in ,

Tak Baik untuk Hubungan, Ini Tanda Cintamu pada Pasangan Sudah Berlebihan

Tanda Cintamu Pada Pasangan Sudah Berlebihan
Tanda Cintamu Pada Pasangan Sudah Berlebihan

Terkadang orang suka lupa diri dalam mencintai. Rasa cinta yang menggebu sulit dikontrol oleh diri. Cara berpikir yang rasional seolah pergi entah ke mana hanya karena cinta. Ya, mungkin ini yang disebut oleh banyak orang sebagai cinta buta. Cinta yang membuat seorang lupa diri. Cinta yang membuat seseorang tak mampu menyeimbangkan hati dan pikiran lagi.

Cinta bukan suatu hal yang bisa dilebih-lebihkan. Segala yang berlebihan selalu menimbulkan dampak yang tak baik untuk diri seseorang. Secinta apapun kamu dengan seseorang, seharusnya kamu tetap mampu mengontrol perasaan dan pikiranmu agar tetap seimbang.

Kamu patut berhati-hati jika apa yang seharusnya berjalan normal justru terkesan over dalam prosesnya. Hubungan yang kamu jalin mungkin akan mendapati dampak negatif dari rasa cinta yang berlebihan ini.

Memiliki efek yang kurang baik, berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa sudah waktunya kamu lebih mengontrol rasa cintamu karena kadarnya sudah terlalu berlebihan.

1. Merasa Bahwa Sumber Kebahagiaan dalam Hidupmu Hanyalah Dia Seorang

Sumber Kebahagiaan Hanya Ada Pada Pasangan
Sumber Kebahagiaan Hanya Ada Pada Pasangan

Dia sangatlah berharga untukmu. Bahkan kamu beranggapan bahwa satu-satunya sumber kebahagiaanmu hanyalah dirinya seorang. Kamu menganggap tak ada hal yang lebih membahagiakan dari takdir yang membawanya dalam dekapanmu.

Padahal pandangan seperti ini tidaklah benar. Kebahagiaanmu bukan tanggung jawab orang lain. Dirimu sendirilah yang menentukan kapan kamu ingin bahagia dan kapan tidak. Bahagiamu ada di tanganmu sendiri, bukan di tangan pasanganmu.

2. Melakukan Banyak Kebohongan Demi Menjaga Hatinya Hanya Untukmu

Melakukan Banyak Kebohongan Untuk Menjaga Perasaan Pasangan
Melakukan Banyak Kebohongan Untuk Menjaga Perasaan Pasangan

Seringkali kamu mengatakan sebuah kebohongan untuk membuatnya kagum dan menganggapmu sempurna. Kamu tak ingin dia pergi darimu karena ketidaksempurnaan yang kamu miliki.

Kebohongan demi kebohongan pun kamu lakukan tanpa kamu sadari semua itu hanya akan menjadi boomerang besar bagi dirimu sendiri.

Sepandai-pandainya orang menyembunyikan bangkai, pasti akan tercium juga. Sama halnya dengan kebohongan yang kamu lakukan selama ini hanya untuk membuatnya tetap ada di sisimu.

Jika dia memang mencintaimu, tak peduli seperti apa dirimu, dengan segala kelebihan dan kekuranganmu, dia pasti akan menerimamu.

Jangan membuat dirimu sendiri nampak sempurna di hadapannya, karena kenyataannya memang tak pernah ada yang sempurna di dunia ini, termasuk dirinya.

Baca Juga: Ini lho 4 Tanda Awal Kalau Hubunganmu Sudah Nggak Sehat Lagi

3. Menggantungkan Hampir Semua Hal dalam Hidupmu Pada Dirinya

Menggantungkan Hidupmu Pada Pasangan
Menggantungkan Hidupmu Pada Pasangan

Apapun yang kamu lakukan selalu berhubungan dengannya. Kamu terlalu bergantung pada dirinya. Kamu merasa keberadaannya saja sudah cukup untukmu.

Selagi ada dia, semua hal dalam hidupmu kamu anggap aman-aman saja. Ketergantunganmu pada pasanganmu membuatmu seolah tak lagi membutuhkan orang lain dalam hidupmu.

Salah jika kamu beranggapan dengan adanya orang yang kamu cintai lantas kamu menjadi pribadi manja yang tak mampu melakukan apapun tanpanya. Ingat, dia hanyalah pasanganmu, bukan sumber dari kehidupanmu.

