in

Waspadai, Ini 8 Tanda Kamu Sedang Menjalani Hubungan Tidak Sehat

Tanda Hubungan Tidak Sehat

Apakah kamu kerap merasa kurang bahagia dalam menjalani hubungan? Jika iya, ada kemungkinan hubungan yang saat ini kamu jalani bukanlah hubungan yang sehat.

Dalam sebuah hubungan, pertengkaran memang satu hal yang wajar. Namun jika pertengkaran itu terus-menerus terjadi, tentu akan membuatmu tersiksa sendiri. Sedangkan sebuah hubungan seharusnya mampu menciptakan rasa nyaman, bukan tertekan.

Sebelum kamu melangkahkan kaki pada hubungan yang lebih serius, ada baiknya kamu merenungkan kembali seperti apa hubunganmu saat ini. Jangan sampai kamu tak menyadari bahwa selama ini hubunganmu dengan pasangan bukanlah hubungan yang baik untuk dipertahankan.

Untuk mengantisipasi kesalahan dalam melangkah, kamu perlu tahu tanda apa saja yang menunjukkan bahwa sebuah hubungan termasuk hubungan yang tak sehat. Yuk langsung simak saja 8 tanda hubungan tak sehat berikut ini.

1. Dia Selalu Menghindar untuk Menghabiskan Waktunya Bersamamu

Apakah selama ini pasanganmu sudah adil dalam membagi waktunya? Atau justru dia selalu beralasan setiap kali kamu ingin pergi atau bertemu dengannya?

Hubunganmu termasuk hubungan yang tak sehat jika pasanganmu justru lebih memilih menghabiskan waktunya bersama orang lain dibanding bersamamu, kekasihnya sendiri. Dia tak menganggapmu sebagai pasangan yang harus dia utamakan.

2. Dia Tidak Memberikan Dukungannya untuk Apa yang Menjadi Passion-mu

Bagaimana bisa kamu bertahan dengan pasangan yang tak memberikan dukungannya pada apa yang menjadi passion-mu? Rasanya akan sangat sulit untuk menjalani hubungan semacam itu.

Hubunganmu bukanlah hubungan yang sehat jika pasanganmu tidak menunjukkan dirinya sebagai pasangan yang mampu menerima segala yang ada pada dirimu. Bukannya mendukung, dia justru memberimu batasan dalam mengembangkan passion yang kamu miliki.

3. Dia Melarangmu untuk Bertemu atau Bepergian Bersama Teman-temanmu

Pastinya kamu memiliki teman dan kerabat dalam hidupmu. Sebelum kamu mengenal dan menjalin hubungan dengan pasanganmu pun kamu sudah memiliki teman-teman yang selalu ada untukmu.

Lantas, apa pantas jika pasanganmu melarangmu untuk bertemu atau bepergian bersama teman-temanmu ketika dia bisa dengan bebasnya bertemu teman-temannya?

Melarang boleh saja, jika statusnya kamu dan pasanganmu sudah menjadi pasangan suami istri sedangkan ada kewajiban yang harus didahulukan terlebih dahulu. Tapi melarang dengan alasan yang tak jelas, itu bukan hal yang bisa kamu anggap wajar.

Jika sebelum menikah dia sudah bersikap seenaknya padamu, bagaimana jika nanti kalian sudah berumah tangga? Jangan sampai kamu terjebak terus dalam hubungan yang tak sehat semacam ini.

4. Setiap Bertemu, Dia Selalu Memeriksa Ponselmu

Memeriksa ponsel milik pasangan adalah salah satu bukti bahwa dalam hubunganmu sangat minim adanya kepercayaan. Jika pasanganmu menaruh kepercayaan yang cukup besar terhadapmu, dia tidak akan memeriksa ponselmu setiap kali kalian bertemu.

Meski kalian adalah pasangan, privasi tetap diperlukan loh. Nah, ponsel ini termasuk salah satu barang yang menjadi privasimu. Jadi tidak seharusnya pasanganmu melanggar hak privasi yang kamu miliki.

Hubungan yang sehat memiliki pondasi kepercayaan yang kuat di dalamnya. Jika pasanganmu hanya memiliki keraguan dan kecurigaan terhadapmu, maka hubunganmu masuk dalam kategori hubungan yang tak sehat dan tak seharusnya dipertahankan.

Jika kamu berada di fase seperti, jangan lupa untuk tetap membangun kepercayaan dalam hubungan.

5. Bagaimana Kamu Merias Wajah dan Berpakaian, Semua Diatur Olehnya

Menentukan style diri sendiri adalah salah satu hak yang dimiliki oleh setiap orang. Orang lain tidak berhak mengatur bagaimana cara kamu merias wajah atau berpakaian, meskipun itu adalah pasanganmu sendiri.

Kamu memiliki kebebasan dalam mengekspresikan diri pada penampilanmu. Pertahankanlah apa yang memang berhak kamu pertahankan. Jangan biarkan orang lain mengaturmu dengan sesuka hatinya.

Hubungan yang sehat tidak akan membuat orang yang menjalaninya merasa terkekang dengan banyaknya aturan. Jika pasanganmu selalu mengaturmu dan tidak memberikan kebebasan padamu, lebih baik kamu menyerah pada hubunganmu itu.

Written by Dina Novia

Punya hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.