in , ,

5 Tanda Kebangkitan Spiritual Dalam Diri Seseorang

Tanda Kebangkitan Spritual

Kebangkitan spiritual bukanlah perubahan yang terjadi dalam satu malam. Ini hanya istilah untuk menjelaskan perjalanan seseorang yang seiring waktu akan mengantarkannya ke puncak tertinggi dalam sisi spiritual.

Sementara proses kebangkitan spiritual itu sebenarnya sangatlah kompleks, begitu banyak lapisan yang menjadi rintangan, dan juga berbeda-beda bagi setiap orang.

Di satu sisi, kebangkitan spiritual membuat kita seolah menjadi individu yang memiliki keunikan tersendiri, namun dibalik itu kita juga menjadi makhluk universal yang memiliki banyak kesamaan dengan semuanya.

Oleh karena itu, mungkin saja kamu tidak mengalami beberapa tanda ini, atau bahkan tidak sama sekali. Namun yang jelas kebangkitan spiritual membuat seluruh kehidupanmu tampak lebih indah.

Berikut ini mungkin tanda-tanda yang juga kamu alami dalam proses kebangkitan spiritual!

1. Empati dan Intuisi Meningkat Seketika

Empati Meningkat
Empati Meningkat

Kebangkitkan spiritual biasanya diawali dengan bangkitnya kecerdasan emosi dalam diri seseorang. Hal ini jarang kita sadari sebab tiba-tiba saja ia seperti menjadi bagian dari diri kita. Seolah kita memang seharusnya begitu.

Ketika seseorang sedang berbicara denganmu, biasanya kamu akan mendengarkan kata-kata yang ia ucapkan. Namun kecerdasan emosi yang kian meningkat membuat kamu berubah dalam menyikapi apa yang dikatakan orang-orang.

Kamu tidak begitu memperhatikan apa yang mereka katakan, tetapi kamu memperhatikan apa yang didengar, ditangkap dan dirasakan oleh hatimu. Tiba-tiba saja kamu begitu mudah empati kepada orang lain.

Lalu intuisi dalam dirimu seolah menangkap sinyal dari orang yang sedang berbicara kepadamu. Hal ini membuat kamu mengerti maksud yang ingin mereka sampaikan, bahkan sebelum mereka selesai membicarakan semuanya.

2. Seluruh Alam Terlihat Selalu Menarik Perhatianmu

Seluruh Alam Terlihat Menarik
Seluruh Alam Terlihat Menarik

Kebangkitan spiritual juga berjalan seiring dengan bangkitnya kecerdasan kita dalam memahami keindahan alam. Hal ini membuat kita semakin jatuh cinta pada kehidupan dan setiap aspek yang mengisi kehidupan itu sendiri.

Seperti udara, air, matahari, tanah, pohon-pohon, dan hewan-hewan. Dimana pun kamu berada, kesadaranmu seolah ditarik untuk memperhatikan alam sekitar. Hingga pada akhirnya membuatmu sangat bersyukur dan bahagia.

Kamu mampu memahami estetika yang sesungguhnya dari setiap apapun yang ada di alam. Seperti bunga mekar, kamu melihat proses maha rumit yang terjadi disana dan memahami keindahannya bukan hanya dari bentuk fisik yang terlihat saja.

Kemana pun perhatianmu tertuju selalu menyadarkan kamu pada cinta dan kasih sayang Sang Pencipta kepada alam semesta.

Baca Juga : Perilaku Asertif, Ekspresi Emosi Tanpa Merugikan Orang Lain

3. Meningkatnya Kesadaran Pada Aktivitas Sehari-Hari

Meningkatnya Kesadaran
Meningkatnya Kesadaran

Seperti yang sudah-sudah dijelaskan bahwa penelitian telah membuktikan, 95% aktivitas yang kita lakukan sehari-hari berjalan secara auto pilot. Dengan kata lain, hanya sekitar 5% kita menggunakan kesadaran penuh terhadap hal-hal yang kita lakukan setiap harinya.

