in

5 Tanda Bahwa Kamu Masih Kekanak-kanakan dalam Hubungan

Masih Kekanak-kanakan dalam Hubungan
Masih Kekanak-kanakan dalam Hubungan

Dalam menjalin sebuah hubungan, sangat diperlukan yang namanya kedewasaan masing-masing pihak. Bullshit jika ada yang mengatakan sebuah hubungan hanya memerlukan cinta di dalamnya.

Apa kamu yakin kamu bisa melewati semua masalah yang ada tanpa adanya pemikiran dewasa yang kamu dan pasanganmu miliki.

Kamu akan mendapat banyak pujian selama kamu menjalani hubunganmu dengan pasangan. Sebuah hubungan percintaan tidak selalu dipenuhi oleh kebahagiaan. Pasti ada kalanya kamu akan dihantam oleh masalah yang bertubi-tubi.

Bisa melewati masalah itu atau tidak, semua tergantung pada cara kamu menyelesaikannya. Di sinilah peran kedewasaan sangat kamu perlukan.

Jika kamu dapat melalui semua masalahmu dengan cara berpikir yang dewasa, kedepannya hubunganmu akan terasa lebih mudah.

Namun jika kamu tak berhasil keluar dari masalah yang datang pada hubunganmu, mungkin itu sebuah pertanda bahwa hubungan tidak akan berjalan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Pahamilah tentang beberapa hal yang menunjukkan bahwa kamu memang perlu berubah. Berikut adalah tanda yang menunjukkan kamu masih belum cukup dewasa untuk menjalin sebuah hubungan asmara.

1. Kamu Masih Saja Suka Membandingkanya dengan Orang Lain yang Menurutmu Lebih Sempurna

Membandingkan Diri Dengan Orang Lain
Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Di atas langit akan selalu ada langit yang lainnya. Sesempurna apapun pandanganmu terhadap seseorang pasti akan ada orang yang melebihi kesempurnaannya.

Karena sesungguhnya memang di dunia ini tidak pernah ada yang sempurna, seperti halnya dengan pasanganmu.

Jadi mulai sekarang akan lebih baik jika kamu berhenti untuk membandingkannya dengan orang lain yang menurutmu lebih baik darinya. Kamu harus paham bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Mungkin dalam satu sisi pasangan memang kalah sempurna dibandingkan orang yang lain. Tapi bisa jadi pasanganmu juga lebih baik disisi yang lain daripada ada orang yang yang ada di sekeliling.

Baca Juga : Bosan dalam Hubungan Itu Hal yang Biasa, Ini Cara Tepat untuk Mengatasinya

2. Kamu Memaksanya untuk Menjadi Apa yang Kamu Mau

Kamu Terlalu Memaksakan Kehendak ke Pasanganmu
Kamu Terlalu Memaksakan Kehendak ke Pasanganmu

Sebenarnya hal yang wajar jika kamu ingin pasanganmu berubah menjadi sosok yang lebih baik. Tapi kamu juga tidak bisa memaksakan kehendak mu padanya. Dia berhak melakukan apa yang ingin dilakukan dan dia berhak untuk menjadi apa yang dia ingini.

Pada dasarnya menjalin hubungan adalah tentang menerima pasangan dengan apa adanya. Kamu tidak bisa memaksanya untuk selalu menjadi apa yang kamu mau.

Yang bisa kamu lakukan hanyalah berproses bersamanya dan menjadi pribadi yang lebih baik nantinya. Memaksanya untuk menjadi apa yang kamu mau hanya akan menunjukkan bahwa kamu belum cukup dewasa dalam menjalani hubungan asmara.

3. Kamu Kerap Menceritakan Masalah yang Ada dalam Hubunganmu pada Banyak Orang

Kamu Menceritakan Masalahmu Kepada Banyak Orang
Kamu Menceritakan Masalahmu Kepada Banyak Orang

Tanda ketika yang menunjukkan bahwa kamu masih bersikap kekanak-kanakan dalam menjalani hubungan adalah saat kamu menceritakan masalah yang ada dalam hubunganmu pada orang lain.

