in ,

9 Soft Skill Yang Harus Dimiliki Fresh Graduates

Fresh graduates seringkali menemui kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Sudah banyak saingan, ditambah lagi di antara mereka banyak yang sudah memiliki pengalaman bekerja juga. Apalagi mayoritas perusahaan memang cenderung memilih kandidat yang sudah berpengalaman.

Dengan bermodalkan ijazah dan minim pengalaman, tentunya butuh kesabaran tinggi untuk diterima bekerja di sebuah perusahan. Namun demikian, hal tersebut tidaklah menutup peluang.

Selalu ada jalan dan kesempatan untuk siapa saja mendapatkan pekerjaan, syaratnya dengan membekali diri dengan berbagai nilai tambah. Misalnya saja dengan memiliki berbagai skill yang nantinya akan berguna untuk ikut berkontribusi dalam kemajuan perusahaan yang dilamar.

Soft Skill apa saja yang harus dimiliki fresh graduates agar cepat dapat kerja? Simak rangkumannya pada artikel berikut!

1. Time Management

Manajemen Waktu
Manajemen Waktu

Skill penting yang harus dimiliki fresh graduates ketika melamar pekerjaan adalah time management. Mulai dari sesi interview kerja, kamu harus sudah menunjukkan hal ini, misalnya dengan datang tepat waktu atau bahkan lebih awal.

Kemampuan kamu melakukan manajemen waktu saat akan hendak interview tersebut menjadi poin penting yang turut dinilai oleh para rekruter. Kalau dari awal sudah datang terlambat, kamu akan dicap kurang mampu mengatur waktu.

Disiplin waktu sangatlah krusial di dunia kerja karena menentukan pola kerja kamu, yakni apakah kamu akan dapat menyelesaikan tanggung jawab kamu tepat waktu atau tidak.

Dengan deadline yang padat, apabila kamu tidak mengatur prioritas dan waktu secara baik bisa – bisa pekerjaan malah jadi berantakan. Kamu bisa mempelajari tentang Kuadran Prioritas, sebuah metode manajemen waktu yang sangat efektif.

2. Komitmen Dalam Bekerja

Komitmen Kerja
Komitmen Kerja Via https://www.salesforce.com

Kandidat pencari kerja harus punya komitmen yang kuat agar diterima. Termasuk fresh graduates, yang diharapkan bersikap demikian.

Fresh graduates seringkali dianggap sering mencari pekerjaan pertama untuk menjadi batu loncatan karir mereka. Oleh sebab itulah, kamu perlu menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang berkomitmen ketika bekerja.

Tunjukkan kalau kamu mampu memberikan dedikasi dan kontribusi terbaik kamu demi kemajuan perusahaan.

Selain itu, karyawan dengan komitmen yang kuat pastilah akan selalu serius dalam menyelesaikan setiap pekerjaan mereka. Yakinkanlah rekruier kalau kamu sejak awal punya komitmen besar untuk berkembang bersama perusahaan tersebut.

3. Problem Solving

Problem Solving
Problem Solving

Setiap pekerjaan punya hambatan tersendiri. Terkait berbagai masalah yang timbul tersebut, para karyawan dituntut untuk memiliki skill problem solving agar permasalahan bisa diselesaikan seefisien mungkin.

Tentu skill ini penting dikantongi oleh para fresh graduates. Apalagi jika pengalaman kerja kamu minim, kamu diharapkan harus mampu menghadapi segala konsekuensi pekerjaan secara profesional.

Kemampuan memecahkan masalah akan membuat kamu punya nilai lebih di hadapan para rekruter. Selain terkesan profesional, ini membuat kamu lebih berkarakter.

4. Leadership

Leadership
Leadership

Ini dia salah satu skill penting yang harus dimiliki para fresh graduates saat proses mencari pekerjaan. Kemampuan dalam memimpin atau leadership sangat menjadi nilai plus bagi para rekruter.

Rekruter kerapkali mempertimbangkan skill leadership para kandidat yang melamar ke perusahaan mereka sebagai salah satu indikator penilaian. Skill ini akan menunjukkan apakah kamu dapat memotivasi diri sendiri serta lingkungan kerja kamu.

Selain itu, dari sini dinilai juga kemampuan kamu membuat keputusan apabila nanti sudah bergabung dan berkontribusi di perusahaan.

Sampaikanlah pengalaman kamu dalam berorganisasi ataupun training leadership yang pernah kamu ikuti ketika menghadapi tes wawancara sebagai salah satu skill yang kamu tawarkan.

5. Berbahasa Inggris

Kemampuan Bahasa Inggris
Kemampuan Bahasa Inggris

Persaingan global membuat banyak perusahaan mengharapkan para karyawannya ikut serta dalam perkembangan zaman. Salah satunya dengan menguasai bahasa internasional.

