in

7 Tanda Kamu Tak Lagi Mencintai Pasanganmu dengan Sepenuh Hati

Kadar cinta seseorang terhadap pasangannya memang tidak pernah bisa diprediksi. Ada kalanya kadar cinta itu begitu besar dan ada kalanya rasa cinta itu pun berkurang. Naik turunnya kadar cinta seseorang pada pasangannya dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kamu asumsikan sebagai tanda bahwa rasa cintamu kepada pasanganmu mulai memudar. Jika dulu kamu bisa mengatakan bahwa kamu mencintainya sepenuh hati, mungkin saat ini cintamu padanya hanya setengah hati saja.

Perkara naik turunnya cinta dengan pasangan, melihat tanda yang ada pada diri sendiri nyatanya akan lebih sulit dibandingkan melihat tanda yang ada pada diri pasangan.

Lantas apa saja sih tanda yang menunjukkan bahwa kamu sudah tidak mencintai pasanganmu dengan sepenuh hati? Coba kamu cek sendiri, apakah 7 tanda ini ada pada dirimu. Jika iya, kemungkinan besar, kamu memang mulai bosan dan rasa cintamu kepada pasanganmu sudah tak sebesar dulu.

1. Mulai Merasa Risih atau Tak Nyaman Saat Berada di Dekatnya

Tak Nyaman Di Dekatnya
Tak Nyaman Di Dekatnya

Rasa nyaman adalah rasa yang harus ada dalam sebuah hubungan. Jika dulu kamu selalu ingin berada di dekatnya, kini kamu justru mulai risih dan tak nyaman saat ada dia di dekatmu.

Perasaan yang kamu miliki untuknya sudah banyak berubah. Rasa nyaman yang dulu selalu kamu rasakan saat berdekatan dengannya kini hilang entah kemana. Bahkan bisa dibilang kamu justru mulai terganggu dengan semua sikap yang dia tunjukkan kepadamu.

Jika kamu merasakan hal ini, artinya kamu memang sudah tidak terlalu mencintainya. Kadar rasa cinta yang kamu miliki untuknya sudah jauh berkurang dari sebelumnya.

2. Kamu Mulai Mati Rasa Kepadanya

Kamu Mulai Mati Rasa
Kamu Mulai Mati Rasa

Tanda ini adalah tanda yang paling menunjukkan bahwa kamu sudah tak lagi mencintai pasanganmu. Kamu mulai kehilangan ketertarikan pada pasanganmu sendiri.

Kamu tidak lagi mengharapkan kedatangannya. Kamu tak peduli lagi dengan segala hal yang berkaitan dengannya.

Saat pasanganmu melakukan kesalahan pun, kamu tidak merasa kecewa atau marah padanya. Kamu sudah mulai hilang rasa, tidak hanya rasa cinta, tetapi rasa lain yang menunjukkan emosimu kepadanya. Bisa dibilang kamu sudah mati rasa kepadanya.

3. Sering Mencari Alasan agar Tidak Perlu Bertemu Dengannya

Mencari Alasan Agar Tidak Bertemu
Mencari Alasan Agar Tidak Bertemu

Jika pada umumnya seseorang justru sangat menginginkan pertemuan dengan pasangannya, hal ini justru berbeda denganmu. Kamu seringkali mencari alasan agar tidak perlu bertemu dengan kekasihmu.

Mulai dari alasan sibuk, sedang kurang enak badan, atau alasan lainnya yang bisa mencegahmu bertemu dengan pasanganmu.

Tidak hanya menghindar untuk bisa bertemu dengannya secara langsung, kamu pun mulai sulit dihubungi olehnya. Kamu mulai jarang membalas pesannya dan mulai enggan untuk mengangkat telepon darinya.

Hal ini sudah menjadi tanda yang jelas bahwa kamu mulai bosan dan tak lagi mencintainya dengan sepenuh hati.

4. Lebih Mementingkan Diri Sendiri Tanpa Mempedulikan Perasaannya

Lebih Mementingkan Diri Sendiri
Lebih Mementingkan Diri Sendiri

Setiap orang memiliki prioritasnya masing-masing. Mungkin dulu kamu tidak hanya memprioritaskan dirimu sendiri karena masih memikirkan tentang perasaan pasanganmu. Namun itu semua sudah mengalami perubahan.

