in

Terlalu Bucin, Inilah 5 Tanda Kamu Berlebihan Mencintai Pasangan

Berlebihan Mencintai Pasangan

Tidak ada satu pun orang yang tahu akan berakhir seperti apa hubungan yang saat ini mereka jalani. Boleh saja mereka berharap bahwa hubungan mereka bisa berjalan dengan lancar dan langgeng sampai akhir nanti. Tetapi kembali lagi, jodoh adalah rahasia Tuhan dan tidak ada seorang pun yang bisa menebak kebenarannya.

Saat menjalani sebuah hubungan, kamu hanya bisa menjalaninya dengan sebaik yang kamu bisa. Kamu akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan hubungan tersebut. Tetapi, kamu juga harus memastikan bahwa hubungan yang kamu jalani saat ini adalah hubungan yang sehat, hubungan yang bisa membuatmu dan pasanganmu berubah menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

Sudah banyak kasus di mana seseorang tidak menyadari dirinya sedang berada dalam hubungan yang tidak sehat. Mereka tetap bersikeras untuk mempertahankan hubungan tersebut tanpa mempertimbangkan konsekuensi apa saja yang akan mereka dapatkan nanti.

Oleh karena itu, kamu harus lebih waspada. Cobalah lihat kembali hubungan cinta yang kamu jalani saat ini. Apakah hubunganmu dengan pasanganmu memiliki lebih banyak dampak positif atau justru sebaliknya.

Jika kamu menyadari adanya 5 hal ini, lebih baik kamu berhenti bertahan dalam hubungan cintamu itu.

1. Sudah Mengabaikan Apa yang Dulu Menjadi Passion-mu

Mengabaikan Passion
Mengabaikan Passion

Dalam hidup ini, pasti kamu memiliki passion bukan? Apakah kamu masih ingat tentang passion yang kamu miliki? Apakah kamu masih berjuang untuk mengembangkan passion tersebut sampai saat ini?

Jika kamu sudah mengabaikan apa yang menjadi passion-mu demi pasanganmu, artinya kamu sudah melakukan hal salah. Hal ini sudah menjadi salah satu tanda bahwa hubunganmu bukanlah hubungan yang sehat.

Bisa dibilang kamu sudah mulai kehilangan jati dirimu sendiri. Kamu sudah lupa apa yang dari dulu kamu perjuangkan. Kamu sudah mengabaikan passion yang sedari dulu kamu ingin kembangkan.

Nah ngomongin tentang pentingnya memahami apa itu hubungan yang sehat, coba pelajari tentang 5 Tanda Kamu dan Pasangan Memahami Arti Cinta Sejati.

2. Tidak Memiliki Keberanian untuk Speak Up

Tidak Berani Berbicara
Tidak Berani Berbicara

Tidak seharusnya kamu hanya diam saja saat ada hal yang tidak sesuai dengan pemikiranmu. Misalnya saat kamu dibuat marah atau kesal dengan pasanganmu, sebaiknya kamu menyampaikan secara langsung kepadanya. Bukan hanya diam saja karena takut dia akan lebih marah darimu atau melakukan sikap yang lebih tidak kamu sukai lagi.

Katakan apa yang menurutmu harus kamu katakan. Toh, kamu dan pasanganmu seharusnya bersikap saling terbuka dalam menjalani sebuah hubungan. Tanpa keterbukaan satu sama lain, hubunganmu dengannya tidak akan bisa bertahan lama.

Meskipun bisa tetap bertahan, pasti ada salah satu pihak yang merasa tertekan dan tidak nyaman.

Jangan hanya memberikan kode-kode abstrak untuk dia pecahkan sendiri. Lebih baik katakan secara langsung kepadanya.

Diskusikan dengannya tentang poin penting yang harus kalian pecahkan bersama. Diam dan menunggu hanya akan membuang waktumu dengan sia-sia.

Sebelum itu, coba pelajari juga tentang 10 Kesalahan Cewek Terhadap Pasangan Yang Harus Dihilangkan .

