5 Tanda Yang Jelas Bahwa Mantan Masih Ada Rasa Kepadamu

Apakah mantan kita masih menyimpan rasa ? . Perpisahan bukanlah hal yang mudah.

Ilham Damanik Ilham Damanik · 3 min read >
Tanda Mantan Masih Ada Rasa

Apakah mantan kita masih menyimpan rasa ? . Perpisahan bukanlah hal yang mudah. Terkadang kita harus berpisah dengan seseorang meskipun perasaan itu masih ada. Mungkin cukup menjadi sebuah bukti bahwa rasa cinta bukanlah jaminan untuk mempertahankan hubungan. Tapi tanpa adanya cinta, apa artinya semua?

Kita mungkin sudah berusaha mencintai seseorang semampu yang bisa dilakukan. Tapi kadang kita lupa berusaha untuk memahami apa yang dibutuhkan untuk mempertahankan hubungan. Sampai semua itu berakhir. Meskipun tidak benar-benar berakhir. Sebab wajahnya masih bisa kita lihat, suaranya masih bisa didengar dan putusnya hubungan tidak banyak mengubah apapun.

Memang sulit untuk menggantikan seseorang yang kita cintai dengan orang yang baru, tapi bukan hanya kamu yang merasakan itu. Bukan hanya kita yang tersakiti oleh perpisahan itu. Maka lihatlah tanda-tanda yang jelas bahwa dia masih ada rasa sama kita atau tidak.

1. Sikapnya Terkadang Hangat, Terkadang Dingin

Sikapnya Terkadang Hangat dan Terkadang Dingin
Sikapnya Terkadang Hangat dan Terkadang Dingin

Terkadang hangat, terkadang dingin adalah sikapnya yang terkadang menghubungimu, memberi perhatian lebih dan seterusnya, sementara dilain waktu dia tampak dingin dan seolah kamu sudah tak ada lagi dalam hatinya. Sikap yang seperti itu adalah cerminan dari keresahan dan kegelisahannya yang belum sepenuhnya rela melepasmu.

Ada bagian  dalam dirinya yang masih membutuhkan kehadiranmu. Mungkin karena terbiasa denganmu membuatnya merasa ada yang hilang saat semua tak lagi sama.

Peperangan terjadi didalam kepala dan hatinya, sebab perasaan itu masih melekat disana. Entah dia masih mengharapkanmu untuk kembali atau tidak, hanya dia yang tahu namun yang jelas perasaan itu masih tidak berubah.

Intinya, Kamu tak perlu terlalu senang jika dia menghubungimu dan tak perlu juga menunggu-nunggu jika dia tidak memberi kabar. Sadari posisimu dimana dan kamu siapa.

Perasaan itu akan hilang seiring waktu, jadi fokuslah pada dirimu sendiri saja. Dalam keresahannya, biarkan dia yang menentukan untuk kembali padamu atau tidak.

Baca Juga: 7 Cara Halus untuk Dapatkan Kembali Hati Sang Mantan

2. Dia Berusaha Memancing Perhatianmu Lewat Media Sosial Maupun Cara Lain

Berusaha Memancing Perhatianmu Melalui Sosial Media
Berusaha Memancing Perhatianmu Melalui Sosial Media

Untuk para ladies, apakah mantan pacarmu sedang memposting poto dengan gadis-gadis di instagram?

Atau mungkin dia sengaja menghubungimu lalu menceritakan tentang gebetan barunya?

Sungguh. Hal itu tidak lain untuk memancing perhatianmu saja.

Begitu pun untuk pria, jika mantan kekasihmu memposting foto-foto perjalanan yang menyenangkan atau segala hal yang menggambarkan kebahagiaan setelah putus denganmu, percayalah itu hanya sebuah cara untuk memancing perhatian kamu saja.

Alasannya sederhana. Dia masih memiliki perasaan kepadamu dan inginkan perhatianmu.

Namun itu tidak berarti bahwa dia ingin kembali bersama. Sebab perpisahan pasti terjadi karena banyak alasan dan pasti setiap alasan itu terlalu kuat untuk dipatahkan dengan perasaan. Hal-hal konyol untuk memancing perhatian seperti ini bukanlah hal yang dewasa untuk dilakukan, sebab ia tidak datang dari pemikiran yang rasional tetapi hati yang emosional.