Saat ini kamu justru jauh lebih mementingkan dirimu sendiri tanpa mempedulikan bagaimana perasaannya. Kamu melakukan semua yang ingin kamu lakukan tanpa meminta pendapatnya. Seolah dia bukan lagi menjadi bagian dalam kehidupanmu.

Kamu mulai meletakkan kebahagiaanmu sendiri di atas kepentingannya. Kamu tidak peduli meskipun apa yang kamu lakukan memiliki peluang untuk membuatnya sedih atau marah. Kamu akan memilih cuek atas respon yang pasanganmu berikan.

5. Tak Lagi Ingin Tahu Tentang Kehidupannya dan Apa Rencana yang Dia Buat untuk ke Depannya

Tak Ingin Tahu Tentang Kehidupannya
Tak Ingin Tahu Tentang Kehidupannya

Dulu kamu masih memiliki antusiasme yang besar untuk mengetahui bagaimana kehidupan pasanganmu dan rencana apa yang sudah dia buat untuk masa depannya bersamamu. Namun, saat ini hal itu sudah jauh berubah.

Kini kamu tak lagi ingin tahu tentang kehidupannya dan tidak peduli dengan rencana apa yang dia miliki untuk ke depannya. Kamu tidak peduli tentang keberadaanmu dalam rencana masa depannya atau tidak.

Umumnya, saat kamu tak memiliki ketertarikan untuk tahu tentang dia dan kehidupannya, artinya rasa cinta yang kamu miliki untuknya memang sudah menipis. Apa yang dia lakukan sekarang, besok dan kapan pun itu, kamu tidak lagi ingin mengetahuinya.

Baca Juga : 5 Cara Ampuh Menghadapi Sikap Pasif Agresif Pasangan

6. Sering Bertengkar Karena Hal Sepele atau Hal yang Tak Jelas

Sering Bertengkar
Sering Bertengkar

Saat kamu menjalin sebuah hubungan, perbedaan di antara kamu dan pasangan adalah hal yang wajar adanya. Perbedaan itu tidak akan menjadi masalah yang serius jika kamu dan pasanganmu bisa saling memberi toleransi satu sama lain.

Sayangnya, saat ini kamu dan pasanganmu mulai sering memperdebatkan hal yang tidak penting. Padahal jika dipikirkan lagi dengan saksama, hal tersebut tidak seharusnya menjadi penyebab pertengkaran di antara kalian.

Tetapi karena rasa cinta yang sudah berkurang, akhirnya hal sekecil apapun pasti bisa memicu adanya masalah yang besar.

7. Merasa Ada Banyak Orang Lain yang Lebih Baik Darinya untuk Kamu Jadikan Pasangan

Merasa Ada Banyak Orang Yang Lebih Baik
Merasa Ada Banyak Orang Yang Lebih Baik

Tanda yang terakhir, kamu mulai merasa bahwa di luar sana ada banyak orang yang lebih baik dari pasanganmu untuk kamu jadikan pasangan. Kamu merasa pasanganmu bukanlah sosok yang pantas untukmu lagi. Kamu mulai merasa bahwa kamu bisa mendapatkan pasangan yang lebih baik darinya.

Bisa dibilang kamu sudah mulai menyombongkan dirimu sendiri. Dalam arti lain, pasanganmu yang sekarang bukanlah pasangan yang bisa mengimbangimu atau tidak selevel denganmu.

Tanda ini tentunya cukup rawan, karena jika kamu tidak segera meredamnya, kemungkinan besar hubunganmu dan dia akan berakhir dengan adanya perpisahan.

Baca Juga :

Nah, itulah 7 hal yang bisa kamu lihat pada dirimu sendiri. Ada baiknya kamu mendiskusikan hal ini bersama pasanganmu. Mungkin saja hubungan kalian masih bisa diselamatkan dan tidak terlalu cepat mengambil jalan untuk berpisah.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.