Ternyata Ini Alasan Generasi Sekarang Tak Ingin Menikah di Usia Dini

Banyak anak muda generasi milenial memilih untuk tidak menikah di usia muda.

Dina Novia Dina Novia · 3 min read >
Tak Ingin Menikah di Usia Dini

Banyak anak muda generasi milenial memilih untuk tidak menikah di usia muda. Tentu saja mereka melakukan itu karena ada beberapa alasan yang melatar belakanginya.

Para generasi masa kini berpikir bahwa untuk menikah seseorang harus sudah siap baik fisik maupun mental. Bahkan beberapa yang sudah memasuki usia yang sudah cukup matang menikah pun memilih untuk memikirkan berulang kali sebelum memutuskan untuk menjalani sebuah pernikahan.

Pernikahan memang bukan hal yang dapat dijadikan ajang untuk sebuah permainan. Keputusan untuk menikah adalah keputusan yang cukup besar dan serius. Hal tersebut tentu juga disebabkan oleh kesakralan sebuah janji suci pernikahan yang diucapkan saat pelaksanaan pernikahan tersebut.

Sebenarnya bukan karena tak ingin menikah. Anak muda masa kini memiliki pemikiran yang lebih rinci perihal pernikahan. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa mereka memilih untuk tidak terburu-buru dalam urusan pernikahan.

1. Adanya Ketidaksiapan untuk Menerima Kenyataan yang Mungkin Tak Sesuai dengan Ekspektasi yang Dimiliki

Adanya Ketidaksiapan Menerima Realita
Adanya Ketidaksiapan Menerima Realita

Usia bukan patokan untuk menikah. Sama halnya dengan kedewasaan, bukankah kedewasaan seseorang tidak bisa dinilai dari usianya? Hal ini jugalah yang berlaku dalam menentukan langkah pada tahap pernikahan.

Tidak semua orang memiliki kesiapan untuk menjalani kehidupan pernikahan. Sebagian besar generasi masa kini merasa belum waktunya menikah karena mereka sendiri belum memiliki kesiapan untuk menerima kenyataan dalam kehidupan pernikahan yang mungkin saja berbeda jauh dari ekspektasi yang mereka miliki.

Baca Juga : Nikah Muda Bukan Jaminan Hidup Bahagia, Ini Alasannya!

2. Masih Ingin Lebih Mengenal Orang yang Pantas Menempati Posisi Sebagai Pasangannya untuk Sehidup Semati

Masih Ingin Mengenal Lebih Dalam Pasangan
Masih Ingin Mengenal Lebih Dalam Pasangan

Alasan yang kedua adalah adanya keinginan untuk mengenal orang yang akan menjadi pasangannya seumur hidup lebih dalam lagi. Pernikahan bukan hal yang bisa dilakukan tanpa pemikiran yang matang.

Para generasi masa kini berpikir bahwa sebelum memutuskan menikah, mereka harus mengenal calon pasangan mereka dengan sangat baik terlebih dulu. Mereka tak ingin menyesak di kemudian hari.

3. Belum Siap Berhadapan Langsung dengan Berbagai Macam Konflik yang Cukup Berat

Belum Siap Menghadapi Konflik
Belum Siap Menghadapi Konflik

Selain karena ingin mengenal lebih dalam, generasi masa kini juga tidak ingin menikah di usia muda karena masih belum siap dalam menghadapi masalah yang mungkin terjadi dalam kehidupan rumah tangga mereka nanti. Mereka paham bahwa kehidupan pernikahan bukanlah hal sederhana.

Pasti ke depannya akan banyak konflik yang bermacam-macam dalam kehidupan rumah tangganya. Sehingga sebelum mereka memutuskan untuk menikah, setidaknya mereka harus mempersiapkan mental mereka untuk menghadapinya.

4. Ingin Mempersiapkan Modal yang Cukup untuk Membangun Sebuah Keluarga yang Berkecukupan

Ingin Mempersiapkan Modal Yang Cukup
Ingin Mempersiapkan Modal Yang Cukup

Beberapa anak muda masa kini juga memikirkan modal dalam membangun rumah tangga yang berkecukupan. Inilah yang membuat mereka tak ingin buru-buru untuk melakukan sebuah pernikahan.

