in

Sering Diabaikan, Ternyata Ini 8 Alasan Kamu Sulit Jatuh Cinta

Sulit Jatuh Cinta

Jatuh cinta menjadi salah satu hal yang selalu tak terduga. Meski begitu, cinta merupakan bagian dari naluri manusia. Rasa itu akan selalu ada, baik itu disadari maupun tidak.

Seiring berjalannya waktu, rasa cinta akan datang, tumbuh semakin besar, dan hilang. Meski bisa menghilang, namun hilangnya cinta untuk satu orang tidak akan mudah dikosongkan. Akan selalu ada sisa yang tertinggal meski kamu sudah berusaha keras untuk menghapusnya.

Berbicara tentang cinta, banyak orang yang mengeluh bahwa dirinya tergolong orang yang sulit jatuh cinta? Mungkin kamu pun termasuk di dalamnya. Benarkah memang demikian? Atau jangan-jangan kamu hanya tidak peka dengan perasaanmu sendiri.

Di sisi lain, ada banyak orang yang mudah jatuh cinta. Lantas mana yang benar, cinta yang memilih orang atau kita lah sebagai manusia yang memilih kapan cinta itu ingin dirasakan? Kamu yang merasa sulit jatuh cinta pasti terkadang mempertanyakan hal ini, bukan?

Alasan setiap orang sulit jatuh cinta pastinya beragam. Latarbelakang yang berbeda menjadi acuannya. Tapi jika ditarik garis besarnya, secara umum ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang sulit jatuh cinta. Penasaran? Berikut 8 alasan yang mungkin juga jadi penyebab kamu sulit jatuh cinta.

1. Masih Sibuk Memikirkan Diri Sendiri

Tidak bisa dipungkiri, ada banyak orang yang memprioritaskan dirinya sendiri. Dia memiliki karir dan rencana masa depan yang ingin dia jaga dengan baik. Pada akhirnya, urusan cinta tidak bisa dia lihat dengan jelas dalam pandangannya.

Kamu masih ingin menjadikan dirimu sesuai dengan mimpi-mimpimu. Memiliki karir yang bagus dan pembawaan diri yang baik adalah hal yang ingin kamu capai terlebih dahulu. Karena fokusmu yang masih ada pada lingkaran dirimu sendiri, kamu pun sulit melihat orang-orang di sekelilingmu dan menumbuhkan cinta pada salah satu dari mereka.

2. Fokus Utama pada Keluarga

Tidak hanya fokus pada diri sendiri, beberapa orang juga memprioritaskan keluarganya di atas urusan hatinya. Apakah kamu juga merasakan hal yang sama? Cinta yang begitu besar kepada keluarga membuatmu lupa bahwa kamu pun membutuhkan cinta dari seorang pendamping.

Akan lebih sulit bagimu jika kamu adalah tulang punggung dalam keluarga. Seluruh pikiran dan hatimu akan terlimpah pada keluargamu. Itulah alasan kenapa kamu akan sulit memberikan cintamu pada orang asing.

3. Kriteria Pasangan Terlalu Tinggi

Sudah pasti kamu memiliki kriteria untuk pasangan idamanmu. Masalahnya, apakah kriteria yang kamu miliki ada pada kapasitasmu?

Untuk urusan pasangan tentu saja kamu harus memilihnya dengan selektif. Tapi jangan terlalu pilih-pilih juga, ya. Belum tentu kriteria yang menurutmu sudah baik, memang benar-benar baik untukmu.

Yang terpenting dari semua kriteria untuk sosok pasangan idaman adalah rasa nyaman. Ketika kamu sudah merasa nyaman dengan seseorang, yakinlah kriteria lainnya akan hilang dengan adanya kebersamaanmu bersama pasangan.

Baca Juga :

4. Terlalu Berpikir Secara Logika

Untuk urusan cinta, penggunaan cara berpikir secara logika harus lebih ditekan. Ada banyak hal terkait urusan percintaan yang tidak bisa diselesaikan dengan logika manusia, melainkan harus diselesaikan dengan hati.

