Tak Selalu Karena Kecocokan, Masalah Ini Juga Jadi Penyebab Putusnya Hubungan

Tak ada satu pun hubungan asmara yang selalu berjalan dengan baik. Pasti

Dina Novia Dina Novia · 3 min read >
Penyebab Putusnya Hubungan

Tak ada satu pun hubungan asmara yang selalu berjalan dengan baik. Pasti dalam prosesnya ada saja masalah yang datang, mulai dari masalah yang sangat sepele sampai yang sangat serius sekali pun.

Penyebab permasalahan dalam sebuah hubungan bisa jadi disebabkan oleh emosi yang tak bisa dikontril, komunikasi yang kurang, dan masih banyak lagi penyebab lainnya. Hal itulah yang akhirnya membuat sebuah hubungan terkesan kurang cocok antara satu dengan yang lain.

Sebenarnya bukan ketidakcocokan yang selalu menjadi masalah dalam setiap hubungan sehingga berakhir dengan perpisahan. Berikut ini adalah beberapa hal yang ternyata juga bisa membuat sebuah hubungan kandas di tengah jalan.

1. Urusan Keuangan yang Dirasa Kurang Adil

Urusan Keuangan Yanng Tidak Adil
Urusan Keuangan Yanng Tidak Adil

Tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang urusan keuangan juga menjadi sumber masalah dalam sebuah hubungan. Dengan usiamu yang sudah dewasa tentu kamu juga menyadari bahwa mencari uang untuk menghidupi diri sendiri bukanlah hal yang mudah.

Jadi rasanya tak adil bukan jika membebankan semua biaya yang kamu butuhkan saat bersama pasanganmu pada pasanganmu saja sedangkan kamu tak pernah mengeluarkan sepeser pun saat sedang jalan bersama pasanganmu.

Kamu perlu memahami bahwa ikatan pacaran tidak lantas bisa membuatmu membebankan semua biaya pacaran pada pasanganmu saja.

Dia tidak memiliki kewajiban untuk membiayai kebutuhanmu, begitu pun kamu yang tak memiliki hak untuk memintanya memenuhi segala kebutuhanmu.

2. Tidak Pernah Mendengarkan Penjelasan Pasangan, Justru Lebih Mengedepankan Hasutan Teman

Tidak Pernah Mendengarkan Pasangan
Tidak Pernah Mendengarkan Pasangan

Sudah seharusnya sebagai pasangan kamu memiliki komunikasi yang baik dengan pasanganmu. Jangan biarkan orang lain, termasuk temanmu, dengan mudah bisa menghasutmu.

Jika ada permasalahan dalam hubungan yang kalian jalani, ada baiknya kamu mendengarkan penjelasan dari pasanganmu terlebih dahulu. Kamu tak bisa sepenuhnya percaya pada orang lain.

Campur tangan orang lain dalam permasalahan yang sedang kamu dan pasanganmu hadapi hanya akan membuat hubungan kalian semakin rumit.

Biasanya yang paling rentan dengan hasutan teman adalah para perempuan. Boleh saja mendengarkan apa yang dikatakan oleh orang lain, tapi jangan menelan semuanya secara mentah-mentah. Kamu harus pandai dalam menyaring informasi yang kamu dapatkan.

Baca Juga: 7 Penyebab Pacar Berubah Menjadi Sering Marah Terhadapmu

3. Menuntut Pasangan Jadi Orang yang Selalu Peka

Menuntut Pasangan Selalu Peka
Menuntut Pasangan Selalu Peka

Seringkali sebagai pasangan ada rasa egois yang datang. Kamu menuntut pasanganmu untuk peka terhadap apa yang sebenarnya kamu inginkan. Sayangnya pasanganmu bukanlah Tuhan yang bisa tahu apapun yang kamu inginkan dan kamu butuhkan tanpa kamu beritahu secara langsung.

Daripada berharap dia peka dengan kode yang kamu tujukan padanya, lebih baik kamu langsung berterus terang tentang apa yang kamu inginkan darinya. Jangan terlalu bertele-tele.