Mereka ingin mengumpulkan modal yang cukup terlebih dahulu agar kehidupan keluarga kecilnya nanti tidak kekurangan sedikit pun.

5. Adanya Pemikiran Bahwa Sebelum Menikah Haruslah Memiliki Pekerjaan yang Pantas

Pemikiran Terkait Pekerjaan Yang Pantas
Pemikiran Terkait Pekerjaan Yang Pantas

Kalau untuk alasan yang satu ini biasanya laki-laki yang banyak memilikinya. Sebagai calon kepala keluarga tentu ada tuntutan dalam diri mereka masing-masing untuk memiliki pekerjaan yang bagus terlebih dahulu sebelum menikah.

Tanggung jawab yang besar akan ada di pundaknya setelah diucapkannya janji suci pernikahan, sehingga tentu saja mereka harus memikirkan tentang pekerjaannya terlebih dulu.

6. Belum Siap untuk Memiliki Anak, Merawat, dan Mendidiknya dengan Baik

Belum Siap Memiliki Anak
Belum Siap Memiliki Anak

Mungkin anak merupakan suatu hal yang didambakan oleh hampir semua pasangan yang sudah menikah. Namun mungkin bagi mereka yang belum siap untuk memiliki anak, merawat dan mendidiknya sampai mereka dewasa akan memilih untuk menunda pernikahannya.

Mereka masih belum siap untuk memiliki anak sehingga mereka pun menganggap diri mereka juga masih belum siap untuk menikah.

7. Masih Ada Keinginan untuk Mengejar Karir Terlebih Dahulu dan Membahagiakan Orang Tua

Masih Ada Keinginan Mengejar Karir
Masih Ada Keinginan Mengejar Karir

Semua orang pasti memiliki tujuan hidupnya masing-masing. Prioritas yang dimiliki setiap orang pun sudah pasti berbeda. Beberapa anak generasi masa kini memiliki pemikiran untuk mengedepankan karir dibanding kehidupan asmara.

Bukan karena tak ingin menikah, namun mereka masih ingin membahagiakan orang tuanya dengan karir yang bisa diraih. Sebelum menanggung kewajiban lainnya, mereka harus mementingkan kewajibannya sebagai anak untuk membahagiakan dan membanggakan orang tuanya juga.

8. Sudah Melihat Banyaknya Pasangan Menikah yang Berakhir Perpisahan Karena Terburu-buru dalam Mengambil Keputusan untuk Menikah

Takut Memiliki Pernikahan Yang Buruk
Takut Memiliki Pernikahan Yang Buruk

Tidak dapat dipungkiri, terkadang pengalaman orang lain juga berimbas pada pemikiran seseorang. Mungkin beberapa anak muda generasi masa kini menunda untuk menikah muda karena mereka sudah terlalu sering melihat pernikahan yang gagal.

Kegagalan yang mereka saksikan menjadi sebuah pedoman untuk lebih berhati-hati dalam menentukan pilihan dan mengambil keputusan. Menikah adalah hal yang sakral, sudah seharusnya dipikirkan secara matang.

9. Belum Siap untuk Hidup Mandiri

Belum Siap Hidup Mandiri
Belum Siap Hidup Mandiri

Mungkin bisa dilihat bahwa pendidikan karakter untuk generasi masa lalu dan masa kini cukup berbeda. Banyak anak yang kurang bisa lepas dari orangt tua, dalam artinya terlalu bergantung pada orang tuanya. Alasan terakhir adalah belum siap untuk hidup mandiri dan jauh dari orang tua.

Kebanyakan pasangan yang sudah menikah akan tinggal terpisah dari orang tua masing-masing. Tentu saja mereka harus belajar untuk hidup mandiri tanpa harus terus bergantung pada orang tua mereka masing-masing.

Baca Juga: Ketahui Kapan Waktu dan Usia Menikah yang Baik Bagi Seseorang

Nah, itu dia beberapa hal yang menjadi alasan kenapa anak muda masa kini lebih memilih untuk tidak menikah di usia dini. Mereka memiliki pemikiran yang cukup dalam perihal kehidupan pernikahan. Ada banyak hal yang mereka harus pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menikah.

Dina Novia
Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Mulai terjun di bidang bahasa semenjak menjadi mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang. Read Full Profile