Berpikir secara logika memang sangat diperlukan, tapi untuk urusan cinta hal ini sungguh benar-benar berbeda. Beberapa hal tentang cinta mungkin tidak mampu diterima oleh logikamu. Seperti apa yang dikatakan oleh kebanyakan orang, “cinta memang tak mengenal logika”.

Itulah kenapa ada kemungkinan kamu akan sulit jatuh cinta ketika kamu terlalu mengutamakan logika untuk urusan percintaan. Jadi mulai saat ini ada baiknya kamu belajar melihat kondisi ketika kamu harus berpikir secara logika dan ketika kamu harus menggunakan hati untuk berbicara.

5. Overthinking dengan yang Namanya Cinta

Tidak seharusnya kita memandang setiap kisah cinta akan berakhir sama. Wawasan yang kurang luas tentang percintaan mungkin menjadi penyebab kamu overthinking tentang cinta itu sendiri.

Tak perlu memandang cinta sebagai sesuatu hal yang berlebihan. Cukup nikmati saja apa yang kamu rasakan ketika cinta itu mulai datang. Jangan berprasangka buruk tentang cinta karena cinta adalah suatu hal yang murni, sedangkan manusialah yang terkadang membuat cinta seolah dipenuhi dengan air mata.

6. Menganggap Cinta Bukan Hal yang Utama

Kembali lagi, setiap orang memiliki prioritasnya masing-masing. Ada yang lebih mengutamakan karir, keluarga, atau kisah percintaan mereka. Mungkin yang terjadi padamu yang saat ini sulit jatuh cinta juga disebabkan oleh prioritas utamamu.

Bagimu cinta bukanlah hal yang utama. Ada banyak hal di dunia ini yang kamu pandang lebih penting dari sekadar cinta. Itulah kenapa kamu sulit menyadari ketika cinta itu mulai datang karena kamu lebih memilih fokus pada hal lain yang kamu anggap lebih penting.

Tidak ada yang bisa menghakimi pilihan yang kamu ambil. Kamu berhak mengutamakan apa yang ingin kamu utamakan. Tapi ingatlah bahwa dunia ini tidak hanya tentang hal-hal yang mungkin kamu anggap lebih penting dari cinta. Akan ada masanya kamu butuh seseorang yang bisa dicintai olehmu juga mencintai dirimu.

7. Pernah Jatuh dan tersakiti dalam Kisah Cinta di Masa Lalu

Coba renungkan lagi, apakah sebelumnya kamu pernah benar-benar jatuh hati tapi dikhianati? Kamu pernah benar-benar mencinta tapi tak dianggap ada? Kamu pernah benar-benar menaruh harapan tinggi namun balasannya justru menyakitkan hati?

Salah satu penyebab kamu sulit jatuh cinta mungkin karena adanya trauma atas kisah cintamu yang lalu. Rasa sakit yang ada pada saat itu membuatmu takut kembali membuka hati. Kamu takut jika hati yang sudah coba kamu perbaiki akan runtuh kembali.

8. Masih dalam Proses Penyembuhan Luka Hati

Menyembuhkan luka lama memang butuh waktu yang tak sedikit. Setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda-beda dalam proses penyembuhan luka karena cinta. Hal yang sama pun berlaku untukmu.

Bagaimana kamu bisa jatuh cinta ketika hatimu masih belum sembuh sepenuhnya. Ketika hal ini terjadi, yang harus kamu lakukan hanyalah fokus pada diri sendiri. Jangan mencoba menerima cinta hanya untuk pelarian semata. Yakinlah bahwa kamu akan kembali merasakan cinta di waktu yang paling sempurna.

Jangan berkata kamu sulit jatuh cinta jika kamu tidak merasakannya hanya dalam waktu yang sesaat. Kamu harus paham bahwa cinta tidak serta merta datang tanpa melalui proses yang cukup panjang.

Jika kamu merasa sulit jatuh cinta, coba tanyakan kembali pada dirimu. Apa benar sampai saat ini belum ada orang yang menyentuh hatimu? Atau jangan-jangan kamu saja yang tidak menyadari adanya perasaan itu.

Baca Juga : 

Written by Dina Novia

Punya hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.