in

Tak Perlu Galau, Lupakan Saja Mantan Gebetanmu dengan 7 Cara Ini

Cara Melupakan Mantan Gebetan
Gebetan

Melupakan seorang mantan gebetan yang kamu cintai tentu bukan perkara mudah.

Sebagai manusia, kamu juga tidak bisa memaksakan perasaan orang lain kepadamu. Saat kamu mencintai seseorang, kamu tidak bisa memaksanya untuk tinggal di sisimu jika dia tidak memiliki rasa yang suka padamu.

Selanjutnya, yang perlu kamu lakukan hanyalah mencoba merelakannya dan melupakan anganmu untuk bisa bersanding dengannya.

Meski masih menyandang status gebetan, ternyata melupakannya juga perlu usaha yang ekstra loh. Kamu harus bisa mendorong dirimu sendiri untuk bisa benar-benar lepas dari bayang-bayangnya.

Semakin besar rasa cintamu pada gebetanmu, tentu akan semakin sulit untukmu bisa melupakannya.

Nah, jika kamu masih bingung bagaimana cara yang ampuh untuk melupakan mantan gebetan, yuk langsung simak beberapa cara berikut!

1. Tanyakan Lagi Pada Hatimu, Apakah yang Kamu Rasakan Itu Benar Cinta atau Sekadar Rasa Suka

Tanyakan Hatimu
Tanyakan Hatimu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menanyakan kembali pada hatimu sendiri, apakah benar rasa yang kamu miliki untuknya adalah rasa cinta bukan sekedar rasa suka belaka. kamu harus jeli dalam membedakannya.

Pada umumnya, saat kamu sudah memiliki kedekatan dengan gebetan itu dan sering berinteraksi dengannya, bisa jadi perasaan yang kamu rasakan memang bisa disebut cinta.

Tetapi jika kamu tidak memiliki kedekatan yang cukup dengan gebetanmu dan jarang berinteraksi dengannya, mungkin perasaan yang kamu rasakan masih sekedar rasa kagum atau suka saja.

2. Bersedihlah dalam Kadar yang Masih di Batas Kewajaran

Menangislah
Menangislah

Beberapa orang memilih untuk menahan diri dan tidak menunjukkan kesedihan nya di depan umum.

Sebenarnya normal saja jika kamu bersedih karena kenyataannya kamu harus menerima bahwa ada hal yang membuatmu tidak bisa bersama dengan orang yang kamu sayang.

Bersedihla, jika itu bisa mengurangi tekanan yang kamu rasakan. Tetapi kamu juga harus ingat untuk bersedih seperlunya saja. Jangan menyiksa dirimu sendiri dengan meratapi kisah cinta yang saat ini kamu harus jalani.

Jika kamu masih saja bersedih, coba baca dulu 6 Cara Mengurangi Kesedihan Karena Ditolak Gebetan.

3. Buang Semua Kenangan yang Bisa Mengingatkanmu Padanya dan Berhentilah untuk Berhubungan Dengannya

Buang Semua Kenangan
Buang Semua Kenangan

Jika kamu memiliki kenangan dengannya, kamu harus mulai melupakan kenangan itu agar kamu bisa lebih mudah dalam melupakan gebetanmu. Buang semua kenangan yang membuatmu ingat kepadanya.

Selain itu, kamu juga harus berusaha untuk tidak lagi menjalin hubungan dengannya. Kalau perlu hapus nomor kontaknya dari ponselmu. Jangan pernah sekali pun kamu menghubunginya jika kamu tidak memiliki keperluan yang sangat mendesak.

Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa menjalin hubungan baik dengan mantan pacar atau gebetan adalah hal yang perlu dilakukan.

Tetapi jika kamu sulit untuk melupakannya, cara yang bisa kamu tempuh adalah memutus semua komunikasimu dengannya dan membuang semua kenangan yang bisa mengingatkanmu tentangnya.

4. Carilah Orang yang Paling Kamu Percaya untuk Menampung Segala Ceritamu Tentangnya

Ceritakan Keluhan Tentang Mantan Gebetanmu
Ceritakan Keluhan Tentang Mantan Gebetanmu

Kamu tentu punya orang yang paling kamu percaya dalam kehidupanmu, bukan?

