningkat kepopulerannya, di tambah dengan saat digabungkan dengan media sosial maka akan menarik banyak pengunjung dan mendapatkan konsumen baru.

Menurut penelitian terbaru, 80% dari konsumsi internet global adalah konten video. Maka dari itu, bisnis yang gagal untuk memanfaatkan hal video marketing ini akan menjadi bisnis yang cepat ketinggalan zaman.

Beberapa contoh video yang bisa kamu buat untuk bisnismu:

  • Membuat serial video bertema edukasi yang memberikan beberapa info penting kepada para pengunjung.
  • Video live (siaran langsung) yang berinteraksi dengan komunitasmu. Video ini juga bisa diambil di smartphone-mu, lho.
  • Menggunakan video di halaman awal untuk menarik minat pembeli.

5. Presentasi Kepada Para Investor

Entrepreneur Harus Bisa Presentasi
Entrepreneur Harus Bisa Presentasi

Jadilah entrepeneur yang berbeda dari yang lainnya dengan mempelajari seni dari presentasi yang baik dan benar. Skill ini bisa menjadi salah satu skill terpenting yang menentukan kemajuan dari bisnismu.

Semangatlah dalam menjelaskan idemu dan dapatkan kritik, saran dan pertanyaan dari sesama entrepeneur, rekanmu dan juga penasihatmu. Dengan ini kamu bisa memberikan kesan yang baik kepada calon konsumen dan juga para investor.

Jangan sampai kamu kebingunan dengan penjelasanmu sendiri di depan para investor, terutama investor penuh pengalaman yang sudah mendengar ribuan presentasi dari para startup founders sebelumnya.

Kamu harus bisa memberikan presentasi cepat namun efisien yang menjelaskan secara singkat rencanamu, serta perannya dalam pasar yang ada. Kenapa harus cepat? Karena kadang kamu hanya punya beberapa menit saja untuk memberikan kesan yang bagus kepada orang.

Intinya adalah buat presentasimu dengan menggaris bawahi poin-poin terkuat dalam bisnismu–yang tentu saja berbeda setiap funding round. Buatlah presentasimu agar mudah dipahami oleh investor, jadi kamu harus menyeimbangkan antara istilah-istilah teknis ataupun bahasa-bahasa gaul yang susah dipahami.

Kamu juga bisa mengenalkan anggota timmu satu persatu menurut keahliannya, menunjukan bukti pemasukan atau kondisi pasar saat ini untuk menunjukkan bahwa idemu ini memang bisa mendulang profit, sehingga hal ini akan membuat presentasimu lebih menarik kepada investor karena sudah terbukti bisa menghasilkan profit dan bukan sekedar “ide gila” belaka.

Pastikan bahwa setiap slide berpindah dengan mulus ke slide selanjutnya–maksudnya adalah penjelasan dan materinya tak lompat-lompat sehingga akan mudah dipahami dan memberikan kesan persuasif yang lebih kuat. Jangan lupa juga untuk mendesain slidemu dengan cerdas dan tak berlebihan sesuai dengan isi konten yang ingin kamu jelaskan.

6. Membangun Identitas Brand yang Kuat

Pemahaman Membangun Brand Bagi Entrepreneur
Pemahaman Membangun Brand Bagi Entrepreneur

Di dunia di mana setiap harinya orang-orang selalu disodori oleh berbagai konten baru setiap detiknya serta menjamurnya banyak bisnis yang menawarkan hal yang sama, maka membangun identitas brand yang kuat akan membuatmu benar-benar terlihat berbeda dari para kompetitor.

Kamu bisa membangun brand sesuai dengan target konsumen, tujuan bisnismu serta apa yang kamu jual. Identitas brand ini juga berfungsi sebagai pedoman untuk mempertahankan konsistensi dan membuat imej yang bisnismu butuhkan.

Usaha untuk memperkuat identitas brand ini berhubungan erat dengan arah strategi marketing yang ingin kamu tuju. Dengan mengetahui target konsumen, pemikiran mereka dan kelakukan mereka, maka kamu bisa membangun brand kuat yang orang-orang akan dengan bangga menggunakan dan memamerkannya ke orang lain.

Menjadi entrepeneur memang tak pernah mudah, tapi di zaman sekarang, bisa dikatakan lebih sulit daripada zaman dahulu karena pemikiran dan kebiasaan orang-orang yang sudah berbeda. Namun, jika kamu mempunyai enam skill di atas, maka kemungkinan besar kamu akan menjadi entrepeneur yang sukses.

Written by Mirza M. Haekal

Mirza is a Digital Nomad that tries to live a healthy and productive lifestyle.