Skill berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan sangatlah penting untuk dimiliki para fresh graduates apabila ingin peluangnya diterima bekerja lebih besar.

Persyaratan penting ini tidak boleh diabaikan karena seringkali masih banyak yang menganggapnya sepele.

Apabila skill bahasa Inggris kamu dirasa kurang, segeralah tingkatkan demi mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Saat ini sudah lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi bahasa inggris untuk meningkatkan kemampuan berbahasamu.

6. Digital-savvy

Digital Savvy
Digital Savvy

Teknologi yang semakin berkembang menuntut kamu untuk dapat mengikut semua itu.

Sekarang bukan hanya kemampuan komputer dasar, seperti Microsoft Word, Excel, dan Powerpoint, melainkan kamu juga harus menjadi seorang yang digital-savvy.

Perkembangan di dunia digital penting untuk kamu ketahui.

Misalnya saja kamu harus pandai menggunakan internet dan sosial media, karena banyak perusahaan yang menggunakannya untuk kepentingan marketing, brand awareness dan engagement dalam menyasar target pasar mereka.

Bekali diri kamu dengan pengetahuan tersebut, sebagai fresh graduates, ini akan menjadi poin penting untuk rekruter mempertimbangkan posisi kamu. Apalagi kalau kamu melamar ke perusahaan yang bergerak di dunia digital.

7. Bekerja Di Bawah Tekanan

Bekerja Dibawah Tekanan
Bekerja Dibawah Tekanan

Setiap perusahaan pastilah punya capaian target dan para karyawan diberikan tanggung jawab untuk memenuhi hal tersebut. Tekanan dan tantangan sudah akan selalu ada.

Berangkat dari hal tersebut, rekruter mencari kandidat yang siap bekerja di bawah berbagai tekanan tersebut untuk bergabung dengan perusahaan mereka. Tidak semua orang mampu bekerja di bawah tekanan.

Misalnya, ada sebagian orang yang membuat kerjaannya terbengkalai karena tidak kuat dengan tekanan yang dihadapinya. Tak hanya itu, beberapa orang bahkan baru sebentar bekerja sudah ingin mengundurkan diri.

Rekruter tentu ingin memastikan kamu seorang yang tangguh ketika bekerja di segala situasi dan kondisi. Apabila kamu mumpuni untuk kerja di bawah tekanan, berusahalah untuk meyakinkan mereka bahwa kamu punya kemampuan tersebut.

8. Kreatif

Kreatif
Kreatif

Perusahaan butuh orang – orang yang kreatif agar senantiasa memberikan ide. Demi kemajuan perusahaan, mewujudkan berbagai inovasi yang baru penting untuk dilakukan.

Sebagai fresh graduates, meskipun belum punya pengalaman, kamu akan menarik perhatian rekruter kalau punya skill kreatif. Misalnya, kamu bisa menyampaikan ide yang kamu miliki apabila diberikan kesempatan untuk ikut berkontribusi terhadap kemajuan perusahaan.

Dengan begitu, kemungkinan hal tersebut akan jadi salah satu bahan pertimbangan mereka untuk menerima kamu bergabung di perusahaan tempat kamu melamar itu.

9. Kerja Sama

Kerja Sama
Kerja Sama

Di tempat kerja kamu nantinya, kamu akan bekerja dengan rekan yang punya karakter, pemikiran, dan cara pandang yang berbeda satu sama lain. Namun demikian, baik di dalam satu tim, divisi, ataupun departemen kamu perlu menjalin hubungan yang baik.

Maka dari itu, penting untuk memiliki kemampuan kerja sama karena akan berhubungan langsung terhadap kelancaran pekerjaan nantinya. Rekruter pasti mengharapkan hal tersebut dari kamu saat di sesi interview.

Apabila tidak bisa bekerja sama dengan baik, pasti semua pekerjaan akan jadi sulit untuk diselesaikan.

Sekian rangkuman mengenai 9 skill yang harus dimiliki fresh graduates. Melamar pekerjaan tanpa pengalaman bekerja sebelumnya sudah sulit, akan semakin sulit lagi kalau kamu tidak punya bekal untuk menghadapi itu semua.

Manfaatkan semua peluang yang ada sebaik mungkin dan jangan lupa untuk selalu belajar agar diri kamu semakin kompeten. Coba baca juga 8 Tips Sukses Mencari Kerja untuk Fresh Graduate.

Perdalam semua kemampuan kamu agar bisa menjadi nilai plus untuk diri kamu sendiri. Nah, sekarang sudah siap untuk bersaing dengan para jobseeker lainnya, kan?

Written by Ana Rostiana

The girl still on her journey to unveil her biggest mystery--her life.