Nah, kamu bisa mengajaknya bertemu dan menceritakan keluh kesahmu kepadanya. Dengan begitu, bebanmu pasti akan sedikit berkurang.

Beberapa orang bisa merasa lebih tenang saat semua uneg-uneg yang dia simpan bisa dia keluarkan dengan leluasa.

Tetapi ingat, kamu harus memastikan bahwa orang yang kamu ajak curhat adalah orang yang memang bisa dipercaya.

5. Habiskan Waktumu dengan Berkumpul Bersama Keluarga Maupun Teman Dekatmu

Berkumpul Bersama Teman
Berkumpul Bersama Teman

Menghabiskan waktu sendirian dan merenung hanya akan membuatmu semakin sulit untuk melupakan mantan gebetanmu.

Yang harus kamu lakukan adalah menghabiskan sebanyak mungkin waktumu untuk berkumpul dengan orang-orang yang menyayangi, seperti keluarga maupun sahabat dekat.

Sebisa mungkin jangan menghabiskan waktu untuk meratapi nasibmu sendirian. Alihkan pikiranmu pada hal lain. Bersenang-senanglah bersama keluarga dan juga sahabat terdekatmu. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk melupakan mantan gebetan yang tidak bisa kamu dapatkan.

Jika kamu memiliki hobi atau hal yang ingin kamu lakukan, kamu bisa memanfaatkan momen ini. Mintalah keluarga atau sahabatmu untuk menemanimu melakukan hal-hal yang paling kamu ingin lakukan sebelumnya.

6. Bukalah Hatimu untuk Sosok yang Baru

Membuka Hati
Membuka Hati

Hal yang cukup ampuh adalah dengan mengganti posisi gebetanmu dengan sosok yang baru. Cobalah untuk membuka hatimu kembali. Jangan terlalu lama menutup diri dan hati dari orang lain yang bermaksud untuk lebih dekat denganmu.

Seperti halnya dengan apa yang sering orang Jawa katakan, “tresno jalaran soko kulino”.

Ya, cinta pasti akan datang saat kamu sudah terbiasa dengan keberadaannya. Jadi tidak ada salahnya kamu mencoba membuka hati untuk orang baru dan membiasakan dirimu untuk selalu bersamanya.

Membuka hati untuk sosok yang baru memang tidak mudah. Tetapi kamu harus bisa mencoba sedikit demi sedikit untuk kembali menata kehidupanmu lagi. Kamu tidak bisa terus menerus hidup dalam bayangannya, bukan?

7. Yakinilah Bahwa Tuhan Sudah Menyiapkan Sosok yang Lebih Baik Darinya Untukmu di Waktu yang Tepat Nanti

Tuhan Mempersiapkan Yang Lebih Baik Darinya
Tuhan Mempersiapkan Yang Lebih Baik Darinya

Yang terakhir adalah kekuatan hatimu sendiri. Kamu harus percaya dan yakin bahwa Tuhan sudah menyiapkan sosok yang lebih baik untukmu. Jika saat ini kamu tidak bisa memilikinya, artinya dia memang bukan orang yang tepat untuk menjadi pendampingmu.

Tidak ada yang tahu siapa yang akan menjadi jodoh kita pada akhirnya. Tetap jalani saja kehidupanmu dan yakinlah bahwa Tuhan selalu mencoba mendekatkanmu dengan yang baik dan menjauhkanmu dari yang buruk untukmu.

Jika kamu seorang pria, ketahui juga 6 Tanda Wanita yang Kamu Cintai Tidak Tertarik Denganmu.

Itulah 7 cara ampuh yang bisa kamu terapkan untuk bisa melupakan mantan gebetan. Kamu juga harus paham bahwa untuk bisa melupakan, kamu membutuhkan waktu yang cukup. Lambat laun, kamu pasti bisa melupakannya dan mendapatkan sosok baru yang lebih pantas untuk kamu cinta.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.