Nah, ketika sisi spiritual kita mulai bangkit, maka kesadaran terhadap aktivitas yang kita lakukan juga akan meningkat. Hal ini membuat kita lebih penuh perhatian dan peka terhadap apapun yang ada di sekitar juga yang ada di dalam diri kita, yaitu pikiran dan perasaan yang silih berganti.

Kegiatan yang wajib kita lakukan sehari-hari seperti minum, makan dan mandi menjadi terasa lebih nikmat sebab kita melakukannya dengan penuh penghayatan.

Meskipun masih ada pikiran-pikiran liar yang berkaitan dengan masa lalu dan masa depan, tetapi hal itu tidak lagi mengganggu, sebab kita hanya membiarkannya saja tanpa terhanyut ke dalam pikiran-pikiran liar itu.

Selain itu, kita juga menjadi lebih sering bertanya pada diri sendiri setiap kali merasa hampir jatuh ke dalam negatifitas. Seperti bertanya, Mengapa saya suka marah-marah? Mengapa saya sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain?

Tentu saja pertanyaan-pertanyaan ini merupakan bentuk kesadaran yang mengarahkan kita untuk berubah menjadi lebih baik lagi, untuk lebih bisa mengontrol diri dan emosi. Hingga pada akhirnya membawa kita pada puncak kebangkitan spiritual yang tertinggi.

Baca Juga : Grounding Exercise, Cara Sederhana untuk Mengurangi Kecemasanmu

4. Menjadi Autentik

Menjadi Autentik
Menjadi Autentik

Selama bertahun-tahun, mungkin kamu meyakini sesuatu yang diajarkan oleh orang tua, masyarakat juga guru di sekolah. Tapi setelah bangkitnya sisi spiritual dalam dirimu, kini semua keyakinan itu menjadi murni berasal dari diri sendiri.

Meskipun perjalanan spiritual tiap orang berbeda-beda, sebagian orang bahkan berpaling dari keyakinan lamanya. Artinya, kamu menjadi autentik dan melepaskan segala keterikatan terhadap sesuatu yang bukan berasal dari dirimu.

Bagaimana pun perjalanan yang kamu alami, intinya sekarang kamu benar-benar meyakini sesuatu karena kamu memahaminya dan menjauhi sesuatu karena kamu juga memahaminya. Setiap tindakanmu selalu murni hasil pemahamanmu sendiri.

Pada fase ini, kamu sudah menjadi sosok yang jauh berbeda secara mental, tidak lagi terganggu oleh apapun penilaian orang lain terhadap dirimu sebab kamu benar-benar paham apa yang kamu lakukan.

Baca Juga : Menjadi Autentik, Cara Tepat Menemukan Tujuan Hidup Sebenarnya

5. Menemukan Kebahagiaan Sejati

Menemukan Kebahagiaan Sejati
Menemukan Kebahagiaan Sejati

Kebangkitan spiritual menandakan bahwa kamu dengan sepenuh kesadaran menyerahkan diri kepada suatu kekuatan yang lebih besar. Entah kamu menyebutnya energi universal, Tuhan atau apapun.

Namun yang jelas hal itu membuat kamu menemukan kebahagiaan yang sejati. Hatimu tidak mudah marah, benci, ataupun iri kepada orang lain yang menyakitimu, sebab kamu memahami alasan mereka dibalik semua itu.

Hatimu penuh dengan kebahagiaan, namun rasa bahagia yang kamu alami tidak lagi berwujud kegembiraan yang meriah atau seperti suatu perayaan akan suatu pencapaian.

Kebahagiaan yang kamu rasakan begitu lembut, halus tetapi ia selalu ada dan tak pernah hilang, meski dalam kondisi apapun. Seringkali ia berwujud rasa syukur, tapi kadang kebahagiaan itu juga berwujud belas kasih.

Baca Juga :

Akhir Kata

Di era modern yang penuh dengan berbagai hiburan dan kemeriahan ini kita sulit sekali menemukan keheningan, tetapi seseorang yang mengalami kebangkitan akan selalu menemukan keheningan untuk dirinya sendiri. Jadi teruslah berjuang hingga mencapai puncak spiritual yang tertinggi.

Sekianlah artikel tentang tanda-tanda kebangkitan spiritual dalam diri seseorang. Semoga bermanfaat!