5 Alasan Kenapa Kamu Tak Perlu Memaksakan Diri Melupakan Mantan

Ada kalanya ekspektasi kita pada hubungan yang dijalani tak sesuai dengan kenyataan.

Dina Novia Dina Novia · 3 min read >
Tak Perlu Memaksakan Diri Melupakan Mantan

Ada kalanya ekspektasi kita pada hubungan yang dijalani tak sesuai dengan kenyataan. Semua orang pasti menginginkan hubungan yang selalu baik-baik saja.

Tapi pada kenyataannya banyak hubungan yang berakhir dengan mudahnya. Ketidakcocokan kerap dijadikan alasan saat hubungan harus berhenti di tengah jalan.

Menjalin hubungan memang hal yang susah-susah gampang. Seringkali semua hal dalam hubungan tidak sesederhana yang kamu pikirkan.

Banyak hal yang membuatmu merasakan yang namanya jatuh bangun dalamh hubungan percintaan. Dan kamu tak akan pernah bisa lari dari kenyataan itu.

Saat hubunganmu harus menerima kenyataan bahwa segalanya tak mungkin lagi dilanjutkan, kamu pun berusaha mati-matian untuk melupakan dia yang kini berstatus sebagai mantan.

Padahal hal itu tidak harus kamu lakukan kok. Kamu tak perlu memaksakan dirimu untuk melupakan mantanmu dalam waktu yang singkat. Berikut adalah beberapa alasan yang harus kamu pahami.

1. Kesulitanmu Melupakannya Menjadi Tanda Bahwa Kamu Memang Pernah Tulus dalam Mencintainya

Kamu Pernah Tulus Mencintainya
Kamu Pernah Tulus Mencintainya

Semakin lama waktu yang kamu butuhkan untuk melupakan segala hal tentang mantanmu, menunjukkan seberapa tulus kamu mencintainya dulu.

Waktu melupakan sebenarnya berbanding lurus dengan besarnya rasa cinta yang kamu miliki untuknya. Kenyataannya melupakannya lebih sulit daripada mencintainya bukan?

Kamu tak bisa dengan mudah dan dalam waktu yang singat melupakan semua kenangan yang sudah kamu ukir bersamanya dulu.

Percuma saja kamu memaksakan diri untuk melupakannya. Semua itu sudah pasti membutuhkan waktu yang tak singkat. Kamu tak bisa dengan mudah mengganti kenangannya bersamamu dengan kenanganmu yang baru dengan orang baru pula.

Baca Juga : Cukup Aneh, Inilah 7 Tanda Bahwa Mantan Adalah Jodoh Kita

2. Sifat Setiamu Membuatmu Butuh Waktu yang Cukup Lama untuk Melupakan Segala Sesuatu Tentangnya

Sifat Setiamu Membuatmu Membutuhkan Waktu Melupakan Mantan
Sifat Setiamu Membuatmu Membutuhkan Waktu Melupakan Mantan

Sebenarnya sulit melupakan mantan juga menunjukkan jati dirimu yang sebenarnya loh. Kamu yang sulit untuk melupakannya adalah seorang yang setia pada suatu hal. Kamu tak bisa dengan mudah berpindah dari satu kenangan ke hal lainnya.

Meski akhirnya kamu dan dia tidak bisa melanjutkan hubungan yang sudah lama kalian jalani bersama, setidaknya kamu pernah begitu tulus mencintainya. Berakhirnya sebuah hubungan tidak bisa kamu jadikan alasan untuk mengakhiri semua ingatanmu tentangnya.

Untuk bisa melupakan dan memulai hubungan yang baru tentu butuh waktu yang cukup. Kamu tak bisa melakukannya dengan waktu yang singkat.

Jadi percuma jika kamu tetap ingin memaksakan dirimu agar bisa melupakannya secepat mungkin. Ada proses yang harus kamu lewati untuk mendapatkan suatu hal yang kamu ingini. Jadi jangan lagi memaksakan diri ya.

3. Dengan Memaksakan Dirimu untuk Lupa, Kamu Justru Membuat Otakmu Terus Mengingat Si Dia

Melupakan Hanya Membuatmu Terus Memikirkan
Melupakan Hanya Membuatmu Terus Memikirkan

Apakah kamu sadar bahwa saat kamu sangat berusaha keras untuk melupakan, kamu justru akan semakin mengingatnya.