3. Tanpa Disengaja, Tanpa Janji, Kamu dan Dia Sering Bertemu

Tanpa Disengaja Kalian Saling Bertemu
Tanpa Disengaja Kalian Saling Bertemu

Mungkin karena sudah terbiasa bersama, tak heran jika mantan mengetahui apa kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan. Dunia ini memang sempit, tapi itu bukan alasan untuk bertemu dengan orang yang sama setiap waktu, terlebih tanpa disengaja.

Jadi jangan terlalu naif untuk berpura-pura tidak memahami apa yang sedang terjadi. Sebab itu adalah tanda yang jelas bahwa ia masih memiliki perasaan kepadamu.

Lebih jelas lagi, jika dia menghampirmu dan mencoba menyapa lalu diikuti dengan alasan-alasan yang dia punya. Itu sudah cukup untuk menjelaskan semuanya, hanya saja dia terlalu takut untuk mengatakan perasaan sebenarnya sebab ragu kamu tidak membalas dengan perasaan yang sama.

Tapi kamu tak perlu lagi menerka-nerka apa yang dirasakannya, sebab apapun perasaan yang ia miliki tak akan mengubah apa-apa.

Baca Juga: Inilah Penyebab Kamu Gagal Move On Bertahun-tahun dari Mantan

4. Dia Mencoba Membantu Menyelesaikan Masalahmu

Dia Mencoba Menyelesaikan Masalahmu
Dia Mencoba Menyelesaikan Masalahmu

Jika dia masih senang membantumu setelah putus, percayalah itu bukan sekedar kebaikan saja. Meskipun kamu mengenal kepribadiannya seorang yang suka membantu, bukan jaminan bahwa ia hanya sekedar membantu. Karena sudah jelas bahwa itu adalah tanda dia masih memiliki perasaan kepadamu.

Mungkin kamu tidak memberi tahu masalahmu kepadanya, tetapi dia bisa saja tahu dari orang-orang terdekatmu. Karena tanpa sepengetahuanmu, diam-diam dia mencari tahu informasi tentang dirimu.

Dan walaupun tidak mengatakan perasaannya secara langsung terhadapmu, itu bukan berarti perasaannya sudah tiada. Perlakuannya kepadamu, adalah bahasa paling mudah dimengerti dalam mengungkapkan perasaan.

5. Sering Menunjukkan Sikap Yang Emosional dan Tidak Stabil

Sering Menunjukkan Emosi Yang Tidak Stabil
Sering Menunjukkan Emosi Yang Tidak Stabil

Lawan dari cinta bukanlah benci, tetapi ketidakpedulian. Saat seseorang sudah tidak peduli lagi kepadamu, itu sebenarnya menjelaskan rasa cintanya sudah hilang.

Maka suatu hal yang berbeda, jika setelah kamu putus dengan seseorang lalu sikapnya menunjukkan kemarahan dan kebencian, sebenarnya itu adalah tanda bahwa ia masih cinta.

Kamu tak perlu mengkhawatirkan apakah sekarang ia berubah menjadi membencimu. Cukup dengan sikapnya yang sering emosional dan tidak stabil, sudah menjelaskan bahwa ia sangat terpukul karena berpisah denganmu. Dan itu artinya dia masih mencintaimu.

Baca Juga: Cukup Aneh, Inilah 7 Tanda Bahwa Mantan Adalah Jodoh Kita

Kiat

Fokuslah pada apa yang ada dihadapanmu. Cukup sadari saja dimana posisimu saat ini. Jangan terlalu memikirkan apa yang dia rasakan, apakah itu cinta atau benci. Sebab yang mampu menjelaskan bahwa kalian benar-benar berpisah adalah hilangnya kepedulian. Saat kamu dan dia sudah tidak saling peduli lagi, maka semuanya selesai.

Namun jika kamu masih memiliki perasaan yang sama, jangan ragu untuk membuka pintu. Karena ini bukanlah akhir, tetapi suatu awal yang baru untuk kedepannya.  Tentu tidak perlu menutup kemungkinan untuk kembali bersama, tapi satu hal yang pasti dan sangat penting untukmu saat ini adalah rehat untuk sementara waktu.

Ilham Damanik
Menulis-Membaca-Bermimpi Read Full Profile