3. Cenderung Memprioritaskan Pasangan Dibandingkan Diri Sendiri

Memprioritaskan Pasangan Dibanding Diri Sendiri
Memprioritaskan Pasangan Dibanding Diri Sendiri

Bagaimana kamu bisa membahagiakan orang lain jika kamu sendiri tidak merasa bahagia. Bagaimana kamu bisa mencintai orang lain jika kamu tidak mencintai dirimu sendiri terlebih dulu. Bagaimana kamu bisa memprioritaskan orang lain jika dirimu sendiri justru terabaikan olehmu.

Kuncinya berawal pada dirimu sendiri. Sebelum kamu memprioritaskan orang lain, seharusnya kamu terlebih dahulu memprioritaskan dirimu sendiri. Apakah dengan kamu memprioritaskan pasanganmu, dia pun akan menjadikanmu sebagai prioritas dalam hidupnya? Bukannya hal itu juga belum pasti?

Jadi, cobalah untuk memperhatikan dirimu sendiri sebelum kamu memperhatikan orang lain. Bahagiakan dirimu sendiri sebelum membahagiakan orang lain dan prioritaskan dirimu sendiri sebelum kamu memprioritaskan orang lain.

4. Melupakan Tujuan Hidup yang Dulu Pernah Kamu Rangkai dengan Rapi

Melupakan Tujuan Hidup
Melupakan Tujuan Hidup

Setiap orang yang hidup pasti memiliki tujuannya sendiri. Tidak mungkin ada seseorang yang tidak memiliki tujuan hidupnya. Kamu pun pasti memiliki tujuan hidupmu yang dulu pernah kamu rangkai dengan rapi.

Sayangnya, setelah kamu menjalin hubungan percintaan, justru kamu mulai melupakan apa yang sebenarnya menjadi tujuan hidupmu sendiri. Kamu cenderung berjalan sesuai dengan tujuan hidup pasanganmu. Di mana hal itu seringkali berbeda dari tujuan hidupmu yang dulu.

Sebesar itukah rasa cinta yang kamu miliki kepada pasanganmu? Sehingga kamu dengan mudahnya melupakan apa yang menjadi tujuan hidupmu sebelumnya? Berhentilah. Kamu harus segera kembali pada jalurmu sendiri.

5. Diam Saja Saat Pasangan Mengontrol Kehidupanmu Secara Penuh

Terlalu Dikontrol Pasangan
Terlalu Dikontrol Pasangan

Yang berhak atas langkah hidupmu adalah dirimu sendiri. Orang lain tidak berhak mengontrol hidupmu, meskipun dia adalah pasanganmu. Kamu tidak bisa diam saja saat pasanganmu selalu mengontrol kehidupanmu.

Kamulah yang bertanggung jawab atas kehidupanmu sendiri, bukan orang lain. Tentunya kamu jugalah yang berhak mengontrol dirimu sendiri. Boleh saja mencintai pasangan, tetapi hanya karena alasan cinta jangan sampai kamu membiarkan hidupmu diatur-atur olehnya.

Tetaplah berpikir dengan logika. Kamu harus lebih realistis. Jangan sampai rasa cintamu kepada pasangan justru membuatmu menjadi orang bodoh yang tidak berpendirian. Kamu harus berani melawan saat pasanganmu mencoba mengatur kehidupanmu. Dia tidak memiliki hak untuk memperlakukanmu sesuka hatinya.

Baca Juga : Segera Tinggalkan Jika Cowokmu Melakukan 5 Hal Ini Padamu

Nah, itulah 5 hal yang bisa menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres dengan hubungan percintaanmu. Sudah waktunya kamu sadar dan cepat beranjak dari hubungan semacam itu. Jangan membuang waktumu untuk hubungan yang tidak sehat.

Hubungan yang baik adalah hubungan yang bisa membawa dampak positif bagi orang yang memilikinya. Jika kamu justru mengalami kemunduran saat menjalani hubungan tersebut, artinya kamu harus cepat pergi dan kembali memperbaiki dirimu sendiri. Jangan membuat dirimu semakin merugi dengan bertahan lebih lama lagi.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.