Ketika kamu hanya fokus untuk melupakan kenanganmu bersama mantan, kamu juga mau tidak mau akan fokus pada kenangan tersebut. Hasilnya? Tentu saja kamu hanya akan semakin mengingatnya.

Kamu tak bisa melupakan sesuatu dalam waktu yang singkat. Sama halnya dengan mnecintai yang membutuhkan waktu untuk dekat dan saling mengenal, melupakan juga butuh waktu yang cukup. Kamu tidak bisa memaksakan dirimu secara berlebihan.

Memaksakan dirimu untuk melupakannya dalam waktu cepat hanya akan membuatmu tersiksa. Kamu akan kehilangan kesempatan untuk menikmati waktu yang kamu miliki.

Kamu akan melewatkan kesempatanmu untuk bisa membuat dirimu sendiri hidup dengan dipenuhi kebahagiaan.

Baca Juga : Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Tak Seharusnya Berteman Dengan Mantan

4. Tak Apa Jika Kamu Sesekali Masih Mengingatnya, Memori Otakmu Ada untuk Menyimpan Kenangan Termasuk Saat Masih Bersamanya

Tak Apa Jika Sesekali Kamu Mengingatnya
Tak Apa Jika Sesekali Kamu Mengingatnya

Kamu tidak bisa menyalahkan dirimu sendiri saat kamu mengalami kesulitan untuk membuang semua ingatanmu tentang mantanmu.

Memori otakmu memang tercipta untuk menyimpan segala hal yang sudah kamu lewati. Kamu tidak bisa memaksakan diri untuk menghapusnya begitu saja.

Jangan merasa kenanganmu bersama mantanmu hanya akan menjadi bebanmu saja. Bukannya segala hal yang sudah kamu lewati bersamanya tak selalu berupa keburukan? Kamu pasti memiliki kenangan yang indah kan saat masih bersamanya dulu.

Kamu hanya perlu menjalani hari-harimu seperti biasa. Akan ada saatnya kamu tak merasakan hal apapun saat mengingat tentang mantanmu itu.

Cukup jalani kehidupanmu dengan bahagia. Jangan biarkan keinginanmu untuk melupakannya secara cepat justru membuatmu merasa tersiksa.

5. Kamu Hanya Perlu Membiarkan Waktu yang Secara Perlahan Menghapus Dirinya dari Hati dan Pikiranmu

Biarkan Waktu Yang Menghapus Dirinya Dari Pikiran dan Hatimu
Biarkan Waktu Yang Menghapus Dirinya Dari Pikiran dan Hatimu

Tak perlu memaksakan diri. Percayalah dengan kemampuan waktu yang akan secara perlahan menghapusnya dari ingatanmu. Jangan biarkan kebahagiaanmu hilang karena kamu terlalu memaksakan diri pada hal yang sebenarnya belum bisa kamu lakukan.

Mengingat kenangan tentangnya tidak selalu merupakan hal yang buruk kok. Semua orang pasti juga bisa memahami bagaimana sulitnya melupakan seseorang yang pernah dicintai.

Bukan hanya kamu yang mengalami kesulitan itu. Jadi biarkan semua mengalir saja. Jangan lagi memaksakan dirimu secara berlebihan.

Berdamailah dengan masa lalu yang sudah mendewasakanmu. Segala kenangan tentangnya yang kini hanya berstatus mantan pasti akan membawamu menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

Baca Juga : Cara Paling Efektif Melupakan Mantan Dalam 10 Hari

Itulah beberapa alasan kenapa kamu tak perlu memaksakan dirimu untuk secepatnya melupakan mantanmu terdahulu. Setiap orang tidak ada yang tahu nasib apa yang akan menimpanya di masa kini dan masa depan. Yang harus kamu lakukan hanyalah mengikuti alur yang sudah Tuhan siapkan untukmu.

Jalani saja apa yang memang seharusnya kamu jalani. Tak perlu memaksakan diri terlalu berlebihan. Setiap orang ada dengan batas kemampuannya masing-masing dan Tuhan tidak pernah memberikan cobaan pada seseorang melebihi kemampuan yang dia miliki.

Dina Novia
Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang. Read Full Profile