Yang ada bukannya dia paham malah kamu yang kecewa karena terlalu berharap karena merasa kode yang kamu berikan sudah cukup banyak dan jelas.

4. Tidak Ada Privasi dalam Menjalani Hubungan

Hilangnya Privasi Dalam Hubungan
Hilangnya Privasi Dalam Hubungan

Dia memang pasanganmu, tapi bukan berarti kamu berhak tahu semua yang seharusnya menjadi privasinya. Meskipun kamu dan dia adalah pasangan, tapi ruang privasi tetap harus ada. Kamu tak bisa melanggar norma itu.

Jangan seenaknya mengacak-acak barang privasinya seperti ponsel atau ruang pribadinya. Rasa curiga pada pasangan tak sepatutnya kamu jadikan alasan untuk melakukan hal tersebut.

Cukup bicaralah secara langsung dengan pasanganmu. Jangan membuatnya justru tak nyaman dengan sikapmu yang memasuki ruang privasinya seenaknya sendiri.

5. Terlalu Manja dan Menggantungkan Diri pada Pasangan

Terlalu Manja Terhadap Pasangan
Terlalu Manja Terhadap Pasangan

Terlalu mandiri mungkin terkadang tak baik karena hal itu bisa membuat pasanganmu merasa tak ada gunanya untukmu. Namun terlalu manja dan menggantungkan dirimu pada pasanganmu juga bukan hal yang benar untuk kamu lakukan.

Seharusnya kamu bisa menempatkan dirimu dalam beberapa kondisi tertentu. Ada kalanya kamu bisa bermanja-manja padanya., tapi ada kalanya juga kamu harus bersikap lebih dewasa dengan melakukan sesuatu yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus merepotkannya.

Ingat fokus perhatiannya bukan hanya kamu seorang. Dia punya dunia sendiri yang juga memerlukan perhatian darinya seperti keluarga maupun karirnya.

6. Selalu Berusaha untuk Tampak Baik-baik Saja

Berusaha Terlihat Baik-baik Saja
Berusaha Terlihat Baik-baik Saja

Mencoba terlihat baik-baik saja tak selalu benar untuk dilakukan. Jadilah apa adanya dirimu sendiri. Jika memang kamu dalam keadaan yang tak baik, tak ada salahnya kamu menunjukkan hal itu. Kamu tak bisa terus menerus berpura-pura, bukan?

Semisal ada hal yang menjadi pikiranmu dan sudah membuatmu cukup stres, maka tak ada salahnya kamu mengungkapkan hal itu pada pasanganmu. Jangan menyimpan semua bebanmu sendirian. Jangan berusaha terlihat baik-baik saja jika sebenarnya kamu sedang tidak baik-baik saja.

7. Tidak Pernah Menghargai Apa yang Sudah Dilakukan oleh Pasangan

Tidak Pernah Menghargai Pasangan
Tidak Pernah Menghargai Pasangan

Siapa sih yang tak ingin dihargai? Sepertinya semua orang ingin dihargai. Nah, sama halnya dengan satu hubungan. Jika kamu ingin dihargai oleh pasanganmu, maka  kamu pun harus menghargai pasanganmu.

Sekecil apapun hal yang sudah dilakukan oleh pasanganmu, asal itu positif, tak ada salahnya kamu mengapresiasi hal tersebut. Misalnya dengan hal kecil seperti pujian atau ucapan selamat. Meski terlihat remeh, nyatanya hal itu juga memiliki pengaruh besar dalam memperkuat sebuah hubungan loh.

Itu adalah tujuh hal yang kerap menjadi penyebab kandasnya satu hubungan. Tak melulu ketidakcocokan yang jadi masalah utama adanya keretakan dalam hubungan yang kamu jalin dengan pasangan.

Baca Juga: 12 Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Memutuskan Berpisah dengan Pasangan

Jadi, mulai dari sekarang ada baiknya kamu lebih jeli dalam melakukan segala hal. Jangan sampai hal yang menurutmu baik justru dapat menghancurkan hubungan yang sudah kamu bangun sejak lama dengan pasangan.

Dina Novia
Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang. Read Full Profile