Apa yang ada dalam hubungan adalah hal yang sudah sepatutnya kamu jaga. Sebanyak apapun masalah yang kamu hadapi, jangan sampai kamu menyebarkan aib dalam hubunganmu sendiri.

Kamu tidak pernah tahu apakah orang yang kamu ajak bicara itu memang orang yang bisa dipercaya. Mungkin saja dia hanya bersikap layaknya orang baik hanya di depanmu saja.

Tapi saat dia berada di belakangmu, dia akan mengungkap aibmu di depan orang yang yang ada di sekitarnya. Yang buruk dalam hubunganmu biarlah jadi ceritamu dengan pasanganmu saja.

Tunjukkan sikap dewasamu dengan menjaga apa yang memang seharusnya harus kamu jaga.

Baca Juga : Kamu Tetap Butuh Ruang dalam Sebuah Hubungan, Ini Alasannya

4. Terkadang Kamu Masih Saja Suka Iri dengan Hubungan yang Orang Lain Miliki

Kamu Masih Suka Iri Dengan Hubungan Orang Lain
Kamu Masih Suka Iri Dengan Hubungan Orang Lain

Antara satu hubungan dengan hubungan yang lain tentu saja akan berbeda. Proses yang dimiliki oleh satu pasangan dengan pasangan yang lain tidak mungkin selalu sama. Jadi kamu tidak bisa membandingkan hubunganmu dengan hubungan orang yang lainnya.

Susah senang tertawa bahagia kecewa menangis adalah hal yang pasti akan kamu rasakan dalam sebuah hubungan. Kapan hal itu akan terjadi, kamu tidak pernah tahu pasti. Hal itu akan datang sesuka hati pada pasangan manapun yang dia ingini.

Mungkin saat ini hubunganmu memang sedang dilanda masalah, tapi bukan berarti hubunganmu lebih menyedihkan daripada hubungan yang lainnya.

Jadi sikap iri pada hubungan orang lain bukankah hal yang menunjukkan bahwa kamu menjalani hubungan itu dengan pola pikir dan cara yang dewasa.

Ingatlah bahwa proses kehidupan setiap orang tidak pernah sama, ada kalanya kamu yang di bawah ada kalanya orang lain di atas.

Baca Juga : Bukti Kedewasaan, Ini Cara Terbaik untuk Mengakhiri Sebuah Hubungan

5. Kamu Hanya Mau Menerima Kelebihannya, Tapi Tidak untuk Kekurangannya

Hanya Menerima Kelebihan Tidak Kekuranganya
Hanya Menerima Kelebihan Tidak Kekuranganya

Menjalin hubungan bukanlah hal yang bisa untuk kamu permainkan. Bagaimana kamu bisa menjalani hubungan dengan hanya menerima kelebihannya saja. Sikap seperti ini bukan cara yang tepat untuk kamu lakukan.

Saat kamu bersedia untuk menjalin sebuah hubungan, artinya kamu harus tersedia juga menerima segala kelebihan dan kekurangannya. Sudah seharusnya kamu menerima apa adanya dia yang menjadi pasanganmu.

Tapi jika kenyataannya kamu hanya menerima kelebihannya saja, artinya kamu memang masih belum memiliki pola pikir yang dewasa.

Coba bayangkan jika kamu berada di posisinya. Apa kamu tidak akan kecewa jika pasanganmu hanya mau menerima kelebihanmu saja?

Baca Juga : Ternyata Ini Alasan Perempuan Memilih Bertahan dalam Hubungan

Itulah 5 tanda yang menunjukkan bahwa kamu memang belum cukup dewasa. Nampaknya kamu memang belum benar-benar mengenal apa arti cinta yang sebenarnya. Kamu masih saja mementingkan egomu daripada nasib hubunganmu.

Bertindak kekanak-kanakan tidak akan membuat hubunganmu berjalan dengan lancar. Justru sikap itu hanya akan mendatangkan banyak masalah yang sulit untuk terpecahkan. Jadi mulai saat ini cobalah untuk introspeksi dan dan memperbaiki diri.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.