4. Merasa Hidupmu akan Hancur Tanpa Adanya Dia

Tanpa Pasangan Kamu Merasa Hidupmu Hancur
Tanpa Pasangan Kamu Merasa Hidupmu Hancur

Hal ini yang paling bahaya. Kata-kata “aku tak bisa hidup tanpamu” mungkin bisa menggambarkannya.

Karena kamu menganggap pasangamu sebagai satu-satunya sumber kebahagiaan dan tempatmu bergantung untuk segala macam hal, kamu pun beranggapan bahwa hidupmu akan hancur berkeping-keping tanpa adanya dia di sampingmu.

Kamu merasa orang yang paling lemah tanpa adanya dia dalam hidupmu. Ketakutanmu akan kehilangan dirinya sangatlah kuat. Seolah hanya dialah laki-laki yang ada di dunia ini.

Padahal sebelum bertemu dengannya, kamu pasti sudah terlebih dahulu mengenal beberapa orang dalam kehidupanmu, bukan?

5. Rasa Cinta yang Kamu Miliki untuk Dia Lebih Besar Dibandingkan Rasa Cintamu pada Dirimu Sendiri

Kamu Mencintai Dia Lebih Dari Diri Sendiri
Kamu Mencintai Dia Lebih Dari Diri Sendiri

Hal yang salah dalam urusan cinta. Seharusnya rasa cinta pada diri sendiri lebih besar dibanding rasa cinta pada orang lain. Salah jika yang terjadi dalam hubunganmu kamu lebih mencintai pasanganmu dibanding dirimu sendiri.

Kamu tak bisa menjalani hubungan dengan kadar rasa cinta yang tak seharusnya. Yang benar itu, kamu perlu mencintai dirimu sendiri untuk bisa dicintai oleh orang lain.

Bagaimana bisa orang lain mencintaimu dengan rasa yang besar jika dirimu sendiri saja hanya menyisakan sedikit cinta untuk dirimu.

6. Sudah Berlebihan dalam Memberinya Sebuah Kepercayaan

Terlalu Berlebihan Memberikan Pasangan Kepercayaan
Terlalu Berlebihan Memberikan Pasangan Kepercayaan

Rasa saling percaya satu sama lain dalam sebuah hubungan memang sangat penting. Namun ingat, percayalah dengan kadar yang wajar. Segala hal yang berlebihan tentu akan memiliki efek yang kurang baik, termasuk dalam sebuah hubungan.

Segala yang dia inginkan selalu kamu berikan karena kamu sangat percaya bahwa dia tak akan pernah meninggalkanmu sendiri. Tapi pada kenyataannya keyakinanmu belum tentu benar.

Kamu harus tetap menjaga dirimu dan tidak terlalu percaya pada pasanganmu. Jangan sampai kamu justru menjadi mainan baru untuk pasanganmu yang sangat kamu cinta.

Sesekali coba dengarkan saran dari keluarga atau teman dekatmu tentang pasanganmu itu. Segala kritikan tentu mampu menjadi bahan renungan untuk hubungan yang kamu jalani ke depan. Kamu butuh penyeimbang saat kamu tak mampu berpikir secara objektif tentang dirinya.

7. Saat Jauh Darinya, Rindumu Sudah Tak Wajar

Memiliki Rindu Yang Tidak Wajar
Memiliki Rindu Yang Tidak Wajar

Meski sudah menghabiskan satu hari penuh dengannya, kamu masih saja merindukannya. Rindumu yang berlebihan sudah melebihi batas normal. Yang ada di pikiranmu hanya keinginan untuk terus bersamanya.

Seolah kamu tak ingin berpisah dengannya meski hanya satu menit saja. Dalam jeda waktu yang sebentar, kamu sudah sangat ingin kembali menghubunginya atau bertemu dengannya.

Baca Juga: Waspada, Inilah Pertanda Pasangan Mulai Merasa Bosan Menjalani Hubungan

Hal ini membuat pekerjaanmu menjadi tak karuan. Kamu tak bisa fokus karena memang yang ada di otakmu hanyalah dirinya. Kamu tak bisa bekerja dengan maksimal karena rasa rindumu yang ingin segera tersalurkan.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.